Kelebihan dan Kekurangan Chevrolet Zafira

Kelebihan dan Kekurangan Chevrolet Zafira

Ulasan Spesifikasi dan Harga Chevrolet Zafira - Beberapa orang mungkin kurang tahun mengenai seluk beluk Chevrolet yang berada di bawah naungan General Motors yang berpusat di Amerika. General Motors atau sering disingkat dengan GM merupakan induk raksasa perusahaan otomotif yang memiliki merk mobil yang berbeda di seluruh dunia. Dalam hal ini cukup lumrah di dalam dunia otomotif. Sama halnya dengan Mini yang bernaung di bawah nama Mercedes-Benz.

Salah satu produk yang ditelurkan oleh GM adalah Zafira. Nama Zafira cukup terkenal di benua Eropa. Dijual dengan nama Opel Zafira di sebagian benua Eropa, Vauxhall Zafira khusus Inggris, Holden Zafira di Australia, dan terakhir Chevrolet Zafira yang dijual pertama kali di tanah air sejak tahun 2000 oleh PT General Motors Indonesia.

Ketika pertama kali dikenalkan kepada publik di penghujung 2000, Chevrolet Zafira hanya disediakan melalui varian matic tipe CD. Tepat di tahun 2001, hadir tipe yang sama namun transmisinya manual dan dijual bersamaan dengan varian matic. Di awal tahun 2002, Chevrolet kembali merilis Zafira varian baru yakni tipe GL yang bertengger di posisi paling bawah alias tipe standar dengan pemangkasan beberapa fitur. Untuk melengkapi lininya, akhirnya Chevrolet memproduksi varian tipe Elegance yang diposisikan sebagai tipe paling mewah. Pastinya dengan fitur tambahan yang tidak hadir pada tipe CD dan GL.

Sejak dipasarkan di pasar lokal, Chevrolet hanya dibekali oleh mesin berkapasitas 1.8 liter berkode Z18XE. Dengan mengandalkan body yang mampu mengangkut 7 penumpang, otomatis mobil ini masuk ke dalam segmen medium MPV yang diisi oleh Honda Stream, KIA Carens II dan Toyota Wish. Ketiganya menggunakan platform body yang sama yakni monokok. Sedangkan kompetitor lainnya yang berada dalam segmen yang sama namun platform body berbeda (ladder on frame) antara lain Mitsubishi Kuda, Toyota Kijang Kapsul dan Isuzu Panther. Setelah dipensiunkan di tahun 2005, segmen MPV yang sempat mengalami kekosongan akhirnya kembali diisi oleh Chevrolet melalui produk teranyarnya yakni Chevrolet Orlando di tahun 2011 pada ajang IIMS.

