Kelebihan dan Kekurangan All New Mazda BT-50 Pro

Kelebihan dan Kekurangan All New Mazda BT-50 Pro

Ulasan Spesifikasi dan Harga Mazda BT-50 Pro - Penjualan produk Mazda akhir-akhir bisa dikatakan cukup berkembang. Penjualan terbanyak disumbang oleh Mazda 2 dan dilanjutkan oleh Mazda BT-50 yang merupakan generasi sebelumnya dari double cabin yang akan diulas kali ini. Ketika memasuki tahun 2012 hingga 2013, Mazda semakin gencar meluncurkan beberapa produk terbarunya agar dapat bersaing sehingga mampu memikat hati para calon konsumen. Hal ini pastinya menjadi awal yang baik, karena nama Mazda di Indonesia masih tergolong baru meskipun beberapa produk lamanya pernah hadir di Indonesia ketika era 90-an.

Kembali ke topik, All New Mazda BT-50 Pro merupakan andalan baru Mazda dalam segmen pickup atau double cabin. Tujuannya kurang lebih sama dengan pendahulunya, lebih menyasar konsumen industri yang mengidamkan sebuah mobil utilitas dengan performa tangguh. Namun ada yang berbeda pada kali ini, Mazda seakan mencoba berinovasi pada sektor eksterior dan interior BT-50 Pro agar tampilannya lebih diterima masyarakat luas melalui desain yang dinamis dan tampil beda dibandingkan para kompetitornya.

Sosok All New Mazda BT-50 Pro sendiri pertama kali diperkenalkan pada pertengahan Oktober 2010 di ajang Australian International Motor Show. Pada saat yang sama, PT Mazda Motor Indonesia (MMI) selaku ATPM memang sedang mencanangkan untuk menghadirkan mobil ini ke pasar lokal. Tepat pada bulan Juli 2012, akhirnya kehadiran Mazda BT-50 Pro direalisasikan dan baru dijual setahun kemudian. Basis yang digunakan masih sama dengan Ford Ranger, namun perbedaannya cukup signifikan. Sehingga ketika dilihat sekilas, keduanya tampak berbeda dan tidak ada unsur kemiripan kecuali dari dimensinya.

Ketika pertama kali dikenalkan, Mazda BT-50 hadir melalui tiga varian, yakni single cabin, double cabin low, double cabin mid, dan juga double cabin high. Perbedaan pada setiap kategori hanya ada pada fitur interior dan kelengkapan penunjang, kecuali pada tipe high karena tenaganya lebih besar. Ketika memasuki masa facelift tepatnya pada pertengahan 2016, pilihan varian high tidak lagi dijual. Hal ini diketahui dari website resmi Mazda yang tak lagi menyediakan keterangan mengenai varian high. Di segmen double cabin dan truk ringan, All New Mazda BT-50 Pro menjadi saingan bagi Mitsubishi Strada Triton, Toyota Hilux, Nissan Frontier Navara, Isuzu D-Max, Chevrolet Colorado, sekaligus kembarannya sendiri yaitu Ford Ranger Wildtrak. Sedangkan untuk varian faceliftnya melawan beberapa generasi baru alias penerus dari beberapa kandidat di atas seperti Mitsubishi All New Triton yang menjadi leader market pada 2015 hingga 2016, Nissan Navara NP300, All New Isuzu D-Max, dan All New Toyota Hilux.

