Kelebihan dan Kekurangan Chevrolet Trooper Solar / Bensin

Ulasan Spesifikasi dan Harga Chevrolet Trooper - Era 80-an hingga awal 90-an merupakan era kejayaan bagi Chevrolet. Pabrik anakan dari General Motors (GM) asal Amerika ini memiliki sejarah panjang di Indonesia terutama ketika mampu menguasai pasar pick-up saat itu melalui nama Chevrolet LUV yang tahan banting, irit dan terbukti masih digemari oleh kalangan pebisnis hingga saat ini meski sudah menginjak umur 30 tahunan. Pick-up ini diciptakan berdasarkan kerjasama dengan Isuzu yang juga berada di bawah asuhan GM. Tak hanya Chevrolet LUV, Chevrolet juga memiliki produk lain di segmen SUV dari hasil kerjasama dengan Isuzu dengan nama Chevrolet Trooper.

Sedikit mengulang sejarah, Chevrolet Trooper mulanya diproduksi dan dijual sejak tahun 1981 dan baru masuk ke Indonesia pada tahun 1984. Mobil ini dijual dengan nama berbeda di setiap negara. Antara lain Isuzu Rodeo Bighorn di Amerika, Holden Jackaroo di Australia, Varian pertama yang hadir saat itu mengusung sasis pendek / Short Wheelbase (SWB) 3 pintu dan sasis panjang / Long Wheelbase (LWB) 5 pintu yang peredarannya terbilang langka. Pada tahun 1989, seluruh varian Chevrolet Trooper di Indonesia mendapatkan jatah facelift dengan perbedaan fascia depan. Disini, Chevrolet juga tersedia dengan pilihan LWB pintu yang sangat langka. Selain itu, hadir juga Chevrolet Stallion yang mengadopsi  sasis Chevrolet LUV yakni penggerak 4x2 dengan mengusung bodi sama persis seperti Trooper. Hanya saja penjualan Stallion terbilang gagal karena kurang diminati oleh para konsumen. Sebelum produksi Chevrolet Trooper dihentikan total, muncul varian terakhir dengan atap yang lebih tinggi pada tahun 1993 yang dikenal juga dengan nama Trooper Hi-roof atau High Roof.

Di pasar lokal, penjualan Chevrolet Trooper tak tergoyahkan meski dihadang oleh beberapa kompetitor hebat dalam menciptakan kendaraan 4WD. Sebut saja seperti Daihatsu Taft Hiline Long 4x4 dan Suzuki Jimny Extra Long 4x4. Meski ukurannya yang besar, Chevrolet Trooper masih berada dalam segmen medium size SUV sehingga tidak cocok disandingkan sebagai kompetitor dari segmen full size SUV seperti Toyota Land Cruiser VX80 ataupun Jip Mercy G-Class W460. Setelah beredar hingga 10 tahun lamanya hingga tahun 1994, akhirnya penjualan mobil ini dihentikan di seluruh dunia dan dilanjutkan oleh generasi kedua yang sayangnya tidak masuk ke Indonesia. Banyak yang menyangka jika Chevrolet Trooper memiliki kaitan dengan Chevrolet atau Opel Blazer pada awal tahun 2000. Tapi sebenarnya tidak, kecuali untuk varian dari Chevrolet Trailblazer sekarang (2013 ke atas) karena menggunakan sasis serupa seperti Isuzu MU-X yang memiliki garis generasi dari Trooper ini.