Eksterior Chevrolet Zafira
Dilihat pada bagian luarnya, Chevrolet Zafira tampil minimalis dengan mengusung headlamp berbentuk trapesium bersudut tajam yang dipotong oleh garis kap mesin. Tak seperti mobil tahun 2000an pada umumnya, Chevrolet Zafira menggunakan grill yang menyatu dengan kap mesin, sehingga ketika kap mesin diangkat, grill juga akan terangkat ke atas. Mirip mobil Eropa seperti BMW ataupun Mercedes-Benz. Sedikit ke area bawahnya, Zafira tak lupa dilengkapi oleh foglamp sebagai perlengkapan standar yang sangat berguna untuk melawan kabut ketika musim dingin atau hujan deras. 
Eksterior Chevrolet Zafira
Eksterior Depan Chevrolet Zafira
Memiliki dimensi panjang yang hanya 4,317mm menjadikan Chevrolet Zafira tampak lebih pendek dari Kijang Kapsul atau Mitsubishi Kuda. Tapi jangan biarkan ukuran eksterior mengecoh Anda, karena Chevrolet Zafira mobil yang tampak seperti hatchback ini memiliki garis ruang belakang yang cukup tinggi sehingga ruang yang tersedia bagi interior menjadi cukup panjang dan lega. Selain itu, dikarenakan menggunakan sasis monokok, lantai Zafira terlihat lebih rendah dari kompetitornya yang mengandalkan sasis ladder frame dan berimbas pada hadirnya headroom yang jauh lebih baik. 
Eksterior Chevrolet Zafira
Eksterior Samping Chevrolet Zafira
Beralih ke area belakang, Chevrolet Zafira tampak gagah berkat garis tegas yang ada di sekujur buntutnya. Dilihat sekilas hampir menyerupai desain Mitsubishi Grandis Chariot yang sayangnya hanya secara terbatas di Indonesia. Model yang seperti ini tidaklah membosankan, sehingga desainnya long lasting dan tidak termakan zaman.
Eksterior Chevrolet Zafira
Eksterior Belakang Chevrolet Zafira
Interior Chevrolet Zafira
Di usianya yang tidak terbilang muda lagi, interior Chevrolet Zafira masih terlihat menarik hingga sekarang. Cukup selaras dengan penampilan luarnya. Tapi sayangnya, Chevy Zafira memiliki kelemahan yakni head unit belum mampu mengakomodir tipe double DIN sehingga kesan modern pada dashboard sedikit terasa kurang lengkap. Terlebih lagi desain tombol pengaturan AC di dahboard yang terlalu menjorok keluar, walaupun dalam hal ini mudah dijangkau oleh pengemudi.
Interior Chevrolet Zafira
Interior Chevrolet Zafira
Satu hal yang menjadi keunikan dari interior Chevrolet Zafira selain kabin luas untuk 7 seater adalah pengaturan atau mekanisme pelipatan kursi yang disebut Flex 7. Pelipatan kursi menjadi benar-benar fleksibel karena kursi belakang dapat diatur rata dengan lantai untuk meningkatkan ruang bagasi. Hal yang sangat jauh lebih mudah daripada melepas kursi keluar. Dengan begitu, Anda dapat membawa barang bawaan yang cukup banyak untuk mudik ataupun perjalan keluarga keluar kota.
mekanisme pelipatan kursi Chevrolet Zafira
Mekanisme Pelipatan Kursi Chevrolet Zafira
Kinerja dan Performa Mesin Chevrolet Zafira
Untuk sektor dapur pacu, sayangnya Chevrolet Zafira hanya dibekali mesin tunggal yaitu mesin bensin berkapasitas 1.8 liter. Di luar negeri turut disediakan dengan mesin bensin 1.6 liter dan diesel 2.0 liter plus turbocharger. Tenaga maksimal yang mampu diproduksi oleh mesin 1.8 liter ini adalah 125 HP pada putaran 5.600 RPM dengan torsi puncak 170 Nm pada putaran 3.800 RPM. Meskipun mesin ini memiliki rasio kompresi sebesar 10.5:1, namun banyak pengguna yang menyarankan untuk menggunakan bahan bakar minimal pertamax atau BBM dengan kadar oktan yang lebih tinggi guna menghindari penumpukan sisa karbon di dalam ruang pembakaran. Karena sekali membongkar mesin Zafira, Anda harus merogoh kocek yang cukup dalam.
Foto Mesin Chevrolet Zafira
Foto Mesin Chevrolet Zafira
Impresi dan Handling Chevrolet Zafira
Dibalik desain timeless dan fleksibilitas dalam kabin, Chevrolet Zafira juga memiliki kekuatan lain yang mampu menyihir siapa saja yang mengemudikannya. Kekuatannya ada pada handling yang luar biasa. Dengan mengusung body MPV, mobil ini juga mampu melibas berbagai tikungan tanpa takut adanya gejala body roll. Hal ini disebabkan oleh penggunaan suspensi dengan setelah standar yang cukup pas dan juga karakter dari sasis monokok yang handal digunakan saat menikung.

Spesifikasi Chevrolet Zafira
  • Mesin : Z18XE Ecotec 1.8 liter.
  • Konfigurasi : 4 silinder 16 katup DOHC.
  • Tenaga : 125 HP @5.600 RPM.
  • Torsi : 170 Nm @3.800 RPM.
  • Bore x stroke : 80.5 mm x 88.2 mm.
  • Rasio kompresi : 10.5:1.
  • Konsumsi BBM : 7-8 km/L (dalam kota) ; 10-13 km/L (luar kota).
  • Transmisi : Manual 5 percepatan dan matic 4 percepatan.
  • Suspensi : Depan MacPherson Strut, belakang rigid axle twist beam.
  • Rival : Honda Stream, KIA Carens II, Toyota Wish, Mitsubishi Kuda, Toyota Kijang Kapsul dan Isuzu Panther.
  • Tahun Penjualan : 2000 - 2005.

Harga Chevrolet Zafira
  • Tahun 2000 : 40 juta.
  • Tahun 2001 : 40 juta.
  • Tahun 2002 : 45 juta.
  • Tahun 2003 : 52 juta.
  • Tahun 2004 : 56 juta.
  • Tahun 2005 : 65 juta.

Kelebihan Chevrolet Zafira
  • Harga terjangkau.
  • Mekanisme pelipatan kursi sangat fleksibel.
  • Kabin kedap suara.
  • Kapasitas kabin besar.
  • Handling cukup baik.
  • Minim bodyroll.
  • Bantingan nyaman.

Kekurangan Chevrolet Zafira
  • Kurang diminati.
  • Mekanisme kursi lipat lemah karena usia.
  • Desain pilar A mengganggu pandangan pengemudi.
  • Sparepart susah.
  • Biaya perawatan relatif mahal.
  • ECU dan koil kerap bermasalah.
  • Depresiasi harga cukup tinggi.

Demikian ulasan lengkap mengenai review spesifikasi, harga, serta keunggulan dan kelemahan Chevrolet Zafira. Dengan segenap kelebihan utama yang ada pada mobil ini, namun banyak calon konsumen merasa enggan meminang Chevy Zafira karena biaya perawatan yang cukup tinggi serta keterbatasan jaringan servis di kota kecil. Sementara bagi Anda yang tinggal di kota besar dan memiliki pendapatan dua kali lipat dari UMR, Topgir sangat menyarankan untuk memilih ini sebagai tunggangan harian. Semoga membantu. Baca juga :