Kelebihan dan Kekurangan All New Nissan Navara NP300

Kelebihan dan Kekurangan All New Nissan Navara NP300

Ulasan Spesifikasi dan Harga All New Nissan Navara NP300 - Dalam segmen double cabin, kubu Nissan juga tak ingin ketinggalan. Sebelumnya, Nissan telah berkiprah duluan melalui nama Nissan Frontier D22 yang hadir di tahun 2002 dan selanjutnya dilanjutkan oleh Nissan Frontier Navara pada penghujung tahun 2007. Kedua generasi ini dijual hanya dalam satu jenis konfigurasi body yaitu double cabin, dalam artian tidak ada model single cabin atau pickup general layaknya beberapa kompetitor. Setelah generasi kedua dihentikan produksinya, Nissan kembali merilis model teranyar keluarga Navara dengan nama All New Nissan Navara NP300.

All New Nissan Navara NP300 sendiri pertama kali dikenalkan oleh PT Nissan Motor Indonesia (NMI) pada tanggal 2 Maret 2015 di bursa mobil Indonesia. Kehadirannya turut memperkeruh suasana persaingan dalam segmen double cabin karena ia dibekali tampilan dinamis dengan fitur canggih dan satu-satunya pickup kabin ganda yang mengusung per keong. Ia hanya hadir dalam dua varian saja, yakni tipe SL (mid grade) yang hanya dijual dalam transmisi manual 6 percepatan dan tipe VL (high grade) dengan pilihan transmisi manual dan otomatis 7 percepatan. Semuanya dilengkapi oleh sistem penggerak 4x4.

Dalam segmen ini, mobil yang dibangun satu basis dengan Nissan All New X-Trail ini akan menghadang sang jawara lama, Mitsubishi All New Triton dan seterusnya yang diikuti oleh All New Toyota Hilux, Ford Ranger T6, All New Isuzu D-Max, Mazda BT-50 Pro, dan Chevrolet Colorado. Hingga artikel ini diturunkan, Navara sama sekali belum tersentuh facelift karena masih tergolong baru di pasaran.

Eksterior All New Nissan Navara NP300
Pada bagian eksteriornya, Nissan Navara terbaru ini memang kelihatan kurang gagah jika dibandingkan pendahulunya yang menggunakan desain serba mengotak. Tapi, model terbaru ini memiliki model yang lebih dinamis dalam arti kata lain lebih modern. Headlampnya diusung berbentuk pipih memanjang sehingga terkesan sipit. Yang jelas untuk varian tertinggi, lampunya ini telah mengadopsi DRL LED dengan proyektor, dan juga dibantu oleh sepasang foglamp sehingga pencahayaan di malam hari tak perlu diragukan lagi. Sedangkan grillnya, Nissan terbaru ini masih mengandalkan model grill berbentuk V khas keluarga Nissan sehingga turut berpengaruh terhadap garis pada kap mesin.
Eksterior Nissan Navara NP300
Eksterior Depan Nissan Navara NP300
Dilihat dari bagian samping, Nissan Navara terbaru ini memang tampak panjang. Memang, dikelasnya ia memiliki wheelbase terpanjang yakni sekitar 3.150 mm namun panjang keseluruhannya 5.255 mm dengan lebar 1.850 mm dan tinggi 1.820 mm sehingga relatif hampir sama dimensinya dengan para kompetitor. Wheelbase yang panjang cukup membantu kinerja suspensi dalam menyerap gundukan aspal yang kurang rata. Dengan begitu, mobil akan tetap seimbang ketika diajak melaju dalam kecepatan tinggi. Tapi, sedikit berdampak negatif bagi kemampuan melahap trek offroad berat karena bisa saja bagian tengah akan kandas atau nyangkut. Pada bagian ini, Navara tipe VL menggunakan velg berdiameter 18 inci dan 16 inci untuk tipe SL.
Eksterior Nissan Navara NP300
Eksterior Samping Nissan Navara NP300
Beralih ke bagian belakang, disinilah salah satu bagian paling mengagumkan dari Nissan Navara terbaru ini. Pada pintu bak, diberi sedikit lekukan tepatnya di bawah logo Nissan guna mendongkrak penampilan agar tidak terkesan terlalu monoton. Untuk bumper, bagian kiri dan kanannya dilapisi krom sehingga tampak lebih mewah. Tapi sayang, area lampu belakang masih sangat menyerupai model Navara sebelumnya. Seakan tidak ada perubahan apa-apa meski sejatinya lampu ini didesain sedikit lebih lebar.
Eksterior Nissan Navara NP300
Eksterior Belakang Nissan Navara NP300
Interior All New Nissan Navara NP300
Beranjak ke dalam kabin, Anda akan disuguhkan suasana mewah oleh interior Navara terbaru ini. Dilihat sepintas, seluruh area dashboardnya sangat identik dengan Nissan X-Trail, mulai dari susunan tombol-tombol tengah, setir, klaster instrumen, hingga headunitnya. Kemiripan interior antara double cabin dan SUV menengah di setiap pabrikan jaman sekarang memang bukanlah hal aneh. Hanya saja diberi batasan agar tidak serupa. Misalkan kualitas material plastik dan juga pelapis jok. 
Interior Nissan Navara NP300
Interior Nissan Navara NP300
Pada varian VL, sebagian fitur interior ala X-Trail hadir di dalamnya, seperti headunit 2DIN merk kenwood dengan monitor TFT 3D, start/stop engine, cruise control, tombol start/stop, kamera mundur, jok elektrik, lapisan kulit mewah, dan juga audio steering switch dengan voice command. Fitur-fitur tersebut tidak hadir pada varian SL karena target market yang berbeda. Fitur yang sama antara kedua model Navara ini adalah adanya sistem shift on the fly yang dapat diatur melalui kenop elektronik rotary sehingga pergantian mode penggerak 2 roda ke 4 roda roda atau sebaliknya dapat dioperasikan ketika mobil melaju.

