Kelebihan dan Kekurangan Mercy W205 '16 - Sekarang

Kelebihan dan Kekurangan Mercy W205 '16 - Sekarang

Ulasan Spesifikasi dan Harga Mercy W205 C-Class - Awal tahun 2013 merupakan lembaran baru bagi Mercedes-Benz. Pabrikan mobil mewah asal Jerman ini menelurkan berbagai kasta sedan dengan bahasa desain baru untuk setiap produknya. Salah satunya adalah kasta C-Class yang merupakan kasta terbawah dalam keluarga sedan Mercy melalui kode W205. Mercy W205 ini menjadi generasi keempat dan berkecimpung di segmen sedan kompak eksekutif atau entry level luxury sedan. Kehadirannya bertugas untuk melanjutkan kiprah dari pendahulunya, Mercy W204 C-Class yang telah beredar selama kurang lebih 7 tahun lamanya.

Mercedes W205 pertama kali diluncurkan pada tanggal 16 Desember 2013 di acara Detroit Autoshow 2014. Penjualan perdana dimulai di daratan Eropa pada Maret 2014 lalu menyebar ke beberapa negara lainnya di tahun yang sama. Sedangkan Indonesia baru kebagian pada akhir tahun 2015 dimana peredarannya dilakukan oleh PT. Mercedes-Benz Indonesia (MBI) selaku ATPM official. Tipe-tipe yang dijual saat itu antara lain C200 Avantgarde sebagai tipe termurah, C250 Exclusive sebagai tipe menengah dan C250 AMG sebagai tipe termahal dengan perbedaan mencolok pada eksterior sesuai trim yang disandangnya. Sebagaimana biasa, Mercedes selalu memberukan fitur terkini yang canggih untuk produk terbaru sekalipun untuk lini sedan entry levelnya.

Di dalam segmennya sebagai sedan kompak, ia menjadi rival dari berbagai pabrikan di seluruh dunia. Rival terberatnya adalah BMW F30 Seri-3 dan masih berlanjut hingga sekarang. Kompetitor lain yang juga berasal dari Eropa adalah Audi A4 B8 facelift. Sedangkan dari pabrikan, ia mendapatkan perlawanan dari kehadiran Toyota Corolla Grand Altis dan Honda Civic FC. Namun jika dilihat dari segi kecanggihan fitur, ia lebih cocok disandingkan sebagai rival bagi Toyota Camry XV50, Nissan Teana Gen3, Hyundai Sonata Gen6,  Kia Optima Gen4, Honda Accord CR2, ataupun Mazda 6 Gen3. 

