Kelebihan dan Kekurangan Mercy W204 '07-'14

Kelebihan dan Kekurangan Mercy W204 '07-'14

Ulasan Spesifikasi dan Harga Mercy W204 C-Class - Banyak hal yang harus digali mengenai mobil bekas sebelum memingnya. Faktor seperti kemewahan, pengendalian dan kenyamanan kabin adalah hal utama yang biasanya didahulukan oleh para calon konsumen. Ketiga faktor tersebut berbanding lurus dengan budget yang disediakan. Ada harga, ada kualitas. Begitulah kira-kira jika ingin membeli mobil bekas, Anda dituntut jeli untuk memperhatikan kondisi unit yang akan diboyong ke garasi, apalagi jika berkutat dengan mobil Eropa dimana banyak orang awam lebih memilih untuk menghindari merk premium karena perawatannya terkenal mahal, meski ia mampu menciptakan suasana berbeda dibandingkan mobil Jepang.

Di dalam pasar mobil bekas, segmen sedan kompak eksekutif adalah pasar yang terbilang cukup gemuk. Dari pabrikan Eropa, segmen ini diisi oleh C-Class dan Seri-3 dimana keduanya bersaing ketat dengan masing-masing keunggulan. Salah satunya adalah Mercedes-Benz W204 yang merupakan generasi ketiga dari keluarga C-Class. Ia masuk ke Indonesia di bawah nama ATPM PT. Mercedes-Benz Indonesia (MBI) pada pertengahan tahun 2007 sebagai penerus dari Mercy W203 Lampu Kacang. Tipe-tipe yang dijual saat itu antara lain C200 Kompresor 1.8 liter, C230 CGI 2.3 liter, dan C280 CGI 2.8 liter. Istilah Kompressor pada C200 bermakna bahwa mobil ini mengandalkan Supercharger sebagai pendongkrak tenaga.

Memasuki tahun 2010, PT. MBI kembali mengenalkan produk baru dengan penggunaan turbo melalui tipe C200 CGI 2.0 liter dan C250 CGI 2.3 liter. Istilah CGI ini adalah singkatan dari Charged Gasoline Injection dimana menggunakan turbo untuk menginduksi tenaga. Fungsinya kurang lebih sama seperti Supercharger hanya saja sistem kerjanya berbeda. Tipe C200 CGI menggantikan kehadiran C200 Kompressor dan C250 CGI menggantikan peredaran C230. Sedangkan tipe C280 juga dihentikan penjualannya diganti oleh tipe C300 pada saat yang sama. Lantas pada tahun 2011, pabrikan Mercedes-Benz melakukan penyegaran tampilan atau minor facelift agar menarik hati para calon konsumen.

Di segmen ini, Mercy W204 juga sekaligus menjadi entry level luxury cars, bersaing ketat dengan BMW E90 Seri-3Audi A4 B8, Peugeot 407 Sedan, dan Volvo S40 Gen2 diman keempat-empatnya juga berasal dari daratan Eropa. Sedangkan kompetitornya asal Jepang adalah Toyota Corolla Altis Gen2,  Honda Civic FD dan juga Mitsubishi Lancer EX jika ditunjang dari dimensi sebagai sedan kompak. Namun jika dibandingkan melalui fitur, W204 lebih cocok disandingkan sebagai rival dari Toyota Camry Gen2 dan juga Honda Accord CP2. Market W204 diposisikan di bawah Mercy W212 E-Class yang berada di kelas menengah dan W221 S-Class yang menduduki kasta tertinggi dari seluruh sedan berlogo tiga bintang ini. Penjualannya berakhir pada tahun 2014 seiring hadirnya Mercy W205 C-Class sebagai generasi keempat dari keluaga sedan Mercedes-Benz entry level.

