Kelebihan dan Kekurangan Chevrolet Tavera

Ulasan Spesifikasi dan Harga Chevrolet Tavera - Era millenium merupakan era kejayaan bagi Chevrolet. Pabrikan asal Amerika ini saat itu mendulang kesuksesan besar ketika menjual Chevrolet Blazer yang bergeming di segmen SUV dan juga Chevrolet Zafira di pasar MPV kompak. Mengingat adanya kekosongan segmen MPV medium yang sangat laku di Indonesia, akhirnya Chevrolet memutuskan untuk turut berpartisipasi dalam segmen ini. Model yang diluncurkan saat itu adalah Chevrolet Tavera, dikenal juga sebagai kembaran Isuzu Panther Touring dengan cara mengikat kerjasama antara kedua Brand atau rebadge dari Panther. Langkah ini dilakukan mengingat biayanya yang murah sebab tidak membutuhkan proses Research and Development (R&D) dari awal karena telah dilakukan oleh Isuzu. 

Di Indonesia, Chevrolet Tavera pertama kali hadir pada tahun 2001 atau tahun yang sama ketika Isuzu Panther hadir. MPV ini hanya dijual melalui satu trim saja yang identik dengan Panther Touring atau kasta paling tinggi dalam keluarganya dan disediakan dengan pilihan transmisi manual dan juga otomatis. Kerjasama keduanya terbilang menguntungkan kedua pihak, namun berbeda dengan kerjasama yang terkenal seperti Avanza-Xenia, baik Panther ataupun Tavera mengadopsi mesin berbeda. Jika Panther menggunakan mesin diesel, maka Tavera mengandalkan mesin bensin yang sama seperti pada Chevrolet Blazer dengan kapasitas 2.200cc.

Di dalam segmennya sebagai MPV ukuran menengah, mobil ini mendapatkan perlawanan sengit dari kembarannya sendiri, Isuzu Panther sehingga penjualannya sangat redup karena kalah saing. Kompetitor lainnya  antara lain Toyota Kijang Kapsul, Mitsubishi Kuda, dan disusul oleh Toyota Innova beberapa tahun kemudian. Daihatsu Taruna pun sering disanding sebagai pemain dalam segmen ini, meski dari segi peruntukannya berada ke dalam kelas SUV. Lantas penjualan Chevrolet Tavera berakhir pada tahun 2005 dan beberapa unit sisa terus dijual hingga permulaan tahun 2007. Setelah lama vakum, akhirnya segmen ini kembali dihidupkan melalui pengenalan Chevrolet Orlando di tahun 2011 yang sekaligus melanjutkan penjualan dari Chevrolet Zafira.

Eksterior Chevrolet Tavera
Pada bagian luar, tampilan Chevy Tavera tampak sporty dengan headlamp berbentuk sipit dan penggunaan bumper yang juga dapat ditemukan pada Panther Touring. Aksesoris keduanya dapat saling tukar pasang alias PNP tanpa ubahan. Perbedaan pada bagian ini hanya ada pada grill dengan logo masing-masing. Karena menggunakan paket bodykit yang sama seperti Panther Touring, maka Tavera juga telah mendapatkan sepasang foglamp sebagai fitur standar dan juga palang tengah guna sehingga mampu mendongkrak penampilan.
Eksterior Chevrolet Tavera Tampak Depan
Eksterior Chevrolet Tavera Tampak Depan

Berlanjut ke area samping. Eksterior Chevrolet Tavera terlihat sangat gagah berkat ground clearance tinggi 188 mm. Dengan begitu, dapat dipastikan bahwa mobil ini mampu melahap kontur jalan khas Indonesia yang banyak lubangnya tanpa takut mobil kandas atau nyangkut. Dari segi tampilan juga tak ada ubahnya seperti area samping Panther Touring dengan side skirt yang warna berbeda dari warna body serta adanya footstep guna memudahkan penumpang masuk ke kabin. Selain itu, Chevrolet juga turut membubuhkan sebuah badge Tavera pada pintu depan. Untuk dimensinya sendiri, eksterior Chevrolet Tavera memiliki panjang 4.750 mm, lebar 1.770 mm dan tinggi 1.855. Sedangkan jarak sumbu rodanya mencapai 2.685 mm.

