Kelebihan dan Kekurangan All New Ford Everest

Ulasan Spesifikasi dan Harga All New Ford Everest - Pasar SUV ladder frame di Indonesia telah mengalami perkembangan pesat. Jika sebelumnya negara kita identik dengan mobil keluarga ataupun city car, maka kali ini SUV menjadi pilihan favorit selanjutnya. Sebab, SUV sangat cocok dengan kondisi geografis sebagian negara Asia Tenggara yang didominasi oleh perbukitan hingga jalanan rusak di berbagai pelosok daerah. Terutama dari segi ground clearance yang jauh lebih tinggi dari MPV serta memiliki ketangguhan layaknya sebuah double cabin karena memang kebanyakan SUV ladder frame mengambil basis dari mobil tersebut. 

Salah satu kandidat dalam segmen ini adalah Ford Everest yang berasal dari Amerika. Kehadirannya di tanah terbilang sudah cukup lama dan sama sekali tidak mengalami perubahan dari desain body. Hingga sekarang, tercatat ada 3 generasi dari Ford Everest di tanah air diantaranya Ford Everest Gen 1, Ford Everest Gen 2, dan generasi ketiga ini yang merupakan varian terakhir dan telah mengalami perubahan terbesar dalam sejarah SUV Ford, sebelum akhirnya Ford memutuskan hengkang dari Indonesia karena mengalami kesulitan finansial penjualan yang merosot.

Mobil ini sendiri mengambil basis dari All New Ford Ranger T6 dengan penyesuaian spesifikasi dan kenyamanan. Pertama kali hadir di Indonesia pada ajang IIMS 2015  melalui tipe Trend 4×2 2.2L Duratorq TDCi AT dan Titanium Plus 4×2 2.2L Duratorq TDCi AT. Setahun setelahnya, Ford kembali mengenalkan varian terbaru  All New Everest Titanium A/T 3.2 L yang sekaligus menjadi varian tertinggi di dalam keluarganya. Perbedaan masing-masing ketiga tipe tersebut dapat Anda baca pada artikel Perbedaan All New Ford Everest tipe Trend dan Titanium.

Di segmen SUV ladder frame, All New Ford Everest dipastikan menjadi rival dari dua kandidat terkuat yakni Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport yang kemudian diikuti oleh kompetitor lain seperti Chevrolet Trailblazer dan Isuzu MU-X. Sedangkan dari pihak non-ladder frame dihadang oleh Nissan X-Trail T32, KIA Sorento, Hyundai Santa Fe, dan Honda CR-V RE8. 

