Kelebihan dan Kekurangan Mazda 8

Kelebihan dan Kekurangan Mazda 8

Ulasan Spesifikasi dan Harga Mazda 8 - Berbicara mengenai segmen pasar MPV di Indonesia memang selalu menarik untuk dibahas. Karena ini adalah salah satu segmen paling gemuk di tanah air, mulai dari pasar low, medium dan juga high end. Untuk itu, Mazda tak ingin ketinggalan untuk memasarkan produknya di Indonesia. Ia masuk dalam dua pasar sekaligus, yakni melalui Mazda Biante di medium MPV dan juga Mazda 8 sebagai pesaing baru dalam segmen high end MPV. Sebagai pendatang baru, Mazda mengemban tugas yang sangat berat karena para calon konsumen dalam segmen ini cukup teliti sebelum membeli MPV mewah. Mulai dari menilik spesifikasi mesin, interior hingga fitur canggih yang dipaketkan di dalamnya.

Sedikit informasi mengenai keberadaan Mazda 8 di Indonesia. Mobil ini dikenalkan oleh PT Mazda Motor Indonesia (MMI) pada pergelaran Indonesia International Motor Show 2011 silam. Masuk ke pasar lokal secara CBU atau unit utuh yang berasal dari Jepang. Di negeri asalnya, sebenarnya mobil ini telah dijual dari tahun 2006. Anehnya, ia masih dijual hingga sekarang tanpa peningkatan yang terlalu signifikan antara versi facelift dan prefacelift. 

Di Indonesia, Mazda 8 hadir menggunakan mesin 2.3 liter 4 silinder segaris. Keberadaanya seakan membuat segmen baru yang lebih terperinci. Pasalnya, mobil ini terlalu kecil untuk masuk ke dalam segmen big MPV yang diisi oleh Toyota Alphard, Nissan Elgrand, Hyundai H-1 Royale, dan juga Honda Elysion. Karena konfigurasi bodynya yang masih masuk dalam kategori minivan, maka Mazda 8 lebih cocok disandingkan dengan minivan seperti Toyota Previa dan Honda Odyssey

Exterior Mazda 8
Untuk tampang luarnya, memang harus diakui eksterior Mazda 8 masuk dalam kategori paling enak dipandang hingga sekarang. Bagian depannya cukup sederhana, minim garis-garis tajam atau sentuhan modern sehingga tampak sangat elegan. Meski elegan, namun desain sporty khas Mazda masih tetap dipertahankan, seperti penggunaan lampu depan berbentuk runcing dengan bohlam HID dan projector, grill horizontal yang diberikan sentuhan krom dengan logo Mazda ditengah, serta lekukan lembut di bumper dengan penambahan sepasang foglamp yang juga dikelilingi aksen krom.
Exterior Mazda 8
Exterior Mazda 8
Sama halnya dengan bagian depan, bagian samping dari Mazda 8 juga tampak sederhana dengan minim garis tajam. Bentuknya sangat ideal untuk sebuah minivan. Panjang, tidak terlalu tinggi dan juga dibekali pintu geser. Penggunaan pintu geser sebagai memberikan nilai positif karena selain akses keluar masuk penumpang menjadi mudah, pintu geser juga tidak memakan banyak tempat ketika dibuka. Sehingga tetap aman disaat mobil berhenti di parkiran sempit sekalipun. 
Exterior Mazda 8
Exterior Samping Mazda 8
Dalam hal styling khususnya area belakang, kebanyakan produk Mazda menggunakan desain yang sama. Maka tak heran jika paras belakangnya akan mengingatkan kita kepada Mazda 6 yang masuk dalam kategori sedan premium dan juga Mazda RX-8 dalam kategori sedan sport. Disini, desain sporty cukup tersirat dari penggunaan dual exhaust dan dual reflector tepat di atas knalpot.
Exterior Mazda 8
Exterior Belakang Mazda 8
Interior Mazda 8
Masuk ke dalam kabinnya, Anda akan disambut oleh kesan elegan karena setiap area interior mulai dari desain dashboard, kursi hingga pernak-pernik lainnya terkesan jauh dari kata modern. Bahkan ia masih kalah dalam fitur terkini seperti minus switch steering control sehingga pengemudi terpaksa mengatur volume atau trek musik langsung melalui head unit. Meski begitu, ia tidak ketinggalan dengan AC climate control independent yang dapat diatur di setiap barisnya, dual airbag, head unit dengan LCD yang sekaligus berfungsi sebagai monitor kamera mundur dan juga GPS. Tak lupa pula, ia juga telah dilengkapi oleh panel instrumen 3D futuristik yang berguna untuk menampilkan tripmeter, odometer dan speedometer dengan tampilan memukau.
Interior Mazda 8
Interior Mazda 8
Memiliki ukuran yang bongsor pastinya akan memberikan ruang kabin yang maksimal. Yap, ini merupakan salah satu kewajiban suatu pabrikan dalam hal mendesain setiap produknya yang akan berperang dalam segmen MPV. Namun ada sedikit perbedaan dengan minivan, karena desain bodynya yang cenderung lebih rendah sehingga ruang kepala yang tersedia di dalam kabin tidak sebesar high end MPV. Hal ini juga berlaku pada Mazda 8. Beberapa hal yang cukup menarik untuk dibahas dari interior Mazda 8 ini adalah adanya sunroof, kompartemen dan cupholder yang cukup banyak, hingga kursi yang seluruhnya dibalut kulit, serta menggunakan arm rest. Khusus baris kedua, diusung dengan Super Relax Seat yang dapat diatur secara elektrik hingga 8 cara. Kenyamanan semakin bertambah dengan adanya headrest berukuran besar dan juga tempat istirahat kaki . Sebenarnya, Mazda 8 hanya mampu menampung hingga 7 penumpang karena bagian tengahnya mengadopsi jenis captain seat, sehingga mengakses baris ketiga menjadi lebih mudah. Kemudahan ini juga dibantu oleh adanya sepasang sliding door yang dapat dibuka melalui remote atau tombol di dekat pengemudi, dengan penambahan fitur jam safe mechanisme untuk mencegah anggota tubuh terjepit saat pintu ditutup. 
Interior Mazda 8
Interior Mazda 8
Kursi baris belakang dapat dilipat dengan rasio 60:40 untuk memaksimalkan ruang bagasi. Dapat diatur secara manual dan mengembalikan ke posisi semula hanya dengan menggunakan tombol di area belakang.
Interior Mazda 8
Interior Mazda 8
Performa dan Kinerja Mesin Mazda 8 
Pada sektor dapur pacu, Mazda mempercayakan mesin MZR berkapasitas 2.3 liter. Mesin dengan konfigurasi 4 silinder segaris 16 katup DOHC ini telah dibekali oleh terknologi Sequential valve timing (A-VT), variable intake system (VIS) dan juga teknologi electronic throttle control (ETC) guna memaksimalkan proses pembakaran BBM sekaligus menekan konsumsi BBM agar tetap irit. Tenaga yang mampu dihasilkan yakni sebesar 162 HP pada putaran 6.500 RPM dan torsi puncak 203 Nm pada 3.500 RPM. Meski mesin ini hanya mengandalkan rasio kompresi 9.7:1, tapi pabrikan menyarankan setiap pemilik untuk menghindari penggunaan bensin dengan oktan 92 ke atas guna menghindari terjadinya penumpukan kerak pada ruang pembakaran yang sewaktu-waktu dapat membuat kinerja mesin melemah.
Foto Mesin Mazda 8
Foto Mesin Mazda 8 
Impresi dan Handling Mazda 8
Mengemudikan sebuah MPV bongsor memang terkesan jauh lebih ribet dari mobil lainnya yang berukuran lebih ringkas. Bagi Anda yang biasa mobil sekelas MPV kompak atau sedan, harus lebih berhati-hati lantaran dibutuhkan kejelian setiap kali ingin menyalip atau berakselerasi di jalan mendaki. Apalagi mobil ini tenaganya tergolong berat dan hanya disokong dengan tenaga yang pas-pasan. Hal ini diperparah lagi oleh besarnya radius putar, benar-benar menyulitkan ketika akan melakukan U-turn.

