Kelebihan dan Kekurangan New Nissan Elgrand E52

Kelebihan dan Kekurangan New Nissan Elgrand E52

Ulasan Spesifikasi dan Harga New Nissan Elgrand E52 - Gemuknya segmentasi otomotif khususnya pada MPV di Indonesia menjadikan seluruh pabrikan berlomba-lomba untuk memasuki segmen ini. Salah satunya turut diramaikan oleh Nissan. Reputasi Nissan di Indonesia sudah terbilang cukup baik, dari tahun ke tahun, ia mampu bertahan dari gempuran beberapa pabrikan yang juga berasal dari Jepang dengan berbagai senjata andalan. Buktinya, Nissan Grand Livina hingga sekarang masih bertahan di pasaran, dalam segmen low MPV bersama dengan Toyota Avanza dan juga Honda Mobilio. Disaat yang sama, Nissan juga pernah menelurkan Nissan Elgrand E51 yang berada dalam kelas MPV mewah atau big size MPV. Sedikit di bawah kasta ini, terdapat Nissan Serena yang memasuki segmen medium MPV serta Nissan Evalia sebagai sarana penunjang kalangan pebisnis.

All New Nissan Elgrand dengan kode E52 ini pertama kali hadir di tanah air pada akhir tahun 2011 silam secara CBU di bawah nama PT Nissan Motor Indonesia (NMI). Awalnya, hanya varian bermesin 3.5 liter saja yang dikenalkan. Barulah setahun kemudian varian 2.5 liter dijual secara resmi ketika dilaksanakannya pergelaran IIMS 2012. Perbedaannya keduanya selain dari sektor mesin hanya ada pada bahan pelapis jok. Dimana varian 2.5 liter menggunakan jok fabric di seluruh kursi, sedangkan varian 3.5 liter sudah mengadopsi jok kulit. 

Memasuki medio 2014, Nissan kembali berinovasi dengan cara memberikan sentuhan baru (facelift) bagi setiap varian All New Elgrand. Sentuhan yang diberikan hanya berupa facelift ringan untuk sektor eksterior dan interior. Untuk urusan mesin masih sama seperti sebelumnya. Berhubung pajak mobil mewah yang mencekik leher mulai diberlakukan, akhirnya pada tahun 2015 Nissan memutuskan untuk memberhentikan penjualan dari varian 3.5 liter. Dalam artian lain, ATPM hanya menjual varian 2.5 liter saja, dalam pilihan tipe Highway Star dan Highway Star Leather yang telah dibekali jok kulit sebagai opsi standar. Di tahun yang sama, varian khusus juga hadir, dengan mengenakan emblem VIP by Autech dan hanya menggunakan dua kursi saja pada baris kedua. Tipe ini hanya akan dijual ketika ada yang calon pembeli yang ingin memesan.

Kehadiran Nissan Elgrand E52 pastinya membawa suasana baru dalam dunia otomotif Indonesia. Dikarenakan pasar mobil mewah ini adalah ciri khas antara gengsi, kualitas dan fungsionalitas sebuah kendaraan. Disini, ia menjadi rival bagi Toyota Alphard Gen2, Mazda 8, Honda All New Odyssey, dan juga Hyundai H1.

Eksterior New Nissan Elgrand E52
Mengusung tema full size MPV membuatnya memiliki ukuran yang cukup bongsor. Mobil ini memiliki dimensi panjang 4.915 mm, lebar 1.850 dan tinggi 1.815 mm dengan wheelbase sepanjang 3.000 mm. Ukuran bongsor menjanjikan ketersediaan ruang kabin yang luas. Itulah salah satu kunci utama yang harus dipenuhi oleh setiap pabrikan yang ingin bertempur dalam segmen ini.

