Kelebihan dan Kekurangan Mercy W221 '06-'13

Ulasan Spesifikasi dan Harga Mercy W221 S-Class - Keberadaan Mercedes-Benz sebagai pabrikan raksasa asal Jerman di Indonesia membuat persaingan di segmen mobil mewah menjadi sangat ketat. Merk yang disebut sebagai rival abadi BMW ini sudah sangat melekat dengan sedan mewah meskipun mereka tidak hanya memproduksi sedan, namun juga SUV, MPV dan juga hatchback. Di segmen sedan, mereka menyediakan berbagai pilihan dengan kelas yang berbeda. Salah satunya adalah lini S-Class yang diposisikan sebagai kasta teratas, yang menyasar kaum berada ataupun kalangan dinas kenegaraan dengan spesifikasi khusus.

Di Indonesia, Mercedes-Benz W221 yang merupakan generasi kelima dari keluarga S-Class ini pertama kali masuk melalui jalur Importir Umum dengan status CBU pada tahun 2006 awal. Pada saat itu, pihak ATPM masih menjual seri lama yaitu Mercy W220 S-Class sebelum akhirnya habis terjual dan W221 ATPM berstatus CKD baru hadir di akhir 2006. Model yang tersedia antara lain S300, S350 dan juga S500 dimana kesemuanya mengusung wheelbase panjang dan beberapa trim berbeda tergantung kelengkapan. Tidak seperti generasi sebelumnya yang juga hadir dengan wheelbase pendek. Marketnya berada di atas posisi Mercy W204 C-Class dan juga Mercy W212 E-Class yang dijual dalam waktu bersamaan. Lantas menginjak tahun ketiga dari penjualan W221 tepatnya pada akhir 2009, seluruh tipe mendapatkan minor facelift dengan beberapa peningkatan tampilan dan juga fitur.

Sama halnya dengan Mercy W140 S-Class, mobil ini juga turut digunakan oleh pemerintah Indonesia sebagai mobil kepresidenan mulai tahun 2008 di kala SBY menduduki jabatan Presiden pada periode kedua dan terus berlanjut hingga era Jokowi sekarang. Tipe yang digunakan adalah S600 Guard yang tahan ledakan dan anti peluru. Pembeliannya dilakukan mengingat kendaraan sebelumnya yakni W140 sudah tergolong uzur karena sudah digunakan hingga 4 periode presiden sekaligus. Namun berbeda dengan W140, varian S600 sampai sekarang belum pernah dimiliki oleh masyarakat umum.

Sebagaimana biasanya, di dalam segmennya sebagai full size luxury car, ia mendapatkan perlawanan ketat dari pabrikan Bavarian lainnya melalui BMW F01 Seri-7 dan Audi A8 D4. Sedangkan dari pabrikan lain hanya ada Jaguar XJ X351 dan Lexus LS XF40. Penjualan dari W221 berakhir pada tahun 2014 dimana saat itu Mercedes-Benz meluncurkan generasi selanjutnya yang dinamakan Mercy W222 S-Class.

