Kelebihan dan Kekurangan Hyundai Atoz

Kelebihan dan Kekurangan Hyundai Atoz

Ulasan Spesifikasi dan Harga Hyundai Atoz - Berbicara mengenai city car memang tak ada habisnya. Awalya, segmen yang satu ini kurang mendapat perhatian publik karena kehadirannya masih terbilang masih singkat. Tercatat permainan city car dimulai pada awal tahun 1998 dan berbeda dengan hatchback yang ada di pasaran. Pasalnya, spesifikasi yang ditawarkan setiap pabrikan untuk produknya terbilang rendah dengan tenaga pas-pasan. Sehingga hanya cocok digunakan di perkotaan saja, mengingat yang target utama setiap pemain adalah efisiensi bahan bakar serta desain kompak.

Salah satu kandidat dalam segmen city car ini adalah Hyundai Atoz. Atoz yang merupakan produk asal Korea ini pertama kali hadir di Indonesia secara CBU di tahun 2000. Setahun setelahnya, PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI) memutuskan untuk merakit mobil ini di dalam negeri (CKD) dengan penyesuaian spesifikasi. Salah satunya adalah diameter antar baut pada roda yang awalnya 114,3 mm menjadi 100mm.

Beberapa varian yang hadir saat itu antara lain trim G, GLX dan GLS. Ketika Hyundai Atoz mendapatkan jatah facelift pada pertengahan tahun 2005, trim yang tersedia hanya GLX dan GLS. Perubahan paling kentara antara versi lama dan facelift new model ada pada lampu depan, bentuk foglamp, grill, serta panel instrumen kabin dengan warna dasar berupa putih. Disini, Atoz juga mendapatkan update mesin dengan pembengkakan kapasitas yang mulanya hanya 1000cc menjadi 1100cc.

Produksi Hyundai Atoz dihentikan di tahun 2008. Setelahnya digantikan oleh produk teranyar yang diberi nama Hyundai i10. Panjangnya masa produksi Atoz membuat daftar rivalnya menjadi kian banyak. Untuk model lama, kompetitornya antara lain Suzuki Karimun KotakDaihatsu Ceria, KIA Visto yang merupakan kembarannya sendiri, Chevrolet Spark 0.8, serta Cherry QQ. Sedangkan pesaing untuk model barunya facelift adalah Chevrolet Spark 1.0, KIA Picanto Cosmo, Suzuki Karimun Estilo dan juga Proton Savvy.

Eksterior Hyundai Atoz
Pada bagian luar, tampilan Hyundai Atoz terlihat sangat kental akan desain ala Korea yang pastinya cukup berbeda jauh dengan desain mobil dari pabrikan Jepang. Perbedaan ada pada lekukan meskipun dimensinya terbilang tidak terpaut jauh dengan para kompetitor. Sebagai contoh adalah dimensi Karimun Kotak, terlihat hampir sama. Hanya saja panjangnya berbeda karena Karimun Kotak memiliki dimensi terpanjang di kelasnya sebagai city car. 