Eksterior All New Ford Everest
Untuk sektor eksterior, All New Ford Everest dibangun berdasarkan feedback dari pengguna generasi sebelumnya yang ingin desain yang tidak pasaran sehingga lahirlah desain seperti ini. Desainnya tergolong cukup khas dengan gaya Amerika, yang mengusung desain macho dan detail yang ramping. Hal ini tampak dari bagian depan dengan menggunakan lampu halogen dengan reflektor sipit plus terintegrasi oleh sepasang projektor untuk tipe Trend dan lampu Xenon projektor plus DRL LED dan auto levelling untuk tipe Titanium. Desain ini mengikuti desain Ford global baru dan kemudian dihubungkan oleh grille trapesium terbalik menonjol ke arah luar bumper.  Desainnya lantas mampu memancarkan pesona baru yang benar-benar modern dan bahkan sama sekali tidak meninggalkan jejak dari para pendahulunya. Tepat pada bagian bawah, Ford juga telah membekali mobil ini dengan sepasang foglamp guna menembus kabut sehingga pencahayaan ketika malam hari atau mendung menjadi lebih maksimal. Tampilannya kian menarik sebab palang pada bumper di sekitar foglamp yang memajang pada bagian bawah diberi aksen silver dan meminimalisir kesan monoton layaknya SUV lain.
Eksterior All New Ford Everest Tampak Depan
Eksterior All New Ford Everest Tampak Depan
Berpindah ke area samping, tampak desainnya yang sangat macho dan maskulin berkat adanya lengkungan besar di atas fender yang mampu mencerminkan kesan bahwa All New Ford Everest memang ditujukan sebagai kendaraan offroad dan tidak bisa dianggap sebelah mata. Ia memiliki ground clearance setinggi 225 mm dan Ford mengklaim bahwa mobil ini sanggup mengarungi air setinggi 800 mm, yaitu kemampuan di atas rata-rata dibandingkan kompetitornya. Sementara dimensi lain dari Ford Everest Gen 3 ini antara lain panjang 4.893 mm, lebar 1.862 mm dan tinggi 1.837. Belum lagi Ford memasang velg 20 inci yang dibalut profil ban 265/60 bagi tipe Titanium, semetara tipe Trend masih 18 inci. Maka tak heran jika ia menjadi SUV tertinggi di kelasnya. Untungnya Ford tidak lupa membekali sepasang footstep di kedua sisi body agar penumpang tidak kewalahan masuk ke dalam ruang kabin.
Eksterior All New Ford Everest Tampak Samping
Eksterior All New Ford Everest Tampak Samping
Sama halnya dengan area eksterior depan dan samping, bagian belakang turut mencerminkan desain macho layaknya guratan otot di sepanjang area pintu bagasi dan lekukan bumper tepatnya di bawah stoplamp yang sangat modern sekaligus aerodinamis. Penggunaan stoplamp full LED ikut berperan penting sebagai fitur keselamatan karena memberikan visibilitas lebih baik bagi pengendara lain dibandingkan stoplamp dengan bohlam biasa. Tak lupa pula, sepasang reflektor mata kucing dijadikan sebagai fitur standar yang berada di sisi kiri dan kanan dan turut diberi aksen silver di sekelilingnya seperti yang dapat ditemukan pada bumper depan. Adanya garnish berkelir krom yang menyambung dengan klaster lampu mundur ikut mendongkrak desainnya menjadi kian futuristik. Sementara itu, ciri khas Ford Everest yang selama ini dikenal memposisikan ban cadangan tergantung di pintu bagasi, mulai dari generasi terbaru ini lantas dipindahkan ke bawah dek belakang. Secara keseluruhan, tidak ada bagian dari eksterior All New Ford Everest yang jelek. Memang tak diragukan lagi bahwa desain yang dibawanya menjadi best of the best di segmen SUV midsize hingga artikel ini diturunkan. Maka tak berlebihan juga jika desainnya terbilang benar-benar sempurna.
Eksterior All New Ford Everest Tampak Belakang
Eksterior All New Ford Everest Tampak Belakang
Interior All New Ford Everest
Memasuki area kabin All New Ford Everest, penampilannya juga tak kalah menarik seperti bagian eksterior. Kabinnya didominasi oleh warna hitam dan beige sehingga kesannya cukup mewah. Desain dashboard dengan garis-garis tegas kian mencerminkan bahwa mobil ini memiliki ciri khas seperti mobil Amerika lainnya. Ia juga telah dibekali berbagai fitur canggih yang biasanya ditemui pada SUV full-size sekelas Toyota Land Cruiser. Sebut saja perintah suara yang dinamakan Ford SYNC 2 dengan fungsi mengontrol seluruh hal berkaitan sistem peranti Head Unit dan disalurkan ke 10 speaker dengan subwoofer terintegrasi yang tersebar di area kabin. Sebuah monitor touchscreen 8 inci juga turut dijadikan sebagai fitur standar di tengah dashboard yang dapat dikontrol melalui tombol audio pada roda kemudi serta dilengkapi konektivitas bluetooth, aux dan USB. Guna menambah kenyamanan berkendara, dua buah panoramic roof telah dipasangkan di sepanjang atap sehingga penumpang akan termanjakan setiap kali menaiki mobil ini (khusus Titanium). Sementara fitur lainnya yang ada disini antara lain AC digital climate control dual zone, cruise control, MID dengan instrumen serba lengkap, 5 airbag (7 untuk Titanium), keyless entry, jok elektrik untuk baris depan (Titanium), dll.
