Kelebihan dan Kekurangan Mercy W210 New Eyes '96-'02

Ulasan Spesifikasi dan Harga Mercedes-Benz W210 E-Class - Persaingan dalam segmen sedan mid-size luxury (eksekutif) rasanya tidak lengkap jika tidak diisi Brand asal Eropa. Diantara Brand Eropa tersebut, nama Audi, BMW dan Mercedes-Benz paling akrab didengar namanya di Indonesia. Terlebih lagi untuk Mercedes-Benz, yang sangat lihai meracik sedan mewah berkualitas tinggi dan terbukti banyak digunakan oleh para pejabat negara. Pada segmen ini, Mercedes memulainya dengan meluncurkan keluarga E-Class yang dimulai oleh Mercy Boxer W124 yang berikutnya dilanjutkan oleh Mercy W210. Penjualannya diposisikan antara Mercy W202 C-Class dan Mercy W140 S-Class.

Sebagai generasi kedua dari keluarga E-Class, Mercy W210 juga mendapatkan nama khusus di Indonesia dengan sebutan Mercy New Eyes yang artinya mata baru. Hal ini dikarenakan adanya perubahan language design pada lampu utama menjadi oval berjumlah 4 buah yang sangat jauh berbeda dari para pendahulunya. Disini, Mercy New Eyes mulanya masuk pada tahun 1996 melalui tipe E230 2.3 liter 4 silinder dan E320 3.2 liter 6 silinder. Disisi lain, tipe E320 juga pernah dijual dengan konfigurasi V6 yang dimulai pada tahun 1998. Namun karena harga baru yang terlampau mahal pasca dilanda krisis moneter, penjualannya terbilang sangat minim sehingga kami memutuskan untuk tidak membahasnya dalam artikel ini. Selanjutnya, Mercy New Eyes mendapatkan sentuhan major facelift pada tahun 2000 dan mendapatkan mesin baru. Kedua tipe di atas diganti dengan tipe E240 (versi IU) dan tipe E260 (versi ATPM). Kedua tipe ini bermesin sama meski tipenya berbeda, yaitu berkapasitas 2.4 liter V6 SOHC 12 katup. 

Di pasar lokal, nama Mercy New Eyes di dalam segmen sedan eksekutif terbilang cukup tenar. Namun disisi lain, peredarannya masih kalah banyak dibandingkan BMW E39 Seri-5 sebagai penguasa pasar. Tapi jauh lebih baik dari kompetitor lainnya seperti Audi A6 C5 yang kurang diminati di Indonesia. Sedangkan dari pihak pabrikan Jepang, mobil ini lebih pantas disandingkan dengan sekelas Toyota Crown. Lantas penjualannya diteruskan hingga pertengahan tahun 2002 lalu digantikan oleh kehadiran Mercy W211.

