Kelebihan dan Kekurangan Suzuki SX-4 S-Cross

Ulasan Spesifikasi dan Harga Suzuki SX-4 S-Cross - Seiring berkembangnya waktu, daya beli masyarakat akan kendaraan operasional keluarga terus meningkat. Hal ini ditandai oleh kehadiran banyak segmen baru yang memasuki Indonesia. Salah satunya adalah segmen crossover yang merupakan pencampuran antara ketangguhan sebuah SUV dalam sebuah mobil berdimensi layaknya hatchback. Segmen crossover di Indonesia mulanya dikenalkan oleh Suzuki melalui si mungil yang tangguh, Suzuki SX-4. Catatan rekor penjualannya cukup baik bagi sebuah mobil yang berada dalam segmen baru. Dalam waktu singkat, beberapa pabrikan berbondong-bondong ikut memasuki segmen ini. Dikarenakan Suzuki SX-4 sudah lama beredar dan jarang facelift, akhirnya Suzuki mengenalkan penerus baru dari mobil ini yang dinamakan sebagai Suzuki SX-4 S-Cross.

Sebenarnya, Suzuki SX-4 S-Cross sudah tidak asing bagi sebagian orang yang aktif di Internet. Spyshotnya telah beredar sejak September 2012 silam pada beberapa situs otomotif besar di dunia maya. Sedangkan sosok aslinya terungkap di Geneva Motor Show pada Maret 2013. Hanya saja, S-Cross baru masuk ke Indonesia pada tahun 2016 di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang bertempat di Jakarta. Sontak, SX-4 S-Cross ini menjadi salah satu produk paling ditunggu dalam segmen crossover karena jangka waktu masuk ke Indonesia yang cukup lama. Padahal di beberapa negara, S-Cross telah mendapatkan facelift pertama dengan perbedaan besar pada fasia depan dan adanya beberapa fitur tambahan yang menjadi unggulan.

Di tanah air, S-Cross hanya hadir melalui tipe tunggal, dengan pilihan varian transmisi manual dan otomatis berkapasitas 1.5 liter atau 1.500cc. Sedangkan di India, mobil ini dijual dengan mesin diesel yang masing-masing berkapasitas 1.3 liter dan 1.6 liter. Di segmen ini, Suzuki S-Cross sebagai pendatang baru akan menantang penjualan dari Honda HR-V, Chevrolet Trax, Nissan Juke, Renault Captur, Ford Ecosport, Mitsubishi Outlander Sport, Toyota Yaris Heykers dan juga KIA Sportage. Dikarenakan kelasnya menjadi C-Segment berdasarkan segmentasi Eropa, sedangkan pendahulunya berada dalam kelas B-Segment bersama Honda Jazz GE8, Toyota Yaris Gen 1, dll.