Interior Dashboard All New Ford Everest
Interior Dashboard All New Ford Everest
Sebagai SUV mid-size dengan ukuran terbesar di kelasnya, maka Ford Everest memiliki ruang kabin yang sangat luas dan ideal bagi 7 penumpang. Hal ini tampak dari foto baris kedua dengan ketersediaan legroom dan headroom yang juga lapang. Kenyamanan penumpang kian bertambah dengan penggunaan material kulit berkualitas sebagai pelapis jok serta headrest untuk masing-masing jok. Belum lagi sandaran jok pada bagian tengah dapat diturunkan sehingga menjadi armrest ketika tidak digunakan. 
Interior Kabin All New Ford Everest
Kabin All New Ford Everest
Begitu pula untuk jok pada row ketiga. Space yang tersedia rasanya masih cocok meski digunakan oleh penumpang dewasa. Hanya saja masih belum senyaman jok pada row kedua sebab ukuran joknya cukup kecil dan tipis. Untungnya legroom disini masih manusiawi meski jok row kedua digeser sampai mentok ke batas akhir.
Interior Kabin Belakang All New Ford Everest
Kabin Belakang All New Ford Everest
Berikut adalah foto bagasi dari kabin All New Ford Everest. Semua jok pada tiap-tiap row dapat dilipat rata lantai dengan pengaturan yang fleksibel. Khusus tipe Titanium, jok pada row terakhir bisa dilipat secara elektrik melalui sebuah tombol serta pintu bagasi juga bisa dibuka dengan menekan tombol di area kokpit atau tombol kunci karena adanya fitur powered lift-gate yang merupakan fitur pertama di kelasnya. Selain bagasi yang lapang, mobil ini juga memiliki lebih dari 30 ruang penyimpanan tersebar di kabin.
Interior Bagasi All New Ford Everest
Bagasi All New Ford Everest
Kinerja dan Performa Mesin All New Ford Everest
Seperti yang telah disinggung sebelumnya, All New Ford Everst dibekali dua jenis mesin. Yakni 2.200cc turbodiesel untuk tipe Trend dan Titanium 4x2 serta turbodiesel 3.200cc khusus bagi penggerak 4x4. Mesin pertama menggunakan konfigurasi 4 silinder segaris 16 katup Duratorq TDCi dengan tenaga 158 HP pada 3.200 RPM dan torsi 385 Nm mulai dari 1.600 menuju 2.500 RPM dan dipadukan dengan transmisi otomatis 6 percepatan Selectshift. Meski kapasitasnya lebih kecil dari pendahulunya, tapi output mesin ini terbilang lebih besar maka tak heran jika efisiensi bahan bakar juga menjadi lebih baik. 
Mesin All New Ford Everest 2.2 Liter
Mesin All New Ford Everest 2.2 Liter
Untuk mesin kedua, ia mengadopsi konfigurasi berbeda yakni turbodiesel 5 silinder segaris 20 katup dengan menggunakan teknologi mesin dan transmisi yang sama seperti mesin di atas. Hanya saja ia berpenggerak 4 roda sehingga beberapa fitur penunjangnya pun jauh lebih lengkap. Tenaga yang mampu dihasilkan oleh mesin ini berkisar pada angka 198 HP pada 3.000 RPM dengan torsi 470 Nm yang dapat dicapai mulai putaran 1.750 RPM hingga 2.500 RPM. Cukup besar namun sangat efisien.
Mesin All New Ford Everest 3.2 Liter
Mesin All New Ford Everest 3.2 Liter
Impresi dan Handling All New Ford Everest
Selanjutnya membicarakan mengenai impresi mengemudi dari Ford Everest terbaru. Selain memiliki desain luar dan dalam yang menawan serta didukung oleh mesin mumpuni, ternyata mobil ini sangat nyaman digunakan di seluruh terrain baik itu jalan kota ataupun offroad ringan. Ia memiliki bantingan empuk tanpa mengurangi handling sebab suspensinya telah dibekali antirollbar. Suspensi ini mampu menjaga kestabilan dan menyerap gundukan perumukaan jalan yang tidak rata dengan sempurna. Begitu halnya dengan handling, meski menggunakan basis dari Ford Ranger, tapi handlingnya jauh lebih baik karena seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, mobil ini telah disesuaikan spesifikasinya sebagai sebuah mobil penumpang penggunaan harian. Walau bodynya sangat besar, namun pengendaliannya hampir menyerupai sebuah city car. Apalagi pada tipe Titanium 4x4 telah dilengkapi oleh mode mengemudi diantaranya Normal, Snow/Gravel/Grass, Sand dan Rock. Dengan begitu, mesin akan secara otomatis merespon tekanan pedal gas, transmisi, roda penggerak dan kontrol traksi guna menyesuaikan dengan situasi jalur yang dilalui. Selain itu, pengemudi juga bisa mengunci transfer case secara manual untuk meningkatkan kontrol di sesuai kondisi sekalipun itu off-road ringan hingga ekstrim