Eksterior Mercedes-Benz W210 E-Class
Pada sektor luarnya, Mercy New Eyes mengusung eksterior dengan tampilan elegan tanpa sudut tajam. Desain yang disketsa oleh Steve Martin dibawah kepemimpinan Bruno Sacco ini terbilang unik karena terjadi perubahan besar dalam tubuh Benz. Dimana produk-produk sebelumnya mengusung lampu berbentuk trapesium lalu berubah menjadi oval sebanyak 4 buah. Inilah sebab mengapa Mercy W210 disebut sebagai New Eyes. Desain yang menjadi idiom baru sebagai "wajah Mercedes" ini turut merambat ke beberapa produk lain khususnya kasra C-Klasse dan digunakan dalam periode cukup lama hingga 13 tahun kemudian. Berikut adalah contoh foto dari Mercy New Eyes prefacelift, dengan ciri khas 4 buah lampu oval yang mengapit krom berukuran besar diikuti oleh garis-garis membulat pada area kap mesin. Untuk bagian bawah, bumper juga turut diberikan garis-garis memanjang yang menyambung antara kedua foglamp.
Eksterior Mercedes-Benz W210 Prefacelift
Eksterior Depan Mercy W210 Prefacelift
Untuk varian yang dijual pada masa facelift, penampilan luarnya sedikit mengalami perombakan, meliputi garis kecil dalam grill vertikal, perubahan bentuk bumper yang tampak lebih modern serta posisi foglamp dengan posisi baru menjadi agak menjorok ke dalam.
Eksterior Mercedes-Benz W210 Facelift
Eksterior Depan Mercy W210 Facelift
Bagi sebagian orang mungkin bagian depan Mercy W210 terkesan jelek meskipun tampak elegan. Namun tidak untuk bagian sampingnya. Semua orang pasti akan setuju jika profil samping mobil ini benar-benar cantik. Apalagi jika diceperkan dan menggunakan velg aftermarket lebih besar dari ukuran standar seperti yang tertera pada foto di bawah. Disini, ukuran New Eyes cukup bongsor karena didukung dengan dimensi panjang 4.818 mm, lebar 1.798 mm, tinggi 1.417 mm serta jarak antara kedua sumbu roda mencapai 2.932 mm. Tidak ada perbedaan signifikan antara varian prefacelift dan facelift untuk bagian ini.
Eksterior Mercedes-Benz W210
Eksterior Samping Mercy W210
Berlanjut ke area belakang. Perubahan language design Mercedes juga turut menghampiri bagian ini. Jika sebelumnya produk-produk Mercedes mengadopsi lampu belakang berbentuk trapesium dengan sudut tajam, maka kali ini mereka mengubahnya dengan sudut membulat. Klaster lampu belakang juga turut dipisahkan menjadi dua bagian dimana adanya garnish dalam bidang pintu bagasi yang diisi oleh lampu mundur dan lampu rem. Sedangkan di bidang luar diisi oleh lampu senja dan lampu sein.
Eksterior Mercedes-Benz W210 Prefacelift
Eksterior Belakang Mercy W210 Prefacelift
Ketika facelift, bagian belakang yang diubah hanya ada pada lampu saja. Bentuk masih sama hanya peletakan lampu-lampu tersebut diubah. Antara lain posisi lampu mundur berada di bagian atas pada garnish dan lampu rem di bagian bawahnya. Begitu pula lampu sein, posisinya dibalik menjadi berada di bagian atas dan lampu senja untuk bagian bawahnya.
Eksterior Mercedes-Benz W210 Facelift
Eksterior Belakang Mercy W210 Facelift
Interior Mercedes-Benz W210 E-Class
Beranjak ke dalam kabin, Anda akan disambut oleh nuansa kemewahan berkat sentuhan kulit yang dipadukan dengan aksen kayu asli di beberapa bagian interior. Aksen kayu paling besar ada pada bagian tengah dashboard yang diisi oleh berbagai kontrol. Fitur-fiturnya disini masih terbilang cukup mumpuni untuk sebuah sedan keluaran sebelum abad millenium. Sebut saja seperti transmisi otomatis tiptonic 4 percepatan yang dapat dioperasikan secara manual, dual airbag, dan juga jok elektrik depan. Memasuki tahun 1996, seluruh tipe menggunakan transmisi tiptronic 5 percepatan. Jika dilihat sekilas, interiornya tidak jauh berbeda dengan Mercy Boxer facelift tapi bentuk dashboardnya tidak tampak kaku dan juga lebih banyak lekukan.
Interior Mercedes-Benz W210 Prefacelift
Interior Mercy W210 Prefacelift
Untuk varian facelift, Mercedes tak lupa memasang fitur-fitur terkini untuk New Eyes. Tampilannya kian menarik berkat hadirnya MID di panel instrumen, sistem audio yang sudah terintegrasi, serta adanya dukungan setir multifungsi dengan bentuk baru. Tak hanya pendongkrak penampilan, fitur-fitur tersebut cukup membantu karena dapat dioperasikan dengan mudah saat mengemudi sehingga tidak mengurangi konsentrasi pengemudi.
Interior Mercedes-Benz W210 Facelift
Interior Mercy W210 Facelift

