Kelebihan dan Kekurangan Nissan Elgrand E51

Kelebihan dan Kekurangan Nissan Elgrand E51

Ulasan Spesifikasi dan Harga Nissan Elgrand E51 - Dunia otomotif memang selalu menarik untuk dibahas, apalagi jika berbicara mengenai mobil mewah. Salah satu mobil mewah yang akan diulas kali ini merupakan MPV premium yang cukup terjangkau, yaitu Nissan Elgrand E51. Mobil ini merupakan keturunan kedua dari lini Nissan Elgrand, karena untuk generasi sebelumnya dinamakan Nissan Elgrand dengan kode E50 tidak hadir ke pasar lokal. 

Nissan Elgrand E51 pertama kali diproduksi di Jepang pada tahun 2002 namun baru masuk ke Indonesia berselang 2 tahun setelahnya secara CBU melalui Importir Umum (IU). Opsi yang dihadirkan ada dua varian, pertama bermesin 2.5 liter V6 dan yang kedua mengusung mesin 3.5 liter V6. Kedua varian turut dilengkapi dengan beberapa opsi trim (tingkatan) sehingga calon konsumen dapat memilih sesuai keinginan dan budget yang telah disediakan. 

Di pasar lokal, Nissan Elgrand E51 menjadi penantang bagi Toyota Alphard Gen1 dan Honda Elysion. Keduanya telah menggunakan sistem penggerak roda depan (FWD/ Front Wheel Drive). Sedangkan Nissan Elgrand E51 masih menerapkan sistem penggerak roda belakang (RWD/ Rear Wheel Drive) dan sekaligus menjadi generasi terakhir Elgrand yang menggunakan RWD. Beberapa unit dengan penggerak roda depan dan belakang (4WD) juga pernah hadir namun dalam unit yang sangat terbatas. Kompetitor lain dari Nissan Elgrand E51 yang dipersenjatai penggerak RWD adalah VW Caravelle dan Hyundai H-1. Nissan Elgrand E51 mendapatkan upgrade penampilan atau facelift di tahun 2006. Sementara itu, penjualannya dihentikan pada 2009 sebelum akhirnya digantikan oleh kehadiran New Elgrand di tahun 2010.