Eksterior Chevrolet Tavera Tampak Samping
Eksterior Chevrolet Tavera Tampak Samping
Beranjak ke area belakang Chevrolet Tavera. Bagian ini juga identik dengan Panther Touring, dimana keduanya mengadopsi eksterior seperti SUV yakni peletakan ban serep di pintu belakang. Meski praktis, namun ban serep yang digantung di pintu belakang bisa menjadi kelemahan dari sebuah mobil. Karena jika hanya digantung begitu saja tanpa dibuatkan penyangga dari besi tambahan, bisa mengakibatkan kerusakan pintu belakang sebab bobot ban yang terbilang berat apalagi ketika pintu ditutup dengan cara dibanting. Maka lama kelamaan, braket gantungan dan juga engsel di pintu belakang akan longgar dan akan menyebabkan pintu rusak.
Eksterior Chevrolet Tavera Tampak Belakang
Eksterior Chevrolet Tavera Tampak Belakang
Interior Chevrolet Tavera
Kini saatnya melangkah ke dalam kabin. Di sektor ini, interior Chevrolet terlihat biasa saja karena memang peruntukannya sebagai sebuah MPV kelas menengah harga merakyat dimana saat itu belum ada teknologi canggih seperti AC digital ataupun computer display. Dari bentuk dashboard hingga trim pintu pun desainnya masih seperti MPV era 90-an. Intinya, sisi interior dan pernak-pernik bukanlah kekuatan dari Chevrolet Tavera. Baiknya, mobil ini telah dibekali fitur power steering, power window, audio tape, dan AC double blower sebagai kelengkapan standar. 
Interior Dashboard Chevrolet Tavera
Dashboard Chevrolet Tavera
Lalu mengarah ke kabin belakang. Chevrolet Tavera memiliki kabin yang cukup luas dibandingkan rival lain di kelasnya. Bahkan mobil ini mampu mengakomodasi hingga 7 penumpang tanpa berdesakan. Baik row kedua dan row kedua mampu menawarkan kenyamanan bagi penumpang berkat ruang kaki dan ruang kepala yang lega. Sementara itu, bahan jok bawaan masih menggunakan bahan beludru berwarna abu-abu sehingga noda atau debu dapat tersamarkan dengan baik.
Interior Kabin Chevrolet Tavera
Interior Kabin Chevrolet Tavera
Kinerja dan Performa Mesin Chevrolet Tavera
Di balik kap mesin, tertanam dapur pacu legendaris Chevrolet berkapitas 2.2 liter 4 silinder segaris 8 katup SOHC dengan sistem Multi Port Electronic Fuel Injection (MPFI). Tenaga yang mampu disalurkan ke penggerak roda belakang melalui bantuan transmisi manual 5 percepatan atau matic 4 percepatannya oleh mesin berkode LN2 ini hanya sebatas  114 HP pada putaran 5.000 RPM dan torsi maksimum 180 Nm pada 3.600 RPM. Mesin LN2 yang diadopsi dari Chevrolet Blazer tersebut tergolong rakus atau boros BBM apalagi jika terus menerus digunakan di dalam kota. Itulah sebab utama mengapa penjualan Tavera jauh tertinggal dibandingkan kembarannya, Isuzu Panther.
Impresi dan Handling Chevrolet Tavera
Terakhir membahas tentang impresi dan handling dari Chevrolet Tavera. Bergeming di segmen MPV dengan sistem suspensi daun maka dapat dipastikan adalah bantingannya yang kurang nyaman. Memang benar, mobil ini kurang nyaman apabila dikendarai tanpa beban di belakang. Namun jika diisi full hingga 7 penumpang, sensasi yang ditawarkan menjadi terbaik dalam artian sangat nyaman. Selain itu, penting juga untuk berbicara mengenai akselerasi. MPV biasanya memiliki tugas berat dimana selain membawa penumpang banyak, ia juga harus membawa beban berlebih seperti barang bawaan apalagi ketika melakukan mudik. Maka dari itu, setiap MPV wajib memiliki akselerasi yang baik. Dalam hal ini, Chevrolet Tavera mampu menjawab tantangan dimana akselerasinya cukup responsif bahkan lebih baik dibandingkan Toyota Innova. Selanjutnya dari sisi keselamatan. Lupakan berbagai teknologi tambahan karena mobil ini bukan berada di segmen MPV kelas atas. Tak ada teknologi keselamatan semacam ABS, EBD. Bahkan, Chevy Tavera belum memiliki airbag. Dari sisi penggereman pun hanya menggunakan cakram untuk roda depan sementara roda belakang masih tromol (drum).

Spesifikasi Chevrolet Tavera
  • Mesin : LN2 2.2 liter.
  • Konfigurasi :  4 silinder segaris 8 katup SOHC.
  • Tenaga : 114 HP @5.000 RPM.
  • Torsi : 180 Nm @3.600 RPM.
  • Bore x stroke : 86 mm x 94.6 mm.
  • Rasio kompresi : 9.2:1.
  • Konsumsi BBM : 5-7 km/L (dalam kota) ; 8-10 km/L (luar kota).
  • Transmisi : Manual 5 percepatan dan matic 4 percepatan.
  • Suspensi : Depan MacPherson Strut, belakang per daun.
  • Rival : Toyota Kijang Kapsul, Mitsubishi Kuda, Toyota Innova dan Daihatsu Taruna.
  • Tahun Penjualan : 2001 - 2005.

Harga Chevrolet Tavera
  • Tahun 2001 : 55 - 60 juta.
  • Tahun 2002 : 60 - 65 juta.
  • Tahun 2003 : 65 - 70 juta.
  • Tahun 2004 : 70 - 75 juta.
  • Tahun 2005 : 75 - 80 juta.

Kelebihan Chevrolet Tavera
  • Harga terjangkau.
  • Desain eksterior cukup gagah.
  • Sparepart relatif murah.
  • Biaya perawatan murah.
  • Kabin lapang.
  • Akselerasi responsif.
  • Ground clearance tinggi.

Kekurangan Chevrolet Tavera
  • Boros.
  • Tidak ada pilihan trim seperti Panther.
  • Peredaman kabin buruk.
  • Bantingan kurang nyaman.
  • Minim fitur.
  • Depresiasi harga.
  • Ketersediaan sparepart.

Demikian ulasan lengkap mengenai review spesifikasi, harga, serta keunggulan dan kelemahan Chevrolet Tavera. Intinya, mobil ini sangat cocok bagi Anda yang menginginkan karakter mesin SUV dalam sebuah MPV. Semoga membantu, baca juga :
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Artikel Terkait : Kelebihan dan Kekurangan Chevrolet Tavera