Namun kabar baiknya, kekurangan dari beberapa hal diatas tertutupi oleh pengendaliannya yang mendekati sempurna. Sebab, mobil ini dibekali oleh suspensi depan dan belakang yang mampu meredam permukaan jalan kurang rata dengan cukup baik tanpa mengorbankan handling. Bermanuver tajam di tikungan pun bukan menjadi masalah karena gejala body roll dapat diredam dengan apik. 

Untuk fitur keselamatan, Mazda 8 telah dilengkapi oleh 6 titik airbag, masing-masing 2 di depan, 2 di samping, dan 2 lagi di pilar A. Ia juga dibekali oleh peranti keselamatan elektronik tambahan seperti Brake Assist (BA), Electronic Stability Progam (ESP) dan Anti-lock Brake system (ABS) guna menghindari roda terkunci ketika melakukan penggereman keras secara mendadak. 

Spesifikasi Mazda 8
  • Mesin : MZR 2.3 Liter
  • Konfigurasi : 4 silinder segaris 16 katup DOHC
  • Tenaga : 162 HP @6.500 RPM.
  • Torsi : 203 Nm @3.500 RPM.
  • Bore x stroke : 87.5 mm x 94 mm.
  • Rasio kompresi : 9.7:1.
  • Konsumsi BBM : 7-8 km/L (dalam kota) ; 9-12 km/L (luar kota).
  • Transmisi : Otomatis 5 percepatan dengan mode manual.
  • Suspensi : Depan MacPherson Strut indenpendent, belakang multilink independent.
  • Rival : Toyota Previa dan Honda Odyssey
  • Tahun Penjualan : 2011 - sekarang.

Harga Mazda 8 Bekas
  • Tahun 2011 : 210 juta.
  • Tahun 2012 : 230 juta.
  • Tahun 2013 : 260 juta.
  • Tahun 2014 : 300 juta.
  • Tahun 2015 : 340 juta.
  • Tahun 2016 : 390 juta.

Kelebihan Mazda 8
  • Value for money.
  • Desain eksterior enak dipandang.
  • Kabin dan bagasi luas.
  • Kursi nyaman dengan captain seat.
  • Ada sunroof dan pintu geser elektrik.
  • Fitur cukup lengkap meski ada beberapa yang kurang.
  • Handling memuaskan.

Kekurangan Mazda 8
  • Image Mazda kurang terkenal.
  • Jaringan servis masih terbatas.
  • Tenaga kurang optimal.
  • Radius putar terlalu besar.
  • Akselerasi lamban.
  • Minus paddle shift, cruise control, dan tombol audio setir.
  • Harga jual kembali sangat jatuh.

Demikian ulasan lengkap mengenai review spesifikasi, harga, serta keunggulan dan kelemahan Mazda 8. Intinya, mobil ini sangat cocok bagi Anda yang sudah berkeluarga dengan karakter mengemudi non-agresif dan lebih mementingkan kenyamanan penumpang namun memiliki budget terbatas. Baca juga :