Kelebihan dan Kekurangan Mazda BT-50

Kelebihan dan Kekurangan Mazda BT-50

Ulasan Spesifikasi dan Harga Mazda BT-50 - Mazda, salah satu perusahaan roda empat asal Jepang yang reputasinya terkesan redup ini pernah memasuki segmen double cabin dan truk ringan melalui produknya yang dinamakan Mazda BT-50. Mazda BT-50 sendiri merupakan cikal bakal munculnya Ford Ranger Gen2 yang selanjutnya melahirkan sebuah SUV bernama Ford Everest (Gen2). Untuk urusan desain, Mazda memegang peran utama sedangkan untuk bagian dapur pacu, dipercayakan kepada Ford. Maka tak heran, jika Mazda BT-50 juga menggunakan basis mesin sama persis layaknya Ford Ranger.

Mazda BT-50 pertama kali diperkenalkan pada tanggal 22 Maret 2006 pada acara Bangkok Motor Show yang berlangsung di Thailand. Kehadirannya berfungsi untuk melanjutkan penjualan dari Mazda B-Series yang sebelumnya tidak hadir di Indonesia. Sedangkan kiprahnya di Indonesia dimulai pada tahun 2007, bersamaan dengan hadirnya Ford Ranger Gen2. 

Penjualan Mazda BT-50 di pasar lokal mudah ditebak dan cenderung lesu. Maklum saja, orang Indonesia memang brand minded sehingga mobil ini kalah saing bahkan dari saudara kembarnya sendiri. Apalagi kehadirannya menjadi kompetitor dari Mitsubishi Strada L200 yang notabene raja di kelas pasar double cabin saat itu. Ketika memasuki tahun 2008 hingga peralihan 2009, Mazda BT-50 kedatangan pesaing baru yakni Mitsubishi Strada Triton, Toyota Hilux, Nissan Navara, dan juga Isuzu D-Max. Sejak saat itu, reputasi mobil ini semakin menurun sebelum terdongkrak kembali ketika Mazda mengumumkan penerusnya yakni All New Mazda BT-50 Pro dengan penyempurnaan di segala sektor.

Eksterior Mazda BT-50
Jika dibandingkan dengan Ford Ranger, tampilan luar Mazda BT-50 terkesan lebih stylish dan kalem. Hal ini tercermin dari penggunaan headlamp dengan desain ujung melengkung. Bentuk headlamp yang membulat ini turut berpengaruh pada desain bonnet depan sehingga lekukannya lebih landai dan jauh dari kesan mengkotak. Ditambah lagi dengan adanya sedikit lengkungan pada bagian bawah grill yang membuatnya kian tampak manis.
Eksterior Mazda BT-50
Eksterior Depan Mazda BT-50
Baralih ke bagian samping. Disinilah satu-satunya desain mengkotak yang melekat pada Mazda BT-50. Potongan garis body pembatas antara kabin dan bak belakang desainnya lurus dan terkesan kaku. Tampang stylish seakan hancur pada bagian ini. Tapi baiknya, desain body ini secara keseluruhan diperbaiki ketika hadirnya All New Mazda BT-50.
Eksterior Mazda BT-50 Samping
Eksterior Samping Mazda BT-50
Pada area belakang, tampilan eksterior Mazda BT-50 tampak persis dengan Ford Ranger. Tapi jika diteliti lebih lanjut, terdapat sedikit perbedaan selain dari skema warna stoplamp. Perbedaan tesebut ada pada posisi stoplamp atau lampu belakang, dimana lekukan stoplamp BT-50 berada di bagian bawah sedangkan pada Ford Ranger berada pada bagian atas. Untuk ukuran bak belakang, tidak berbeda dengan saudaranya.
Eksterior Mazda BT-50 Belakang
Eksterior Belakang Mazda BT-50
Interior Mazda BT-50
Merujuk ke bagian interior, seluruh area mulai dashboard hingga laci penyimpanan bentuknya mirip dengan Ford Ranger. Seluruh kontrol berada di area tengah dashboard dan mudah digapai oleh driver meski sedang mengemudi sehingga tidak mengganggu konsentrasi. Sebuah head unit juga hadir sebagai fitur standar yang sayangnya belum stereo dan output speaker terdengar biasa saja.
Interior Mazda BT-50
Interior Mazda BT-50
Untuk Mazda BT-50 yang hadir ke pasar Indonesia, semuanya mengadopsi skema interior gelap. Sedangkan pada bagian sekeliling pusat kontrol, diberi ornamen silver sehingga mendongkrak sedikit penampilan interiornya agar tidak tampak terlalu monoton. Tepat pada bagian atas dashboard, terdapat sebuah burger tray yang dapat digunakan untuk menaruh makanan ketika Anda beristirahat dalam perjalanan. Tak lupa pula, sepasang cupholder dijadikan sebagai fitur penunjang di seluruh varian sehingga Anda tidak akan kerepotan membawa minuman ke dalam kabin.

