Kelebihan dan Kekurangan Honda Elysion

Kelebihan dan Kekurangan Honda Elysion

Ulasan Spesifikasi dan Harga Honda Elysion - Premium MPV. Dua kata yang menjadi impian mayoritas setiap penduduk Indonesia yang telah berkeluarga. Setiap produk yang menyasar segmen ini seakan selalu menjadi primadona. Biasanya dijual setara dengan harga sedan premium dan hadir sebagai top of the line keluarga MPV masing-masing pabrikan dengan mengusung body bongsor, berpenggerak roda depan, kabin mewah, fitur kelistrikan yang sangat lengkap dan pastinya harus mampu mengakomodasi hingga 7 orang penumpang. 

Salah satunya adalah Honda Elysion. MPV mewah ini pertama kali dikenalkan sebagai mobil konsep yang disebut sebagai Honda ASM di Tokyo Motor Show pada akhir tahun 2003. Produksinya dilakukan pada pertengahan tahun 2004 dengan beberapa penyesuaian pada kosmetik khususnya lampu, grill dan interior depan agar tampak lebih ramah terhadap penggunaan harian. Di tahun yang sama, mobil ini masuk ke Indonesia melalui jasa Importir Umum (IU) karena ATPM Honda tidak merakitnya secara lokal.

Meski berada dalam segmen teratas sebagai Premium MPV, mobil ini memiliki banyak kemiripan dengan Honda Odyssey RB series yang notabene berada di bawah Honda StepWGN. Mulai dari fitur, mesin hingga rancang bangun. Namun kualitasnya jauh lebih baik dan juga fitur keselamatannya lebih lengkap. Maka tak heran jika Honda Elysion dinobatkan sebagai King of MPV oleh sebuah majalah otomotif Jepang saat itu karena mendapatkan nilai tertinggi terhadap kepuasan pengguna, biaya perawatan hingga nilai jual kembali. 

Untuk pasar Indonesia, mobil ini memiliki kiprah yang cukup panjang karena tidak mendapatkan model baru, melainkan hanya facelift di tahun 2008. Di pasar lokal, Honda Elysion menjadi penantang bagi Toyota Alphard Gen1VW Caravelle, Hyundai H-1 dan Nissan Elgrand E51. Sedangkan versi faceliftnya melawan Toyota Alphard Gen2 dan juga Nissan Elgrand Gen2. Penjualannya dihentikan di tahun 2013 dan sangat disayangkan sampai saat ini sosok penggantinya belum hadir di Indonesia. 

Eksterior Honda Elysion
Pada bagian eskteriornya, Honda Elysion menggunakan desain oval dengan tampilan body membulat hampir menyerupai sedan. Desain seperti ini memiliki kelebihan karena koefisien dragnya yang rendah dan (mungkin) terendah di kelasnya sehingga menciptakan aerodinamika yang berdampak pada hematnya konsumsi bahan bakar. Selain itu, ketika mobil melaju dalam kecepatan tinggi, stabilitas tetap terjaga.