Eksterior Mercy W204 C-Class
Tak terasa waktu berjalan begitu cepat. Kata "waktu" disini cukup penting bagi sebagian para calon pembeli mobil. Ada yang memaknai bahwa semakin baru sebuah mobil maka desainnya menjadi lebih baik sedangkan ada juga yang memiliki pola berpikir sebaliknya. Hal ini terkadang menjadi tantangan bagi pabrikan dalam merekayasa kulit luar bagi setiap produknya. Begitu pula yang terjadi dalam tubuh Mercedes-Benz, dimana mereka telah menginggalkan desain elegan bagi C-Class dan menggantinya dengan aura modern. Banyak yang menilai hal ini sebagai sebuah kemajuan dan juga ada yang menganggap mereka kehilangan arah dalam arti sebagai sebuah kemunduran. 

Pada bagian depan, Mercedes W204 mendapatkan kemajuan dramatis dari gaya desain dibandingkan pendahulunya, W203 yang cenderung membosankan. Langkah Mercedes-Benz dengan cara meninggalkan model lampu oval menjadi lampu tunggal dengan sudut runcing terbilang cukup berani. Kesan elegan yang selama ini menempel seakan sirna karena desain W204 tampak sangat sporty dan modern yang dipadukan dengan grille dan bumper bergaya V-Shape. Sebagaimana biasanya, Mercedes turut menyediakan foglamp sebagai fitur standar pada seluruh varian. Disini, Mercedes membedakan antara setiap trim melalui grill ada yang elegan dan ada juga bernuansa sporty dengan logo Mercy berukuran besar di tengah grill.
Eksterior Mercy W204 Prefacelift
Eksterior Mercy W204 Prefacelift Tampak Depan
Memasuki era facelift, bagian depan Mercy W204 mengalami sedikit perombakan. Diantaranya menyambangi area lampu depan bi-xenon jenis baru yang dipadukan dengan fitur Intelligent Light System (ILS), desain bumper baru yang memiliki kontur lebih ekspresif dan dinamis serta pergantian foglamp konvensional menjadi LED DRL dengan posisi horisontal. Selain dari itu tidak ada peningkatan signifikan.
Eksterior Mercy W204 Facelift
Eksterior Mercy W204 Facelift Tampak Depan
Beralih ke profil samping. Dibandingkan generasi sebelumnya, W204 ini memiliki dimensi lebih besar dengan masing-masing 55 mm lebih panjang (4581 mm), lebih lebar 42 mm (1770 mm), lebih tinggi 15 mm (1441 mm) dan sumbu roda diperpanjang sekitar 45 mm (2760 mm). Peningkatan dimensi ini berdampak terhadap area kabin sehingga lebih luas. Tak hanya itu saja, generasi ketiga dari keluarga C-Class ini juga mendapatkan peningkatan 13% kekakuan torsi melalui penggunaan material yang sangat kuat guna membantu pengendaliannya menjadi jauh lebih baik. Pada bagian ini tidak banyak perubahan di masa facelift kecuali penggunaan velg 16 inci menjadi 17 inci pada setiap varian dengan cabang yang berbeda.
Eksterior Mercy W204
Eksterior Mercy W204 Tampak Samping
Berlanjut ke area belakang. Desainnya tidak bisa dikatakan cantik karena bukan belum mampu memenuhi selera semua orang. Perubahan radikal disini bahkan tidak jauh lebih baik dari W203 terutama dari bentuk lampu walaupun nuansa sporty yang dihasilkan cukup kentara. Sebagai pendongkrak penampilan, Mercedes turut menambahkan aksen krom di atas plat nomor dan juga lis berkelir krom melintasi area tengah bumper
Eksterior Mercy W204 Prefacelift
Eksterior Mercy W204 Prefacelift Tampak Belakang