Untuk bagian depan, Atoz diusung dengan headlamp membulat khas pabrikan Hyundai saat itu. Hal ini juga berlaku untuk grill tunggal memanjang dan juga bentuk bumper dengan lakukan membulat.
Eksterior Hyundai Atoz Prefacelift
Eksterior Depan Hyundai Atoz Prefacelift
Ketika facelift dilakukan, seluruh sektor eksterior bagian depan dari Atoz berubah total. Headlamp tak lagi berbentuk bulat namun berubah menjadi bentuk trapesium. Dilihat sekilas mengingatkan kita akan tampilan Suzuki Escudo Gen2. Tak hanya disitu, bumper juga turut direvisi ulang agar tampilannya menjadi lebih modern.
Eksterior Hyundai Atoz Facelift
Eksterior Depan Hyundai Atoz Facelift
Sedangkan pada bagian sampingnya, mobil kutu Korea ini terlihat sekilas memang terlihat bongsor karena dimensinya yang pendek tidak di dukung oleh panjang yang memadai. Tapi jika dibandingkan dengan city car jaman sekarang yang banyak masuk dalam segmen penjualan LCGC, Atoz jauh lebih besar dan pastinya ketersedian space dalam kabin juga lebih lega.
Eksterior Hyundai Atoz Prefacelift
Eksterior Samping Hyundai Atoz Prefacelift
Berikut adalah foto bagian samping dari Atoz facelift. Tak ada perubahan model baik itu lekukan atau garis pada bodi. Perubahan yang terlihat hanya ada pada model velg saja.
Eksterior Samping Hyundai Atoz Facelift
Beralih ke bagian belakang, Atoz memiliki ciri khas yakni stoplamp yang mengapit kaca belakang layaknya Daihatsu Taruna. Sebuah wiper juga turut dipasangkan mengingat model kacanya yang datar seringkali kotor ketika hujan ataupun cipratan debu dan kotoran dari ban.
Eksterior Hyundai Atoz Prefacelift
Eksterior Belakang Hyundai Atoz Prefacelift
Untuk Atoz facelfift, bagian belakang tidak ada perubahan dari model sebelumnya. Baik bumper, model lampu, dudukan plat nomor, hingga pintu.
Eksterior Belakang Hyundai Atoz Facelift
Interior Hyundai Atoz
Kesan sempit jika dilihat dari luar lantas sirna ketika memasuki kabin Hyundai Atoz. Kabinnya terasa sangat-sangat lapang berkat dimensi tingginya yang memang di atas rata-rata. Model dashboardnya yang ramping juga turut membantu ketersediaan ruang kaki untuk baris depan. Seluruh tombol diletakkan di bagian tengah sedikit ke bawah. Tepatnya di bawah kisi-kisi AC. Ketika mengemudi, tombol di dashboard rasanya agak sedikit sulit untuk difungsikan karena dapat mengganggu konsentrasi. Butuh pembiasaan bagi Anda yang baru memilih mobil ini sebagai tunggangan harian.
Interior Hyundai Atoz Prefacelift
Interior Hyundai Atoz Prefacelift
Foto di atas adalah contoh dari kabin Atoz model lama. Untuk Atoz facelift, pembaruan yang dapat terlihat kasat mata yakni adanya laci penyimpanan di dashboard sebelah kiri, seperti yang terlihat pada foto di bawah ini.
Interior Hyundai Atoz Facelift
Interior Hyundai Atoz Facelift
Secara keseluruhan, kabin Hyundai Atoz memang terkesan lapang dan nyaman. Namun tidak ditunjang oleh fitur penting lainnya seperti pengaturan ketinggian setir. Posisi setirnya juga terlalu tinggi dan kurang pas bagi pengemudi berbadan pendek. Kabar baiknya, visibilitas ke segala arah cukup baik. Sama sekali tidak terganggu oleh konstruksi body mobil.

Kinerja dan Performa Mesin Hyundai Atoz
Selama berkarir di dalam segmen city car, Hyundai Atoz dibekali dengan dua pilihan mesin. Mesin pertama berkapasitas 1.0 liter (1000cc) dengan tenaga maksimal hanya sebatas 55 HP pada putaran mesin 5.500 RPM dan torsi 82 Nm pada 3.100 RPM. Cukup kecil namun cukup baik karena menganut mesin 4 silinder, bukan 3 silinder seperti kebanyakan city car LCGC sekarang.
Foto Mesin Hyundai Atoz Prefacelift
Foto Mesin Hyundai Atoz Prefacelift
Mesin kedua digunakan pada Atoz facelift, disini terjadi pembengkakan kapasitas menjadi 1.1 liter (1100cc) sehingga tenaga melonjak menjadi 62 HP pada putaran 5.500 RPM dan torsi meningkat hingga 82 Nm pada 3.100 RPM. Bahkan mesin ini lebih irit dari mesin sebelumnya.
Foto Mesin Hyundai Atoz Facelift
Foto Mesin Hyundai Atoz Facelift
Satu hal yang menjadi Atoz kian unik adalah ia mengaplikasikan sistem multipoint injection 12 valve. Jumlah katup dan sistem injeksi menjadi keunggulan di pada jamannya karena para kompetitor masih ada yang mengandalkan karburator serta jumlah katup yang lebih sedikit. Selain itu, mobil ini juga terkenal irit, untuk penggunaan dalam kota mampu menembus angka 1:16 dan luar kota 1:20.