Eksterior All New Mazda BT-50 Pro
Dengan mengusung tema double cabin gagah yang dibalut oleh desain dinamis, maka dari itu Mazda menggunakan desain yang banyak lekukan dan jauh dari kesan mengkotak. Untuk bagian depannya, Mazda mengunakan kata Boomerang design guna mendeskripsikan penggunaan headlamp dengan sudut tajam. Karakter yang cukup kuat muncul dari tampilannya karena didukung oleh grill yang berukuran cukup besar. Sehingga asupan udara untuk ruang mesin menjadi lebih maksimal. Tak hanya itu, Mazda juga membekali sepasang foglamp yang berfungsi menembus kabut. Tapi fitur ini hanya untuk varian mid dan high saja.
Eksterior Mazda BT-50 Pro
Eksterior Depan Mazda BT-50 Pro
Berikut adalah contoh bagian depan dari Mazda BT-50 Pro facelift. Warna di sekeliling headlamp menggunakan skema warna gelap alias smoke. Disini, kesan sangar tampak lebih melekat dan pastinya sangat jauh berbeda dari varian sebelum facelift yang kesannya terlalu maskulin karena dikelilingi warna oranye pada area lampu sein. Perubahan lain untuk bagian ini adalah model grill dengan aksen gloss atau mengkilap serta dikelilingi oleh chrome.
Eksterior Mazda BT-50 Pro Facelift
Eksterior Depan Mazda BT-50 Pro Facelift
Melangkah ke area samping, kesan gagah semakin bertambah berkat ketinggian ground clearance nya dan juga ditunjang oleh penggunaan velg berukuran R16 pada varian mid dan R17 pada varian high. Khusus pada varian low dan juga single cab masih mengandalkan velg baja tanpa dop karena peruntukannya lebih ditujukan sebagai kendaraan komersial.
Eksterior Mazda BT-50 Pro
Eksterior Samping Mazda BT-50 Pro
Pada area belakang, Mazda BT-50 Pro juga memiliki ciri khas. Ciri khas ini ada pada desain lampu belakang karena bentuknya yang memang sangat futuristis. Bisa dikatakan, sekilias hampir menyerupai stoplamp sebuah SUV. Meski terkesan modern, tapi sebagian orang kurang suka karena image gagah sebuah double cabin yang lekat dengan image tangguh seakan rusak pada bagian ini.
Eksterior Mazda BT-50 Pro
Eksterior Belakang Mazda BT-50 Pro
Ketika memasuki masa facelift, Mazda juga turut memberikan sedikit sentuhan pada area lampu belakang BT-50 Pro. Perbedaannya hanya sebatas pada skema warna stoplamp yang lebih kontras dengan dikelilingi bingkai smoke. Selebihnya? Tidak ada.
Eksterior Mazda BT-50 Pro Facelift
Eksterior Belakang Mazda BT-50 Pro Facelift
Interior All New Mazda BT-50 Pro
Kini saatnya beranjak ke dalam kabin. Terdapat hal yang cukup menarik disini. Meski dibangun dengan basis yang sama dengan Ford Ranger Wildtrak, namun interior keduanya benar-benar berbeda. Sama sekali tidak ada yang sama seperti apa yang telah terjadi pada generasi pendahulunya. Kesan awal ketika melihat bentuk dashboard Mazda BT-50 Pro, memang tampak kurang mewah dibandingkan Ford Ranger. Tapi jika berbicara mengenai fitur, Mazda adalah jawaranya karena ia dibekali fitur yang sangat lengkap dari seluruh model yang berada dalam segmen double cabin. Maka tak heran jika patokan harga untuk sebuah Mazda BT-50 Pro varian High memiliki selisih hingga 20 jutaan dari rivalnya.

Beberapa fitur atau kelengkapan yang hadir untuk varian High Grade antara lain headunit yang mampu memutar semua format audio dan juga dapat menghubungkannya dengan smartphone melalui kabel aux dan juga Bluetooth. Tak lupa juga, beberapa fitur lainnya yaitu cruise control, audio steering control, MID dengan layar monokrom 3,5 inch super-twisted nematic display, AC Climate Control, sensor lampu dan juga Voice Command. Penggunaan voice command pada mobil ini juga sangat mudah, karena responsif dalam mengenali suara perintah dengan sangat detail. Keluaran suara yang mampu diproduksi oleh 6 speaker yang ditanam di seluruh titik pintunya juga patut diacungi jempol.
Interior Mazda BT-50 Pro
Interior Mazda BT-50 Pro
Dimensi eksterior yang jumbo juga memberikan pengaruh positif terhadap ruang kabin. Alhasil, mobil ini memiliki headroom dan legroom yang cukup lega hingga ke baris belakang. Untuk row kedua, dapat diisi hingga 3 penumpang tanpa berdesakan. Dengan begitu, Mazda BT-50 Pro bisa dikatakan mampu menjawab segala kebutuhan Anda yang memprioritaskan kenyamanan kabin dalam sebuah mobil utilitas dengan kemampuan jelajah tinggi.