Untuk bagian depannya, Honda Elyson prefacelift atau versi awal memiliki ciri khas pada desain grill berbentuk V dan lampu depan yang lekukannya menajam ke arah bawah. Tak lupa pula, ia diberikan sentuhan krom di beberapa bagian agar tampak mewah.
Eksterior Honda Elysion Prefacelift
Eksterior Depan Honda Elysion Prefacelift
Ketika memasuki masa facelift di tahun 2008, tampilan depan Honda Elysion mendapatkan sentuhan baru. Ukuran grill dibuat lebih besar dan berdampak pada kelancaran asupan udara terhadap ruang mesin. Lampu yang digunakan kini lebih besar serta tambahan lampu proyektor agar penerangan di malam hari menjadi lebih baik. Tak lupa pula, bentuk foglamp atau lampu kabut juga dirubah dari yang mulanya berbentuk bulat menjadi panjang dan pipih kayaknya foglamp Kijang Kapsul LGX.
Eksterior Honda Elysion Facelift
Eksterior Depan Honda Elysion Facelift
Berikut adalah tampilan dari bagian samping Honda Elysion. Dilihat sekilas memang tampak besar. Tapi dari dimensi sebenarnya, ia hanya lebih lebar sekitar 3 cm jika dibandingkan Honda Odyssey RA series dan 1 cm lebih panjang dari Toyota Camry Gen2. Namun jika dimensi tingginya, ya pasti lebih tinggi dari kedua mobil di atas. Kira-kira hampir sama dengan tinggi Toyota Harrier Gen2.
Eksterior Honda Elysion Prefacelift
Eksterior Samping Honda Elysion Prefacelift
Berikut adalah foto bagian samping dari Honda Elysion facelift. Dimensi panjangnya bertambah karena adanya pembengkakan area depan bonnet jika dibandingkan model sebelumnya. Untuk tampilannya,tidak jauh berbeda, model facelift telah dibekali dengan ornamen krom di sekitar handle pintu, serta perubahan model velg yang digunakan.
Eksterior Honda Elysion Facelift
Eksterior Samping Honda Elysion Facelift
Beralih ke bagian belakang, Honda Elysion dibekali dengan model stoplamp berbentuk sipit seperti halnya lampu depan. Ukuran kaca belakangnya pun terbilang besar. Dengan begitu, pandangan pengemudi untuk area belakang lebih luas meskipun mobil ini telah dilengkapi oleh kamera mundur sebagai kelengkapan standar.
Eksterior Honda Elysion Prefacelift
Eksterior Belakang Honda Elysion Prefacelift
Untuk area belakang Honda Elysion facelift, semuanya diberikan sentuhan baru. Mulai dari ukuran stoplamp yang lebih besar dengan tambahan garnish yang memanjang, perubahan posisi reflektor dan juga ukuran kaca yang lebih besar. Kemewahan juga lebih terasa berkat penambahan ornamen chrome di sekitar area plat nomor dan juga di bagian atas stoplamp.
Eksterior Honda Elysion Facelift
Eksterior Belakang Honda Elysion Facelift
Interior Honda Elysion
Melangkah ke dalam kabinnya, Anda akan menemukan sensasi yang sangat mewah dalam MPV bongsor ini. Jauh lebih mewah dari Alphard dan Elgrand sekalipun. Hal ini dapat dilihat pada lekukan dashboard dan kelengkapan yang menempel sebagai fitur standar. Contohnya ada pada konsol pengaturan di tengah dashboard. Tombolnya cukup banyak dan ada beberapa yang berbahasa Jepang. Jadi sebelum mengoperasikannya, Anda harus membaca buku petunjuk dulu agar tak salah tekan. Beberapa fitur yang ada dalam kabin Honda Elysion antara lain keyless entry and ignition, wooden panel, headunit double din dengan LCD monitor, audio switch control, AC Climate Control, sunroof (tergantung tipe), cruise control, electric door, dan masih banyak lagi yang belum disebutkan.
Interior Honda Elysion Prefacelift
Interior Honda Elysion Prefacelift
Foto di atas adalah contoh dari dashboard Honda Elysion prefacelift. Sedangkan yang dibawah untuk Honda Elysion facelift. Perubahannya hanya ada pada skema warna yang awalnya coklat tua menjadi abu-abu, panel silver dan juga wood panel yang lebih cerah.
Interior Honda Elysion Facelift
Interior Honda Elysion Facelift
Dari segi akomodasi, Honda Elysion mampu menampung hingga 7 dengan lega. Tapi jika dibandingkan dengan Alphard ataupun Elgrand, kabinnya terasa lebih sempit karena legroom dan headroom yang lebih kecil. Maklum saja, meskipun terlihat bongsor, tapi dimensinya tidak jauh berbeda dengan Odyssey. Selebihnya, Honda Elysion memiliki bagasi yang cukup untuk menampung barang bawaan Anda sehari-hari. 