Tidak banyak perubahan yang dilakukan untuk area belakang. Peningkatannya tercatat hanya ada pada stoplamp dengan sentuhan baru berupa full LED sehingga cahaya yang dihasilkan jauh lebih terang agar dapat dengan mudah dikenali oleh kendaraan lain dari jarak jauh. Bumper juga turut direkayasa ulang dan sedikit lebih lebar beberapa mm meski modelnya tampak sangat identik.
Eksterior Mercy W204 Facelift Tampak Belakang
Interior Mercy W204 C-Class
Dari sektor interior, Mercedes tampil dengan nuansa berkelas meski tergolong sederhana, tidak bisa dikatakan sporty ataupun elegan namun cukup fungsional. Tombol-tombol audio CD di konsol panel memiliki susunan yang rapi dan mudah digapai. Namun sayang pengaturan AC climate control berada di bagian bawah dan terasa sulit dioperasikan ketika mengemudi. Disini, Anda akan mendapatkan roda kemudi bercabang 4 yang disisipkan dengan fitur audio steering control dan cruise control di balik kolong kemudi. Kelemahan utama dari kabinnya adalah ketiadaan paddle shifter sehingga sensasi mengemudi terasa kurang maksimal.
Interior Mercy W204 Prefacelift
Interior Mercy W204 Prefacelift
Untuk varian facelift, Mercedes juga turut memperbarui bagian interior mobil ini. Antara lain ornamen trim pada panel konsol, improvisasi trim pintu yang menggunakan bahan lebih berkualitas, perubahan desain panel konsol dengan CD Player model baru, setir menjadi 3 spoke dengan desain modern (kecuali C200 CGI masih sama seperti sebelumnya), LCD model baru pada klaster instrumen dan juga penambahan layar MID dengan monitor beresolusi HD. Tak hanya sekedar pemutar media, monitor ini juga berfungsi sebagai COMAND LCD screen yang kinerjanya kurang lebih hampir mirip seperti iDrive pada BMW. Dimana ia dapat dijadikan sebagai sistem multimedia online dan sebelumnya harus terkoneksi terlebih dahulu ke internet melalui jaringan smartphone. Pembaruan tersebut membuat W204 kian terasa canggih dan mewah.
Interior Mercy W204 Facelift
Interior Mercy W204 Facelift
Beranjak ke kabin belakang, ruang yang tersedia terbilang cukup untuk sebuah sedan kompak. Kabinnya jauh lebih lapang dari pendahulunya berkat pembengkakan dimensi eksterior. Hanya saja material jok terasa lebih keras dan berpengaruh terhadap kenyamanan penumpang apalagi ketika melakukan perjalanan jauh. Sementara itu, ruang kepala sempit menjadi masalah besar jika tinggi badan Anda melebihi 170 cm. Hal ini dikarenakan lekukan pilar C yang terlalu landai sehingga ikut memangkas ruang kepala.
Kabin Belakang Mercy W204
Kabin Belakang Mercy W204
Kinerja dan Performa Mesin Mercy W204 C-Class
Dimulai dari varian terendah, terdapat tipe C200 Kompressor yang menyasar kalangan budget terbatas dengan menggunakan mesin 1.800cc 4 silinder segaris 16 katup. Sama halnya penamaan BMW, penamaan Mercedes dewasa ini kian membingungkan karena kode tipe mobil tidak lagi identik dengan kapasitas mesin yang diusungnya. Kode mesin bagi C200 Kompressor berupa M271.E18 bertenaga 181 HP pada 5.500 RPM dan torsi puncak mencapai 250 Nm mulai dari putaran 2.800 hingga 5.000 RPM. Hasil tenaga ini tergolong cukup besar untuk sebuah mesin 1.8 liter karena dibantu oleh adanya peranti Supercharger. Untuk transmisinya sendiri, tipe C200 K hanya disedikan melalui pilihan transmisi 5 percepatan dengan kecepatan 100 km/jam dapat diraih dalam waktu 8.8 detik saja. 8.5:1 82 mm x 85 mm
Mesin C200 Kompressor W204
Foto Mesin C200 Kompressor W204
