Kelebihan dan Kekurangan Nissan Frontier Navara

Kelebihan dan Kekurangan Nissan Frontier Navara

Ulasan Spesifikasi dan Harga Nissan Frontier Navara - Indonesia, negara yang terkenal sangat kaya akan sumber daya alam. Ternyata, fakta ini ikut berpengaruh terhadap penjualan mobil. Salah satunya adalah segmen mobil double cabin yang mengedepankan unsur utilitas, kenyamanan dan offroad dalam satu paket. Maklum saja, negeri kita ini memiliki berbagai sektor bisnis seperti perkebunan dan pertambangan. Kedua sektor itu memiliki andil yang cukup besar dalam segmen double cabin, karena banyak perusahaan yang memilih mobil tipe ini sebagai armada perusahaannya.

Pada awal tahun 2000-an hingga 2002, tidak banyak pabrikan yang menyediakan pemainnya dalam segmen double cabin. Beberapa permain ini antara lain Mitsubishi Strada, Ford Ranger dan Nissan Frontier D22 yang merupakan generasi pertama dari keluarga Navara. Tercatat, ada sebuah nama lain yang pernah jaya di Indonesia sebelum masuk tahun 2000, yakni Toyota Hilux. Namun ia masuk melalui jalur CBU sehingga peredarannya terbatas.

Nissan Frontier Navara yang menyandang kode D40 ini pertama kali hadir di Indonesia di penghujung tahun 2007. Kehadirannya memberikan warna baru dalam segmen ini. Mengusung eksterior yang cukup gagah sekaligus dinamis, membuatnya cocok digunakan di dalam perkotaan. Di dalam segmen double cabin, ia menjadi rival berat dari Toyota Hilux, Mitsubishi Strada Triton, Ford Ranger, Mazda BT-50, Isuzu D-Max, serta Chevrolet Colorado. Setelah sempat mendapatkan facelift di tahun 2012, penjualannya dihentikan pada tahun 2015 dan diganti oleh sosok Nissan All New Navara NP300 dengan update besar-besaran di seluruh sektor.


