Kelebihan dan Kekurangan Mitsubishi All New Strada Triton

Kelebihan dan Kekurangan Mitsubishi All New Strada Triton

Ulasan Spesifikasi dan Harga Mitsubishi All New Strada Triton  - Kehadiran Mitsubishi Strada di Indonesia telah dimulai sejak tahun 2002 melalui nama Strada L200. Generasi Strada pertama ini yang ada di tanah air ini cukup banyak terjual karena terkenal ketangguhannya dibandingkan Ford Ranger gen pertama. Memasuki tahun 2008, Mitsubishi kembali memboyong generasi teranyar Strada yang dinamakan sebagai Mitsubishi Strada Triton dengan unsur artistik bersesain unik dan dinamis. Penjualan Strada Triton sebagai market leader saat itu sedikit terganggu karena banyak pendatang baru mulai bermunculan. Salah satunya adalah Toyota Hilux yang selanjutnya disusul oleh Nissan Frontier Navara.

Memasuki akhir tahun 2014 tepatnya pada tanggal 18 November, Mitsubishi kembali mengenalkan generasi terbaru Strada di Thailand. Jika pada generasi kedua nama L200 dihilangkan, maka pada generasi ini nama Strada lah yang dihilangkan. Sehingga nama resminya menjadi All New Triton saja. Lantas mengapa Topgir memberikan judul dengan nama All New "Strada" Triton? Hal ini dilakukan agar para pembaca dapat dengan mudah menemukan artikel ini di halaman pencarian. Baik pada mesin pencari Google ataupun kotak pencarian yang ada pada website ini.

Baik, kembali ke topik. Mitsubishi All New Triton sendiri baru masuk ke Indonesia pada pertengahan 2015. Meski membawa desain baru ala urban dengan garis serba meruncing, namun ia masih menyandang mesin lawas berkode 4D56. Padahal di negeri Pagoda, mobil ini telah dirancang menggunakan mesin baru dengan kode 4N15 yang diklaim lebih bertenaga karena telah mengadopsi katup varia­bel MIVEC. Namun hal ini turut berdampak positif terhadap penjualan Triton. Selain ketangguhan mesinnya telah teruji, suku cadangnya pun lebih terjamin.

Di pasar lokal, All New Triton hadir dalam dua varian body yaitu single cab dan double cab. Untuk varian single cab, hanya diisi oleh trim HDX. Sedangkan untuk varian double cab, dijual dengan tiga trim, antara lain tipe HDX yang memenuhi segmen bawah, tipe GLS sebagai trim menengah dan juga tipe Exceed sebagai trim tertinggi yang ditawarkan dalam transmisi manual 5 percepatan dan matic 5 percepatan. Ketika acara GIIAS 2016 berlangsung, 1 varian tambahan turut dijual dalam edisi terbatas dengan nama All New Triton Lightning yang berbasis varian Exceed dengan penambahan beberapa aksesoris resmi dari Mitsubishi. Dalam hal penjualan, ia menjadi kompetitor bagi All New Toyota Hilux, All New Ford Ranger T6, Chevrolet Colorado, All New Isuzu D-Max, Mazda BT-50 Pro dan tak lupa pula All New Nissan Navara NP300