Eksterior Chevrolet Trooper
Untuk kulit luarnya, Chevrolet Trooper mengadopsi bodi mengkotak khas SUV era 80-an dengan mengadopsi kaki-kaki kekar dan ground clearance tinggi sehingga memiliki kemampuan jelajah tinggi. Modelnya yang kekar ditunjang oleh lampu depan berbentuk bulat mengapit grill garis-garis vertikal mengisi bagian tengah fascia. Tampilannya sangat sederhana. Bumper yang digunakannya sendiri masih berupa plat besi tebal dengan pinggiran fiber. Cukup membantu ketika sewaktu-waktu mengalami benturan dari depan. Sedangkan untuk palang depan merupakan aksesoris tambahan guna memaksimalkan kapabilitas daya jelajah ataupun offroad, bukan hanya sekedar pendongrak tampilan.
Eksterior Chevrolet Trooper Lampu Bulat Tampak Depan
Eksterior Chevrolet Trooper Prefacelift Tampak Depan
Setelah dijual selama 5 tahun, akhirnya Chevrolet Trooper mengalami major facelift dengan perubahan besar pada bagian depan. Peningkatan yang dilakukan terbilang cukup modern di masanya dengan menggunakan lampu depan baru berbentuk persegi dan grill kotak-kotak yang bagian atas dan bawahnya diberi kelir krom. Sementara bagian bumpernya tidak mengalami perubahan. Uniknya lagi, tidak sedikit pemilik Trooper tahun tinggi (facelift) mengganti tampilan depannya dengan model keluaran awal seperti yang tertera pada foto di atas karena desainnya lebih macho dan lebih sangar. 
Eksterior Chevrolet Trooper Lampu Kotak Tampak Depan
Eksterior Chevrolet Trooper Facelift Tampak Depan
Kini beralih ke bagian samping. Bagian ini cukup menarik untuk dibahas karena ketersediaan konfigurasi bodi dan jumlah pintu. Dari segi tampilan luarnya, baik keluaran awal dan facelift sama. Tidak ada yang beda kecuali pada model dan cabang velg yang digunakan. Varian SWB 3 pintu dimensinya antara lain panjang 4.112 mm, lebar 1.651 mm, tinggi 1.844 mm serta sumbu roda sepanjang 2.301 mm. 
Eksterior Chevrolet Trooper SWB 3 Pintu Tampak Samping
Eksterior Chevrolet Trooper SWB 3 Pintu Tampak Samping
Untuk varian LWB 5 pintu, dimensinya berbeda dari varian SWB 3 pintu karena lebih panjang dengan rincian panjang 1.651 mm, tinggi 1.821 mm dan jarak antara kedua sumbu roda mencapai 2.649 mm. Sementara lebarnya sama seperti varian SWB di atas.
Eksterior Chevrolet Trooper LWB 5 Pintu Tampak Samping
Eksterior Chevrolet Trooper LWB 5 Pintu Tampak Samping
Sedangkan varian LWB 3 pintu merupakan gabungan dimensi antara LWB 5 pintu dan SWB 3 pintu. Yaitu panjang 1.651 mm, lebar 1.651 mm dan tinggi 1.821 mm dengan wheelbase sepanjang 2.649 mm. Varian ini cukup unik karena hingga sekarang, cukup jarang ada mobil yang dijual di Indonesia sepanjang itu dengan mengadopsi 3 pintu. Hal ini dianggap kurang efisien karena penumpang row kedua harus masuk melalui pintu depan. Kecuali bagi varian SWB yang tak mungkin menggunakan 5 pintu karena akan menciptakan penampilan dengan kesan "tidak layak".
Eksterior Chevrolet Trooper SWB 5 Pintu Tampak Samping
Eksterior Chevrolet Trooper SWB 5 Pintu Tampak Samping
Berikut adalah contoh foto dari Chevrolet Trooper high roof. Varian ini hanya tersedia dalam bentuk 5 pintu dan menjadi varian termahal dari seluruh jajaran Trooper yang pernah dijual di Indonesia. Sesuai namanya, high roof memiliki atap yang lebih tinggi sehingga ikut berpengaruh terhadap ketersediaan ruang kepala di dalam kabin. Ciri khasnya ada pada tonjolan yang berada pada atap pilar B dan memanjang hingga ke pilar D.
Eksterior Chevrolet Trooper High Roof Tampak Samping
Eksterior Chevrolet Trooper High Roof Tampak Samping
Beralih ke bagian belakang, baik Chevrolet Trooper lampu bulat dan lampu kotak menggunakan desain serupa dengan ciri khas 2/3 bagiannya yang terbuka ke samping kiri. Posisi ban serep digantung di pintu sehingga aura gagah sebuah SUV tetap terjaga. Hanya saja, seiring berjalannya waktu, mekanisme ban serep menggantung akan mengakibatkan pintu rusak apalagi jika pintu belakang ditutup dengan cara dibanting. Sehingga banyak pemilik lebih memilih menyimpan ban serep ke dalam kabin atau memindahkan ke bagian kolong belakang dengan sedikit modifikasi. 
Eksterior Chevrolet Trooper Tampak Belakang
Eksterior Chevrolet Trooper Tampak Belakang
Khusus untuk Chevrolet Trooper high roof, tampilannya sangat macho apalagi jika posisi ban serep masih digantung di pintu belakang. Kesannya mirip dengan legenda offroad asal Inggris, Land Rover Defender. Pernak-pernik dan aksesoris yang dikenakan juga serupa dengan varian lain yakni bumper dengan pijakan pada footstep belakang, lampu model panjang dan posisi plat nomor berada di dinding belakang sebelah kanan.
Eksterior Chevrolet Trooper High Roof Tampak Belakang
Interior Chevrolet Trooper
Beranjak ke dalam kabinnya, Anda disambut oleh nuansa mobil era 80-an dengan desain dashboard mengkotak yang dibalut material platik lembut berwarna coklat. Material yang digunakan terbilang cukup baik namun sangat mudah getas hingga pecah-pecah. Pada konsol tengah, terdapat berbagai tombol pengaturan AC yang berada di antara headunit di area bawah dan meter gauge di atas. Kesannya benar-benar klasik dan elegan apalagi ditambah oleh penggunaan panel instrumen dua bagian dengan penerapan model pop-up yang menyajikan tachometer dan speedometer tepat di depan pengemudi sehingga tidak mengganggu konsentrasi di kala mengemudi.

