Kelebihan dan Kekurangan Chevrolet Colorado

Kelebihan dan Kekurangan Chevrolet Colorado

Ulasan Spesifikasi dan Harga Chevrolet Colorado - Bila melihat perkembangan segmentasi mobil double cabin khususnya di ibukota besar, pertumbuhannya tergolong lesu bahkan sepi peminat. Sebab, segmen ini memang diperuntukkan sebagai sosok pekerja keras sehingga banyak terlihat di berbagai daerah pelosok yang banyak diberkahi sumber daya alam. Maka tak heran jika banyak ATPM yang bersaing untuk mengambil posisi sebagai market leader karena para calon pembeli merupakan perusahaan besar yang semakin berkembangan seiring waktu.

Salah satu pabrikan yang mengisi segmen ini adalah Chevrolet melalui produknya yang dinamakan Colorado. Chevrolet Colorado pertama kali dirilis pada tanggal 5 November 2011 di Thailand bertepatan dengan ulang tahun Chevrolet ke-100. Untuk rancang bangunnya, mobil ini menggunakan basis yang sama seperti Chevrolet Trailblazer yang berada dalam segmen SUV. Sama halnya yang berlaku antara Toyota Hilux dan Toyota Fortuner atau Mitsubishi Strada Triton dan Mitsubishi Pajero Sport.

Di pasar lokal, Chevrolet Colorado memiliki kembaran yakni Isuzu D-Max yang sekaligus menjadi rivalnya di dalam segmen yang sama. Tentunya, hal ini mengingatkan kita akan kerjasama yang dilakukan antara Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia ataupun Mazda BT-50 Gen1 dan Ford Ranger Gen2 beberapa tahun silam. Beberapa kompetitor lainnya antara lain Mitsubishi Strada TritonToyota Hilux, Isuzu D-Max Gen2, Ford Ranger Gen3 (T6), Nissan Navara Gen2, dan juga Mazda BT-50 Pro. Memasuki masa facelift, mobil ini mendapatkan rival baru yaitu Nissan Navara NP300, Mazda BT-50 Pro, dan All New Mitsubishi Triton.

Eksterior Chevrolet Colorado
Pada bagian depan, Chevrolet Colorado menggunakan desain sangar namun elegan sekaligus aerodinamis dengan ciri khas Chevrolet yakni grill dual port yang dikelilingi aksen chrome (LTZ). Untuk utamanya, Chevrolet Colorado telah dibekali oleh sepasang proyektor berukuran besar yang semakin mempertegas desain sangarnya tersebut. Khusus pada varian LTZ, sepasang foglamp berbentuk persegi dijadikan sebagai fitur standar guna membantu visibilitas pengemudi ketika kondisi pencahayaan kurang baik.
Eksterior Chevrolet Colorado
Eksterior Depan Chevrolet Colorado
Berikut adalah contoh foto bagian samping dari Chevrolet Colorado versi double cabin. Ruang kabin yang disediakan lebih besar jika dibandingkan varian extended cab alias kabin tambahan. Namun area bak belakang untuk varian extended cab jauh lebih panjang dari varian double cab. Karena wheelbase kedua varian adalah sama, tidak ada bedanya. Dari sisi ini, tampilan Chevrolet Colorado tampak sangat sylish, adanya sedikit lekukan di area belakang antara bak dan kabin membuatnya terkesan elegan.
Eksterior Chevrolet Colorado
Eksterior Samping Chevrolet Colorado
Sedangkan untuk bagian belakang, Cheverolet Colorado ini tampak sangat gagah. Dilihat sekilas, ia hampir mirip dengan Toyota Hilux Gen2 karena lampu skema dan dimensi stoplamp yang nyaris sama. Lantas bagaimana dengan daya angkutnya? Cukup lumayan. Dikarenakan ukuran bak belakangnya tergolong besar dibandingkan kompetitor lain sehingga dapat membuat banyak barang bawaan. Guna melindungi goresan terhadap area bak, Chevrolet juga turut membekali Colorado dengan drop in bed liner, yaitu lapisan yang terbuat dari material plastik berwarna hitam.
Eksterior Chevrolet Colorado
Eksterior Belakang Chevrolet Colorado
Interior Chevrolet Colorado
Saatnya memasuki area interior. Kesannya memang tidak terlalu wah karena yang dijual di Indonesia merupakan versi 'terjangkau' dari unit yang tersebar di beberapa negara ASEAN. Hal ini tampak pada penggunaan head unit dengan fitur terbatas tanpa adanya LCD monitor. Knop AC nya pun masih manual, belum menerapkan climate control. Meskipun begitu, hal ini memberikan nilai positif bagi sebagian orang yang suka menjelajahi area offroad karena perawatan komponen elektrikal ini menjadi lebih mudah dan murah. Bayangkan saja jika ia menggunakan part audio aftermarket yang harganya mahal, pasti dalam jangka waktu panjang akan rusak juga dan membutuhkan biaya perbaikan yang cukup merogoh kocek pula. 
Interior Chevrolet Colorado
Interior Chevrolet Colorado
Seperti yang tampak pada foto kabin Chevrolet Colorado di atas, terlihat bahwa seluruh area dashboard dibalut dengan skema warna gelap. Sangat cocok untuk sebuah mobil pekerja keras karena jika sewaktu-waktu Anda masuk ke kabin dalam keadaan kotor, noda-noda kecil akan tersamarkan. Untuk desainnya sendiri tergolong minimalis, tidak ada kesan mewah yang ditonjolkan kecuali pada area setir karena adanya fitur audio switch control serta knop pengganti sistem yang berupa penggerak model putar, bukan tuas layaknya kendaraan offroad lain.
Interior Chevrolet Colorado
Kabin Belakang Chevrolet Colorado
Tak lupa pula mengeksplorasi area kabin belakang. Sejatinya, double cabin ini mampu memuat hingga lima orang penumpang dengan cukup lega. Namun jangan harap kenyamanannya dapat menyerupai sebuah SUV. Hal ini dikarenakan jok belakang Chevrolet Colorado sama sekali tidak dapat diatur sesuai keinginan penumpang kecuali dilipat rata. Maklum saja, target market double cabin atau truk ringan ini memang bukan untuk penggunaan harian di dalam kota.