Eksterior Mercy W205 C-Class
Pada bagian eksteriornya, seluruh varian W205 telah membawa desain baru yang sarat akan nuansa kemewahan yang lebih berkarakter sesuai kakak-kakaknya di segmen lain. Modelnya tampak dinamis sekaligus modern berkat garis desain yang atraktif. Dimulai dari tipe C200 Avantgarde yang diposisikan sebagai tipe termurah, ia telah mengadopsi lampu depan dengan teknologi LED dan diklaim mampu memberikan pencahayaaan maksimal di malam hari. Adanya lampu DRL juga turut memberikan citra mewah karena cahayanya mengundang aura modern ketika dinyalakan. Tapi karena menjadi tipe termurah, C200 Avantgarde belum memiliki fitur lampu adaptif ILS (Intelligent Light System) yang dapat menyesuaikan ketinggian lampu ketika berpapasan dengan kendaraan lain yang berlawanan arah. Tipe C200 dapat dikenali melalui penggunaan grill krom dua baris dengan logo Three Pointed Star jumbo di bagian tengahnya.
Eksterior Mercy W205 C200 Avantgarde Tampak Depan
Eksterior Mercy W205 C200 Avantgarde Tampak Depan
Bagi tipe C250 Exclusive, ia menggunakan grill tradisional berlapiskan krom tebal dengan logo bintang kecil di bagian atas kap mesin. Karakter yang dimunculkan tampak jauh lebih mewah dibandingkan trim Avantgarde. Lantas ia juga telah menganut lampu depan dengan fitur LED Intelligent Adaptive dan Highbeam Assist Plus.
Eksterior Mercy W205 C250 Exclusive Tampak Depan
Eksterior Mercy W205 C250 Exclusive Tampak Depan
Sebagai tipe tertinggi, C250 AMG Line dibekali seluruh fitur yang ada pada kedua tipe di atas. Tipe ini memiliki tampilan yang bisa dikatakan identik dengan C200 Avantgarde hanya saja ukuran air intake jauh lebih besar serta ditambahi oleh aksesoris pada bagian bumper agar kesannya lebih agresif. 
Eksterior Mercy W205 C250 AMG Tampak Depan
Eksterior Mercy W205 C250 AMG Tampak Depan
Untuk profil samping, seluruh varian mengadopsi garis siluet yang sama dimana garis desain hampir mirip dengan kakaknya sebagai kelas top of the line yakni S-Class. Semua tipe telah menggunakan velg berukuran 18 inci (C200 keluaran awal masih 17 inci). Trim Avantgarde dengan model cabang 5 berpenampilan biasa, trim Exclusive dengan cabang 19 yang sangat elegan sedangkan trim AMG 5 cabang tipis yang sangat sporty. Perbedaan lain antara ketiganya ada pada sideskirt dan penggunaan lis krom yang melintang sepanjang sideskirt.
Eksterior Mercy W205 Tampak Samping
Eksterior Mercy W205 Tampak Samping
Beralih ke profil belakang, Mercy W205 menggunakan desain yang juga mirip dengan S-Class. Benar saja, karena pabrikan Mercedes memang mendesain mobil ini layaknya S-Class dalam sebuah sedan kompak. Bahkan uniknya lagi, lekukan lampu LED yang ada pada W205 ini juga lebih besar seperti S-Class. Selain itu, seluruh varian sudah menggunakan dual exhaust beraura sporty. Antara trim Avantgarde dan Exclusive, tidak ada perbedaan pada bagian belakangnya. Contohnya ada pada foto di bawah ini.
Eksterior Mercy W205 C200 Avantgarde/C250 Exclusive Tampak Belakang
Eksterior Mercy W205 C200 Avantgarde/C250 Exclusive Tampak Belakang
Khusus untuk trim AMG Line, ia knalpot belakangnya tampak menyatu dengan desain bumper ala diffuser. Selain itu, pada sisi kanan dan kiri bumper turut dibekali dengan air dam sehingga aura yang dihasilkan menjadi jauh lebih sporty daripada trim lainnya.
Eksterior Mercy W205 C250 AMG Tampak Belakang
Eksterior Mercy W205 C250 AMG Tampak Belakang
Interior Mercy W205 C-Class
Memasuki area kabin dari Mercy W205, Anda akan disambut oleh nuansa mewah khas mobil masa kini yang tidak ditemukan dari seri C-Clas sebelumnya. Penggunaan dashboard dengan lekukan membulat dan dibalut material berkualitas berkelir hitam mampu menghasilkan aura elegan sekaligus sporty yang disertai oleh imbuhan metal pada bagian tengah. Begitu pula untuk roda kemudi dengan fitur tombol kontrol audio yang dibalut oleh kulit lembut dan sangat nyaman ketika digenggam. Seri ini juga telah mengadopsi padel shift sehingga posisi transmisi dapat diatur secara manual sesuai keinginan pengemudi. Disini, seluruh varian telah dibekali dengan fitur entertainment yang ditampilkan pada monitor 7 inci. Fitur ini dapat dikendalikan melalui touchpad yang tersedia di area kiri pengemudi. Tepat dibawahnya, terdapat 3 kisi-kisi AC berbentuk bundar serta tombol pengaturannya. Fitur lainnya antara lain cruise control, MID canggih pada panel instrumen, sistem Audio premium dengan speaker Burmester, jam analog berdesain mewah,  panoramic roof, jok depan elektrik,  serta tombol start/stop. Kendati demikian, 5 fitur terakhir tidak hadir untuk trim Avantgarde melainkan hanya ada pada trim Exclusive dan AMG Line. Khusus panoramic roof, hanya menjadi fitur spesial bagi trim AVG yang merupakan varian tertinggi dalam keluarga W205. Mengenai skema warna, trim Exclusive menggunakan aksen wood panel sedangkan trim lainnya berupa warna hitam glossy.
Interior Mercy W205 C250 Exclusive
Interior Mercy W205 C250 Exclusive
Selanjutnya untuk kabin belakang. Mercy W205 mampu menjamin kenyamanan penumpang berkat dimensinya yang jauh lebih lapang dari pendahulunya, W204. Hal ini bekat penambahan sumbu roda sepanjang 80 mm yang berpengaruh besar terhadap ruang kaki dan juga penambahan lebar 40 mm berandil pada ruang ekstra bagi luasnya jok penumpang. Mercedes-Benz mengaku bahwa dimensi W205 menyerupai Mercy W210 New Eyes. Sementara itu, kelas-kelas lainnya juga turut mendapatkan perlakuan serupa dari segi dimensi. Selain itu, kenyamanan menjadi bertambah berkat penggunaan jok kulit berkualitas yang lembut dan empuk sebagai standar utama bagi seluruh keluarga W205.
Interior Kabin Mercy W205 C-Class
Kabin Belakang Mercy W205 C-Class
Kinerja dan Performa Mesin Mercy W205 C-Class
Dari sektor permesinan, ketiga trim menggunakan mesin yang sama dengan output berbeda yakni mesin M274.E20AL 4 silinder segaris 16 katup berkapasitas 2.000cc yang didukung oleh turbocharger. Tipe C200 mampu menghasilkan output sebesar 181 HP pada putaran 5.500 RPM dan torsi sebatas 300 Nm pada 1.200 hingga 4.000 RPM. Sedangkan untuk tipe C250 baik itu trim Exclusive maupun AMG mampu memuntahkan daya lebih besar karena perbedaan tuning dengan angka maksimum sebesar 207 HP pada putaran 5.500 RPM dan torsi mencapai 350 Nm pada 1.200 hingga 4.000 RPM. Olahan tenaga mesin kedua tipe tersebut lantas disalurkan ke roda penggerak belakang melalui bantuan transmisi 7G-Tronic 7 percepatan.
Foto Mesin Mercy W205 C-Class
Foto Mesin Mercy W205 C-Class
Impresi dan Handling Mercy W205 C-Class
Sebagaimana biasanya, varian Mercedes-Benz lebih mengutamakan kenyamanan dibandingkan handling. Ini juga berlaku untuk Mercy W205. Improvisasi yang dilakukan memang jauh lebih baik dibandingkan pendahulunya dimana adanya penambahan berbagai fitur canggih terutama layar LCD monitor multifungsi di tengah dashboard. Bantingannya cukup empuk yang menjadi poin keunggulan utama guna melumpuhkan rivalnya dalam persaingan. Tak hanya itu saja, kelegaan kabin juga sangat diperhatikan sehingga ergonominya dipastikan mampu menjawab kebutuhan konsumen akan kenyamanan lebih dalam sebuah sedan kompak.