Secara keseluruhan, Navara tipe VL adalah satu-satunya Double cabin yang dilengkapi fitur mewah dan juga lubang ventilasi AC untuk row belakang. Seluruh jok mampu membekap para penumpang dengan nyaman karena material yang tebal dan juga dilapisi kulit berkualitas. Hanya saja posisi duduk penumpang belakang terasa kurang ergonomis meski legroomnya luas, karena jok bawah terlalu pendek sehingga tidak mampu menjangkau seluruh bagian paha. Hal ini pastinya cukup merepotkan ketika melakukan perjalanan jauh. Namun dibalik kekurangan tersebut, interior All New Nissan Navara NP300 tetaplah masih yang paling istimewa. Hadirnya 6 buah cup holder dengan masing-masing 2 di dekat kisi-kisi AC, 2 di konsol tengah dan sisanya berada di bangku belakang juga membuktikan bahwa Nissan tetap memperdulikan fitur penunjang dalam sebuah mobil utilitas atau pekerja keras .
Interior Nissan Navara NP300
Kabin Belakang Nissan Navara NP300
Kinerja dan Performa Mesin All New Nissan Navara NP300
Untuk sektor dapur pacu, Nissan masih mempercayakan mesin turbodiesel berkode YD25DDTi dengan konfigurasi 4 silinder segaris 16 katup DOHC common-rail injection seperti generasi pendahulunya. Namun kali ini, Nissan menyematkan teknologi turbocharger Variable Geometry System (VGS) dengan intercooler sehingga mesin mampu memberikan daya maksimum dengan konsumsi bahan bakar tetap irit. Hanya saja, Nissan membedakan output antara tipe SL dan VL. Untuk tipe SL, tenaganya hanya sebatas 163 HP pada putaran 3.600 RPM dan torsi puncak 403 Nm pada 2.000 RPM. Sedangkan tipe VL memiliki output lebih besar yaitu 190 HP pada 3.600 RPM dan torsi 450 Nm pada 2.000 RPM. Selain itu, opsi transmisi matic 7 percepatan dengan mode manual hanya hadir pada tipe VL.
Foto Mesin Nissan Navara NP300
Foto Mesin Nissan Navara NP300
Impresi dan Handling All New Nissan Navara NP300
Kabin yang mewah pastinya memberikan sesuatu hal yang sangat menyenangkan bagi pengemudi. Maka tak heran jika Nissan Navara menjadi jawara dalam hal fun to drive untuk sebuah mobil double cabin. Hal ini ditunjang pula oleh fitur-fitur lengkap bahkan jarang ditemukan double cab lain. Ruang kabin seluruhnya diberikan sentuhan apik oleh Nissan dengan kemasan yang menarik. Tapi ada satu hal yang menjadi ganjalan ketika menyetir Navara terbaru ini, yaitu balutan krom pada tuas gear yang terkadang menyilaukan mata pengemudi khususnya pada terik siang hari.

