Pilihan MPV / Mobil Keluarga 60-80 Jutaan

Pilihan MPV / Mobil Keluarga 60-80 Jutaan

Pilihan Mobil Keluarga 70 Jutaan - Mobil keluarga memang masih menjadi primadona di Indonesia. Banyak orang cenderung memilih mobil keluarga atau MPV ini adalah karena daya angkutnya yang kebanyakan dapat menampung lebih dari 7 orang dengan akomodasi barang yang cukup baik. Salah satunya adalah gencaran dari Toyota yang sangat menonjol dalam segmen MPV. Produknya seperti Avanza terkenal kurang nyaman, tapi penjualannya yang telah membukukan rekor hingga 1 juta unit adalah bukti bahwa pasar Indonesia membutuhkan mobil dengan daya angkut tinggi, bukan kenyamanan tinggi.

Sebelumnya, Topgir telah memilihkan beberapa kandidat yang masuk dalam segmen Pilihan Mobil Keluarga Bekas 50 Jutaan. Dengan sebesar itu, kebanyakan pemainnya memiliki rentang tahun produksi di bawah tahun 2008. Untuk itu, penulis kembali mencoba untuk menyajikan artikel mengenai Pilihan Mobil Keluarga Bekas 60 hingga 80 Jutaan atau tepatnya 70 Jutaan. Namun tidak salahnya jika Anda mempertimbangkan kembali beberapa Pilihan Sedan Bekas 70 Jutaan ataupun Pilihan Hatchback Bekas 70 Jutaan.

Seperti biasanya, penulis sangat merekomendasikan Anda sebagai calon konsumen untuk menyiapkan uang cadangan sebesar 5 jutaan hingga 10 jutaan guna peremajaan beberapa part yang berhubungan dengan kenyamanan mobil. Karena beberapa kandidat yang penulis pilihkan disini telah memasuki umur 5 tahun lebih, dimana titik rawan pergantian beberapa komponen penting. Langsung saja, berikut adalah pilihan yang telah dipersiapkan.

Toyota Kijang Kapsul Diesel tipe LSX 2003 (77 Jutaan)
Toyota Kijang Kapsul Modifikasi
Toyota Kijang Kapsul
Kijang Kapsul berhasil meraih peringkat pertama dalam artikel kali ini. Mobil sejuta umat jaman millenium ini merupakan generasi keempat dari keluarga Kijang yang meneruskan kiprah dari Kijang Grand Extra. Batu loncatan yang cukup besar ada pada Kijang Kapsul karena seluruh bentuk bodynya sudah membulat menyerupai lekukan kapsul sehingga orang menyebutnya Kijang Kapsul. Terdapat dua varian mesin yang dikenalkan yaitu bensin 1.8 liter dan diesel 2.4 liter. 

Varian mesin diesel lebih direkomendasikan karena perawatannya yang mudah dan torsi yang dihasilkan juga cukup melimpah. Terlebih lagi mesin ini dapat meminum diesel biasa karena tidak membutuhkan angka cetane number yang terlalu tinggi. Dengan menyiapkan budget kurang dari 80 juta, Anda dapat meminang Kijang Kapsul tipe LSX tahun 2003. Tipe ini merupakan model facelift atau varian terakhir dari Kijang Kapsul sebelum akhirnya digantikan posisinya oleh Toyota Innova. Dapat ditandai dengan mudah pada lampu depan dan lampu kabut yang lebih aerodinamis dibandingkan varian facelift pertama. Jika ingin fitur yang lebih lengkap, Anda hanya akan mendapatkan sebuah tipe LGX keluaran tahun 2000 hingga 2002. Ulasan lengkapnya dapat disimak pada artikel Spesifikasi dan Harga Toyota Kijang Kapsul LX, LSX, LGX, SX, SLX, SGX.

Isuzu Panther Touring 2002 (80 Juta)
Isuzu Panther Touring Dijual
Isuzu Panther Touring
Posisi kedua diisi oleh Isuzu yang terkenal dengan jargon sebagai rajanya diesel. Ya, sepanjang sejarah Isuzu, keluarga Panther sama sekali belum pernah dihadirkan dengan varian mesin bensin. Tercatat hanya ada sebuah model Panther yang menggunakan mesin bensin, hanya saja di rebadge sebagai Chevrolet Tavera. Hampir sama dengan Kijang Kapsul, pada model ini terjadi bantu loncatan yang cukup besar dibandingkan pendahulunya yakni Panther Hi Sporty. Dimana seluruh sektor dibenahi kecuali mesin. Karena mesin diesel berkapasitas 2.5 liter dengan kode 4JA1 ini terkenal anti rewel, tahan banting dan sangat-sangat irit. Sparepart pun tersedia hingga ke pelosok negeri. Maka tak salah jika Isuzu menggunakan jargon Rajanya Diesel. Ulasan lengkapnya dapat dilihat pada Spesifikasi dan Harga Isuzu Panther Touring.