Kinerja dan Performa Mesin Honda Elysion
Selama masa penjualannya, Honda Elysion hadir dalam tiga opsi mesin. Masing-masing berkapasitas 2.4 liter, 3.0 liter V6 dan 3.5 liter V6. Sayangnya, yang masuk ke Indonesia hanya ada 2 yakni 2.4 dan 3.0. Untuk varian mesin 2.4 liter berkode K24A i-VTEC, juga digunakan pada Honda Odyssey dan Honda CRV Gen2, memiliki tenaga maksimum sebesar 158 HP pada 5.500 RPM dan torsi puncak 218 Nm pada 4.500 RPM. Berikut adalah contoh foto mesin K24A yang ada pada Honda Elysion.
Foto Mesin Honda Elysion 2.4 Liter
Foto Mesin Honda Elysion 2.4 Liter
Mesin selanjutnya berkapasitas 3.0 liter V6 i-VTEC 24 katup dengan penambahan teknologi VCM (Variable Cylinder Management) guna memaksimalkan efisiensi bahan bakar. Teknologi ini memungkinkan untuk menonaktifkan 3 silinder mesin ketika tidak dibutuhkan seperti menuruni bukit. Ketika VCM aktif, lampu ECO pada panel instrumen akan menyala. Untuk urusan tenaga, mesin ini mampu menggenjot tenaga sebesar 247 HP pada 6.000 RPM dengan torsi puncak 309 Nm pada 5.000 RPM. Berbekal tenaga dan torsi yang lebih gahar, Honda Elysion dapat berakselerasi dari 0-100 km / jam di bawah 8 detik, cukup kencang untuk sebuah MPV.
Foto Mesin Honda Elysion 3.0 Liter
Foto Mesin Honda Elysion 3.0 Liter
Impresi dan Handling Honda Elysion
Berbicara mengenai impresi, pastinya semua akan setuju bahwa mobil ini memiliki interior yang lebih luxury jika dibandingkan Alphard. Meskipun memiliki space yang lebih kecil dari kompetitornya. Duduk di kursi pengemudi, Anda tidak akan merasakan sensasi sebuah MPV melainkan seperti menyetir sebuah sedan. Dapat dibuktikan ketika test drive dengan menaklukkan tikungan dalam kecepatan menengah. Sama sekali tidak ada gejala bodyroll atau limbung. Secara keseluruhan, disinilah daya tarik Honda Elysion, ia sangat cocok bagi Anda yang menyetir sendiri tanpa menggunakan jasa sopir. 

Untuk segi keamanan, MPV premium ini mengamankan rating 6 bintang pada tes tabrak oleh NASVA, yang menganugrahi Honda Elysion sebagai mobil penumpang paling aman yang pernah diproduksi oleh Jepang dalam kategori MPV mewah. 

Spesifikasi Honda Elysion
  • Mesin : K24A 2.4 liter i-VTEC (2.4) ; J30A 3.0 liter i-VTEC (3.0)
  • Konfigurasi : 4 silinder segaris 16 katup DOHC (2.4) ; V6 24 katup SOHC (3.0).
  • Tenaga : 158 HP @5.500 RPM (2.4) ; 247 HP @6.000 RPM (3.0).
  • Torsi : 218 Nm @4.500 RPM (2.4) ; 309 Nm @5.000 RPM (3.0).
  • Bore x stroke : 87 mm x 99 mm (2.4) ; 86 mm x 86 mm (3.0).
  • Rasio kompresi : 9.7:1 (2.4) ; 11.2:1 (3.0).
  • Konsumsi BBM : 5-7 km/L (dalam kota) ; 9-12 km/L (luar kota).
  • Transmisi : Matic triptonic 5 percepatan.
  • Suspensi : Depan MacPherson strut, belakang helical spring.
  • Rival : Toyota Alphard, VW Caravelle, Hyundai H-1 dan Nissan Elgrand E51.
  • Tahun Penjualan : 2004 - 2007 (prefacelift) ; 2008 - 2013 (facelift).

Harga Honda Elysion
  • Tahun 2004 : 150 juta.
  • Tahun 2005 : 165 juta.
  • Tahun 2006 : 185 juta.
  • Tahun 2007 : 200 juta.
  • Tahun 2008 : 320 juta.
  • Tahun 2009 : 330 juta.
  • Tahun 2010 : 345 juta.
  • Tahun 2011 : 360 juta.
  • Tahun 2012 : 390 juta.
  • Tahun 2013 : 430 juta.

Kelebihan Honda Elysion
  • Merk Honda.
  • Image mewah.
  • Eksterior dan interior modern.
  • Fitur sangat lengkap.
  • Slide door elektrik.
  • Handling presisi.
  • Kabin nyaman.
  • Tenaga besar.
  • Kabin luas.

Kekurangan Honda Elysion
  • Mahal.
  • Boros.
  • Kabin lebih sempit dari Alphard dan Elgrand.
  • Slide door elektrik rentan error.
  • Sparepart cukup mahal dan langka (3.0).
  • Harga jual sangat jatuh.

Demikian ulasan lengkap mengenai review spesifikasi, harga, serta keunggulan dan kelemahan Honda Elysion. Intinya, Honda Elysion sangat cocok bagi Anda yang tidak menggunakan jasa sopir. Handling presisi, interior mewah dan juga model eksterior yang unik pastinya akan menjadikan Anda sebagai pusat perhatian di jalan. Semoga membantu, baca juga :