Dilihat dari depan, Nissan Elgrand E52 tampak sangat modern dan sama sekali tidak meninggalkan jejak pendahulunya kecuali lampu depan dengan sentuhan modern. Seperti yang tertera pada gambar di bawah ini, Nissan Elgrand E52 masih mengenakan lampu depan khas keluarga Elgrand dengan posisi lampu utama dan sein dipisahi garis grill memanjang di bagian tengah. Di bawah garis pemisah tersebut, terdapat grill berbalut krom bergaris-garis yang menjadikan aura Elgrand tampak mewah, sporty dan elegan dalam satu paket. Kesan mewah kembali bertambah dengan hadirnya aksen krom disekeliling foglamp.
Eksterior Nissan Elgrand E52 Prefacelift
Eksterior Depan Nissan Elgrand E52 Prefacelift
Untuk bagian depan Nissan Elgrand E52, terdapat sedikit perbedaan dimana potongan grill dengan krom diperbesar hingga ke bawah sehingga memakan bagian bumper. Lekukan foglamp juga turut diubah menjadi lebih agresif sehingga tampilan bagian depannya secara keseluruhan tidak lagi menciptakan aura elegan seperti prefacelift, melainkan hanya menyisakan aura sporty. Disini, Nissan juga memberikan fitur tambahan yakni lampu DRL dan juga teknologi Active Adaptive guna menjaga visibilitas pengemudi menjadi lebih baik pada malam hari dan hujan.
Eksterior Nissan Elgrand E52 Facelift
Eksterior Depan Nissan Elgrand E52 Facelift
Beralih ke bagian samping. Pada area ini, profil Nissan Elgrand E52 kira-kira hampir menyerupai Toyota Alphard. Hanya saja desain Elgrand ini terlihat lebih ceper dan sama sekali tidak tampak mengkotak. Bagian depannya yang lebih panjang juga memberikan tampang yang lebih proporsional dibandingkan Alphard. Disini, tidak banyak perbedaan antara model prefacelift dan facelift kecuali pada model velg serta adanya kamera kecil di bawah spion yang berfungsi sebagai "mata" untuk membantu memakirkan mobil yang selanjutnya ditampilkan melalui Around View Monitor secara real-time.
Eksterior Nissan Elgrand E52
Eksterior Samping Nissan Elgrand E52
Untuk area belakang, Nissan masih mempertahankan ciri khas pendahulunya dengan menggunakan garnish yang sekaligus berfungsi sebagai lampu stoplamp dan juga sepasang lampu mundur yang diletakkan terpisah. Posisi wiper yang awalnya berada di atas kini berada di bawah. Perubahan lain yang tampak kasat mata adalah bagian kaca belakang yang diberi sedikit lekukan agar tak tampak inferior.
Eksterior Nissan Elgrand E52 Prefacelift
Eksterior Belakang Nissan Elgrand E52 Prefacelift
Area belakang model facelift terlihat serupa dengan model prefacelift. Tidak ada peningkatan berarti selain high mounted lamp, stoplamp dan garnish yang menggunakan LED dengan mika berwarna bening. Untuk area bumper sama sekali tidak perubahan dari model prefacelift.
Eksterior Nissan Elgrand E52 Facelift
Eksterior Belakang Nissan Elgrand E52 Facelift
Interior New Nissan Elgrand E52
Saatnya masuk ke dalam kabin. Disini tampak penggunaan material soft touch yang membaluti area dashboard Elgrand. Sekilas memang baik tapi sayang, finishingnya kurang rapi. Seluruh area dashboard menggunakan skema warna abu-abu gelap dengan aksen wood-panel di bagian tengah yang melewati bagian bawah pusat kontrol hingga panel konsol pengemudi. Pada pusat kontrol, bagian kanannya diisi oleh tuas transmisi dan tombol pengatur AC otomatis pada bagian kiri. Satu hal yang amat disayangkan adalah absennya fitur switch steering wheel yang merupakan fitur wajib masa kini dan bahkan banyak digunakan pada mobil kasta dibawah sekalipun.
Interior New Nissan Elgrand E52 Prefacelift
Dashboard Nissan Elgrand E52 Prefacelift