Selanjutnya untuk kabin belakang. Ruang tersedia cukup memadai dan bukan masalah jika sewaktu-waktu diisi oleh 5 orang penumpang dewasa. Kabin yang luas ini memang sesuai dengan tujuan Mercedes-Benz yang terkenal mampu menciptakan nuansa nyaman untuk penumpang belakang. Hal yang kontras dibandingkan BMW yang lebih mengutamakan pengemudi. Meski begitu, kenyamanannya belum bisa dikatakan maksimal karena banyak pemilik yang mengeluh karena busa jok belakang yang tergolong keras dari Mercy Boxer.
Interior Kabin Belakang Mercedes-Benz W210
Kabin Belakang Mercy W210
Kinerja dan Performa Mesin Mercedes-Benz W210 E-Class
Selama kiprahnya, Mercy menggunakan 4 jenis mesin dengan masing-masing kapasitas dan konfigurasi berbeda. Trim terbawah yaitu tipe E230 menerapkan mesin berkode M111.970 berkapasitas 2.3 liter dengan konfigurasi 4 silinder segaris 16 katup DOHC yang sanggup memuntahkan daya maksimum hingga 148 HP pada putaran 5.400 RPM dan torsi maksimum sebesar 220 Nm pada putaran 3.800 RPM. Mesin ini juga digunakan pada Mercy Boxer dan sudah terbukti akan kemudahan perawatan, ketangguhan serta reabilitasnya.
Foto Mesin Mercy E230 W210
Foto Mesin Mercy E230 W210
Selanjutnya, Mercedes juga turut menghadirkan pilihan Mercy New Eyes dengan kapasitas mesin lebih besar. Mesin yang digunakan pada tipe E320 ini mengadopsi konfigurasi 6 silinder segaris 24 katup berkapasitas 3.2 liter dengan kode M104.995. Torehan angka tenaga yang dihasilkan jauh lebih besar, yakni mencapai 217 HP pada 5.500 RPM serta torsi puncak hingga 310 Nm pada 3.750 RPM. Mesin ini jauh lebih ideal dari mesin di atas karena tarikan pada putaran bawah cukup responsif.
Foto Mesin Mercy E320 W210
Foto Mesin Mercy E320 W210
Memasuki fase facelift, kedua tipe di atas diganti dengan pilihan mesin baru dan penamaan trim ikut berubah. Tipe E230 diganti oleh E240 untuk varian yang dijual oleh Importir Umum (IU) sedangkan untuk varian yang dijual oleh ATPM menggunakan badge E260. Mesin untuk tipe E240 dan E260 adalah sama persis, yaitu M112.911 dengan konfigurasi V6 SOHC 12 katup. Di atas kertas, output yang mampu dimuntahkan oleh mesin bersuara merdu ini menggapai angka 167 HP pada putaran 5.500 RPM dan torsi 240 Nm pada 4.500 RPM.
Foto Mesin Mercy E240 dan E260 W210
Foto Mesin Mercy E240 dan E260 W210
Impresi dan Handling Mercedes-Benz W210 E-Class
Dibalik auranya yang elegan, Mercy New Eyes juga ternyata mampu menyajikan kenyamanan yang nyaris sempurna. Kenyamanan dirancang sedemikian rupa ditambah lagi tingkat kekedapan kabin meski belum mengusung fitur double glass seperti halnya BMW Seri-5. Tak hanya itu saja, posisi kursi dan sudut kemiringan jok belakang mampu menciptakan nuansa nyaman ketika melakukan perjalanan jauh. Anda dijamin tidak akan mengalami badan pegal ketika sampai di tujuan. Maka tak heran jika mobil ini masih diburu oleh para maniak Mercy karena ia memiliki nilai prestis, meski tidak sekuat image pendahulunya, Mercy Boxer.

