Kelebihan dan Kekurangan Chevrolet Kalos / Lova

Ulasan Spesifikasi dan Harga Chevrolet Kalos / Lova - Segmentasi sedan subkompak selalu menarik untuk dibahas, terlebih untuk pasar Indonesia. Segmen ini tergolong gemuk karena jika dilihat dari ukurannya, sedan subkompak hampir menyerupai sebuah hatchback dengan tambahan bagasi belakang sehingga fleksibel digunakan di perkotaan padat. Dari rancang bangunnya pun menggunakan rancangan yang sama dengan varian hatchback. Sebut saja contohnya seperti Honda City GD8 - Honda Jazz GD3 dan Toyota Vios Gen1 - Toyota Yaris Gen1. Penjualan keempat mobil tersebut terbilang sukses di pasar lokal, dimana hatchback menyasar kaum muda sedangkan varian sedan subkompak lebih menyasar bagi orang yang sudah berkeluarga. 

Di sisi lain, Chevrolet selaku pabrik anakan dari General Motors (GM) asal Amerika pernah merilis sebuah varian sedan guna melengkapi lini penjualan sedannya di Indonesia dengan nama Kalos. Mobil ini pertama kali dijual pada tahun 2006 di bawah market Chevrolet Optra yang menduduki segmen sedan kompak. Tersedia melalui trim LS sebagai tipe terendah dan trim LT sebagai trim tertinggi dengan fitur lebih banyak. Memasuki tahun 2008, Chevrolet Lova hadir sebagai varian dasar dan minim fitur dengan target pasar taksi. Varian termurah ini menjadi pesaing bagi Toyota Limo yang merupakan varian downgrade dari Toyota Vios.

Di dalam segmennya sebagai sedan subkompak, Chevrolet Kalos harus mengakui kekuatan para rivalnya sehingga ia hanya dijual hingga tahun 2008 saja dan selanjutnya hanya dijual melalui varian Chevrolet Lova. Kompetitor dari Chevrolet Lova terkuat adalah Toyota Vios Gen2 dan Honda City GM2. Sedangkan dari pabrikan lainnya terdapat Kia Rio Sedan, Hyundai AvegaFord Fiesta Sedan serta Mazda 2 Sedan. Setelah dijual hingga beberapa tahun tanpa adanya facelift sama sekali, akhirnya posisi dari Chevrolet Kalos dan Lova dilengserkan melalui penjualan Chevrolet Aveo Sedan pada tahun 2013. Sayangnya, kehadiran penerusnya ini sangat terbatas karena tidak dilaunching melalui press release yang umum dilakukan bagi setiap produk baru.