Beralih ke handling. Handling Nissan Navara NP300 secara umum cukup baik. Penggunaan coil spring sebagai suspensi belakang terasa tepat karena mampu menciptakan kenyamanan lebih. Tapi disisi lain, suspensi ini kerap memberikan gejala limbung ketika memasuki sudut tikungan. Selain itu, untuk setirnya terasa agak berat. Untuk memutar setir ketika memutar arah, dibutukan "tenaga ekstra" bagi Anda yang sudah terbiasa dengan setir ringan.

Beberapa fitur penting lainnya yang membantu masalah handling Nissan Navara adalah adanya Vehicle Dynamic Control (VDC) Hill Descent Control (HDC). VDC sangat berguna dalam medan onroad karena ia memberi peranan penting terhadap traksi ban agar tetap stabil ketika bermanuver. Sedangkan HDC berguna menjaga kecepatan ketika mobil menuruni tebing dengan cara mengaktifkan rem secara otomatis. Dengan kedua fitur tersebut, pengemudi menjadi lebih percaya diri ketika melewati jalanan luar kota yang didominasi oleh perbukitan khas Indonesia.

Spesifikasi All New Nissan Navara NP300
  • Mesin : Turbodiesel YD25DDTi 2.5 liter common-rail injection.
  • Konfigurasi : 4 silinder segaris 16 katup DOHC.
  • Tenaga : 163 HP @3.600 RPM (tipe SL) ; 190 HP @3.600 RPM (tipe VL).
  • Torsi : 403 Nm @2.000 RPM (tipe SL) ; 450 Nm  @2.000 RPM (tipe VL).
  • Bore x stroke : 89 mm x 100 mm (tipe SL) ; 89 mm x 100 mm (tipe VL).
  • Rasio kompresi : 16.5:1 (tipe SL) ; 15:1 (tipe VL).
  • Konsumsi BBM : 9-10 km/L (dalam kota) ; 11-13 km/L (luar kota)
  • Transmisi : Manual 6 percepatan dan matic 7 percepatan dengan mode manual (tipe VL).
  • Suspensi : Depan independent double wishbone, belakang per keong.
  • Rival : Mitsubishi All New Triton, All New Toyota Hilux, Ford Ranger T6, All New Isuzu D-Max, Mazda BT-50 Pro, dan Chevrolet Colorado.
  • Tahun Penjualan : 2015 - sekarang.

Harga All New Nissan Navara NP300
  • Nissan Navara NP 300 SL M/T : 380 juta.
  • Nissan Navara NP 300 VL M/T : 415 juta.
  • Nissan Navara NP 300 VL A/T : 430 juta.

Kelebihan All New Nissan Navara NP300
  • Model dinamis.
  • Interior mewah.
  • Fitur sangat lengkap.
  • Kabin relatif luas.
  • Tenaga besar dan torsi besar (tipe VL).
  • Bantingan suspensi nyaman.
  • Adanya Hill Descent Control (HDC).
  • Dapat menenggak solar berkualitas rendah.

Kekurangan All New Nissan Navara NP300
  • Peredaman kabin.
  • Jok belakang kurang ergonomi.
  • Setir agak berat.
  • Cengkeraman ban kurang menggigit.
  • Bantingan suspensi masih lebih keras dari D-Max.

Demikian ulasan lengkap mengenai review spesifikasi, harga, serta keunggulan dan kelemahan All New Nissan Navara NP300. Sejatinya, mobil ini sangat cocok dijadikan sebagai tunggangan harian bagi Anda yang membutuhkan calon pekerja keras dengan fitur dan handling yang mirip dengan sebuah SUV. Semoga membantu. Baca juga :