Kelebihan dan Kekurangan All New Isuzu D-Max

Kelebihan dan Kekurangan All New Isuzu D-Max

Ulasan Spesifikasi dan Harga Isuzu D-Max Gen2 - Mendengar kata Isuzu pasti semua orang akan teringat akan sosok Panther. Memang iya, nama Isuzu begitu dikenal sejak Panther hadir sejak era 90-an. Tagline "rajanya diesel" benar-benar terbuktikan karena ketangguhan dan keiritan Panther yang sangat sulit untuk dilawan. Satu-satunya jenis lain yang dijual saat itu selain Panther adalah Isuzu Elf yang masuk dalam segmen truk dan juga banyak dijadikan sebagai bus oleh beberapa karoseri. Setelah lama tidak menelurkan produk baru, akhirnya Isuzu mencoba untuk memasuki segmen pickup dan Double Cabin melalui produk Isuzu D-Max yang dirilis pada tahun 2002 dan dijual hingga tahun 2012 dengan facelift sebanyak tiga kali.

Memasuki tahun 2013, Isuzu kembali berinovasi dengan meluncurkan Isuzu D-Max terbaru dengan perubahan total di segala sektor. Pertama kali dikenalkan kepada publik ketika digelarnya acara Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013. Dalam hal produksi, ia menggunakan basis yang sama dengan Chevrolet Colorado namun diberi sedikit perbedaan. Hal ini juga berlaku antara produk SUV kedua pabrikan yaitu Isuzu MU-X dan Chevrolet Trailblazer. Karena SUV tersebut dibangun berdasarkan basis dari pickup dengan perbaikan di sektor kaki-kaki agar nyaman digunakan sebagai kendaraan perkotaan. 

Kembali ke topik. Isuzu All New D-Max yang diulas ini adalah generasi kedua dari keluarga D-Max. Sejak pertama kali dijual di pasar lokal, pilihan varian yang tersedia antara lain single cabin 2.500 cc, double cabin extra 2.500 cc dan 3.000 cc, serta Rodeo LS yang bermesin 3.000 cc. Melalui ajang IIMS 2016, Isuzu kembali menjual versi teranyar yang sebelumnya telah dikenalkan oleh PT Isuzu Astra Motor Indonesia dengan nama Isuzu D-Max VGS yang memiliki output tenaga dan torsi lebih besar (khusus 2.5 liter). 

Bermain di segmen pickup dan double cabin, lantas penjualanannya lebih menyasar kepada kaum pebisnis atau perusahaan perkembangan dan perkebunan yang membutuhkan calon pekerja kasar. Di segmen yang sama, All New Isuzu D-Max akan menjadi petarung bagi Mazda BT-50 Pro, Ford Ranger T6, All New Toyota Hilux, Mitsubishi All New Triton, Nissan Navara NP300 serta saudaranya sendiri, Chevrolet Colorado.