Eksterior Chevrolet Kalos / Lova
Dari tampilan luarnya, Chevrolet Kalos membawa desain khas Korea era 20-an dengan ciri khas membulat dari bagian depan hingga buritan. Bagi sebagai orang, desain elegan ini memang jauh lebih baik dibandingkan kakaknya, Chevrolet Estate pre-facelift. Pada bagian depan, Chevrolet Kalos didukung oleh sepasang foglamp berbentuk mata kucing yang mangapit grill one piece berkelir krom. Hal ini berlak untuk semua trim. Kecuali untuk trim LT yang telah dilengkapi oleh foglamp atau lampu kabut sebagai fitur standar. 
Eksterior Chevrolet Kalos / Lova Tampak Depan
Eksterior Chevrolet Kalos / Lova Tampak Depan
Dari area samping, Chevrolet Lova tampak bongsor dengan mengusung dimensi tinggi ala sebuah hatchback tapi desainnya terbilang cukup presisi untuk sebuah sedan. Apalagi jika dibandingkan para rivalnya serti Kia Rio Sedan, Ford Fiesta sedan ataupun Mazda 2 Sedan. Di atas kertas, dimensi detail dari Chevrolet Kalos dan Lova antara lain panjang bodi 4.318 mm,  lebar 1.710 mm, dan tinggi 1.505 mm serta didukung oleh sumbu roda sepanjang 2.489 mm. Disini juga terdapat perbedaan antara Chevrolet Kalos dan Chevrolet Lova. Baik Kalos tipe LT dan LS, sudah menggunakan velg 5 spoke berukuran 15 inci sedangkan Lova hanya dilengkapi oleh velg kaleng 14 inci dengan cover dop.
Eksterior Chevrolet Kalos / Lova Tampak Samping
Eksterior Chevrolet Kalos / Lova Tampak Samping
Beranjak ke area belakang, buritan Suzuki Kalos masih mempertahankan desain model sedan lawas dengan bentuk lampu berupa segitiga. Desain seperti ini cukup menjual di era awal millenium yang sebelumnya telah dibuktikan oleh Mercy W202 C-Class, Mitsubishi CK4 alias Evo 4 dan Suzuki Baleno Next-G. Bagian buritan Kalos dan Lova ini adalah salah desain terbaik dibandingkan lawan-lawannya di kelas yang sama. Khusus varian LT, garnis belakang yang memanjang di atas plat nomor telah dilapisi krom sehingga tampak lebih mewah. Sedangkan tipe LS dan Lova mengikuti warna bodi.
Eksterior Chevrolet Kalos / Lova Tampak Belakang
Eksterior Chevrolet Kalos / Lova Tampak Belakang
Interior Chevrolet Kalos / Lova
Berikutnya beralih ke area kabin. Meski menggunakan basis dari Chevrolet Aveo tapi tak semerta-merta mobil ini harus menggunakan interior yang sama seperti halnya antara Vios-Yaris. Desainnya terbilang cukup menawan dengan adanya lekukan pada dashboard penumpang sehingga tampak lebih dinamis dan lebih mewah. Namun sayangnya, material interior yang digunakan berupa plastik keras yang mudah ringkih. Berbeda jauh dari bahan yang digunakan oleh kakaknya, Chevrolet Optra. Pada bagian ini, terdapat perbedaan antara Chevrolet Kalos LT, LS dan Lova. Tipe LS dan Lova tampilannya tampak monoton dengan setir 3 spoke. Headunit bawaan hanya disediakan untuk tipe LS sedangkan Lova kosongan dan biasanya menggunakan headunit aftermarket. Tergantung dari paket penjualan rekanan penyedia mobil ex-taksi. Untungnya, Kalos LS sudah menerapkan power window meski belum adanya electrik mirror.
Interior Chevrolet Kalos / Lova
Dashboard Chevrolet Kalos LS / Lova
Sementara itu, tipe LT menggunakan setir 4 spoke yang dilengkapi airbag dengan adanya aksen silver di dashboard penumpang depan serta CD Player yang pengaturannya lebih lengkap dari tipe LS. Kelengkapan lainnya yang menjadi fitur standar tipe LT adalah electric mirror dan ketersediaan pilihan transmisi otomatis 4 percepatan.
Interior Chevrolet Kalos / Lova
Dashboard Chevrolet Kalos LT
Untuk kabin belakangnya, Chevrolet Kalos masih mampu menyediakan ruang yang cukup untuk penumpang. Baik itu ruang kaki, ruang bahu ataupun ruang kepala. Tekstur jok fabrik yang digunakan juga terbilang cukup berkualitas dan dapat menjaga kenyamanan penumpang selama perjalanan. Disini, khusus trim LT dan LS sudah disediakan power window penumpang belakang sedangkan Chevrolet Lova masih berupa tuas putar. 
Interior Chevrolet Kalos / Lova
Kabin Chevrolet Kalos / Lova
Kinerja dan Performa Mesin Chevrolet Kalos / Lova
Pada sektor dapur pacu, Chevrolet Kalos dan Lova mengadopsi mesin yang sama dengan kapasitas 1.400 cc. Mesin dengan kode E-TEC II ini kapasitasnya sedikit lebih besar dari varian hatchback (Aveo) dengan tenaga maksimum sebesar 95 HP pada putaran 6.200 RPM dan torsi puncak hingga 130 Nm pada 3.400 RPM. Dibandingkan sedan lain di kelasnya, output Kalos dan Lova terbilang kecil dan lebih boros. Tapi baiknya adalah ketahanan mesinnya jauh lebih baik dari produk Chevrolet lain karena blok mesin dicetak dengan baja tuang sehingga lebih awet. Apalagi suku cadang fast moving dan slow moving mesin ini sudah diproduksi lokal dengan kualitas impor. Dengan begitu, ketersediaan sparepart di pasaran lebih terjamin dan juga lebih murah.
Foto Mesin Chevrolet Kalos / Lova
Foto Mesin Chevrolet Kalos / Lova
Impresi dan Handling Chevrolet Kalos / Lova
Dari impresi mengemudi, Chevrolet Kalos mampu menawarkan kenyamanan mengemudi karena posisi duduknya yang tinggi sehingga pandangan ke segala sisi tidak terhalang oleh dashboard. Bantingan yang dihasilkan oleh suspensi independent pada bagian depan dan rigid axle dengan torsion beam pada bagian belakang mampu menyerap permukaan jalan kurang rata secara sempurna. Poin positif bagi sebuah sedan subkompak yang biasanya tergolong kurang nyaman karena adanya pemangkasan berbagai fitur serta kualiatas material di segala sektor. Sedangkan dari sisi handling, pengendalian Chevrolet Kalos dan Lova juga tergolong di atas rata-rata dikarekan penggunaan plat bodi dan sasis yang tebal dimana keduanya sangat membantu mengenai kestabilan terutama dalam kecepatan tinggi, meski harus mengorbankan akselerasi pada putaran bawah.