Dari segi handling, Mercy New Eyes masih kalah dibandingkan BMW E39. Akselerasi dari mesin dengan kubikasi kecil terbilang lamban untuk menopang bobotnya yang cukup berat. Kecuali untuk tipe E320 yang sangat responsif walaupun Anda harus membayarnya dengan konsumsi BBM di atas rata-rata. Untuk setirnya cukup akurat dan sangat stabil ketika menginjak kecepatan tinggi. Selain itu, ia juga telah dibekali dengan beberapa fitur keselamatan seperti ABS dan airbag di beberapa titik sehingga kenyamanan dalam berkendara menjadi lebih terjaga.

Spesifikasi Mercedes-Benz W210 E-Class
  • Mesin : M111.970 2.3 liter (E230) ; M104.995 3.2 liter (E320) ; M112.911 2.4 liter (E240, E260).
  • Konfigurasi : 4 silinder segaris 16 katup DOHC (E230) ; 6 silinder segaris 24 katup DOHC (E320) ; V6 12 katup SOHC (E240, E260).
  • Tenaga : 148 HP @5.400 RPM (E230) ; 217 HP @5.500 RPM (E320) ; 167 HP @5.500 RPM (E240, E260).
  • Torsi : 220 Nm @3.800 RPM (E230) ; 310 Nm @3.750 RPM (E320) ; 240 Nm @4.500 RPM (E240, E260).
  • Bore x stroke : 90.9 mm x 88.4 mm (E230) ; 89.9 mm x 84 mm (E320) ; 83.2 mm x 72.5 mm (E240, E260).
  • Rasio kompresi : 10.4:1 (E230) ; 10:1 (E320) ; 9.8:1 (E240, E260).
  • Konsumsi BBM : 4-7 km/L (dalam kota) ; 8-11 km/L (luar kota).
  • Transmisi : Matic 4 percepatan (1996) ; Matic 5 percepatan (1997 - 2002).
  • Suspensi : Depan MacPherson Strut, belakang multilink.
  • Rival : BMW E39 Seri 5, Audi A6 C5, Toyota Crown.
  • Tahun Penjualan : 1996 - 1999 (prefacelift) ; 2000 - 2002 (facelift).

Harga Mercedes-Benz W210 E-Class
  • Tahun 1996 : 55 - 65 Juta.
  • Tahun 1997 : 60 - 78 Juta.
  • Tahun 1998 : 72 - 86 Juta.
  • Tahun 1999 : 79 - 90 Juta.
  • Tahun 2000 : 86 - 96 Juta.
  • Tahun 2001 : 93 - 105 Juta.
  • Tahun 2002 : 102 - 115 Juta.

Kelebihan Mercedes-Benz W210 E-Class
  • Image mobil mewah.
  • Getaran mesin halus.
  • Kualitas interior.
  • Sangat stabil.
  • Kabin sangat nyaman.
  • Sasis dan body cukup rigid.

Kekurangan Mercedes-Benz W210 E-Class
  • Model eksterior bukan selera semua orang.
  • Tarikan mesin kecil kurang responsif.
  • Jok belakang terasa keras.
  • Kualitas material di beberapa bagian tampak murah.
  • Biaya perawatan tinggi untuk mesin V6.

Demikian ulasan lengkap mengenai review spesifikasi, harga, serta keunggulan dan kelemahan Mercedes-Benz W210 E-Class. Berkat banyaknya kemunculan mobil baru yang sangat terjangkau turut berdampak terhadap depreasi harga cukup tinggi bagi mobil bekas. Mungkin inilah saat yang tepat untuk meminang Mercy New Eyes karena reputasi mobil ini tergolong baik di pasar lokal terlebih lagi bagi Anda penikmat sedan yang mengutamakan kenyamanan. Semoga membantu, baca juga : 
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Artikel Terkait : Kelebihan dan Kekurangan Mercy W210 New Eyes '96-'02