Eksterior Mitsubishi All New Strada Triton
Pada bagian eksterior, All New Triton membawa desain perubahan yang cukup besar dari pendahulunya. Perubahan ini dapat ditemukan pada grill dengan potongan vertikal yang dilabur krom dan desain headlamp meruncing. Lampu utamanya ini masih menggunakan bohlam biasa yang diapit oleh DRL guna menambah visibilitas bagi kendaraan ketika siang hari. Ditunjang oleh sepasang foglamp dengan outer berwarna silver sebagai penerangan tambahan di malam hari atau kondisi mendung guna menembus kabut. Tapi sangat disayangkan, untuk lampu utamanya, belum menerapkan xenon atau projektor seperti varian yanf di Malaysia dan Australia. Anehnya, fitur ini bahkan jadi standar kelengkapan bagi tipe GLS yang merupakan varian menengah pada kedua negara di atas, contohnya ada pada foto berikut ini.
Eksterior Mitsubishi All New Strada Triton
Eksterior Deoan Mitsubishi All New Strada Triton
Saatnya beralih ke bagian samping. Dilihat sekilas memang tampak mirip seperti pendahulunya. Tapi terdapat sedikit perbedaan. Tepatnya pada garis lengkungan antara kabin dan bak belakang yang lengkungannya tak seekstrim model lama. Selain itu, pada varian GLS dan Exceed turut dibekali over fender dan footstep sebagai perlengkapan standar sehingga tampilan kesan tangguhnya terdongkrak. Untuk urusan kaki-kaki, Mitsubishi masih mempercayakan velg berukuran 16 inci yang dibalut ban 265/70 pada GLS/Exceed dan ban M/T 245/75 pada tipe HDX. Tak hanya itu, Mitsubishi juga memperpendek wheelbase atau jarak sumbu roda antara ban depan dan belakang guna memangkas radius putar. Lantas adanya pemotongan sumbu ini tidak berpengaruh pada dimensi panjang Triton. Sebagai gantinya, overhang yaitu jarak roda belakang hingga ujung bumper didesain lebih panjang.
Eksterior Mitsubishi All New Strada Triton
Eksterior Samping Mitsubishi All New Strada Triton
Sedang untuk area belakangnya, seluruh bagian ikut dipermak. Aura dinamis tampak dari penggunaan stoplamp membulat dengan ujung runcing yang menjorok ke bagian samping bak belakang. Tepat di area bawah stoplamp juga diberi sedikit lekukan agar kesan modernnya lebih terpancar. Peningkatan terbesar yang dilakukan oleh Mitsubishi ada pada bagian bumper yang terlihat maskulin dan benar-benar tampil beda dari kompetitor lainnya karena diberi aksen silver dikelilingi plastik hitam.
Eksterior Mitsubishi All New Strada Triton
Eksterior Belakang Mitsubishi All New Strada Triton
Interior Mitsubishi All New Strada Triton
Beranjak ke dalam interior Mitsubishi All New Triton. Mitsubishi turut mendesain ulang seluruh bagian dashboard agar mobil ini tampil lebih mewah layaknya sebuah SUV. Sekilas sangat serupa dengan All New Pajero Sport karena desainnya memang dibangun dalam satu basis. Yang membedakan keduanya adalah pada skema warna. Karena aksen wood panel hanya ada pada Pajero. Pada bagian ini, seluruh panel pada dashboard masih menggunakan plastik keras yang kurang memberikan kesan premium. Namun harap dimaklumi, mobil ini memang ditujukan dalam segmen pickup ringan yang merupakan calon-calon pekerja keras dan tunggangan para kaum pebisnis. Bagaimana kualitasnya? Masih cukup baik, beberapa gap antara panel terlihat presisi dan enak dipandang.
Interior Mitsubishi All New Strada Triton
Interior Mitsubishi All New Strada Triton
Berikut adalah foto area kabin belakang All New Triton. Akomodasi kabinnya ini terbilang bukan sebagus beberapa kompetitor karena terasa sempit apalagi ketika kursi depan dimundurkan. Ruang kaki dan ruang kepala masih kalah luas dari Ford Ranger. Selain itu, joknya juga tersasa sempit. Memang dalam hal akomodasi, telah menjadi masalah sejak dari pendahulunya karena potongan bulat pada bak belakang mengambil sedikit area kabin sehingga ruang kabin belakang menjadi korban.
Interior Mitsubishi All New Strada Triton
Interior Belakang Mitsubishi All New Strada Triton
Untuk memenuhi standar harga yang berbalik dengan kenyamanan, maka Mitsubishi membedakan pelapis jok untuk Triton. Pada varian HDX, joknya dilapisi bahan vinyl yang tahan lama tapi kurang nyaman, bahan fabrik untuk trim GLS dan kulit asli bagi varian tertinggi yakni Exceed.