Spesifikasi Chevrolet Kalos / Lova
  • Mesin : E-TEC II 1.4 liter.
  • Konfigurasi : 4 silinder segaris 16 katup DOHC VGIs.
  • Tenaga :  95 HP @6.200 RPM.
  • Torsi : 130 Nm @3.400 RPM.
  • Bore x stroke : 77.9 mm x 73.4 mm.
  • Rasio kompresi : 9.5:1.
  • Konsumsi BBM :  7-9 km/L (dalam kota) ; 8-11 km/L (luar kota).
  • Transmisi : Manual 5 percepatan dan matic 4 percepatan.
  • Suspensi : Depan independent MacPherson strut, belakang rigid axle dengan torsion beam.
  • Rival : Toyota Vios, Kia Rio Sedan, Hyundai Avega, Honda City, Ford Fiesta Sedan, Mazda 2 Sedan.
  • Tahun Penjualan : 2006 - 2008 (Kalos) ; 2008 - 2012 (Lova).

Harga Chevrolet Kalos / Lova
  • Tahun 2006 : 50 - 56 juta.
  • Tahun 2007 : 53 - 58 juta.
  • Tahun 2008 : 36 juta (Lova) - 72 juta.
  • Tahun 2009 : 40 juta (Lova). 
  • Tahun 2010 : 45 - 50 juta (Lova).
  • Tahun 2011 : 52 - 55 juta (Lova).
  • Tahun 2012 : 56 - 60 juta (Lova).

Kelebihan Chevrolet Kalos / Lova
  • Harga terjangkau.
  • Handling mantap.
  • Kabin cukup hening.
  • Interior lega dan nyaman.
  • Plat bodi dan sasis tebal.
  • Spartpart murah karena diproduksi lokal.
  • Blok mesin menggunakan bahan baja tuang sehingga awet.

Kekurangan Chevrolet Kalos
  • Desain eksterior kurang diminati.
  • Akselerasi boyo.
  • Depreasi harga.
  • Minim fitur.
  • Image taksi.
  • Kualitas interior.
  • Lebih boros dari kompetitornya.
  • Akselerasi boyo karena bobot berat.

Demikian ulasan lengkap mengenai review spesifikasi, harga, serta keunggulan dan kelemahan Chevrolet Kalos / Lova. Intinya, mobil ini bukanlah pilihan terbaik di kelasnya kecuali jika budget Anda terbatas. Semoga membantu, baca juga :
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Artikel Terkait : Kelebihan dan Kekurangan Chevrolet Kalos / Lova