Kelebihan dan Kekurangan Toyota Alphard Gen1

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Alphard Gen1

Ulasan Spesifikasi dan Harga Toyota Alphard Gen1 - Nama Toyota Alphard memang sangat terkenal di kancah dunia otomotif khususnya di Indonesia. MPV premium ini seakan menjadi primadona karena memang memenuhi segala aspek kebutuhan pasar lokal yang mengidamkan sebuah mobil keluarga dengan kenyamanan ekstra plus fitur yang cukup menjanjikan. 

Toyota Alphard yang diulas pada artikel ini merupakan Alphard generasi paling awal, yang dikenalkan pertama kali secara global pada tahun 2002. Sedangkan untuk pasar Indonesia, Toyota Alphard masuk pada tahun 2003 melalui Importir Umum (IU) sehingga kualitasnya tidak perlu diragukan. Gebrakan dengan hadirnya Alphard ini dirasa cukup sukses karena mampu menarik banyak perhatian dari para pecinta otomotif di Indonesia. Terlebih pada saat itu, mobil mewah yang menyasar segmen MPV hanya diisi oleh VW yang notabenenya berasal dari daratan Eropa.

Selama masa penjualannya, Toyota Alphard dikenalkan melalui 5 tipe berdasarkan standar kelengkapan fitur dengan masing-masing 3 tipe untuk varian mesin 2.4 liter (AXL, AS, ASG) dan 2 tipe untuk varian mesin 3.0 liter V6 (MZ, MZG). Banyaknya tipe yang dikenalkan membuat calon konsumen dapat memilih buruannya sesuai budget yang telah disediakan. Hal ini menjadi senjata ampuh bagi Brand Toyota guna melawan beberapa kompetitornya seperti Honda Elysion, Nissan Elgrand E51, Hyundai H-1 dan VW Caravelle yang menyasar premium MPV. Penjualannya dihentikan pada tahun 2007 dan selanjutnya digantikan oleh kehadiran Toyota Alphard Gen2 di tahun 2008.

Eksterior Toyota Alphard Gen1
Dilihat dari kulit luarnya, Toyota Alphard cukup meyakinkan banyak orang akan kesan mewah. Mulai dari lekukan body, kelengkapan penunjang dan banyaknya ornamen krom di sekitar body. Berikut adalah contoh dari bagian depan Alphard versi awal produksi. Dimana tampilannya benar-benar elegan, mulai dari desain grill, bumper hingga garis horizontal pada bumper. Tak lupa pula, spion tanduk turut hadir di samping kiri sebagai ciri khas mobil premium Toyota.
Eksterior Toyota Alphard Gen1 Prefacelift
Eksterior Depan Toyota Alphard Gen1 Prefacelit
Memasuki tahun 2005, Toyota Alphard mengalami perubahan eksterior atau yang lebih dikenal dengan sebutan minor facelift. Ini dilakukan sebagai langkah penyegaran agar Alphard tidak tampak kuno dan monoton. Di bagian depannya, beberapa aspek di desain ulang meliputi headlamp dengan proyektor, ornamen grill chrome yang lebih rapat dan juga desain bumper depan yang lebih sporty, dengan perubahan posisi foglamp yang mulanya berada di atas menjadi sedikit ke bawah.
Eksterior Toyota Alphard Gen1 Facelift
Eksterior Depan Toyota Alphard Gen1 Facelift
Beralih ke sisi samping, disinilah salah satu letak dari kelemahan desain Alphard generasi pertama. Desain kaca samping menggunakan garis tegas sehingga tampak kuno dan kurang impresif. Namun bainnya, desain ini telah diperbaiki pada Alphard genarasi kedua.
Eksterior Toyota Alphard Gen1
Eksterior Samping Toyota Alphard Gen1
Beranjak ke area belakang, aura kemewahan Toyota Alphard juga tampak disini. Meskipun bukan terbaik di jamannya, namun hingga sekarang masih tetap enak dipandang. Disekeliling stoplamp yang memanjang dan menyatu dengan garnish, turut dihiasi dengan ornamen chrome.
Eksterior Toyota Alphard Gen1 Prefacelift
Eksterior Belakang Toyota Alphard Gen1 Prefacelift
Sentuhan facelift juga turut hadir untuk bagian belakang, perbedaan yang signifikan hanya ada pada stoplamp yang digunakan. Housing bagian dalam dibagi menjadi tiga bagian bulat dalam satu area. Perubahan yang tak kasat mata adalah desain bagian bawah bumper belakang tampak lebih aerodinamis.
Eksterior Toyota Alphard Gen1 Facelift
Eksterior Belakang Toyota Alphard Gen1 Facelift
Interior Toyota Alphard Gen1
Untuk sektor interiornya, Toyota Alphard terkenal akan kenyamanan karena dibekali fitur penunjang yang cukup lengkap di kelasnya. Bahkan untuk tipe terendahnya sekalipun, Toyota tidak pernah kompromi akan faktor kenyamanan penumpang. Maklum saja, jika tidak memiliki fitur lengkap, maka Toyota Alphard ini akan ditinggalkan sebagai pilihan calon konsumen. Sebut saja seperti jok elektrik, pintu geser elektrik, head unit berkualitas, hingga bahan pembuat jok. Untuk tipe tertinggi, semuanya telah dibekali dengan jok kulit asli.

