Pilihan MPV / Mobil Keluarga 40-60 Jutaan

Pilihan MPV / Mobil Keluarga 40-60 Jutaan

Pilihan Mobil Keluarga 50 Jutaan - Berbicara mengenai segmen mobil bekas khususnya MPV atau mobil keluarga. Pastinya akan selalu menarik untuk dibahas. Salah satunya yang berada dalam rentang harga 40 hingga 60 jutaan atau lebih tepatnya di angka 50 jutaan. Sebab, pasar ini masih sangat bengkak meski terus digempur oleh berbagai mobil LCGC yang banyak mengusung body hatchback dalam bentuk city car alias mobil kutu. 

Kepopuleran ini memang sangat sulit untuk dielakkan. Segmen MPV atau mobil keluarga telah mendarah daging di Indonesia sejak Toyota Kijang Buaya dikenalkan di tahun 80-an. Muat banyak dan harga murah adalah alasan utama dibalik semuanya. Di rentang harga yang sama, banyak orang yang bimbang untuk memilih antara mobil keluarga, hatchback atau sedan. Disini, Topgir telah menyediakan artikelnya secara lengkap. Dapat Anda baca pada Pilihan Hathback 50 Jutaan atau Pilihan Sedan 50 Jutaan.

Kembali ke topik. Memilih mobil bekas memang alternatif terbaik daripada menggunakan jasa leasing untuk meminang mobil baru. Karena, hasil keringat Anda tidak terbuang cuma-cuma hanya untuk keuntungan pihak leasing yang diperoleh dari angsuran bunga setiap bulannya. Namun, harap menyediakan budget lebih sekitar 5 hingga 10 jutaan untuk biaya peremajaan part penting yang berhubungan dengan kenyamanan seperti suspensi atau pendingin kabin. Berikut adalah beberapa pilihan mobil keluarga yang bisa Anda dapatkan antara 40 dan 60 jutaan. 

Toyota Kijang Kotak tipe Grand Extra 1996 (50-60 Juta)
Toyota Kijang Grand Extra Dijual Murah
Toyota Kijang Grand Extra
Siapa yang tak kenal Kijang Kotak? MPV kebanggaan Toyota ini adalah kandidat terkuat untuk memenuhi posisi pertama. Sebagai generasi ketiga dari seluruh keluarga Kijang yang pernah hadir di Indonesia, Kijang Kotak mendapatkan mendapatkan penyempurnaan di seluruh sektor jika dibandingkan pendahulunya, Kijang Doyok. Mulai dari pembaruan teknologi Pressed Body yang bebas dempul dari pabrikan, mesin, sasis, suspensi hingga kelengkapan fitur.

Dengan harga mulai 55 hingga 60 juta, Anda bisa mendapatkan tipe Grand Extra SGX. Karena tipe ini memiliki fitur terlengkap yang tak hadir di Kijang Super yaitu power window untuk kedua kaca depan, power steering, velg alloy, serta AC double blower. Lantas mengapa harus SGX? Sebenarnya masih ada tipe LGX yang dimensinya lebih panjang. Tapi tipe LGX kurang disukai, jauh berbeda dengan Kijang Kapsul dimana tipe LGX lebih dominan dibandingkan SGX. Untuk ulasan lengkapnya, Anda dapat membaca pada artikel Spesifikasi dan Harga Toyota Kijang Kotak.

Suzuki APV tipe X tahun 2006 (60 juta)
Suzuki APV tipe X Dijual
Suzuki APV
Posisi selanjutnya diisi oleh Suzuki APV. Bentuk panjang dan tinggi menjadikannya sangat ideal untuk digunakan ke luar kota. Kenyamanannya jauh lebih baik dari Kijang di atas. Terlebih lagi fitur kelistrikan penting yang hadir dalam kabinnya juga lebih banyak. Dengan mengadopsi mesin injeksi berkapasitas 1.5 liter, catatan konsumsi bahan bakarnya pun bisa dikatakan cukup irit.

Untuk perawatan, Suzuki APV sudah terkenal gampang dan sparepartnya mudah ditemukan dengan harga murah. Satu-satunya yang menjadi kelemahan APV ini hanya pada model eksteriornya yang aneh. Ulasan lengkapnya ada pada Spesifikasi dan Harga Suzuki APV.