Eksterior Nissan Frontier Navara
Untuk bagian luar khususnya bagian depan, Nissan Frontier Navara tampak sangat gagah yang mampu mengidentifikasikannya sebagai sebuah mobil tangguh. Mobil ini hanya hadir dalam bentuk double cab tanpa pilihan single cab seperti para kompetitor sehingga imagenya sedikit menjadi lebih "wah". Pada bagian ini, Nissan Frontier Navara dibekali oleh grill dengan ciri khas sebuah potongan garis besar yang dilapisi krom dan diapit sepasang headlamp mengkotak. Tak lupa, sepasang foglamp juga turut disediakan sebagai penembus kabut.
Eksterior Nissan Frontier Navara Prefacelift
Eksterior Depan Nissan Frontier Navara Prefacelift
Ketika mengalami fase facelift pada tahun 2012, beberapa sentuhan baru hadir pada bagian depan Nissan Frontier Navara agar tampak lebih berkelas. Jika pada model sebelum facelift menggunakan grill dengan model jaring laba-laba, pada varian facelift ini grill nya berubah dengan bagian tengah berupa garis-garis horizontal dan dilapisi chrome. Bentuk bumper juga sedikit diubah dengan adanya aksen hitam disekeliling area foglamp.
Eksterior Nissan Frontier Navara Facelift
Eksterior Depan Nissan Frontier Navara Facelift
Dilihat dari area samping, aura kekar dari mobil ini sangat terasa karena desainnya yang cenderung plain tanpa adanya banyak lekukan pada bodu. Kesan tangguhnya sangat mengintimadasi, apalagi untuk bagian kaca pintu baris kedua. Tidak seluruhnya mengkotak, tapi terlihat berkelas, meski cukup disayangkan pada gagangnya pintu belum diberi aksen krom. Untuk dimensinya, Nissan Frontier Navara memiliki panjang sekitar 5.230 mm dengan lebar 1.850 mm dan tinggi 1. 780 mm sehingga ia menjadi raksasa di kelasnya. 
Eksterior Nissan Frontier Navara
Eksterior Samping Nissan Frontier Navara
Lantas bagaimana untuk area belakangnya? Hampir serupa seperti bagian depan dan samping. Desainnya juga tampak kekar, terlebih lagi ia mengedepankan ukuran bak yang di atas kompetitor lain pastinya memudahkan Anda untuk mengangkut barang dengan lebih maksimal. Tampilan belakang semakin manis berkat lapisan chrome yang menyelimuti bumper. 
Eksterior Nissan Frontier Navara Prefacelift
Eksterior Belakang Nissan Frontier Navara Prefacelift
Jati diri ketangguhan area belakang khas Nissan Navara juga hadir pada varian facelift. Mobil ini masih mempertahankan bumper chrome dengan posisi plat nomor yang menjorok sedikit ke dalam. Pada bagian ini, perbedaan dengan model sebelumnya hanya ada pada skema warna stoplamp serta penambahan sebuah high mounted lamp pada bagian belakang atap.
Eksterior Nissan Frontier Navara Facelift
Eksterior Belakang Nissan Frontier Navara Facelift
Interior Nissan Frontier Navara
Memasuki area kabin Nissan Frontier Navara, kesan pertamanya kurang mewah. Hal ini memang dapat dimaklumi karena peruntukannya bukan seperti SUV yang lebih mengedepankan penampilan luar dalam. Melainkan lebih mengarah sebagai mobil perkerja keras yang dapat digunakan ke berbagai lingkungan. Dashboardnya biasa-biasa saja, dengan kualitas yang tidak murahan dan juga tidak mewah. Interiornya didominasi warna hitam, dengan beberapa aksen silver pada beberapa bagian. Cukup sederhana namun fungsional. 
Interior Nissan Frontier Navara
Interior Nissan Frontier Navara
Untuk area depan, kabinnya terasa lega. Ruang kaki yang tersedia bisa dikatakan cukup. Namun tidak untuk area kabin belakang. Bagi orang yang bertubuh besar dan gempal, akan merasa kurang nyaman karena space lutut terlalu sempit dan juga posisi jok yang terlalu tegak. Apalagi ketika jok depan dimundurkan. Satu hal lain yang menjadi kekurangan dari interior mobil ini adalah bahan jok menggunakan vinyl. Meski bahannya kuat, tapi untuk segi kenyamanan, bahan fabric masih jauh lebih unggul.
Interior Nissan Frontier Navara
Interior Belakang Nissan Frontier Navara
Untuk fitur hiburan dalam kabin, Nissan Frontier Navara telah dibekali oleh sebuah Head Unit dengan monitor LCD di tengah dashboard. Kualitas suara yang dihasilkan oleh 4 speaker + 2 tweeternya tergolong standar. Tepat dibawahnya, terdapat knob AC yang tampak sangat-sangat sederhana. Selain itu, mobil ini menyediakan kompartemen penyimpanan yang cukup banyak, mulai dari cupholder di tengah, consolbox, doortrim dan juga beberapa penyimpanan kecil lainnya yang tersebar di dalam kabin.

Kinerja dan Performa Mesin Nissan Frontier Navara
Selama masa produksi, Nissan Frontier Navara untuk pasar Indonesia hanya dibekali dengan satu jenis mesin. Mesin diesel turbodiesel berkapasitas 2.5 liter dengan kode YD25DDTI, yang dapat menghasilkan tenaga maksimum hingga 174 HP pada 4.000 RPM dan tosi puncak 402 Nm pada 2.000 RPM. Berbekal tenaga besar dan torsi yang cukup melimpah yang dialirkan ke seluruh roda penggerak 4x4, mobil ini mampu melintasi medan offroad dengan mudah. Tapi sayang, pedal gasnya terasa kurang responsif meski responnya halus. Dengan bobot 1.850 kg, Nissan Frontier Navara dapat berakselerasi dalam kondisi diam menuju 100km/jam hanya dalam waktu 11 detik. Cukup cepat jika dibandingkan dengan kompetitor dari pabrikan lain.
Foto Mesin Nissan Frontier Navara
Foto Mesin Nissan Frontier Navara
Satu hal yang harus diingat, mesin Nissan Frontier Navara ini memiliki titik lemah pada EGR (Exhaust gas recirculation) yang terletak pada sistem pembuangan yang terhubung ke mesin. Masalah ini umumnya ada pada setiap mesin turbodiesel yang menggunakan teknologi CRDi (common rail direct injection) karena penggunaan solar berkualitas rendah. Maka dari itu, pengguna direkomendasikan untuk menggunakan biosolar.