Sebelum memasuki masa facelift, Toyota menghadirkan interior Alphard dengan skema warna dual tone yakni beige dan abu-abu dengan ornamen wood panel di area tengah dashboard. Kesan elegan sangat terlihat dari ornamen wood panel ini sehingga tampak lebih mewah.
Interior Toyota Alphard Gen1 Prefacelift
Interior Toyota Alphard Gen1 Prefacelift
Pada varian facelift, Toyota mengubah skema warna interior Alphard. Skema warnanya memang masih dual tone namun warna beige di bawah dashboard diganti dengan warna abu-abu sedangkan area atas dashboard dirubah menjadi abu-abu pekat. Tak lupa pula, ornamen wood panel yang awalnya cerah diganti menjadi hitam. Kesan elegan dari model sebelumnya tiba-tiba berubah menjadi lebih sporty.
Interior Toyota Alphard Gen1 Facelift
Interior Toyota Alphard Gen1 Facelift
Berikut adalah tampak interior belakang Toyota Alphard. Mobil bongsor mewah ini mampu menampung hingga 8 orang untuk model standar dan 7 orang penumpang untuk varian yang dibekali dengan jok captain seat di barisan tengah. Ketika jok digunakan semua, kabinnya masih menyisakan ruang bagasi yang cukup untuk perjalanan jauh.
Jok Toyota Alphard Gen1
Jok Toyota Alphard Gen1 
Sedangkan foto di bawah adalah contoh dari mekanisme pelipatan jok. Jok tengah dapat dilipat lalu di dorong hingga mentok ke jok baris depan. Untuk baris ketiga, sistem pelipatannya cukup unik karena jok diluruskan terlebih dahulu lalu digantung di samping kaca. Kabinnya berubah drastis seperti mobil kargo. Akomodasinya bahkan dapat menampung dua unit motor sekaligus. 
Pelipatan Jok Toyota Alphard Gen1
Pelipatan Jok Toyota Alphard Gen1 
Kinerja dan Performa Mesin Toyota Alphard Gen1
Toyota Alphard gen1 dibekali dengan dua pilihan mesin. Mesin pertama menggunakan kode 2AZ-FE berkapasitas 2.4 liter dengan konfigurasi 4 silinder 16 katup DOHC. Tenaga yang dihasilkan mencapai 160 HP pada 5.600 RPM dan torsi 221 Nm pada 4.000 RPM. Perawatan untuk mesin berkapasitas 2.4 liter ini tergolong mudah untuk sekelas mobil premium karena mesin kode 2AZ-FE turut digunakan pada Toyota Camry Gen2.
Foto Mesin Toyota Alphard Gen1 2.4 Liter
Foto Mesin Toyota Alphard Gen1 2.4 Liter
Sedangkan pilihan mesin kedua kapasitasnya cukup besar, yakni 3.0 liter dengan kode 1MZ-FE. Konfigurasi mesinnya juga berbeda, dimana mesin 3.0 bukan inline melainkan V6 24 katup. Tenaganya pun jauh lebih besar, berada di angka 220 HP pada putaran 5.800 RPM dengan torsi mencapai 304 Nm pada 4.400 RPM. Untuk perawatannya juga lebih susah karena ketersediaan sparepart untuk mesin dengan kode 1MZ-FE masih sangat minim. Selain itu, ia membutuhkan bahan bakar beroktan minimal 95 atau setara dengan pertamax plus.
Foto Mesin Toyota Alphard Gen1 3.0 Liter V6
Foto Mesin Toyota Alphard Gen1 3.0 Liter V6
Impresi dan Handling Toyota Alphard Gen1
Berada di balik kemudinya, Toyota Alphard sama sekali tidak terasa bongsor seperti yang tampak pada eksteriornya. Mesin 2.4 liternya terasa cukup untuk sekedar penggunaan dalam kota yang sering dilanda kemacetan dengan kondisi stop and go. Tetapi untuk mesin 3.0 liter, tenaganya memang besar, tapi tarikannya cukup lembut berkat bantuan dari transmisi Super ECT yang minim hentakan ketika perpindahan gigi.