Suzuki Carry Futura 1.5 Minibus 2007 (45-60 Juta)
 Suzuki Carry Futura 1.5 Minibus Dijual
 Suzuki Carry Futura Minibus
Posisi ketiga ditempati oleh Carry Futura Minibus. Mobil ini identik sebagai pekerja keras karena imagenya memang sudah terkenal sejak moyangnya dikenalkan di tahun 80-an. Walau mengugunakan basis dari sebuah pickup, Carry Futura masih sangat layak dijadikan pilihan. Sparepart tersebar hingga ke jaringan bengkel kecil adalah kekuatan utama mengapa mobil ini cukup mudah ditemukan di daerah pelosok.

Mengenai kelemahanannya, Suzuki Carry masih minim fitur kabin seperti power window. Baris kedua sebelah kanannya pun tidak ada pintu. Sehingga akses keluar masuk baris kedua hanya dapat melalui pintu sebelah kiri. Selengkapnya dapat Anda baca pada Spesifikasi dan Harga Suzuki Futura.

Daihatsu Espass Minibus 2006 (45-55 Juta)
Daihatsu Espass Minibus Dijual
Daihatsu Espass Minibus
Daihatsu Espass berada di posisi keempat. Musuh bebuyutan dari Suzuki Futura ini memiliki nilai lebih karena adanya pintu di sebelah kanan. Untuk fiturnya kurang lebih sama. Karena Espass memang segmennya lebih ditujukan sebagai pekerja keras. Banyaknya unit Espass yang dijadikan angkot adalah bukti dari kehandalan mesinnya yang tak perlu diragukan lagi. Ulasan lengkapnya sudah pernah diulas pada Spesifikasi dan Harga Daihatsu Espass.

Chevrolet Zafira 2002 (50-60 juta)
Chevrolet Zafira Modifikasi Dijual
Chevrolet Zafira
Jika semua kandidat di atas berasal dari Jepang, maka posisi kelima diisi oleh brand asal Amerika di bawah naungan General Motors yang diberi nama Chevrolet Zafira. Mobil dengan kenyamanan super dan fitur terlengkap ini juga cukup layak dipinang bagi Anda yang tinggal di ibukota besar. Tapi kurang cocok bagi yang tinggal di pelosok karena sparepartnya sulit dicari dan harus indent dengan harga yang lumayan merogoh isi dompet. Hadirnya komunitas Zafira Indonesia Community sebagai wadah sharing bagi setiap pengguna Chevy Zafira juga siap membantu Anda yang ingin mencari mobil ini dalam kondisi prima. Ulasan lengkapnya dapat dibaca pada Spesifikasi dan Harga Chevrolet Zafira.

KIA Carnival Diesel 2002 (50 Jutaan)
KIA Carnival Modifikasi
KIA Carnival
Posisi keenam ditempati oleh KIA Carnival. Terdapat dua varian mesin yang dikenalkan yaitu bensin diesel. Varian diesel lebih direkomendasikan karena torsinya yang melimpah, perawatannya sedikit lebih mudah dan lebih irit bahan bakar. Image banyak penyakit yang disandangnya menjadikan para calon konsumen enggan untuk memilih mobil ini. Padahal fitur kabinnya sangatlah lengkap jika dibandingkan kandidat lain dalam artikel ini. Mulai dari adanya sunroof, mesin turbo, AC triple blower, kursi captain seat, serta kabin luas. Ulasan lengkapnya ada pada Spesifikasi dan Harga KIA Carnival.

Hyundai Trajet GLS 2004 (55-60 juta)
Hyundai Trajet Dijual Murah
Hyundai Trajet
Hyundai juga pernah memproduksi MPV berkualitas di era millenium. Dinamakan Trajet, yang diposisikan sebagai medium MPV guna melawan KIA Carnival, Honda Odyssey dan Nissan Serena C24. Fitur yang dibawanya memang tak selengkap Carnival tapi pembukuan rekor penjualannya jauh lebih baik. Buktinya, mobil ini terus diproduksi hingga awal tahun 2008, tepat sebelum posisinya digantikan oleh Hyundai H1 di akhir tahun yang sama. Selengkapnya dapat dibaca pada artikel Spesifikasi dan Harga Hyundai Trajet.

Demikian beberapa kandidat yang masuk dalam kategori Pilihan MPV / Mobil Keluarga 40-60 Jutaan. Jika memiliki sedikit duit lebih, Anda dapat memilih beberapa mobil yang telah kami sajikan dalam artikel :