Jika tenaga sebesar itu dirasa belum cukup, calon pengguna dapat memilih tipe C230 dengan kapasitas lebih besar yakni sebesar 2.5 liter dengan kode M272.E25. Konfigurasinya berupa V6 24 katup DOHC, bertenaga 201 HP pada putaran 6.100 RPM dan torsi puncak 245 Nm pada 2.900 RPM. Mesin ini juga pernah digunakan pada generasi sebelumnya dan terbukti sangat tangguh karena ia dijadikan sebagai dapur pacu bagi  C230 W204 yang merupakan unit taksi Silver Bird. Dengan begitu, ketersediaan sparepart lebih terjaga dibandingkan tipe lain.
Mesin C230 W204
Foto Mesin C230 W204
Di saat yang sama, PT. MBI juga turut menyediakan varian tertinggi melalui badge C280 dengan kapasitas 3.0 liter berkode M272.E30. Sama halnya seperti mesin di atas, ia juga mengadopsi konfigurasi V6. Tenaga yang disalurkan ke roda penggerak belakang dengan bantuan transmisi otomatis 7 percepatannya mampu menyentuh angka 228 HP pada 6.000 RPM dan torsi hingga 300 Nm pada 2.500 RPM. Sebagai mesin terbesar saat itu, mesin ini dapat menggerakkan laju mobil hingga kecepatan 100 km/jam hanya dalam waktu 7.1 detik saja.
Mesin C280 W204
Foto Mesin C280 W204
Menjelang masa peralihan ke varian facelift, seluruh tipe di atas dihentikan peredarannya. Dari kasta terbawah diisi oleh tipe C200 CGI yang menggantikan penjualan C200K. Dari kapasitas dan konfigurasi masih sama, hanya saja mesin ini mengadopsi turbocharger sebagai pembangkit daya. Alhasil, output yang digenjot oleh mesin berkode M271.E18ML ini mencapai 181 HP pada 5.250 RPM dan torsi 270 Nm pada 1.800 hingga 2.500 RPM. 
Mesin C200 CGI W204
Foto Mesin C200 CGI W204
Berikutnya terdapat tipe C250 CGI yang diposisikan sebagai pengganti C230 sebelumnya. Uniknya, ia menggunakan mesin 1.8 liter seperti pada C200 CGI. Hanya saja, mesin ini diracik dengan mapping pengapian yang berbeda sehingga outputnya turut melonjak menggapai angka 201 HP pada 5.500 RPM dan torsi 310 Nm pada 2.000 hingga 4.300 RPM. Outputnya kurang lebih sama seperti tipe E250 dalam keluarga E-Class karena mesinnya serupa.
Mesin C250 CGI W204
Mesin C250 CGI W204
Terakhir, pabrikan logo bintang tiga asal Eropa turut menyediakan varian tertinggi di masa facelift melalui tipe C300, menggantikan posisi C280. Berbeda dari kedua tipe di atas, tipe ini masih mempertahankan mesin V6, mengusung kapasitas 3.0 liter bahkan outputnya juga masih sama seperti C280, yakni 228 HP pada 6.000 RPM dan torsi hingga 300 Nm pada 2.500 RPM. Jadi, Mercedes hanya mengganti nama C280 menjadi C300 tanpa adanya perubahan dari sektor dapur pacu. 
Mesin C300 W204
Foto Mesin C300 W204
Impresi dan Handling Mercy W204 C-Class
Banyaknya varian dan tipe berdasarkan paket penjualan menjadikan para calon konsumen lebih leluasa untuk memilih sesuai kebutuhan dan budget yang tersedia. Dimana perbedaan setiap tipe ada pada pilihan mesin sesuai output yang dihasilkan sedangkan trim atau level menawarkan paket dan fitur dengan teknologi berbeda. Dalam hal kenyamanan, semua tipe mampu mengakomodir kenyamanan yang relatif sama. Kenyamanan mobil ini tidak usah diragukan lagi, kualitas interior dengan segudang fitur canggih akan membuat Anda lebih percaya diri ketika melakukan perjalanan baik di dalam kota ataupun ke luar kota. Selain itu, citra C-Class juga sangat lekat bagi para eksekutif muda yang menyukai kemewahan sebuah sedan kompak tanpa menggunakan jasa supir pribadi. 