Untuk sektor penggereman, semua varian All New Ford Everest dibekali roda cakram bervetilasi di depan dan solid disc di bagian belakang dengan berbagai penambahan fitur pendongkrak seperti ABS, EBD dan BA. Spesialnya, mobil ini juga memiliki segudang fitur keselamatan canggih diantaranya Adaptive Cruise Control dengan Collision Warning yang akan menjaga jarak dengan kendaraan lain di depan, Lane Keeping System dan Lane Keeping Aid dengan fungsi memberi respon getaran pada setir serta mencegah mobil keluar dari lajur secara tak disengaja, serta teknologi Curve Control untuk menjaga kontrol saat memasuki sudut tikungan pada kecepatan tinggi. Bagi pemula, mengendalikan mobil ini akan terasa mudah dengan adanya Active Park Assist dimana mobil akan menyetir sendiri ketika ukuran tempat parkir dirasa cukup hanya denan menekan tombol dan juga Blind Spot Information System (BLIS) dengan Cross Traffic Alert yang bertugas memberikan informasi ketika ada kendaraan lain berada di area blind spot dekat mobil. Hanya saja beberapa fitur tersebut ikut dipangkas pada tipe Trend guna menekan harga jual.

Spesifikasi All New Ford Everest
  • Mesin : 2.2 liter Duratorq TDCI dan 3.2 liter Duratorq TDCI.
  • Konfigurasi : 4 silinder segaris 16 katup (2.2 L) ; 5 silinder segaris 20 katup (3.2 L).
  • Tenaga : 158 HP @3.200 RPM (2.2 L) ; 198 HP @3.000 RPM(3.2 L).
  • Torsi : 385 Nm @1.600-2.500 RPM (2.2 L) ; 470 Nm @1.750 RPM-2.500 RPM (3.2 L).
  • Bore x stroke : 86 mm x 94.6 mm (2.2 L) ; 89.9 mm x 100.76 mm (3.2 L).
  • Rasio kompresi : 15.7:1 (2.2 L) ; 15.8:1 (3.2 L).
  • Konsumsi BBM : 7-9 km/L (dalam kota) ; 10-14 km/L (luar kota).
  • Transmisi : Matic 6 percepatan.
  • Suspensi : Depan MacPherson Strut, belakang 4 bar link live axle.
  • Rival : Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport, Chevrolet Trailblazer, Isuzu MU-X, Nissan X-Trail T32, KIA Sorento, Hyundai Santa Fe, dan Honda CR-V RE8. 
  • Tahun Penjualan : 2015 - 2017.

Harga All New Ford Everest
  • Tahun 2015 : 400 juta - 450 juta.
  • Tahun 2016 : 425 juta - 475 juta.
  • Tahun 2017 : 450 juta - 500 juta.

Kelebihan All New Ford Everest
  • Desain terbaik di kelasnya.
  • Interior mewah.
  • Kabin lapang.
  • Kelengkapan fitur.
  • Fitur keselamatan cukup banyak.
  • Irit BBM.

Kekurangan All New Ford Everest
  • Harga terlalu mahal.
  • Depresiasi harga.
  • Jaringan servis mulai terbatas.

Demikian ulasan lengkap mengenai review spesifikasi, harga, serta keunggulan dan kelemahan All New Ford Everest. Berbekal desain yang tangguh serta ditunjang oleh berbagai teknologi terkini, maka generasi terakhir dari Everest di Indonesia sangat layak beli bagi Anda yang ingin memenuhi hasrat mengemudi. Semoga membantu, baca juga :
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Artikel Terkait : Kelebihan dan Kekurangan All New Ford Everest