Impresi dan Handling Nissan Frontier Navara
Putar kunci kontak ke posisi on, mesin langsung menyala dengan getaran yang cukup halus. Begitu pedal gas ditekan, responnya cukup halus. Tapi tidak responsif seperti Toyota Fortuner yang dengan sedikit pedal disentuh, tubuh Anda akan terlempar ke kursi. Sehingga Anda dituntut untuk pintar mengatur pedal kopling. Hal ini menjadi keuntungan karena akan memudahkan bagi pemula yang belum pernah merasakan mobil bertorsi besar.

Saatnya beralih ke handling. Handling mobil ini tergolong cukup bagus. Ia dapat meraih kecepatan maksimum di jalan tol tanpa adanya bantingan suspensi yang berarti asalkan muatan setengah penuh. Maklum saja, meski bantingannya cukup lembut, namun mobil ini masih membawa ciri khas sebuah pikap karena juga menggunakan per daun sebagai suspensi belakang. Ketika ingin memasuki kawasan berbatu licin atau offroad ringan, Anda dapat mengaktifkan sistem 4WD dengan memutar kenop Limited Slip Differential (LSD) yang ada di dalam kabin.

Spesifikasi Nissan Frontier Navara
  • Mesin : Diesel YD25DDTi 2.5 liter.
  • Konfigurasi : 
  • Tenaga : 174 HP @4.000 RPM.
  • Torsi : 402 Nm @2.000 RPM.
  • Bore x stroke : 89 mm x 100 mm.
  • Rasio kompresi : 16.5:1.
  • Konsumsi BBM : 7 - 9 km/L (dalam kota) ; 10 - 13km/L (luar kota).
  • Transmisi : Manual 6 percepatan dan Matic 5 percepatan.
  • Suspensi : Depan double wishbone coil spring dan stabilizer, belakang leaf spring dengan shock absorber.
  • Rival : Toyota Hilux, Mitsubishi Strada Triton, Ford Ranger, Mazda BT-50, Isuzu D-Max, serta Chevrolet Colorado. 
  • Tahun Penjualan : 2007 - 2012 (prefacelift) ; 2012 - 2015 (facelift).

Harga Nissan Frontier Navara
  • Tahun 2007 : 160 juta.
  • Tahun 2008 : 175 juta.
  • Tahun 2009 : 195 juta.
  • Tahun 2010 : 220 juta.
  • Tahun 2011 : 235 juta.
  • Tahun 2012 : 265 juta.
  • Tahun 2013 : 280 juta.
  • Tahun 2014 : 310 juta.
  • Tahun 2015 : 350 juta.

Kelebihan Nissan Frontier Navara
  • Desain kekar, macho dan gagah.
  • Bak belakang cukup besar.
  • Visibilitas ke arah luar baik.
  • Jok nyaman.
  • Tempat penyimpanan interior melimpah.
  • Suspensi empuk.
  • Handling dalam kota bagus.
  • Insulasi kabin mantap.
  • Mesin sangat bertenaga.

Kekurangan Nissan Frontier Navara
  • Peredaran sedikit.
  • Pelapis jok masih vinyl.
  • Kualitas audio belum maksimal.
  • Radius putar terlalu besar.
  • Space baris kedua kecil.
  • Lemah pada putaran bawah.
  • Ground clearance agak rendah.
  • Mesin bermasalah jika menggunakan solar berkualitas rendah.

Demikian ulasan lengkap mengenai review spesifikasi, harga, serta keunggulan dan kelemahan Nissan Frontier Navara. Intinya, Navara cukup nyaman digunakan sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan berkendara Anda di dalam kota. Tampilannya yang mengintimidasi dan torsinya yang besar adalah jawaban bagi Anda yang mengidamkan mobil beringas yang mampu diajakan beroffroad ria. Semoga membantu. Baca juga :