Kinerja dan Performa Mesin Chevrolet Colorado
Pada sektor dapur pacu, double cabin yang dirakit di Thailand ini disediakan dengan dua pilihan mesin. Untuk varian berpenggerak 4x2, menggunakan mesin diesel dengan turbo intercooler yang berkapasitas 2.5 liter dan mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga 150 HP pada putaran 3.800 RPM dan torsi puncak 350 Nm pada 2.000 RPM yang dibantu oleh transmisi manual 5 percepatan. 
Foto Mesin Chevrolet Colorado 2.5 Liter
Foto Mesin Chevrolet Colorado 2.5 Liter
Selanjutnya terdapat mesin diesel berkapasitas lebih besar yang juga mengandalkan turbo intercooler, yakni mesin Duramax 2.8 liter. Tenaga maksimumnya berada di angka 180 HP pada putaran 3.600 RPM dan torsi mencapai 470 Nm pada 2.000 RPM. Untuk varian mesin ini, disediakan dengan transmisi matic 6 percepatan. Sebagaimana ciri khas mesin diesel dengan teknologi injeksi CRDi, kedua mesin ini memiliki tenaga yang terbilang kecil, namun dengan torsi badaknya ini menjadi kunci utama untuk melahap area offroad ringan hingga menengah. 
Foto Mesin Chevrolet Colorado 2.8 Liter
Foto Mesin Chevrolet Colorado 2.8 Liter
Impresi dan Handling Chevrolet Colorado
Saatnya beralih ke sesi test drive. Ketika melaju pada aspal kurang mulus, suspensinya memberikan bantingan yang pas. Dalam artian tidak buruk dan juga tidak terlalu istimewa. Tapi jika dibandingkan dengan lawannya, suspensi Chevy Colorado ini tergolong sangat nyaman karena bagian belakang tidak memantul-mantul seperti double cabin pada umumnya. Hanya saja, gejala body roll kerap terasa ketika melewati tikungan. Untuk handlingnya pun tebilang pas. Feedback atau respon dari power steering dengan tipe rack pinion yang diusungnya ini nyaman digunakan sehingga tidak bergetar hebat ketika memasuki kecepatan tinggi. Khusus pada varian 2.8 L, Chevrolet turut membekali fitur untuk kestabilan berkendara seperti traction control, ESP, EBD hingga Brake Assist.  

Spesifikasi Chevrolet Colorado
  • Mesin : Duramax Diesel 2.5 liter dan Duramax Diesel 2.8 liter.
  • Konfigurasi : sama-sama DOHC 16-valve Turbo Intercooler CRDi.
  • Tenaga : 150 HP @3.800 RPM (2.5 L) ; 180 HP @3.600 RPM (2.8 L).
  • Torsi : 350 Nm @2.000 RPM (2.5 L) ; 470 Nm @2.000 RPM (2.8 L).
  • Bore x stroke : -
  • Rasio kompresi : - 
  • Konsumsi BBM : 7-9 km/L (dalam kota) ; 10-12 km/L (luar kota).
  • Transmisi : Manual 5 percepatan dan Matic 6 percepatan (khusus 2.8 liter)
  • Suspensi : Depan Independent double wihsbone, belakang per daun.
  • Rival : Isuzu D-Max, Mitsubishi Strada Triton, Toyota Hilux, Ford Ranger Gen3, Nissan Navara Gen2, dan juga Mazda BT-50 Gen2. 
  • Tahun Penjualan : 2012 - 2015.

Harga Chevrolet Colorado
  • Tahun 2012 : 150 - 180 juta.
  • Tahun 2013 : 170 - 210 juta.
  • Tahun 2014 : 190 - 240 juta.
  • Tahun 2015 : -

Kelebihan Chevrolet Colorado
  • Model gagah.
  • Dimensi besar.
  • Torsi sangat melimpah.
  • Mesin responsif.
  • Adanya dua pilihan jenis mesin.
  • Kabin depan cukup lapang.
  • Bak belakang luas.

Kekurangan Chevrolet Colorado
  • Image Chevrolet.
  • Bukan yang terbaik di kelasnya.
  • Fitur biasa saja.
  • Harga jual kembali melambung bebas.
  • Ketersediaan sparepart minim.
  • Konfigurasi jok belakang.
  • Transmisi matic agak lemot.

Demikian ulasan lengkap mengenai review spesifikasi, harga, serta keunggulan dan kelemahan Chevrolet Colorado. Bagi Anda yang mengidamkan sebuah double cabin dan ingin tampil beda, mungkin dapat mempertimbangkan untuk memilih mobil ini. Tapi jika bengkel yang dapat menangani Chevrolet di kota Anda masih minim, lebih baik mempertimbangkan pilihan lain. Semoga membantu. Baca juga :