Eksterior Mercy W221 S-Class
Kasta S-Klasse "Sonderklasse" atau Spesial Class selama ini terkenal memiliki desain yang elegan untuk eksteriornya. Desain elegan ini memang masih terpampang pada bagian depan W221 namun garis-garis desainnya telah berubah ke arah sporty. Diantaranya dapat dilihat pada penggunaan lampu depan berbentuk sipit dengan fitur bi-xenon dan infrared Night View Assist sebagai bagian dari fitur keselamatan yang dinamakan sebagai Mercedes-Benz pre-collision system. Desain dari lampu depannya yang telah dibekali oleh headlamp washer bertekanan tinggi ini kemudian diikuti oleh garis memanjang ke belakang kap mesin dan juga berlaku untuk bagian bumper. Nuansa elegan masih terasa berkat penggunaan grill V-Shape khas Mercedes modern dengan garis-garis berkelir krom. Saat itu, banyak media yang memuji bentuk eksterior W221 karena pada generasi sebelumnya yaitu W220, seakan kehilangan arah.
Eksterior Mercy W221 Prefacelift Tampak Depan
Eksterior Mercy W221 Prefacelift Tampak Depan
Memasuki akhir tahun 2009, Mercedes sedikit melakukan perombakan W221 agar tampil lebih menawan. Pada bagian depannya, tercatat perubahan menghampiri area bumper dengan lekukan baru plus lampu LED DRL guna menggantikan kehadiran foglamp yang digunakan sebelumnya. Perubahan nilai estetika juga mencakup bentuk grill yang posisinya lebih menonjol meski bentuknya masih serupa seperti varian prefacelift.
Eksterior Mercy W221 Facelift Tampak Depan
Eksterior Mercy W221 Facelift Tampak Depan
Beralih ke profil samping. Bagian dari W221 inilah yang paling besar perubahannya selama sejarah S-Class. Tidak ada lagi  garis desain yang bersih dan elegan dari Benz yang telah dikenal semenjak tahun 90-an, dimana kini bentuknya lebih mengkurva dan mengingatkan orang-orang pada desain BMW. Lipatan garis membulat pada fender depan dan belakang mampu menciptakan aura sporty. Ditambah lagi oleh garis siluet yang menunjukkan bahwa W221 adalah sedan besar yang aerodinamis. Pada bagian ini, tidak ada perbedaan jauh antara varian prefacelift ataupun facelift kecuali untuk ukuran velg serta model cabangnya. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, W221 juga hadir dengan wheelbase pendek yang modelnya tampak lebih presisi. Tapi sayangnya tidak masuk ke Indonesia.
Eksterior Mercy W221 S-Class Tampak Samping
Eksterior Mercy W221 Tampak Samping
Beranjak ke area belakang. Bagian ini juga tampak sangat sporty. Terlampir pada area stoplamp berbentuk segitiga dengan desain mengikuti garis bodi yang mengkurva. Agar nuansa elegannya tidak hilang, Mercedes turut menyisipkan garnis memanjang  berkelir krom di atas posisi plat nomor. Untuk stoplampnya sendiri, mulanya masih menggunakan bohlam biasa dengan mika menggunakan aksen garis-garis tipis dan dipisahkan antara setiap klaster lampu. Skema warna pada pembatas antara klaster lampu ini sesuai dengan warna bodi dan paling umum di Indonesia hanya ada warna hitam dan silver. Tak hanya itu saja, fitur kamera belakang turut dijadikan sebagai standar pada setiap varian yang kemudian ditampilkan pada LCD monitor di dashboard sehingga lebih mudah diparkirkan.
Eksterior Mercy W221 Prefacelift Tampak Belakang
Eksterior Mercy W221 Prefacelift Tampak Belakang
Perubahan pada masa facelift tak hanya menyambangi area depan saja, namun juga berlaku untuk area belakang. Dengan adanya peningkatan ini, tampilan W221 jauh lebih sporty dari sebelumnya berkat penggunaan knalpot ganda berbentuk tipis serta penggunaan stoplamp full LED yang berpendar indah ketika malam hari. Sementara itu, desain bumper belakang juga turut dirubah menjadi lebih membulat mengikuti desain knalpot gandanya.
Eksterior Mercy W221 Facelift Tampak Belakang
Eksterior Mercy W221 Facelift Tampak Belakang
Interior Mercy W221 S-Class
Ketika dikenalkan sebagai generasi S-Class terbaru di eranya, W221 berhasil menciptakan euforia bagi pecinta Mercedes-Benz perbaikan khususnya pada bagian interior. Seluruh material interior kini menggunakan bahan yang jauh lebih berkualitas daripada pendahulunya yang terkenal ringkih. Skema warna interior disediakan dengan warna abu-abu gelap ataupun beige cerah dengan penambahan wood panel asli di sekitar area dashboard dan trim pintu. Di area dashboard, hanya terdapat tombol pengaturan sistem pendinginan di bawah kisi-kisi AC sedangkan tombol pengaturan lain seperti lampu depan dan juga kursi elektrik berada di trim pintu. Dibandingkan pendahulunya, peningkatan drastis yang ada pada W221 adalah tuas transmisi, kini dipindahkan ke kolom kemudi tidak lagi berada di tengah serta hadirnya fitur COMAND system dengan LCD 8 inci di tengah dashboard sebagai fitur standar di setiap varian. Fitur ini berguna untuk mengontrol audio, TV Tuner, CD/DVD, perintah suara dan juga navigasi. Demi memudahkan penggunaanya, tersedia sebuah roda dial berupa knob di tengah konsol box. Sebagian besar dari fitur di atas juga dapat difungsikan melalui tombol multifungsi di setir. Selain itu, Mercy W211 juga telah mengadopsi panel instrumen virtual, meninggalkan instrumen konvensional yang telah lama digunakan pada Seri S-Class sebelumnya. Sedangkan untuk fitur lainnya antara lain cruise control dengan speed limiter, sunroof, rain sensing wipers, jok elektrik berbalut kulit asli dengan fungsi pijat dan berventilasi, krey elektrik, headrest elektrik, MID, sejumlah airbag di beberapa titik, monitor tekanan ban, jam analog mewah, ABS, EBD, BA dll.