Berbicara mengenai fitur, fitur yang disediakan untuk area kabinnya tergolong kurang lengkap. Disini dapat ditemukan adanya Dual Airbag, Immobilizer (hanya Exceed) serta LCD Multi Mode Meter yang dapat menampilkan penggunaan bahan bakar, suhu udara luar, dan juga jarak tempuh (kecuali HDX). Tak hanya itu, beberapa fitur lain yang turut dibenamkan di dalamnya antara lain AC digital climate control (kecuali HDX) dan Audio double din bagi trim Exceed. Sedangkan untuk trim GLS dan HDX hanya single din. Semuanya telah didukung olex aux-in, USB dan remote control. Khusus pada varian GLS dan Exceed diberikan fitur tambahan dimana adanya konektivitas Bluetooth, iPod dan iPhone yang memastikan perjalanan Anda menggunakan All New Triton menjadi semakin menyenangkan. Satu hal cukup disayangkan pada edisi Triton teranyar ini adalah masih digunakannya tuas konvensional untuk pergantian sistem roda penggerak (kecuali Exceed A/T yang telah mengadopsi kenop elektris). Padahal seluruh kompetitor telah mengadopsi tombol dial elektik hingga ke varian menengah sekalipun.

Kinerja dan Performa Mesin Mitsubishi All New Strada Triton
Tak hanya eksterior dan interior saja yang dibedakan untuk setiap tingkatan variannya. Pada sektor permesinan juga diberlakukan oleh Mitsubishi. Meski kesemuanya menggunakan mesin diesel dengan kode 4D56 yang sudah teruji ketangguhannya pada Mitsubishi Kuda, Mitsubishi Pajero Sport dan juga Mitsubishi L300, namun output ketiganya berbeda. Pada varian terendah yakni HDX baik double cab dan single cab, hanya mampu memuntahkan tenaga sebesar 108 HP pada putaran 4.000 RPM dan torsi 200 Nm pada rentang 1.500 hingga 3.500 RPM. Untuk trim GLS, tenaganya melonjak hingga 134 HP pada 4.000 RPM dengan torsi 324 Nm pada 2.000 RPM. Sedangkan khusus varian Exceed, tenaganya mencapai 175 HP pada 4.000 RPM dan torsi 400 Nm yang dapat dicapai pada 2.000 RPM. Sebagai info tambahan, mesin 4D56 yang dibenamkan sebagai dapur pacu All New Triton ini menggunakan konfigurasi 4 silinder segaris 16 katup DOHC dengan sistem pengabut bahan bakar Direct Diesel Injection dan semuanya didukung oleh turbo. Varian Exceed memiliki tenaga paling besar karena turbonya mengadopsi teknologi VGT (Variable Geometry Turbo)
Foto Mesin Mitsubishi All New Strada Triton
Foto Mesin Mitsubishi All New Strada Triton
Impresi dan Handling Mitsubishi Strada Triton 2016
Adanya perbedaan antara ketiga varian pastinya memberikan perbedaan dari masing-masing unit yang dicoba. Untuk itu, Topgir akan menjelaskan secara singkat bagaimana impresi dari varian Exceed bertransmisi manual yang merupakan tertinggi di Indonesia. Berada di dalam kabinnya cukup terasa aura kemewahan untuk sekelas double cabin meski masih kalah dari saudaranya yang memasuki segmen SUV yaitu Pajero Sport. Penggunaan pelapis jok berupa material kulit memberikan kenyamanan bagi siapa saja yang duduk di atasnya. Selain itu, area dashbord yang ada di dalamnya sangat identik dengan Pajero Sport sehingga ia tidak tampak sebagai mobil pekerja keras. Unsur mewah semakin bertambah dengan adanya AC dual zone digital dengan dukungan climate control dapat dipastikan mampu mendinginkan area kabin hingga ke belakang. 

Saatnya menyalakan mesin. Getaran yang terasa ke dalam kabin terbilang minim untuk sebuah mesin diesel. Ketika menggeser tuas transfer case pada mode 2H dapat dilakukan dengan mudah meskipun masih mengadopsi tuas konvensional. Namun dibalik penggunaan transfer case konvensional ini memberikan nilai lebih karena keunggulannya dapat digunakan hingga medan offroad ekstrim tanpa takut terjadi malfungsi elektronis layaknya transfer case digital. 