Dari sektor handling, peningkatan juga dilakukan sehingga ia menjelma menjadi mobil berkarakter driver oriented. Kehadiran tuas paddle shifter di balik kemudi memberikan sensasi lebih dalam berkendara dibandingkan generasi sebelumnya yang hanya dipasangkan pada varian khusus yakni C63 Coupe. Begitupula dengan adanya fitur driving mode yang diberi nama AGILITY SELECT guna menunjang fleksibilitasnya sesuai selera pengemudi yang ingin mengutamakan tenaga mesin atau kehematan bahan bakar. Meski begitu, sensasi handlingnya masih belum semantap BMW Seri-3 karena kinerja kurang sigapnya transmisi walau sedikit terkoreksi pada C250 AMG dengan paket suspensi yang lebih keras dan lebih rendah sekitar 15 mm untuk kelincahan handling di sudut tikungan.

Spesifikasi Mercy W205 C-Class
  • Mesin : M274.E20AL 2.0 liter turbocharger.
  • Konfigurasi : 4 silinder segaris 16 katup DOHC.
  • Tenaga : 181 HP @5.500 RPM (C200) ; 207 HP @ 5.500 RPM (C250).
  • Torsi :  300 Nm @1.200-4.000 RPM (C200) ; 350 Nm @1.200-4.000 RPM (C250).
  • Bore x stroke : 83 mm x 92 mm.
  • Rasio kompresi : 9.8:1.
  • Konsumsi BBM : 8-11 km/L (dalam kota) ; 13 - 21 km/L (luar kota).
  • Transmisi : 7G-Tronic 7 percepatan.
  • Suspensi : Depan MacPherson Strut, belakang multilink.
  • Rival : BMW F30 Seri-3, Audi A4 B8 facelift, Toyota Corolla Grand Altis dan Honda Civic FC. 
  • Tahun Penjualan : 2016 - sekarang.

Harga Mercy W205 C-Class
  • Tahun 2016 : 710 - 850 juta.
  • Tahun 2017 : 750 - 950 juta.

Kelebihan Mercy W205 C-Class
  • Model eksterior.
  • Fitur canggih.
  • Improvisasi besar dari pendahulunya.
  • Kabin sangat lapang.
  • Konsusmsi BBM irit.
  • Hadirnya pedal shift.
  • Material dan finishing interior.

Kekurangan Mercy W205 C-Class
  • Kinerja transmisi kurang sigap.
  • Hanya ada dua pilihan tipe.
  • Tipe C200 lebih boros dibandingkan C250.
  • Banyak pemangkasan fitur untuk tipe C200.
  • Belum ada varian diesel yang masuk ke Indonesia.
  • Tidak ada pilihan mesin V6 untuk varian sedan.
  • Bantingan lebih keras dari pendahulunya karena penggunaan ban RFT.

Demikian ulasan lengkap mengenai review spesifikasi, harga, serta keunggulan dan kelemahan Mercy W205 C-Class. Secara keseluruhan, mobil ini sangat cocok bagi Anda yang sudah berkeluarga dengan mengutamakan kenyamanan seluruh penumpang dan ingin tampak lebih berwibawa layaknya seorang eksekutif muda. Semoga membantu, baca juga :