Selama ini image Mercedes terkenal akan kenyamanan berkendara dengan mengorbankan segi handling. Namun seiring hadirnya varian W204, image ini mampu dipatahkan karena ia memiliki pengendalian yang terbilang jauh lebih baik dan sangat kontras dari para pendahulunya. Seluruh feedback para pengguna C-Class lawas ditampung guna merekayasa kembali sektor handling agar dapat menyajikan sensasi fun to drive. Dalam hal ini, Mercedes berhasil dimana W204 mampu menyajikan sensasi mengemudi yang baik, hanya saja image pengendalian dari BMW masih terlampau kuat untuk dikalahkan. Sehingga gap antara keduanya menjadi cukup besar. Jika Anda seorang driver enthusiast, pilih BMW dan pilih mobil ini jika menyukai keseimbangan antara kenyamanan berkendara dan handling presisi.

Spesifikasi Mercy W204 C-Class
  • Mesin : M271.E18 1.8 liter (C200K) ; M272.E25 2.5 liter V6 (C230) ; M272.E30 (C280, C300) ; M271.E18ML (C200 CGI, C250 CGI) ; 
  • Konfigurasi : 4 silinder segaris 16 katup (C200K, C200 CGI, C250 CGI) ; DOHC V6 24 katup DOHC (C230, C280, C300) ; 
  • Tenaga : 181 HP @5.500 RPM (C200K) ; 201 HP @6.100 RPM (C230) ; 228 HP @6.000 RPM (C280, C300) ; 181 HP @5.250 RPM (C200 CGI) ; 201 HP @5.500 RPM (C250 CGI) ; 
  • Torsi : 250 Nm @2.800-5.000 RPM (C200K) ; 245 Nm @2.900 RPM (C230) ; 300 Nm @2.500 RPM (C280, C300) ; 270 Nm @1.800-2.500 RPM (C200 CGI) ; 310 Nm @2.000-4.300 RPM (C250 CGI).
  • Bore x stroke : 82 mm x 85 mm (C200K, C200 CGI, C250 CGI) ; 88 mm x 68.4 mm (C230) ;  88 mm x 82.1 mm (C280, C300).
  • Rasio kompresi : 8.5:1 (C200K, C200 CGI, C250 CGI) ; 11.4:1 (C230) ; 11.1:1 (C280, C300).
  • Konsumsi BBM : 6-8 km/L (dalam kota) ; 9-13 km/L (luar kota).
  • Transmisi : Matic 5 percepatan (varian 4 silinder) ; 7G Tronic 7 percepatan (varian V6).
  • Suspensi : Depan MacPherson Strut, belakang multilink.
  • Rival : BMW E90 Seri-3, Audi A4 B8, Peugeot 407 Sedan, Volvo S40 Gen2, Toyota Corolla Altis Gen2,  Honda Civic FD, dan Mitsubishi Lancer EX.
  • Tahun Penjualan : 2007 - 2010 (prefacelift) ; 2011 - 2014 (facelift).

Harga Mercy W204 C-Class
  • Tahun 2007 : 210 - 320 juta.
  • Tahun 2008 : 225 - 350 juta.
  • Tahun 2009 : 240 - 385 juta.
  • Tahun 2010 : 260 - 420 juta.
  • Tahun 2011 : 285 - 450 juta.
  • Tahun 2012 : 315 - 475 juta.
  • Tahun 2013 : 350 - 500 juta.
  • Tahun 2014 : 375 - 580 juta.

Kelebihan Mercy W204 C-Class
  • Image Mercy.
  • Fitur cukup lengkap.
  • Kenyamanan kabin.
  • Sistem peredaman.
  • Handling presisi.
  • Lebih lapang dari pendahulunya.
  • Banyak varian dan tipe mesin.

Kekurangan Mercy W204 C-Class
  • Tidak banyak perubahan eksterior ketika facelift.
  • Handling masih belum senikmat BMW.
  • Headroom belakang sempit.
  • Harga dan ketersediaan sparepart.
  • Resale value.

Demikian ulasan lengkap mengenai review spesifikasi, harga, serta keunggulan dan kelemahan Mercy W204 C-Class. Secara keseluruhan, kehadiran W204 mampu mematahkan citra bahwa Mercedes C-Class selama ini memiliki handling pas-pasan. Walaupun begitu, handlingnya masih belum mampu mengalahkan sensasi fun to drive yang dimiliki oleh BMW E90. Semoga membantu, baca juga :