Kinerja dan Performa Mesin All New Mazda BT-50 Pro
Untuk sektor dapur pacu, Mazda mempercayakan satu pilihan mesin turbodiesel berkapasitas 2.2 liter dengan konfigurasi 4 silinder inline 16 katup DOHC dan telah menerapkan sistem common-rail direct injection tak sama seperti pendahulunya yang hanya sebatas mechanical fuel injection. Pada seluruh varian kecuali high grade, output tenaga mesinnya berkisar di angka 118 HP pada putaran mesin 3.700 RPM dan torsi puncak 285 Nm pada 1.500 hingga 2.700 RPM.
Foto Mesin Mazda BT-50 Pro
Foto Mesin Mazda BT-50 Pro
Sedangkan khusus varian High Grade atau High Power, outputnya jauh lebih besar, yakni 150 HP pada 3.700 RPM dan torsi puncak 374 Nm pada 2.500 RPM. Output keduanya berbeda karena pada varian high ini mengadopsi teknologi VNT (Variable Nozzle Turbocharger) seperti yang diterapkan pada Toyota Fortuner VNT atau Mitsubishi Pajero Sport Dakar. Sedangkan teknologi yang diterapkan pada varian lain berupa FGT (Fixed-Geometry Turbocharger). Jika dilihat dari foto, tak ada perbedaan berarti karena hanya berbeda pada teknologinya saja.

Impresi dan Handling All New Mazda BT-50 Pro
Berbicara mengenai impresi, tak ada yang harus diunggulkan dari sebuah double cabin yang merupakan basis dari sebuah pickup. Suspensinya keras, terlebih karena penggunaan per daun untuk bagian belakang. Masih kalah jauh dari kenyamanan SUV. Maklum saja, tujuan awal pemasaran double cabin memang bukan mengincar kaum urban, melainkan sebagai pekerja keras khas perkebunan atau industri pertambangan. Namun hal ini pastinya bukan masalah jika Anda memang maniak hobi offroad atau sering blusukan ke daerah pinggiran yang menuntut mobil tangguh dengan jangkauan tak terbatas.

Untuk segi handling, varian high grade menjadi kunci atas segala kebutuhan. Semua fitur-fitur penunjang yang biasa digunakan untuk melahap trek berat hadir di mobil ini. Antara lain rem ABS di seluruh roda, adanya traction control, DSC atau Dynamic Stability Control, Electric Brake Assist, serta Hill Launch Assist, Hill Descent Control (hanya 4WD). Dan fitur terpenting dan wajib ada pada double cabin keluaran 2010 ke atas adalah kemampuan shift-on-the-fly sehingga ketika memindahkan tuas roda penggerak dari 4x2 menjadi 4x4 dapat digunakan selagi mobil melaju pada kecepatan rendah.

Spesifikasi All New Mazda BT-50 Pro
  • Mesin : MZ-CD 2.2 liter turbodiesel.
  • Konfigurasi : 4 silinder 16 katup DOHC common-rail direct injection.
  • Tenaga : 150 HP @3.700 RPM (high).
  • Torsi : 374 Nm @2.500 RPM (high).
  • Bore x stroke : -
  • Rasio kompresi : 15.5:1.
  • Konsumsi BBM : 
  • Transmisi : Manual 5 percepatan 
  • Suspensi : Independent Double Wishbone. belakang per daun.
  • Rival : Mitsubishi Strada Triton, Toyota Hilux, Nissan Frontier Navara, Isuzu D-Max, Chevrolet Colorado, dan Ford Ranger Wildtrak.
  • Tahun Penjualan : 2013 - sekarang.

Harga Bekas All New Mazda BT-50 Pro
  • Tahun 2013 : 275 juta.
  • Tahun 2014 : 300 juta.
  • Tahun 2015 : 325 juta.
  • Tahun 2016 : 350 juta.

Kelebihan All New Mazda BT-50 Pro
  • Model futuristis.
  • Fitur sangat lengkap.
  • Harga sepadan dengan fitur yang ditawarkan.
  • Tangguh melibas medan berat.
  • Getaran mesin cukup minim.

Kekurangan All New Mazda BT-50 Pro
  • Image Mazda belum terlalu bagus di Indonesia.
  • Harga baru sangat mahal.
  • Jaringan aftersales masih terbatas.
  • Harga sparepart mahal dan langka.
  • Depresisasi harga tertinggi di kelasnya.

Demikian ulasan lengkap mengenai review spesifikasi, harga, serta keunggulan dan kelemahan Mazda BT-50 Pro. Mobil yang pernah menyabet penghargaan Auto Bild Award 2013 sebagai jawara dalam segmen double cabin ini intinya memiliki segudang fitur yang ditunjang oleh mesin bertenaga. Maka tak heran jika Double Cabin ini juga banyak berkeliaran di kota besar meski bukan berada dalam habitat aslinya yang biasa dijadikan sebagai pekerja keras. Semoga membantu, baca juga :