Kinerja dan Performa Mesin Mazda BT-50
Pada bagian permesinan, Mazda mempercayakan mesin MZ-DE 2.5 liter turbodiesel dengan intercooler dan direct injection yang mampu menghasilkan daya maksimum hingga 109 HP pada 3.500 RPM dan torsi puncak 257 Nm pada 2.000 RPM. Tenaga dan torsinya terbilang cukup kecil jika dibandingkan para kompetitor. Diperparah dengan teknologi injeksinya yang masih menganut sistem mekanikal. Tapi dibalik hal tersebut, memberikan dampak positif karena mesinnya ini masih sanggup menenggak solar busuk sehingga sangat aman digunakan di daerah pelosok yang masih minim akan ketersediaan bahan bakar diesel berkualitas tinggi.
Foto Mesin Mazda BT-50
Foto Mesin Mazda BT-50
Impresi dan Handling Mazda BT-50
Saatnya memasuki sesi yang paling banyak ditanyakan. Bagaimana rasanya duduk di kursi supir dan mengendarai sebuah double cabin rasa Amerika yang berasal dari Jepang? Jawabannya adalah sama persis seperti Ford Ranger. Bantingannya cukup keras dan handlingnya kurang enak jika digunakan sebagai kendaraan harian, karena mobil double cabin memang spesifikasinya dibuat berdasarkan kriteria pekerja keras yang hanya cocok digunakan pada medan berat. Contohnya adalah pekerbunan atau pertambangan. Maka tidak heran jika banyak unit Mazda BT-50 yang dijual di pasar lokal merupakan berasal Kalimantan. Karena ketika memasuki masa peremajaan, seluruh armada dengan masa penggunaan di atas lima tahun atau lebih akan dilengserkan dengan produk yang baru.

Spesifikasi Mazda BT-50
  • Mesin : MZ-DE 2.5 turbodiesel.
  • Konfigurasi : 4 silinder 12 katup SOHC.
  • Tenaga : 109 @3.500 RPM.
  • Torsi : 257 Nm @2.000 RPM.
  • Bore x stroke : 93 mm x 92 mm.
  • Rasio kompresi : -
  • Konsumsi BBM : 6-8 km/L (dalam kota) ; 9-12 km/L (luar kota). 
  • Transmisi : Manual 5 percepatan.
  • Suspensi : Independent Double Wishbone. belakang per daun.
  • Rival : Ford Ranger Gen2, Mitsubishi Strada L200, Mitsubishi Strada Triton, Toyota Hilux, Nissan Navara, dan Isuzu D-Max
  • Tahun Penjualan : 2007 - 2012.

Harga Mazda BT-50
  • Tahun 2007 : 85 juta.
  • Tahun 2008 : 95 juta.
  • Tahun 2009 : 105 juta.
  • Tahun 2010 : 115 juta.
  • Tahun 2011 : 125 juta.
  • Tahun 2012 : 135 juta.

Kelebihan Mazda BT-50
  • Pajak paling murah dari jajaran double cabin.
  • Mesin responsif.
  • Mesin bandel dan halus.
  • Manuver lincah.
  • Kabin tidak mudah kotor karena menggunakan skema warna gelap.

Kekurangan Mazda BT-50
  • Merk Mazda.
  • Sparepart mahal dan kabarnya terbatas.
  • Sistem pengabutan bahan bakar hanya sebatas injeksi mekanikal.
  • Bantingan keras ketika melalui jalan bergelombang.
  • Rem cepat panas.
  • Belum ada power window kecuali pada varian mid dan high grade.

Demikian ulasan lengkap mengenai review spesifikasi, harga, serta keunggulan dan kelemahan Mazda BT-50. Intinya, mobil ini adalah pekerja keras yang paling cocok digunakan bagi Anda yang membutuhkan double cabin untuk memulai bisnis. Namun jika terpaksa meminang unit eks armada perusahaan, pastikan semua dokumennya jelas dan kinerja mesin masih dalam kondisi fit. Baca juga :