Pada bagian ini, tidak ada perbedaan dari hal desain antara Trooper lawas dan Trooper facelift kecuali dari segi fitur. Bagi Trooper facelift atau lampu bulat, ditambahkan fitur terkini antara lain power steering, power window, central lock sebagai fitur standar. Sedangkan power steering telah digunakan mulai dari model lawas. Selain itu, fitur unik lainnya sebagai penunjang aktivitas menjelah melalui adanya indikator altimeter, clinometer hingga indikator thermometer yang dipasangkan tepat di atas dashboard bagian tengah seperti yang tertera pada foto berikut ini.
Interior Dashboard Chevrolet Trooper
Dashboard Chevrolet Trooper
Selanjutnya untuk segi kenyamanan, seluruh varian menggunakan jok dengan material beludru yang cukup nyaman ketika di duduki karena tidak panas meski digunakan dalam perjalanan lama. Walaupun nyaman, namun jok beludru mudah kotor sehingga banyak yang membalutnya dengan material kulit sintetis ataupun kulit asli terkait dengan alih mudah dibersihkan. Ketersediaan ruang kabin lapang juga membuat penumpang nyaman karena mengusung dimensi yang jauh lebih panjang dibandingkan jip lain di kelasnya. Hanya saja, ruang kepala yang tersedia tergolong terbatas. Oleh karena itu varian high roof dijual sebagai varian penutup dari keluarga Trooper di Indonesia dan terbukti mampu menjadi penguasa di segmen SUV menengah saat itu.
Interior Kabin Chevrolet Trooper
Kabin Chevrolet Trooper
Untuk baris ketiga, seperti jip lain pada umumnya menerapkan kursi belakang saling berhadapan. Kursi ini juga tersedia untuk varian SWB dengan ukuran kecil yang hanya dapat diduduki oleh balita. Sedangkan untuk varian LWB dapat digunakan oleh orang dewasa. Area belakang ini sekaligus menjadi bagasi bagi barang bawaan ketika tidak difungsikan sebagai tempat duduk penumpang dan kapasitasnya juga tergolong cukup lapang dibandingkan Jip lain. 
Interior Bagasi Chevrolet Trooper
Bagasi Chevrolet Trooper
Kinerja dan Performa Mesin Chevrolet Trooper
Dari sektor permesinan, mulanya Chevrolet Trooper hanya tersedia dengan pilihan mesin diesel berkapasitas 2.200cc yang serupa dengan Chevrolet LUV. Mesin yang digunakan ini berkode C223 dengan konfigurasi 4 silinder segaris 8 katup OHV yang dapat menggelontorkan daya hanya sebesar 61 HP pada putaran 4.000 RPM dan torsi 130 Nm pada 2.200 RPM. Meski lemot dan dianggap primitif, namun mesin C223 terkenal tahan banting dan sangat mudah dalam perawatan karena suku cadang baik slow moving atau fast moving tersedia hingga ke penjuru negeri dengan harga murah. Lantas tenaga dan torsi yang dihasilkan selanjutnya di transfer ke penggerak 4WD part time dengan bantuan transmisi manual 4 percepatan. Meski begitu, tidak sedikit konsumen yang melakukan swap engine Trooper dengan mesin yang lebih gahar. Pilihan yang paling difavoritkan oleh pegiat offroad adalah mesin milik Trooper Turbo luar negeri dengan kode 4JB1-T 2.8 liter atau 4JG2-T 3.0 liter.
Foto Mesin Chevrolet Trooper Diesel 2.2 Liter
Mesin Chevrolet Trooper Diesel 2.2 Liter
Memasuki tahun 1989, Chevrolet memutuskan untuk tidak lagi menyediakan mesin di atas karena permintaan pasar yang cenderung menurun. Sebagai gantinya, disediakan mesin bensin 2.300cc dengan kode 4ZD1. Mesin ini mengadopsi konfigurasi yang sama seperti mesin diesel di atas hanya saja kepala silinder diganti menjadi SOHC 8 katup yang cukup mutakhir saat itu. Tenaga yang mampu dihasilkan melonjak 2 kali lipat menjadi 110 HP pada putaran 4.600 RPM dan torsi hingga 170 Nm pada 2.600 RPM. Mesin 4ZD1 dianggap lebih cocok untuk membuat akselerasi Trooper lebih cepat mengingat bobot keseluruhannya mencapai 1.7 ton. Walaupun harus rela mengorbankan konsumsi BBM menjadi lebih boros. Baiknya, varian mesin bensin ini sudah menerapkan transmisi manual 5 percepatan sehingga spesifikasinya mampu menyamai para kompetitor lain.
Foto Mesin Chevrolet Trooper Bensin 2.3 Liter
Mesin Chevrolet Trooper Bensin 2.3 Liter
Impresi dan Handling Chevrolet Trooper
Dari segi impresi dan handling, mengemudikan sebuah mobil SUV kuno berukuran besar biasanya hanya menyajikan sensasi hambar. Namun tidak bagi Chevrolet karena mobil ini benar-benar nyaman dikemudikan untuk seukuran mobil tua karena bantingannya yang cukup nyaman, sebab penggunaan suspensi double wishbone pada kaki-kaki depan meski bagian belakangnya masih menerapkan per daun. Dalam hal kenyamanan, ia jauh lebih unggul dari para kompetitor sehingga masih banyak unit Chevrolet Trooper dengan kondisi segar dapat ditemukan di kota-kota besar. Sedangkan dari handlingnya sesekali mengakibatkan gejala limbung khas SUV. Meski tidak selimbung Jimny ataupun Taft. Dalam kata lain, masih berada dalam batas wajar.