Mitsubishi Kuda Grandia Diesel 2002 (70-75 juta)
Mitsubishi Kuda Grandia Dijual
Mitsubishi Kuda Grandia
Posisi selanjutnya diraih oleh Mitsubishi Kuda. Varian yang hadir cukup banyak, hampir sama dengan Kijang Kapsul di atas. Terdapat dua varian mesin dengan masing-masing pilihan sasis pendek dan sasis panjang. Namun lagi-lagi, penulis lebih merekomendasikan varian diesel dikarenakan kemudahan perawatan dan tersedianya sparepart. Komponen mesin diesel yang digunakan ini sama seperti Mitsubishi L300. Perbedaannya hanya ada pada blok silinder saja. 

Bermodalkan budget kurang dari 80 juta, Anda bisa memilih Kuda Grandia Diesel model facelift pertama. Dari seluruh keluarga Kuda, model seperti foto di atas yang paling enak dipandang dan paling awet. Silakan baca ulasan lengkapnya pada Spesifikasi dan Harga Mitsubishi Kuda.

Daihatsu Taruna Oxxy 2005 (75-80 Juta)
Daihatsu Taruna Oxxy Dijual
Daihatsu Taruna Oxxy
Daihatsu Taruna hanya mampu meraih posisi keempat. Meski berada di segmen SUV, namun Taruna sangat cocok disandingkan dengan mobil lain yang memangsa segmen MPV. Hal ini terlihat dari banyaknya pertanyaan yang meminta rekomendasi antara Taruna melawan Kijang, Panther dan Kuda. Mobil ini juga hadir dengan varian sasis pendek dan panjang. Perbedaannya dapat dikenali dengan mudah pada bentuk kaca samping baris ketiga. 

Daihatsu Taruna hanya hadir dengan mesin bensin persis seperti Daihatsu Feroza. Varian terakhir dinamakan Taruna Oxxy dengan perubahan kapasitas 1.5 liter dan teknologi EFI (Electric Fuel Injection) alias injeksi elektronik. Mesin ini bebas dari mogok meskipun tergenang banjir. Tidak sama seperti model sebelumnya yakni varian bermesin injeksi 1.6 liter yang rawan mogok karena delco berkerak akibat cipratan air dari bawah. Selengkapnya telah diulas pada artikel Spesifikasi dan Harga Daihatsu Taruna.

Suzuki APV Arena GX 2008 (65-75 juta)
Suzuki APV Arena Modifikasi
Suzuki APV Arena
Posisi kelima diisi oleh Suzuki APV Arena. Pembaruan dari model sebelumnya memang tidak terlalu kentara. Meski lahir sebagai model baru, namun ia hanya membawa spesifikasi facelift dengan penambahan beberapa fitur penunjang kenyamanan kabin. Penggunaan mesin bensin 1.5 liter yang cukup irit membuat calon konsumen terpikat. Mesinnya pun tergolong bandel dan mampu menenggak bensin berkualitas biasa. Untuk urusan sparepart, Suzuki sangat terkenal berkat jaringan 3S yang tersebar dengan harga yang terjangkau. Sebelumnya telah diulas pada Spesifikasi dan Harga Suzuki APV Arena

Honda Stream 1.7 tahun 2003 (65-75 Juta)
Honda Stream Modifikasi VIP
Honda Stream
Honda juga pernah berinovasi di tanah air setelah tahun millenium dengan mengenalkan Honda Stream yang manyasar ke segmen MPV medium. Dikenalkan bersamaan dengan Honda Odyssey Gen2 di posisi MPV kelas atas. Untuk lebih jelasnya, posisi market yang diusung kira-kira begini, Stream adalah Honda Civic VTi versi MPV dan Odyssey adalah Honda Accord VTi versi MPV. Karena biaya perawatan mobil ini yang bisa dikatakan mahal untuk kaum menengah, akhirnya peminat Honda Stream menjadi berkurang dan banyak beralih ke Nissan Grand Livina. Selengkapnya telah diulas pada Spesifikasi dan Harga Honda Stream.

KIA Carens II 2007 (65-70 Juta)
KIA Carens II Dijual
KIA Carens II
KIA juga turut menjadi partisipan melalui produknya yang dinamakan KIA Carens II. Berada dalam segmen MPV yang posisinya di bawah KIA Carnival dan Sedona, mobil ini terlihat hampir menyerupai sebuah hatchback karena dimensi bodynya yang mungil. KIA Carens II sering digadang-gadang sebagai kompetitor abadi dari Chevrolet Zafira yang harganya jauh lebih murah. Karena jaringan 3S pabrikan asal Korea terkenal minim akhirnya memaksa nama Carens II tenggelam seiring berjalannya waktu. Silakan baca ulasan lengkapnya pada Spesikasi dan Harga KIA Carens II.

Demikian beberapa kandidat yang masuk dalam kategori Pilihan MPV / Mobil Keluarga 60-80 Jutaan. Beberapa mobil yang mengusung body boxy sengaja tidak dimasukkan kali ini karena kebanyakan lebih cocok dijadikan sebagai pekerja keras. Bukan mobil keluarga. Atau jika budget yang Anda sediakan kurang, maka Anda juga dapat memilih beberapa mobil yang telah kami sajikan dalam artikel :