Eksterior Nissan Elgrand E51
Ketika berjalan di sekeliling eksterior Nissan Elgrand E51 ini, Anda langsung dapat menyimpulkan bahwa bodynya mirip kotak sabun. Kotak dengan tampilan yang sangat datar. Terlebih pada bagian depannya, diusung dengan menggunakan headlamp mengkotak yang mengapit grill berbentuk datar. Grill ini telah dilepasi krom untuk menyiratkan kesan mewahnya. Tak lupa pula, sepasang foglamp hadir sebagai perlengkapan standar.
Eksterior Nissan Elgrand E51 Prefacelift
Eksterior Depan Nissan Elgrand E51 Prefacelift
Ketika mengalami masa facelift, tampilan depan Nissan Elgrand E51 sedikit dipermak. Ya, sedikit. Seperti gambar yang tertera di bawah ini, lampunya telah digabung antara lampu sein dan lampu utama, tidak lagi terpisah layaknya Nissan Elgrand E51 prefacelift (sebelum facelift). Antara headlamp dan lampu sein, terdapat sebuah lampu led yang berfungsi sebagai lampu senja. Perbedaan lainnya ialah adanya penambahan proyektor guna memaksimalkan pencahayaan ketika malam hari dan juga posisi foglamp sedikit dirubah.
Eksterior Nissan Elgrand E51 Facelift
Eksterior Depan Nissan Elgrand E51 Facelift
Beranjak ke area sampingnya. Kesan mengkotak sangat menonjol, terlihat seperti sebuah kotak yang diberi rada. Tidak jauh berbeda dengan Nissan Serena C24 yang notabene berada di kasta menengah dalam keluarga Nissan yang berada dalam segmen medium MPV. Hanya bedanya, Nissan Elgrand E51 dibekali oleh pintu geser elektrik. Hal ini berlaku untuk versi prefacelift dan juga facelift. Berhubung perbedaannya tak tampak dari segi ini.
Eksterior Nissan Elgrand E51 Prefacelift
Eksterior Samping Nissan Elgrand E51
Beralih ke bagian belakang, disinilah letak ciri khas Nissan Elgrand E51. Ia dibekali dengan kaca belakang yang berukuran cukup besar dengan sebuah reflektor yang bertuliskan Elgrand di bawahnya. Keunikan mobil ini juga ada pada wiper yang berada pada bagian atas, tepatnya di bawah bawah spoiler. Untuk stoplamp, sudah menggunakan model led, yang diletakkan di sebelah kiri dan kanan atas bumper. Jika kena senggol dari kendaraan lain, dapat dipastikan lampu ini yang akan menjadi korban pertama.
Eksterior Nissan Elgrand E51 Prefacelift
Eksterior Belakang Nissan Elgrand E51 Prefacelift
Untuk area belakang Nissan Elgrand E51 facelift, sentuhan baru tidak terlalu banyak. Seperti yang tampak pada foto di bawah. Jika dibandingkan dengan foto di atas, bedanya hanya ada pada desain mika stoplamp yang lebih besar dengan skema warna baru. Untuk bumper, tergantung dari tipe, baik itu standar, Autech ataupun HWS (Highway Star).
Eksterior Nissan Elgrand E51 Facelift
Eksterior Belakang Nissan Elgrand E51 Facelift
Interior Nissan Elgrand E51
Masuk ke dalam kabinnya, kesan pertama adalah interior yang luas, lapang dan lega. Jauh berbeda dengan Honda Elysion yang cukup sempit untuk seukuran sebuah MPV premium. Desain dashboardnya tergolong sederhana tapi fitur yang melekat masih cukup untuk diandalkan hingga sekarang. Beberapa tombol kontrol yang ada pada dashboard menggunakan huruf kanji bahasa Jepang, karena mobil ini berstatus CBU dan tidak pernah dijual secara resmi oleh ATPM Nissan. Untuk interior Elgrand prefacelift, mengadopsi skema warna cerah dan mudah kotor, dan diberi aksen wood panel gelap di beberapa titik.
Interior Nissan Elgrand E51 Prefacelift
Interior Nissan Elgrand E51 Prefacelift
Sedangkan untuk interior Elgrand facelift, skema warna dirubah menjadi serba gelap. Mulai dari jok, dashboard dan bahan plastik lainnya. Tapi untuk aksen wood panel, diubah menjadi warna coklat layaknya kayu asli. Pada varian facelift, tipe Black Leather menjadi varian termahal dan spesial karena seluruh joknya dilapisi kulit asli berwarna hitam yang sangat nyaman ketika diduduki.
Interior Nissan Elgrand E51 Facelift
Interior Nissan Elgrand E51 Facelift
Berikut adalah contoh foto kabin Nissan Elgrand E51 prefacelift dari luar.
Interior Nissan Elgrand E51 Prefacelift
Interior Nissan Elgrand E51 Prefacelift
Sedangkan foto di bawah merupakan contoh dari interior Elgrand facelift (Black Leather).
Interior Nissan Elgrand E51 Facelift
Interior Nissan Elgrand E51 Facelift
Fitur-fitur spesial yang ada pada kabin Nissan Elgrand E51 cukup banyak. Fitur yang menonjol adalah adanya dual sunroof, speaker bose, magic middle seat, tirai elektrik, DVD Player dengan monitor LCD yang dilengkapi bluetooth, serta cupholder yang cukup banyak. Khusus untuk magic middle seat merupakan fitur yang paling unggul dimana posisi jok baris kedua dapat digeser ke kiri dan ke kanan. Sehingga jok tengahnya dapat digeser ke depan untuk guna menciptakan captain seat sebagai ruang akses untuk penumpang jok baris ketiga. Jok tengah ini juga dapat dilipat dan dijadikan sebagai laci penyimpanan sekaligus cupholder. Keunggulan lain, jok baris kedua dapat diputar menghadap ke arah belakang. Sangat eksklusif. Berikut contoh fotonya.
Magic middle seat Nissan Elgrand E51
Magic middle seat Nissan Elgrand E51
Untuk area bagasi, tampaknya memang tidak terlalu luas apalagi jika dibadingkan dengan Alphard, namun bagasinya dapat menampung beberapa koper. Jika ingin diperluas, jok belakang dapat dilipat datar ke samping dengan menggantungnya pada sangkutan yang telah disediakan. Sistem pelipatan jok yang cukup cerdas.
Bagasi Nissan Elgrand E51
Bagasi Nissan Elgrand E51
Kinerja dan Performa Mesin Nissan Elgrand E51
Seperti yang telah disebutkan di permulaan artikel ini, Nissan Elgrand E51 hadir dalam dua pilihan mesin. Pilihan mesin pertama berkapasitas 2.5 liter V6 dengan kode VQ25DE, yang mampu menghamburkan daya maksimal hingga 183 HP pada putaran 6.000 RPM dan torsi puncak 233 Nm pada putaran 3.200 RPM. 
Foto Mesin Nissan Elgrand E51 2.5 Liter V6
Foto Mesin Nissan Elgrand E51 2.5 Liter V6
Jika merasa tenaga dari mesin di atas dirasa belum cukup, Anda dapat memilih Elgrand 3.5. Mesin dengan kode VQ35DE yang juga mengandalkan konfigurasi V 6 silinder ini mampu menghasilkan tenaga yang lebih besar, yakni di angka 237 HP pada putaran 6.000 RPM dan torsi maksimum 233 Nm pada 3.200 RPM. Sangat cukup untuk membuatnya melaju hingga 60 km/jam dalam waktu kurang dari 6 detik. Namun yang pasti, pilihan mesin ini jauh lebih boros dari mesin 2.5 liter di atas.
Foto Mesin Nissan Elgrand E51 3.5 Liter V6
Foto Mesin Nissan Elgrand E51 3.5 Liter V6
Impresi dan Handling Nissan Elgrand E51
Adanya kedua pilihan jenis mesin ikut berpengaruh kepada impresi yang ditawarkan. Memang disini menjadi hal yang lumrah, Nissa Elgrand 2.5 liter terasa kurang bertenaga ketika melakukan akselerasi dari kondisi diam ditambah lagi bobotnya yang mencapai 2 ton. Kondisi ini jauh berbeda dengan mesin 3.5 liter karena dengan sedikit menyentuh pedal gas, mobil langsung berakselerasi dengan mudahnya. 