Eksterior All New Isuzu D-Max
Pada bagian luarnya, Isuzu D-Max terbaru mengusung tampilan yang cenderung agresif tanpa mengurangi kesan dinamis. Tampilannya ini benar-benar terdongkrak dan tampak kokoh berkat garis-garis tegas yang ada di sekitar bumper dan juga adanya tarikan garis pada kap mesin. Lampu yang digunakan kini memanjang ke samping dan terintegrasi dengan lampu sein. Sedangkan untuk grill, dilapisi kelir krom guna menambah aura mewah ketika dipandang.
Eksterior All New Isuzu D-Max
Eksterior Depan All New Isuzu D-Max
Beralih ke bagian samping. Peningkatan signifikan juga terlihat di area ini. Pembatas kabin dan bak belakang diberi lekukan sehingga tampilannya kian modern dibandingkan pendahulunya yang hanya menggunakan desain potongan lurus. Penggunaan over fender berukuran jumbo juga membuat aura machonya sangat terasa. Tapi sayang, garis jendela belakang yang sedikit naik ke atas dan tak sejajar dengan bak sedikit merusak tampilannya disini.
Eksterior All New Isuzu D-Max
Eksterior Samping All New Isuzu D-Max
Perubahan besar juga meliputi area belakang. Seluruh bagian di desain ulang mulai dari pintu bak, lampu, dan juga bumper. Hal menarik yang patut diacungi jempol untuk buntut All New D-Max ini adalah peletakan area nomor polisi berada di bawah footstep yang memanjang. Karena kebanyakan kompetitornya meletakkan dudukan plat nopol pada bagian atas bumper sehingga bagian footstepnya ini terbagi dua.
Eksterior All New Isuzu D-Max
Eksterior Belakang All New Isuzu D-Max
Interior All New Isuzu D-Max
Beranjak ke dalam interior. Kesan modern disuguhkan oleh Isuzu melalui desain dashboard baru berwarna gelap dan diberi sedikit ornamen silver. Fitur multimedia di dalamnya terbilang bagus untuk sebuah double cabin berkat adanya Audio yang mampu memutar CD/MP3, channel radio dan juga dapat dikoneksikan melalui Bluetooth smartphone. Tak hanya disitu, hadirnya tombol pengatur audio di setir juga sangat membantu driver dalam mengoperasikan head unit. Sehingga tidak mengurangi konsentrasi ketika mengemudi. Selebihnya, seluruh area dashboard masih menggunakan material plastik keras, tapi untuk kualitasnya cukup baik. Tombol-tombol yang ada di kokpit tengah juga masih bisa dioperasikan dengan mudah. Hal menarik lainnya dari kabin All New D-Max ini adalah munculnya fitur 4WD Shift On the Fly System yang memungkinkan pengemudi dapat mengganti sistem penggerak mobil ketika melaju melalui kenop yang berada di samping rem tangan.
Interior All New Isuzu D-Max
Interior All New Isuzu D-Max
Kinerja dan Performa Mesin All New Isuzu D-Max
Selama masa penjualannya, All New D-Max hadir dengan pilihan mesin turbodiesel 4JK1-TC berkapasitas 2.5 liter dan turbodiesel 4JJ1-TC dengan kapasitas 3.0 liter. Keduanya memiliki konfigurasi 4 silinder segaris 16 katup DOHC dengan teknologi common-rail injection. Untuk mesin pertama, mampu menghantarkan daya maksimum hingga 109 HP pada 3.400 RPM dan torsi puncak 280 Nm pada 1.800 hingga 2.200 RPM. Output ini sangatlah kecil jika dibandingkan para kompetitor namun keluaran tenaganya sangat linier sejak dari putaran bawah. 
Foto Mesin All New Isuzu D-Max 2.5 L
Foto Mesin All New Isuzu D-Max 2.5 L
Untuk mesin kedua, tenaganya sedikit lebih besar, dengan output tenaga maksimum mencapai 136 HP pada 3.400 RPM dan torsi puncak sebesar 294 Nm pada 1.400 hingga 3.000 RPM. Teknologi yang digunakan disini adalah sama dengan mesin di atas. Isuzu D-Max bermesin 3.000 cc ini terus dijual hingga sekarang, berdampingan dengan mesin 2.5 liter VGS yang akan diulas di bawah ini.
Foto Mesin All New Isuzu D-Max 3.0 L
Foto Mesin All New Isuzu D-Max 3.0 L
Ketika memasuki masa facelift, Isuzu melakukan sedikit perombakan mesin pada varian 2.5 liter. Perombakan disini berupa penambahan teknologi VGS (Variable Geometry System). Kode nama berubah menjadi 4JK1-TC-HI dan outputnya menyamai torehan dari mesin 3.0 yakni 136 HP pada 3.400 RPM dan torsi 320 Nm pada 1.800 hingga 2.800 RPM. Kesimpulannya, dengan adanya perbaruan teknologi menjadikan mesin ini memiliki output tenaga yang menyamai varian mesin 3.0 liter dengan torsi terbadak di keluarga Isuzu D-Max.