Eksterior Suzuki SX-4 S-Cross
Pada bagian eksteriornya, spesifikasi Suzuki SX-4 S-Cross yang ditawarkan terlihat elegan dan simpel namun bisa dikatakan biasa-biasa saja. Tampangnya ini memang sedikit lebih membaik dari pendahulunya tapi hampir tidak tampak adanya loncatan generasi disini, dimana para kompetitor telah menggunakan desain tajam pada setiap produknya. Sedangkan eksterior Suzuki SX-4 S-Cross masih mengandalkan desain landai tanpa adanya guratan garis menonjol, khususnya pada bagian depan. Tapi satu hal yang baik S-Cross telah menggunakan LED (Daytime Running Lights (DRL) sebagai penunjang safety serta pendongkrak penampilan, yang terletak pada bagian bawah lampu depan dengan dukungan projektor. Tak hanya disitu, sepasang foglamp yang dikelilingi aksen krom juga hadir sebagai fitur standar. Agar tidak tampak monoton, Suzuki membekali S-Cross dengan sebuah grill krom dua baris berukuran cukup besar dan lebar.
Eksterior Suzuki SX-4 S-Cross Indonesia
Eksterior Depan Suzuki SX-4 S-Cross
Kini beralih ke bagian samping. Perubahan besarnya dimensi keseluruhan dari generasi sebelumnya sangat tampak disini. Ukurannya kini membengkak dengan panjang sekitar 4,300mm, lebar 1,765mm, tinggi 1,590mm dan sumbu roda sepanjang 2,600mm. Guna memberikan citarasa SUV sejati dalam sebuah crossover, Suzuki turut membekali S-Cross dengan ground clearance setinggi 180mm. Dengan begitu, Anda tidak akan khawatir melibas kontur permukaan jalan yang jelek layaknya trek offroad ringan. Selain itu, hal menarik dari desain samping Suzuki SX-4 S-Cross adalah potongan desain kaca jendela yang sangat menawan dan sedap dipandang. Jauh lebih baik dari beberapa kompetitornya. Tapi sayang, desainnya seakan dirusak oleh model velg berukuran 16 inci yang tampak seperti velg kaleng yang dipasangi cover dop aftermarket.
Eksterior Suzuki SX-4 S-Cross Indonesia
Eksterior Samping Suzuki SX-4 S-Cross
Pada bagian belakang, kami merasa takjub karena Suzuki tidak menempatkan roda cadangan di pintu belakang S-Cross. Meski terkesan tangguh, terkadang penempatan ban serep di belakang pintu layaknya Ford Ecosport akan membuat pemilik mobil kerepotan karena harus mengangkat ban tinggi-tinggi yang bobotnya lumayan berat. Selain itu, daya tahan engsel pintu belakang juga akan cepat rusak seiring berjalannya waktu. Sedikit ke bagian atas, terdapat spoiler kecil yang dipasangi sebuah lampu rem ketiga (high mount stoplamp) sebagai fitur safety tambahan dan juga sebuah antena radio pendek guna menangkap sinyal radio. Berbicara mengenai fitur safety, Suzuki turut memberikan 4 buah sensor mundur yang di cat sewarna body dan sepasang reflektor sebagai pemantul cahaya ke arah mobil lain di belakang. Tapi sayangnya, Suzuki S-Cross belum mengadopsi lampu belakang LED yang konon daya tahannya lebih baik dari lampu biasa serta dapat menyala lebih terang.
Eksterior Suzuki SX-4 S-Cross Indonesia
Eksterior Belakang Suzuki SX-4 S-Cross
Interior Suzuki SX-4 S-Cross
Beranjak ke dalam kabinnya, Anda akan disambut oleh nuansa gelap karena interiornya menggunakan skema dominan warna hitam. Mungkin sebagian merasa interior hitam lebih membosankan dibandingkan warna beige, tapi semuanya tergantung ke selera masing-masing. Interiornya ini memiliki kualitas yang cukup bagus dan dapat disandingkan dengan mobil kelas atas. Disini terdapat kulit yang membalut jok, roda kemudi, armrest di pintu, dan door pads. Meski begitu, interior S-Cross tidak memiliki faktor "wow", tidak seperti eksteriornya. Apa yang dapat diperhatikan dari dashboardnya adalah desain yang biasa saja dengan aksen perak di sekeliling headunit, kisi-kisi ventilasi, konsol tengah, dan door pads. untuk memecahkan kesan monoton interior yang didominasi warna hitam. Untuk material yang digunakan juga terbilang bagus, berupa plastik soft touch berkualitas dan minim gap pada sambungan setiap panelnya.

Suzuki SX-4 S-Cross menggunakan roda kemudi 3-spoke yang dibekali fitur audio steering switch dan switch control. Di depan pengemudi tepatnya untuk panel instrumen, terdapat MID yang gunanya menampilkan waktu, temperatur luar, tripmeter, penggunaan bahan bakar dan kecepatan rata-rata. MID yang diapit oleh odometer dan speedometer ini memiliki tampilan cukup menarik karena memancarkan cahaya iluminasi berwarna putih dan biru yang tidak silau ketika dipandang. Khusus varian otomatis, Suzuki juga memberikan fitur kekinian yakni paddle shift sehingga memudahkan pengemudi mengganti posisi gigi sesuai keinginan di mode manual layaknya transmisi manual biasa. Fitur-fitur lainnya antara lain Auto Rain-Sensing Wiper, tombol start/stop engine, AC otomatis dan auto headlamp. Untuk menghindari rasa bosan dalam perjalanan, Suzuki telah memasangkan sebuah headunit dengan monitor layar sentuh 7 inch dengan dukungan AM/FM, USB, CD Player, serta konektivitas telepon via Bluetooth. Headunit ini juga sekaligus menjadi monitor yang menampilkan pantauan ke belakang melalui kamera mundur ketika transmisi berada pada gigi mundur.
Interior Suzuki SX-4 S-Cross Indonesia
Dashboard Suzuki SX-4 S-Cross
Dari segi kenyamanan, jok yang ada pada kabin S-Cross ini cukup ergonomis dimana jok pengemudi di desain tinggi. Dengan begitu, visibilitas pengemudi ke arah depan dan samping menjadi lebih terjamin. Begitu pula untuk kabin belakangnya, kabinnya cukup luas. Ruang kaki dan ruang kepala sama sekali bukan menjadi masalah. Terlebih lagi adanya tempat penyimpanan yang cukup banyak dan tersebar di seluruh area kabin. Meliputi glovebox, laci di bawah kontrol AC, bottle holder di doortrim penumpang belakang serta cup holder di armrest belakang. Tak hanya disitu saja, bagasi yang ada di belakang jok penumpang memiliki kapasitas normal sebesar 353 liter dan dapat diekspansi hingga 810 liter ketika jok dilipat. Meski tidak rata, namun dengan kapasitas sebesar ini sudah lebih dari cukup untuk sebuah crossover sebagai teman Anda melakukan perjalanan jauh.
Interior Suzuki SX-4 S-Cross Indonesia
Kabin Belakang Suzuki SX-4 S-Cross
Kinerja dan Performa Mesin Suzuki SX-4 S-Cross
Di sektor dapur pacu, Suzuki SX-4 S-Cross yang dijual di Indonesia hanya dipersenjatai oleh mesin pilihan mesin tunggal berkodekan M15A 1.5 liter dengan dukungan teknologi VVT. Mesinnya menggunakan konfigurasi 4 silinder 16 katup DOHC yang mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga 109 HP pada putaran 6.000 RPM dan torsi puncak 138 Nm pada 4.400 RPM. Output yang terbilang kecil untuk sebuah crossover. Sejatinya, mesin ini merupakan mesin lama yang telah digunakan sejak kehadiran Suzuki Baleno, Suzuki Aerio, Suzuki Swift Gen 1 dan Suzuki SX-4 Gen 1. Daya tahan dan irit dalam perihal konsumsi BBM mungkin alasan utama mengapa mesin M15A masih dipertahankan hingga sekarang. Padahal di India, Suzuki di bawah nama Maruti malah mengadopsi mesin diesel dengan dua varian, masing-masing berkapasitas 1.3 liter dan 1.6 liter. Sedangkan di Eropa, menggunakan mesin M16A yang berkapasitas 1.6 liter.
Mesin Suzuki SX-4 S-Cross
Foto Mesin Suzuki SX-4 S-Cross
Impresi dan Handling Suzuki SX-4 S-Cross
Mengadopsi layout sebagai sebuah crossover pastinya menuntut S-Cross agar dapat menjelajah dengan bebas tanpa gangguan. Hal ini dibuktikan Suzuki dengan membuat body yang cukup tinggi dari permukaan tanah dengan ground clearance 190 mm. Memang sedikit lebih rendah dari HR-V namun sudah cukup untuk melibas kontur jalan kurang rata ketika melakukan perjalanan luar kota. Belum lagi posisi duduk jok depan yang cukup tinggi, memungkinkan pengemudi dapat memantau kondisi jalan ke depan tanpa batas.