Untuk masalah handling, Toyota Alphard terkesan biasa saja. Beratnya yang hampir mendekati 2 ton, body kotak dan tinggi menjadikannya kurang nikmat bagi Anda yang mengidamkan sebuah MPV berkarakter sporty. Meskipun gejala body roll cukup jarang terjadi ketika menikung, namun Alphard di desain lebih untuk kenyamanan penumpang sehingga cita rasa handling sporty terpaksa dipangkas.

Spesifikasi Toyota Alphard Gen1
  • Mesin : 2AZ-FE 2.4 liter dan  1MZ-FE 3.0 liter.
  • Konfigurasi : 4 silinder segaris 16 katup (2.4) ; V6 24 katup (3.0).
  • Tenaga : 160 HP @5.600 RPM (2.4) ; 220 HP @5.800 RPM (3.0).
  • Torsi : 221 Nm @4.000 RPM (2.4) ; 304 Nm @4.400 RPM (3.0).
  • Bore x stroke : 88.5 mm x 96 mm  (2.4) ; 87.5 mm x 83 mm (3.0).
  • Rasio kompresi : 9.6:1 (2.4) ; 10.5 (3.0).
  • Konsumsi BBM : 5-7 km/L (dalam kota) ; 9-12 km/L (luar kota).
  • Transmisi : Matic 4 percepatan (2.4) ; Matic ultra ECT 5 percepatan (3.0).
  • Suspensi : Depan MacPherson Strut, belakang helical spring.
  • Rival : Honda Elysion, Nissan Elgrand E51, Hyundai H-1, dan VW Caravelle
  • Tahun Penjualan : 2003 - 2007.

Harga Bekas Toyota Alphard Gen1 (tergantung tipe)
  • Tahun 2003 : 150 juta - 165 juta.
  • Tahun 2004 : 170 juta - 190 juta.
  • Tahun 2005 : 180 juta - 200 juta.
  • Tahun 2006 : 210 juta - 225 juta.
  • Tahun 2007 : 220 juta- 240 juta.

Kelebihan Toyota Alphard Gen1
  • Mewah.
  • Elegan.
  • Fitur kabin sangat lengkap.
  • Kenyamanan kabin.
  • Harga bekas cukup terjangkau.

Kekurangan Toyota Alphard Gen1
  • Sparepart mahal.
  • Pajak mahal.
  • Perawatan susah.
  • Part kelistrikan membutuhkan biaya perbaikan yang cukup mahal.
  • Depresiasi harga relatif tinggi.

Demikian ulasan lengkap mengenai review spesifikasi, harga, serta keunggulan dan kelemahan Toyota Alphard Gen1. Keputusan terakhir, varian mesin 2.4 liter cukup layak dipilih karena mampu memenuhi segala aspek. Perawatan lebih murah dan sparepartnya juga lebih mudah dicari karena banyak mobil lokal Toyota yang menggunakan mesin sama. Semoga membantu. Baca juga :