Bagaimana dengan fitur kabinnya? Tidak usah berespektasi lebih, adanya power window saja sudah lebih dari cukup. Hanya saja fitur ini baru hadir untuk varian facelift. Belum lagi sistem kelistrikan mobil tua seringkali terkendala mengingat banyak komponen yang getas ataupun karatan seiring bertambahnya usia mobil. Oleh karena itu, perawatan mobil tua tak hanya pada bagian mesin saja namun wajib juga membenahi sistem kelistrikan dan juga komponen interior. Maka tak heran jika ada penjual yang berani mematok harga tinggi di atas nilai jual wajar karena selain modal besar, perawatannya juga membutuhkan kesabaran dan ketelitian tinggi.

Spesifikasi Chevrolet Trooper
  • Mesin : C223 2.2 liter (diesel) ; 4ZD1 2.3 liter (bensin).
  • Konfigurasi : 4 silinder 8 katup OHV (diesel) ; 4 silinder 8 katup SOHC (bensin).
  • Tenaga : 61 HP @4.000 RPM (diesel) ; 110 HP@ 4.600 RPM (bensin).
  • Torsi : 130 Nm @2.200 RPM (diesel) ; 170 Nm @2.600 RPM (bensin).
  • Bore x stroke : 88 mm x 92 mm (diesel) ; 89.3 mm x 90 mm (bensin).
  • Rasio kompresi : 21:1 (diesel) ; 8.3:1 (bensin).
  • Konsumsi BBM : 5-9 km/L (dalam kota) ; 9-13 km/L (luar kota).
  • Transmisi : Manual 4 percepatan (diesel) ; manual 5 percepatan (bensin).
  • Suspensi : Depan MacPherson Strut, belakang per daun.
  • Rival : Daihatsu Taft Hiline Long 4x4 dan Suzuki Jimny Extra Long 4x4.
  • Tahun Penjualan : 1984 - 1988 (prefacelift) ; 1989 - 1994 (facelift).

Harga Chevrolet Trooper
  • Tahun 1984 - 1988 : 35 - 70 jutaan.
  • Tahun 1989 - 1994 : 60 - 130 jutaan.

Kelebihan Chevrolet Trooper
  • Harga terjangkau.
  • Kabin lapang.
  • Sangat nyaman untuk seukuran sebuah SUV.
  • Image mobil gagah dan tangguh.
  • Sistem penggerak 4WD.
  • Bantingan suspensi nyaman.
  • Sparepart melimpah dan murah.
  • Getaran mesin cukup minim.
  • Konsumsi BBM irit untuk varian mesin diesel.
  • Gampang dimodifikasi untuk mobil offroad ringan.

Kekurangan Chevrolet Trooper
  • Akselerasi boyo.
  • Tenaga mesin diesel terlalu kecil.
  • Tidak ada transmisi otomatis.
  • Suspensi depan kurang tangguh untuk medan berat.
  • Konsumsi BBM boros untuk varian mesin bensin.

Demikian ulasan lengkap mengenai review spesifikasi, harga, serta keunggulan dan kelemahan Chevrolet Trooper.  Last, mobil ini masih sangat layak dijadikan sebagai tunggangan harian karena image kokoh dan gagah yang disandangnya apalagi jika kondisinya masih sempurna. Dengan sentuhan sedikit modifikasi pada sektor kaki-kaki, Trooper sudah dapat diajak berjelajah ke seluruh pelosok negeri. Semoga membantu, baca juga :
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Artikel Terkait : Kelebihan dan Kekurangan Chevrolet Trooper Solar / Bensin