Impresi dan Handling All New Isuzu D-Max
Dalam segmen ini, Isuzu melalui produknya D-Max lebih menonjolkan sisi kenyamanan dan kabin yang lapang. Bantingan suspensinya benar-benar lembut ketika melewati jalanan rusak. Hal ini didukung pula oleh roda kemudi yang ringan serta busa jok tebal. Sehingga ketiga aspek ini memberikan nilai positif terhadap penggunaan Isuzu D-Max di dunia offroad hingga perkotaan karena pengendaliannya yang mudah dan tidak melelahkan pengemudi. Tapi satu hal yang harus dicatat, mobil ini memiliki suspensi yang paling empuk di kelasnya. Namun berimbas pada daya angkut karena jika membawa beban yang terlalu berat, suspensi belakang akan gesrot dan sangat merepotkan jika melalui trek berat seperti perkebunan atau pertambangan dengan membawa beban di bak belakang.

Spesifikasi All New Isuzu D-Max
  • Mesin : 4JK1-TJ 2.5 liter ; 4JJ1-TJ 3.0 liter ; 2.5 liter VGS.
  • Konfigurasi : 4 silinder segaris 16 katup DOHC.
  • Tenaga : 109 HP @3.400 RPM (2.5 L) ; 136 HP @3.400 RPM (3.0 L) ;  136 HP @3.400 RPM  (2.5 L VGS).
  • Torsi : 280 Nm @1.800-2.200 RPM (2.5 L) ; 294 Nm @1.400-3.000 RPM (3.0 L) ; 320 Nm @1.800-2.800 RPM (2.5 L VGS).
  • Bore x stroke : 95.4 mm x 87.4 mm (2.5 L) ; 95.4 mm x 104.9 mm (3.0 L) ; 95.4 mm x 87.4 mm (2.5 L VGS).
  • Rasio kompresi : 18.1:1 (2.5 L) ; 17.3:1 (3.0 L) ; 18.1:1 (2.5 L VGS).
  • Konsumsi BBM : 9-11 km/L (dalam kota) ; 12-14 km/L (luar kota).
  • Transmisi : Manual 5 percepatan dan matic 5 percepatan.
  • Suspensi : Depan independent double wishbone, belakang per daun.
  • Rival : Mazda BT-50 Pro, Ford Ranger T6, All New Toyota Hilux, Mitsubishi All New Triton, Nissan Navara NP300, Chevrolet Colorado.
  • Tahun Penjualan : 2013 - sekarang.

Harga All New Isuzu D-Max

  • Tahun 2013 : 220 - 250 juta.
  • Tahun 2014 : 250 - 275 juta.
  • Tahun 2015 : 275 - 310 juta.
  • Tahun 2015 : 315 - 370 juta.

Kelebihan All New Isuzu D-Max
  • Eksterior modern.
  • Kelegaan kabin.
  • Sangat irit.
  • Setir ringan.
  • Bantingan suspensi lembut.
  • Dilengkapi fitur shift on the fly.
  • Banyak varian.

Kekurangan All New Isuzu D-Max
  • Tenaga kecil.
  • Jaringan service minim.
  • Kemampuan offroad bukan yang terbaik.
  • Transmisi otomatisnya masih 5 percepatan.
  • Nuansa kabin masih kurang mewah dari kompetitor.

Demikian ulasan lengkap mengenai review spesifikasi, harga, serta keunggulan dan kelemahan All New Isuzu D-Max. Intinya, mobil ini cocok dijadikan sebagai tunggangan pribadi apabila Anda membutuhkan sebuah double cabin dengan kenyamanan ekstra dan juga mampu mengangkut barang banyak. Semoga membantu. Baca juga :