Untuk handlingnya, sedikit lebih baik dari model lawas dikarenakan S-Cross telah mengadopsi tilt and telescopic sehingga lebih ringan dari SX-4 lama. Feedbacknya akurat, tapi di kecepatan tinggi, pengemudi harus menggenggam setir erta-erat karena mobil ini sangat mudah berganti jalur dengan sendirinya. Selain itu, seiring membengkaknya dimensi mobil ini maka bobotnya pun ikut meningkat. Guna memaksimalkan karakter mobil penjelajah maka Suzuki meracik ulang karakter suspensi. Uniknya, meskipun lebih tinggi dari model lama, namun bodyroll yang dihasilkan jauh lebih minim sehingga kenyamanan yang dihasilkan juga jauh lebih baik.

Spesifikasi Suzuki SX-4 S-Cross
  • Mesin : M15A 1.5 liter VVT. 
  • Konfigurasi : 4 silinder segaris 16 katup DOHC. 
  • Tenaga : 109 HP @6.000 RPM. 
  • Torsi : 138 Nm @4.400 RPM. 
  • Bore x stroke : 78 mm x 78 mm. 
  • Rasio kompresi : 10.3:1. 
  • Konsumsi BBM : 10-13 km/L (dalam kota) ; 15-18 km/L (luar kota). 
  • Transmisi : Manual 5 percepatan dan matic 6 percepatan. 
  • Suspensi : Depan MacPherson Strut, belakang torsion beam. 
  • Rival : Honda HR-V, Chevrolet Trax, Nissan Juke, Renault Captur, Ford Ecosport, Mitsubishi Outlander Sport, Toyota Yaris Heykers dan KIA Sportage. 
  • Tahun Penjualan : 2016 - sekarang.

Harga Suzuki SX-4 S-Cross Baru
  • SX4 S-Cross M/T : Rp 246,900,000,-
  • SX4 S-Cross A/T : Rp 259,900,000,-

Kelebihan Suzuki SX-4 S-Cross
  • Material dashboard.
  • Finishing interior.
  • Visibilitas pengemudi sangat baik.
  • Ground clearance tinggi.
  • Headroom dan legroom lega.
  • Bagasi luas.

Kekurangan Suzuki SX-4 S-Cross
  • Hanya ada 1 varian mesin.
  • Akselerasi lemot.
  • Varian AWD tidak masuk ke Indonesia.
  • Suara speaker bawaan jelek.
  • Model velg sangat jelek.

Demikian ulasan lengkap mengenai review spesifikasi, harga, serta keunggulan dan kelemahan Suzuki SX-4 S-Cross. Semoga membantu, baca juga :
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Artikel Terkait : Kelebihan dan Kekurangan Suzuki SX-4 S-Cross
Loading...