Duel Pendatang Baru, Mitsubishi Xpander VS Wuling Confero S

Wuling Confero S VS Mitsubishi Xpander - Ranah dunia otomotif Indonesia dikejutkan oleh gempuran segmen MPV. Setelah hadirnya duet maut Toyota Calya dan Daihatsu Sigra yang mengisi segmen MPV LCGC, produk baru lain pun bermunculan salah satunya pada segmen low MPV. Pada segmen ini, terdapat dua pendatang baru yaitu Wuling Confero S dan juga Mitsubishi Xpander. Dimana keduanuya sama-sama diperkenalkan pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 bertempat di Jakarta.
Wuling Confero S VS Mitsubishi Xpander
Mitsubishi Xpander VS Wuling Confero S
Pendatang pertama ada Wuling Confero S, mobil keluarga asal negeri tirai bambu ini sudah diproduksi di Indonesia dengan mengusung bodi mengkotak yang sangat besar dengan fitur-fitur terkini seperti lampu projektor dan DRL. Pada bagian dalamnya, ia menyuguhkan tiga baris kursi dengan masing-masing pilihan 7 seater atau 8 seater serta kabin yang paling luas di kelasnya. Konfigurasi interiornya cukup ideal bagi masyarakat Indonesia yang seringkali mengidamkan MPV berkabin lapang dan mampu memuat seluruh anggota kelurga beserta barang bawaan di area bagasi.

Dari sektor permesinan, Wuling Confero S dibekali oleh mesin berbahan bakar bensin dengan kapasitas 1.500cc. Konfigurasi mesinnya sendiri berupa 4 silinder segaris 16 katup DOHC yang sanggup memuntahkan tenaga hingga 107 HP dan torsi mencapai 142 Nm. Uniknya lagi, ia juga telah memiliki fitur keselamatan penting seperti dual airbag, cakram di seluruh roda dan rem ABS dengan penambahan EBD. Fitur lainnya yang juga terbilang cukup menarik adalah hadirnya Tire Pressure Monitoring System (TPMS) dan 4 sensor parkir belakang serta 2 buah sensor pada bumper depan. Fitur-fitur tersebut menjadi bukti bahwa Wuling mampu memenuhi segala keinginan seluruh keluarga di Indonesia. Spesifikasi lengkapnya dapat Anda baca pada Ulasan Wuling Confero S.

Selanjutnya beralih ke pendatang kedua yang berasal dari Jepang yakni Mitsubishi Xpander. Dilihat dari bentuk dan desainnya, karakter Xpander tampak jauh lebih futuristik dan dinamis dibandingkan Confero. Ia menggunakan desain terbaik hasil adopsi dari berbagai produk Mitsubishi masa kini dengan DRL menyipit lalu disambung oleh grill utama yang desainnya menipis. Sedangkan lampu utama posisinya berada di bumper bersama dengan lampu sein. Bahkan bisa dikatakan, versi produksinya ini tampak sangat serupa dengan varian konsep yang bernama Mitsubishi XM Concept. Sama halnya dengan Confero, ia juga mengadopsi layout 3 baris jok namun sedikit lebih sempit. Maklum, dimensinya masih kalah besar dari Confero. 

Pada bagian dapur pacunya, Xpander juga menggunakan mesin 1.500cc dengan konfigurasi serupa seperti Confero. Tenaganya lebih kecil, hanya sebatas 102 HP dan tori 141 Nm. Walau begitu, akselerasi yang dihasilkan jauh lebih baik sebab bobotnya yang lebih ringan. Kekuatan utama dari Xpander dibandingkan Confero di atas adalah hadirnya pilihan transmisi otomatis mulai dari trim menengah hingga tertinggi. Sedangkan Confero harus berbagangga hati karena hanya tersedia melalui transmisi manual. Dari fitur pun, Xpander jauh lebih lengkap dan dapat Anda baca pada artikel khusus bertajuk Ulasan Lengkap Mitsubishi Xpander.

Setelah melihat spesifikasi singkat keduanya, maka dapat disimpulkan jika Xpander jauh lebih baik. Apalagi Wuling merupakan sebuah merk baru di Indonesia dan aroma image mobil Cina yang masih terlampau kuat. Sementara image Mitsubishi sudah tergolong jamak di tanah air dan jaringan servisnya pun lebih banyak sehingga layanan 3S menjadi terjamin. Namun, tak hanya kualitas, harga juga ikut berbicara. Varian termurah dari Wuling Confero dijual mulai 130 Jutaan dan varian tertingginya dibanderol 165 jutaan. Sedangkan varian termurah Xpander berada di kisaran 190 jutaan dan 250 jutaan untuk varian tertingginya. Selisih keduanya cukup besar. Lantas dari poin tersebut, mana yang lebih nyantol di benak Anda? Kualitas atau harga? Semoga membantu, baca juga : 
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Artikel Terkait : Duel Pendatang Baru, Mitsubishi Xpander VS Wuling Confero S