Untuk urusan handling, feedback setir terbilang cukup bagus. Perpindahan transmisinya pun terbilang halus dalam melakukan tugasnya. Suspensi juga oke, mampu meredam ayunan ketika mobil mengalami bodyroll saat diajak bermanuver. Hanya saja ketika deselarasi, Anda harus menurunkan transmisi guna membantu kinerja rem yang kurang sigap. Maklum saja, mobil ini bisa dikatakan memiliki bobot kosong paling berat di kelasnya. 

Spesifikasi Nissan Elgrand E51
  • Mesin : 2.5 liter VQ25DE ; 3.5 liter VQ35DE.
  • Konfigurasi : 6 silinder V6 (2.5 L) ; 6 silinder V6 (3.5 L).
  • Tenaga : 183 HP @6.000 RPM  (2.5 L) ;  237 HP @6.000 RPM (3.5 L).
  • Torsi : 233 Nm @3.200 RPM (2.5 L) ; 353Nm @3.200 RPM (3.5 L).
  • Bore x stroke : 85 mm x 73.3 mm (2.5 L) ; 95.5 mm x 81.4 mm (3.5 L).
  • Rasio kompresi : 10.3:1 (2.5 L) ; 10:1 (3.5 L).
  • Konsumsi BBM : 5-7 km/L (dalam kota) ; 9-12 km/L (luar kota).
  • Transmisi : Matic triptonic 5 percepatan.
  • Suspensi : Depan MacPherson Strut, belakang helical spring.
  • Rival : Toyota Alphard Gen1, Honda Elysion, VW Caravelle dan Hyundai H-1
  • Tahun Penjualan : 2004 - 2006 (prefacelift) 2007 - 2009 (facelift).

Harga Nissan Elgrand E51
  • Tahun 2004 : 170 juta.
  • Tahun 2005 : 190 juta.
  • Tahun 2006 : 225 juta.
  • Tahun 2007 : 240 juta.
  • Tahun 2008 : 260 juta.
  • Tahun 2009 : 285 juta.

Kelebihan Nissan Elgrand E51
  • Harga terjangkau.
  • Mesin 6 silinder.
  • Interior lapang.
  • Adanya Magic Middle Seat.
  • Built quality bagus.
  • Tenaga mesin cukup besar.
  • Konfigurasi kursi.
  • Kabin kedap.

Kekurangan Nissan Elgrand E51
  • Image Nissan masih kalah dari Toyota dan Honda.
  • Desain body.
  • Desain dashboard kurang bagus.
  • Boros.
  • Body berat.
  • Sparepart terbatas dan langka.
  • Perawatan mahal.
  • Harga jual kembali.

Demikian ulasan lengkap mengenai review spesifikasi, harga, serta keunggulan dan kelemahan Nissan Elgrand E51. Kesimpulannya, Nissan Elgrand cukup layak dipilih bagi Anda yang sedang mencari sebuah MPV premium bekas dengan harga murah. Bahkan, beberapa fitur yang hadir di dalam Nissan Elgrand E51 tidak dapat dijumpai pada kompetitornya. Semoga membantu. Baca juga :