Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Jimny Caribian SJ413

Ulasan Spesifikasi dan Harga Suzuki Jimny Caribian - Suzuki dari dulu hingga sekarang memang terkesan kurang berinovasi terhadap beberapa produknya, terutama di segmen SUV. Kembali bernostalgia ke era 70-an, nama Suzuki mendadak populer di Indonesia melalui Jimny generasi pertama dan dilanjutkan oleh generasi keduanya di era 80-an yang keduanya merupakan SUV kompak berdimensi mungil dengan kemampuan offroad mumpuni, irit BBM dan lincah bermanuver di ruang sempit. Seri dari generasi kedua ini dinamakan Suzuki Jimny SJ410, dimana kehadirannya mampu menjerat segala kalangan saat itu yang mengidamkan mobil serba bisa namun terbatasi budget. Itulah sebabnya mengapa Suzuki Jimny sangat laris walau minim teknologi dan bantingannya tidak nyaman. Terlebih untuk tipe Sierra yang telah menjadi target para kolektor sehingga membuat harganya melambung tinggi. Lantas penjualan keluarga SJ410 ditutup oleh Suzuki Jimny Katana GX pada tahun 1996.

Setelah namanya lama tak mencuat di jagat tanah air, akhirnya Suzuki kembali mengenalkan produk teranyar Jimny dengan kode SJ413 pada tahun 2005 yang langsung didatangkan secara utuh (CBU) dari Thailand. Mobil ini lebih dikenal dengan nama Suzuki Caribian dan masih masuk ke dalam generasi kedua. Anehnya, di beberapa negara selain kawasan Asia Tenggara, generasi ketiga (JB32) sudah lebih dulu dikenalkan sejak tahun 1998 dan masih tetap dijual hingga sekarang. Karena masih tergolong sebagai generasi kedua, maka detail penampilan Suzuki Caribian pun nyari sama seperti Jimny yang telah dikenal sebelumnya, baik itu eksterior ataupun interior. Kecuali untuk konfigurasi body dengan ciri khas berbentuk pick-up sasis panjang dan extra-cab serta sektor permesinannya yang berkapasitas lebih besar + semi injeksi. Dibandingkan model pick-up, model extra-cab ini menjadi varian paling banyak masuk ke Indonesia. Meski begitu, peredarannya tidaklah mudah ditemukan seperti varian Jimny lainnya.

Di pasar lokal, Suzuki Caribian juga mulai menjadi collector item dan kebanyakan dimiliki oleh pehobi offroad. Ia tidak bisa dikatakan SUV tapi juga tidak bisa disebut sebuah pick-up walau nyatanya memang berbentuk pick-up. Karena menyasar kalangan pecinta offroad, maka Caribian otomatis masuk ke segmen JIP 4x4 sebab penggeraknya pun sudah 4WD. Begitu pula untuk rivalitasnya, ia memiliki kompetitor beragam di segmen serupa seperti Daihatsu Rocky Independent, Nissan Patrol ex-KTT, hingga saudaranya sendiri yakni Suzuki Vitara EPI. Penjualan Caribian termasuk cukup singkat yakni dari tahun 2005 hingga 2007 saja dan bertugas sebagai varian penutup dari Jimny SJ-Series. Setelah lama vakum, Suzuki kembali menjual Jimny terbaru melalui generasi ketiganya pada pergelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 silam dengan jumlah yang sangat terbatas sekaligus menjelma sebagai pelepas rindu bagi penggila Jimny di tanah air.