Sebagai gantinya, Nissan menghadirkan fitur tersebut ketika varian facelift dikenalkan. Update lain hanya ada pada tambahan tombol control head unit yang dapat diatur secara manual dengan melengserkan posisi lubang penyimpanan kecil dan juga penambahan jumlah spaeaker yang awalnya hanya ada 6 menjadi 12 unit. Sedangkan warna, material dashboard hingga finishingnya tidak ada perubahan sama sekali.
Interior Nissan Elgrand E52 Facelift
Dashboard Nissan Elgrand E52 Facelift
Fitur lain yang menghampiri Nissan Elgrand adalah adanya sistem elektrik untuk kedua pintu gesernya sehingga akses keluar masuk penumpang row kedua menjadi lebih mudah. Ingin pindah ke row ketiga pun tidak masalah. Pasalnya, jok baris kedua menggunakan captain chair sehingga menyisakan ruang untuk mengakses row terakhir. Semua jok cukup nyaman dan empuk ketika diduduki. Ditambah lagi oleh ketersediaan legroom yang lega. Namu lagi-lagi, pemangkasan fitur terhadap harga jual terganjal disini. Kursi yang notabene mirip pesawat karena telah disokong oleh sandaran kaki ini masih menganut sistem pergeseran manual. Disinilah letak kekurangan terbesar dari kabin Nissan, karena jok elektris dengan sistem memori hanya hadir pada kursi pengemudi saja.
Interior Kabin Nissan Elgrand E52
Interior Kabin Nissan Elgrand E52
Berbicara soal akomodasi dan luas kabin. Nissan patut berbangga hati karena di segmen ini MPV mewah, Elgrand menjadi jawaranya. Bahkan ketika kursi row ketiga digeser hingga mentok ke belakang, masih menyisakan ruang yang cukup pada bagasi untuk meletakkan barang bawaan seperti koper berukuran jumbo. Seperti tampak pada gambar di bawah ini, Nissan Elgrand E52 juga sudah dibekali oleh roof monitor, meja individual dengan cupholder di tengah dan juga dual moon roof.
Interior Kabin Nissan Elgrand E52
Interior Kabin Nissan Elgrand E52
Kinerja dan Performa Mesin New Nissan Elgrand E52 
Untuk urusan mesin, Nissan kini mempersenjatai varian 2.5 liter dengan unit QR25DE 4 silinder segaris 16 katup serupa dengan X-Trail T32 2.5L dan Nissan Teana. Hal ini berbeda dengan pendahulunya yang mengandalkan mesin berkonfigurasi V6. Tenaga yang mampu dihasilkan oleh mesin ini adalah 167 HP pada 5. 600 RPM dan torsi maksimum sebesar 245Nm pada 3.900 RPM. Jika dibandingkan dengan Elgrand E51, varian 2.5 liter terbaru ini tenaganya sedikit berukurang namun torsinya bertambah. Tak hanya disitu, rasio kompresi juga turun dari awalnya 10.3:1 menjadi 9.6:1. 
Foto Mesin Nissan Elgrand E52 2.5 Liter
Foto Mesin Nissan Elgrand E52 2.5 Liter
Sedangkan untuk varian 3.5 liter, Nissan masih mempertahankan mesin lama, dengan kode VQ35DE berkonfigurasi V6 24 katup. Tenaganya maksimumnya mencapai 280 HP pada putaran 6.400 RPM dengan torsi puncak 344 Nm pada 4.400 RPM. Sebagai informasi tambahan, mesin ini pernah masuk sebagai 10 best engine award dari tahun 2002 hingga 2007 berturut-turut. Bermodalkan tenaga yang sangat besar, maka tak heran jika mesin paling cocok menjadi dapur pacu bagi Elgrand E52 ini yang bobotnya mencapai 2.4 ton.
Foto Mesin Nissan Elgrand E52 3.5 Liter
Foto Mesin Nissan Elgrand E52 3.5 Liter
Impresi dan Handling New Nissan Elgrand E52
Duduk pada kursi pengemudi memang bukanlah hal yang asik pada sebuah full size MPV atau MPV mewah. Karena kasta ini lebih ditujukan bagi orang dengan kemampuan dana tak terbatas dan lebih suka duduk di kursi penumpang. Kecuali untuk varian 3.5 liter, impresinya tak jauh berbeda dengan sebuah sedan sport. Tendangan torsinya seakan cukup untuk membenamkan badan Anda ke dalam kursi ketika pedal gas diinjak secara konstan.