Interior Mercedes W221 S-Class Prefacelift
Interior Mercy W221 Prefacelift
Pada varian facelift, perubahan yang dilakukan tidak terlalu banyak untuk area kabin bahkan masih tampak serupa dengan model prefacelift. Disini, Mercedes mengganti roda kemudi atau setir dengan cabang baru yang lebih nyaman digenggam. Firmware atau perangkat lunak sistem COMAND juga turut diperbarui terutama untuk fungsi navigasi dan juga panel instrumen dengan skema yang jauh lebih mewah dan menarik.
Interior Mercedes W221 S-Class Facelift
Interior Mercy W221 Facelift
Berlanjut ke area kabin belakang, disinilah letak keistimewaan interior dari W221. Area kabin belakangnya ini sangat mirip dengan kabin pesawat kelas bisnis. Sebagai trim di sekelilingnya disisipkan dengan penggunaan panel kayu walnut asli, tidak seperti Corolla Altis yang masih mengandalkan material palsu yakni plastik yang dilapisi aksen kayu. Untuk ruang kakinya pun benar-benar luas, sama halnya seperti ruang ruang bahu dan ruang kepala. Bagi Anda yang ingin mengoptimalkan posisi duduk, telah disediakan tombol pengaturan jok elektrik di sisi kanan dan sisi kiri pada trim pintu. Selain itu, sistem pendinginan kabin dapat bekerja lebih maksimal berkat kehadiran kisi-kisi AC pada pilar B dan juga di belakang console box. Uniknya, penopang punggung kursi tengah dapat dilipat dan dijadikan arm rest ketika tidak digunakan, dan di dalamnya terdapat cooler atau kulkas mini untuk mendinginkan minuman.
Interior Kabin Belakang Mercedes W221 S-Class
Kabin Belakang Mercy W221
Pada trim tertentu khususnya varian AMG Line, turut ditambahkan fitur Rear seat entertainment system (RSE). Seperti namanya, fitur ini menyajikan fungsi multimedia yang berbeda dari trim lain berkat adanya sepasang TV dengan fungsi DVD dan MP3 di balik headrest kursi depan dan pengaturannya dapat dioperasikan melalui dial knob dial yang terletak pada armrest. 
Interior Kabin Belakang RSE Mercedes W221 S-Class
Kabin Belakang Mercy W221 dengan RSE
Kinerja dan Performa Mesin Mercy W221 S-Class
Dari sektor dapur pacu, Mercedes membekali tipe S300 dan S350 dengan mesin sama tapi berbeda pada kapasitas. Mesin berkode M272.E30 digunakan untuk S300 dengan kapasitas 3.000cc yang mampu menghasikan daya hanya sebatas 228 HP pada 6.000 RPM dan torsi 300 Nm yang diraih pada putaran 2.400 hingga 5000 RPM. Sedangkan tipe S350 mengandalkan mesin M272.E35 berkapasitas 3.500cc. Output yang ditorehkan jauh lebih besar yakni 268 HP pada 6.000 RPM dan torsi maksimum sejumlah 350 Nm pada putaran 2.400 hingga 5000 RPM. Mesin keduanya memiliki konfigurasi serupa, yakni V6 24 katup DOHC.
Foto Mesin Mercy S300 S350 W221 S-Class
Foto Mesin Mercy S300 dan S350 W221
Setingkat di atasnya, terdapat tipe S500 sebagai tipe bermesin terganas yang dijual kepada masyarakat umum. Tipe ini menggunakan mesin berkode M273.E55 dengan kapasitas 5.500cc. Ia menjadi satu-satunya tipe yang memiliki layout V8 32 katup DOHC. Dari sisi output, tipe ini mampu menggenjot tenaga mencapai 383 HP pada putaran 6.000 RPM dengan torsi puncak sebesar 530 Nm pada 2.800 hingga 4.800 RPM. Tenaga dan torsi dari ketiga jenis mesin ini disalurkan ke sistem penggerak roda belang melalui bantuan transmisi 7G-Tronic 7 percepatan.
Foto Mesin Mercy S500 W221 S-Class
Foto Mesin Mercy S500 W221
Impresi dan Handling Mercy W221 S-Class
Image sebuah S-Class tak usah diragukan lagi, memilikinya di dalam garasi rumah pasti akan meningkatkan kepercayaan diri karena Anda akan dicap sebagai orang kaya. Tak hanya sebagai peningkat pamor, namun Mercedes membekali segala fitur canggih guna memanjakan pemiliknya dalam perjalanan. Kenyamanan yang dihasilkannya juga bukan main-main, suspensi berteknologi ADS (Adaptive Damping System) atau air suspension ini mampu menyerap kontur jalan yang kurang rata dengan maksimal. Hanya saja suspensi ini tergolong ringkih dan membutuhkan biaya pergantian yang cukup rusak ketika rusak. Selain itu, kabinnya juga sangat hening, suara angin yang dihasilkan ketika menginjak kecepatan tinggi sama sekali tidak terasa.