Eksterior Suzuki Jimny Caribian
Untuk bagian luarnya, Jimny Caribian masih mengusung desain serupa seperti Jimny sebelumnya dengan lampu berbentuk bulat. Bedanya ada pada bentuk grill berkesan lebih modern dan tangguh, serta dilengkapi lampu sein yang posisinya bersebelahan dengan lampu utama, bukan lagi berada pada bagian bumper. Sama halnya dengan grill, bumper depan juga mendapatkan update signifikan yang kini tampak lebih kekar terlebih lewat adanya aksen garis-garis di sekeliling area plat nopol.
Eksterior Suzuki Jimny Caribian Tampak Depan
Eksterior Suzuki Jimny Caribian Tampak Depan
Beralih ke bagian samping, disinilah letak perbedaan terbesar Jimny Caribian dengan Jimny jenis lain. Ia menggunakan sasis model panjang, serupa seperti varian pick-up tapi ditambahkan extra-cab atau kabin ekstra sehingga terdapat ruang sisa di belakang jok pengemudi. Sehingga model ini tidak bisa dikatakan sebagai sebuah double cabin. Dimensi totalnya antara lain panjang 4.010 mm, lebar 1.460 mm, tinggi 1.770 mm dengan sumbu roda sepanjang 2.375 mm. Ground clearance standar yang dimilikinya mencapai 225 mm. 
Eksterior Suzuki Jimny Caribian Tampak Samping
Eksterior Suzuki Jimny Caribian Tampak Samping
Berpindah ke area belakang, ciri khas Jimny selama ini masih diterapkan pada Caribian mulai dari ban serep konde yang digantung di pintu belakang dan stoplamp datar memanjang. Untuk braket nopol, ada beberapa ada dipasang di tengah bumper belakang dan ada juga terletak di samping konde ban. Uniknya lagi, varian Caribian ini memiliki kaca belakang berukuran cukup besar sehingga visibilitas pengemudi melalui spion kabin menjadi lebih maksimal.
Eksterior Suzuki Jimny Caribian Tampak Belakang
Eksterior Suzuki Jimny Caribian Tampak Belakang
Interior Suzuki Jimny Caribian
Sama halnya seperti bagian eksterior, interior dari Suzuki Caribian juga tak ubahnya mirip dengan Jimny lawas. Perbedaan kentara pada bagian dashboard hanya meliputi panel instrumen yang berwarna putih mirip Sierra dan cabang setir model 3 spoke. Selebihnya masih sama baik itu desain dashboard, panel konsol, tuas transmisi dan gardan, serta letak penataan tombol-tombolnya. Dari segi fitur, Caribian hanya mendapatkan AC dan power steering sebagai kelengkapan standar. Sebab sejatinya mobil ini ditujukan sebagai pekerja keras yang banyak digunakan sebagai unit operasional pertambangan atau perkebunan.
Interior Dashboard Suzuki Jimny Caribian
Dashboard Suzuki Jimny Caribian
Keunikan pada interior Suzuki Caribian ada pada jok belakang. Meski kabinnya cukup sempit, namun Suzuki masih menyediakan bangku panjang sebagaimana ciri khas dari extra-cab. Tapi jangan harapkan kenyamanan dari bangku tersebut karena ukurannya sangat kecil. Apalagi untuk space legroom saat jok depan digeser ke belakang. 
Interior Kabin Suzuki Jimny Caribian
Kabin Suzuki Jimny Caribian
Kinerja dan Performa Mesin Suzuki Jimny Caribian 
Dari sektor dapur pacu, Jimny Caribian mengadopsi mesin G13B berkapasitas 1.300cc dengan sistem pengabutan semi injeksi (Injection Single Point) yang juga dapat ditemui pada Suzuki Every. Konstruksinya pun masih terbilang sederhana dibandingkan mesin modern masa kini sebab masih menerapkan 2 katup per silinder (SOHC). Di atas kertas, mesin ini memiliki output lebih besar daripada mesin F10A yang ada pada Jimny lawas dengan tenaga mencapai 69 HP pada putaran 6.000 RPM dan torsi 103 Nm pada 3.500 RPM.  Selain lebih irit, mesin ini juga menjadikan akselerasi lebih cepat khususnya di putaran bawah hingga menengah.
Mesin Suzuki Jimny Caribian
Mesin Suzuki Jimny Caribian
Impresi dan Handling Suzuki Jimny Caribian
Sama seperti eksterior dan interiornya, impresi Suzuki Caribian tak ubahannya mirip Jimny lawas. Tapi setidaknya karena ada perubahan pada meter klaster dan setir, kesannya menjadi lebih sporty sekaligus kokoh. Perbedaan kesan terbesar pastinya ada dari segi feeling terhadap mesin ketika berkendara. Akselerasinya membaik dan mudah mencapai topspeed. Tapi sayangnya Suzuki Jimny Caribian masih mengandalkan suspensi daun untuk keempat titik roda sehingga bantingannya terasa sangat rigid. Tak hanya keras, handlingnya pun terkesan acak adut tapi untungnya ia telah dipasangkan power steering. Maka dari itu banyak dari pemilik Caribian atau Jimny lawas, mengganti suspensi depan menjadi per keong milik JB32 yang merupakan varian tertinggi dari Jimny SJ-Series. Dengan begitu, peredaman sokbreker terhadap permukaan jalan kurang rata jauh lebih maksimal.

Spesifikasi Suzuki Jimny Caribian
  • Mesin : G13B 1.3 liter.
  • Konfigurasi : 4 silinder 8 katup SOHC.
  • Tenaga : 69 HP @6.000 RPM.
  • Torsi : 103 Nm @3.500 RPM.
  • Bore x stroke : 74 mm x 75.5 mm.
  • Rasio kompresi : 9:1.
  • Konsumsi BBM : 8-10 km/L (dalam kota) ; 12-15 km/L (luar kota).
  • Transmisi : Manual 5 percepatan.
  • Suspensi : Depan belakang per daun.
  • Rival : Daihatsu Rocky Independent, Nissan Patrol ex-KTT, dan Suzuki Vitara EPI.
  • Tahun Penjualan : 2005 - 2007.

Harga Suzuki Jimny Caribian
  • Tahun 2005 : 100 - 125 juta.
  • Tahun 2006 : 118 - 134 juta.
  • Tahun 2007 : 125 - 150 juta.

Kelebihan Suzuki Jimny Caribian
  • Model menarik.
  • AC cukup dingin.
  • Daya tampung bak belakang besar.
  • Kemampuan offroad.

Kekurangan Suzuki Jimny Caribian
  • Kabin sangat sempit.
  • Minim fitur.
  • Radius putar besar.
  • Sparepart mesin terbatas karena langka.

Demikian ulasan lengkap mengenai review spesifikasi, harga, serta keunggulan dan kelemahan Suzuki Jimny Caribian. Secara keseluruhan, mobil ini masih bisa dijadikan sebagai kendaraan operasional sehari-hari. Selain penampilannya yang memikat, Jimny Caribian juga akan menjadi investasi terbaik hampir mustahil mengalami depresiasi harga setiap tahun. Terlebih jika sudah jatuh ke tangan para kolektor. Semoga membantu, baca juga :
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Artikel Terkait : Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Jimny Caribian SJ413
Loading...