Dari segi handling, Nissan Elgrand mampu mencatatkan posisi yang kurang bagus dalam segmen ini. Memang secara umum, setiap MPV yang memiliki body bongsor dan suspensi empuk seringkali lemah dalam hal pengendalian. Anda dituntut untuk berhati-hati mengemudi ketika menemui tikungan, untuk body roll berlebih yang seringkali menjadi penyebab utama kecelakaan. Namun hal ini tertutupi oleh kenyamanannya yang luar biasa khususnya di kursi belakang. Respon CVT yang cukup lembut dan minim hentakan mampu menciptakan suasana kabin aman di dalam kabin. Terlebih, mobil ini telah mengadopsi sistem keamanan atau keselaman tambahan seperti perlengkapan airbag, ABS/EBD/BA, VDC (Vehicle Dynamics Control), dan juga Advanced Drive-Assist.

Spesifikasi New Nissan Elgrand E52
  • Mesin : 2.5 liter QR25DE ; 3.5 liter VQ35DE.
  • Konfigurasi : 4 silinder 16 katup (2.5 L) ; 6 silinder V6 24 katup (3.5 L).
  • Tenaga : 167 HP @5.600 RPM (2.5 L) ; 280 HP @6.400 RPM (3.5 L).
  • Torsi : 245Nm @3.900 RPM (2.5 L) ; 344 Nm @4.400 RPM (3.5 L).
  • Bore x stroke : 89 mm x 100 mm (2.5 L) ; 95.5 mm x 81.4 mm (3.5 L).
  • Rasio kompresi : 9.6:1 (2.5 L) ; 10.3:1 (3.5 L).
  • Konsumsi BBM : 7-8 km/L (dalam kota) ; 10-13 km/L (luar kota).
  • Transmisi : X-Tronic CVT 6 percepatan.
  • Suspensi : Depan MacPherson Strut independent, belakang multilink independent.
  • Rival : Toyota Alphard Gen2, Mazda 8, Honda All New Odyssey, dan Hyundai H-1.
  • Tahun Penjualan : akhir 2011 - 2013 (prefacelift) 2014 - sekarang (facelift).

Harga New Nissan Elgrand E52 Bekas
  • Tahun 2012 : 450 juta - 520 juta.
  • Tahun 2013 : 480 juta - 550 juta.
  • Tahun 2014 : 520 juta - 580 juta.
  • Tahun 2015 : 550 juta - 600 juta.
  • Tahun 2016 : 590 juta - 650 juta.

Kelebihan New Nissan Elgrand E52
  • Harga terjangkau.
  • Tampang sangat mewah.
  • Kabin paling luas di kelasnya.
  • Dual sunroof.
  • Eksterior modern.
  • Jok nyaman.
  • Bantingan suspensi empuk.

Kekurangan New Nissan Elgrand E52
  • Built quality biasa saja.
  • Kualitas material jok kurang halus.
  • Kualitas speaker biasa saja.
  • Handling kurang baik.
  • Minim fitur pada model prefacelift.
  • Kursi penumpang belum elektrik.
  • Harga jual kembali anjlok.

Demikian ulasan lengkap mengenai review spesifikasi, harga, serta keunggulan dan kelemahan New Nissan Elgrand E52. Intinya, mobil ini memiliki nilai prestis lebih dari Toyota Alphard sekalipun, dikarenakan kehadirannya di jalan raya yang masih minim sehingga menjadi pusat perhatian. Semoga membantu. Baca juga :