Dari sisi handling, meski kini Mercedes-Benz seakan ingin menonjolkan kesan sporty dalam sedan ekslusif mereka dari bagian eksterior, tapi tidak berlaku untuk segi handling. Handling dari Mercy W211 masih tergolong hambar jika dibandingkan BMW F01 meski feedback dari setirnya tergolong presisi. Pada tikungan, mobil ini masih dapat dikuasai dengan mudah walau ukuran bodinya sangat besar. Gejala understeer mampu dikoreksi berkat hadirnya stability control. Baiknya, ia telah dibekali oleh paddle shifter sehingga posisi gear dapat diganti sesuai keinginan tanpa harus kickdown. Semenatara itu, sudah bukan rahasia lagi bahwa image Mercedes memang lebih mengutamakan kenyamanan penumpang, bukan memanjakan pemilik yang suka mengemudi sendiri. Bahkan hal ini telah berlaku dari tahun 70-an, dimana keduanya bersaing ketat dalam segmen yang sama namun tujuannya berbeda kontras.

Spesifikasi Mercy W221 S-Class
  • Mesin : M272.E30 3.0 liter (S300) ; M272.E35 3.5 liter (S350) ; M273.E55 5.5 liter (S500).
  • Konfigurasi : V6 24 katup DOHC (S300, S350) ; V8 32 katup DOHC (S500).
  • Tenaga : 228 HP @6.000 RPM (S300) ;  268 HP @6.000 RPM (S350) ; 383 HP @6.000 RPM (S500).
  • Torsi : 300 Nm @2.400-5000 RPM (S300) ; 350 Nm @2.400-5000 RPM (S350) ; 530 Nm @2.800-4.800 RPM (S500).
  • Bore x stroke : 88 mm x 82 mm (S300) ; 92.6 mm x 86 mm (S350) ; 98 mm x 90.5 mm (S500).
  • Rasio kompresi : 10.7:1 (S300, S350) ; 10:1 (S500).
  • Konsumsi BBM : 4-6 km/L (dalam kota) ; 7-9 km/L (luar kota).
  • Transmisi : 7G-Tronic 7 percepatan.
  • Suspensi : Depan dan belakang ADS multi-link independen.
  • Rival : BMW F01 Seri-7, Audi A8 D4, Jaguar XJ X351, dan Lexus LS XF40
  • Tahun Penjualan : 2006 - 2008 (prefacelift) ; 2009 - 2013 (facelift).

Harga Mercy W221 S-Class
  • Tahun 2006 : 400 - 530 juta.
  • Tahun 2007 : 420 - 550 juta.
  • Tahun 2008 : 430 - 580 juta.
  • Tahun 2009 : 460 - 600 juta.
  • Tahun 2010 : 500 - 700 juta.
  • Tahun 2011 : 610 - 860 juta.
  • Tahun 2012 : 740 - 950 juta.
  • Tahun 2013 : 800 - 1.1 milyar.

Kelebihan Mercy W221 S-Class
  • Image mewah berdesain sporty.
  • Model futuristis.
  • Sangat nyaman.
  • Kekedapan kabin.
  • Kualitas material lebih bagus dari sebelumnya.
  • Kelengkapan dan kecanggihan fitur.
  • Fitur keselamatan telah ditingkatkan.

Kekurangan Mercy W221 S-Class
  • Harga bekasnya masih mahal.
  • Resale value.
  • Terkenal banyak penyakit.
  • Fitur elektrikal sangat sensitif dan kompleks.
  • Perawatan sangat mahal.
  • Pajak tinggi.

Demikian ulasan lengkap mengenai review spesifikasi, harga, serta keunggulan dan kelemahan Mercy W221 S-Class. Secara keseluruhan, Mercy W221 sangat cocok bagi Anda yang mencari sebuah saloon besar nan mewah dan sering menggunakan jasa supir pribadi. Meski terkenal banyak penyakit, namun dengan perawatan yang benar secara berkala, mobil ini pastinya mampu menjawab segala kebutuhan Anda. Sebagai tambahan, tipe S350 adalah yang paling banyak beredar di pasar lokal. Semoga membantu, baca juga :
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Artikel Terkait : Kelebihan dan Kekurangan Mercy W221 '06-'13