Menekan pedal gas, tendangan torsi cukup terasa. Sebagaimana karakter mesin diesel yang torsi puncaknya dapat diraih pada putaran mesin rendah. Melaju hingga kecepatan tinggi, gejala body roll khas truk pickup hampir tidak terasa. Hal ini dikarenakan bantingan suspensi keluarga Triton sejak pendahulunya hadir memang terkenal lembut. Tapi pastinya berdampak buruk pada handling ketika memasuki sudut tikungan karena mudah limbung. Meski begitu, bantingannya ini tidak mengurangi karakternya sebagai mobil utilitas yang dapat digunakan ke medan berat. Untuk konsumsi bahan bakarnya, masih berada dalam batas wajar bahkan bisa dikatakan irit. Ia mampu mencatatkan rekor 9 km/L untuk kondisi jalan perkotaan dan 13 km/L untuk jalan bebas hambatan.

Spesifikasi Mitsubishi All New Strada Triton
  • Mesin : Turbodiesel 4D56 Direct Diesel Injection.
  • Konfigurasi : 4 silinder segaris 16 katup DOHC.
  • Tenaga : 108 HP @4.000 RPM (HDX) ; 134 HP @4.000 RPM (GLS) ; 175 HP @4.000 RPM (Exceed).
  • Torsi : 200 Nm @1.500-3.500 RPM (HDX) ; 324 Nm @2.000 RPM (GLS) ; 400 Nm @2.000 RPM (Exceed).
  • Bore x stroke : 91.1 mm x 95 mm.
  • Rasio kompresi : 17:1 (HDX dan GLS) ; 16.5:1 (Exceed).
  • Konsumsi BBM : 7-9 km/L (dalam kota) ; 10-13 km/L (luar kota).
  • Transmisi : Manual 5 percepatan dan Matic 5 percepatan (hanya Exceed).
  • Suspensi : Depan Independent Double Wishbone, belakang per daun.
  • Rival : All New Toyota Hilux, All New Ford Ranger T6, Chevrolet Colorado, All New Isuzu D-Max, Mazda BT-50 Pro dan All New Nissan Navara NP300. 
  • Tahun Penjualan : 2015 - sekarang.

Harga Mitsubishi All New Strada Triton
  • Mitsubishi Strada Triton HDX Single Cabin : Rp 292 juta.
  • Mitsubishi Strada Triton HDX Double Cabin : Rp 348 juta.
  • Mitsubishi Strada Triton GLS  : Rp 371.5 juta.
  • Mitsubishi Strada Triton Exceed M/T : Rp 392 juta.
  • Mitsubishi Strada Triton Exceed A/T : Rp 406 juta.

Kelebihan Mitsubishi All New Strada Triton
  • Image Mitsubishi sudah sangat terkenal.
  • Banyak varian.
  • Tampang modern dan dinamis.
  • Jaringan 3S cukup memadai hingga kota kecil.
  • Harga jual kembali bertahan.

Kekurangan Mitsubishi All New Strada Triton
  • Harga mahal.
  • Versi mesin baru tidak hadir di Indonesia.
  • Transmisi masih 5 percepatan.
  • Penggantian roda penggerak masih berupa tuas konvensional (kecuali Exceed A/T).
  • Daya angkut rendah, maksimal 3.1 ton.
  • Fitur masih kalah lengkap dari beberapa kompetitor.
  • Kabin sempit.

Demikian ulasan lengkap mengenai review spesifikasi, harga, serta keunggulan dan kelemahan Mitsubishi All New Strada Triton 2016. Bagi Anda yang memiliki uang lebih sangat disarankan untuk memilih varian Exceed, tapi jika budget pas-pasan, varian GLS adalah pilihan sebagai alternatif paling baik karena kelengkapan kabinnya tidak terlalu jauh berbeda dengan Exceed. Semoga membantu. Baca juga :