Impresi dan Handling Hyundai Atoz
Dibalik berbagai kekuranganya yang telah disebutkan di atas tersimpan sebuah nilai lebih lain pada Hyundai Atoz, yakni pengendalian dan manuvernya yang terbilang cukup bagus. Mobil kutu ini cukup stabil diajak ngebut di jalan lurus meskipun bodinya ringan. Bahkan cukup stabil ketika pengemudi membuat perubahan arah yang cepat dalam lingkungan kota yang seringkali dilanda kemacetan parah.

Spesifikasi Hyundai Atoz
  • Mesin : Epsilon G4HC 1.0 L SOHC (prefacelift) ; Epsilon G4HG 1.1 L SOHC (facelift).
  • Konfigurasi : 4 silinder segaris 12 katup (1.0) ; 4 silinder segaris 12 katup (1.1).
  • Tenaga : 55 HP @5.500 RPM (1.0) ;  62 HP @5.500 RPM (1.1).
  • Torsi : 82 Nm @3.100 RPM (1.0) ; 97 Nm @3.000 RPM (1.1).
  • Bore x stroke : 66 mm x 73 mm (1.0) ; 67 mm x 77 mm (1.1).
  • Rasio kompresi : 9.7:1 (1.0) ; 10:1 (1.1).
  • Konsumsi BBM : 14-16 km/L (dalam kota) ; 18-20 km/L (luar kota).
  • Transmisi : Manual 5 percepatan dan matic 4 percepatan.
  • Suspensi : Depan MacPherson Strut, belakang torsion beam axle.
  • Rival : KIA Visto, Suzuki Karimun Kotak, Daihatsu Ceria, Cherry QQ, dan Chevrolet Spark.
  • Tahun Penjualan : 2000 - 2004 (1.0) ; 2005 - 2008 (1.1).

Harga Hyundai Atoz
  • Tahun 2000 : 40 juta.
  • Tahun 2001 : 43 juta.
  • Tahun 2002 : 46 juta.
  • Tahun 2003 : 48 juta.
  • Tahun 2004 : 52 juta.
  • Tahun 2005 : 57 juta.
  • Tahun 2006 : 60 juta.
  • Tahun 2007 : 66 juta.
  • Tahun 2008 : 70 juta.

Kelebihan Hyundai Atoz
  • Dimensi kompak, mudah diparkir.
  • Sudah injeksi.
  • Fitur terlengkap di kelasnya.
  • Performa mesin lumayan.
  • Handling mumpuni.
  • Relatif nyaman untuk penggunaan harian.

Kekurangan Hyundai Atoz
  • Image Korea.
  • Mesin terasa berat ketika AC dinyalakan.
  • Raungan mesin di putaran menengah hingga atas.
  • Legroom belakang sempit.
  • Central lock dan power window sering macet
  • Bantingan kurang nyaman.
  • Perpindahan transmisi agak kasar.
  • Membutuhkan oktan tinggi, minimum pertamax.

Demikian ulasan lengkap mengenai review spesifikasi, harga, serta keunggulan dan kelemahan Hyundai Atoz. Minimalis, stabil, irit dan murah adalah alasan mengapa mobil ini sangat layak diburu. Apalagi bagi Anda yang sedang mencari tunggangan pertama bagi keluarga kecil. Baca juga :