Kelebihan Kekurangan Toyota Corolla GL & SE Saloon

Kelebihan Kekurangan Toyota Corolla GL & SE Saloon

Ulasan Spesifikasi dan Harga Toyota Corolla GL dan SE - Dalam artikel kali ini, Topgir akan membawa Anda kembali mengenang atau sekedar bernostalgia dengan sedan yang cukup prestisius di jamannya, yaitu Corolla GL dan SE. Mobil ini merupakan generasi ke-5 dari seluruh keluarga Corolla yang pernah di produksi di dunia. Pertama kali dikenalkan di tahun 1983 hingga 1987 guna menggantikan kehadiran Toyota Corolla DX yang telah mengukir sejarah panjang. Perubahan besar di kalangan sedan Toyota dimulai disini, karena sistem penggeraknya telah beralih ke bagian depan (FF / front engine front wheel), sedangkan Corolla sebelumnya masih mempertahankan sistem penggerak roda belakang (FR / front engine rear wheel).

Selama peredarannya di tanah air, terdapat dua tipe yang dikenalkan kepada publik. Yang pertama dinamakan Corolla GL dengan kode AE80 dan kedua Corolla SE Saloon dengan kode EE80. Corolla GL dijual hingga tahun 1985 lalu digantikan oleh Corolla SE setahun kemudian yang dijual hingga 1987 saja. Perbedaan Corolla GL dan SE Saloon paling besar ada dibalik kap mesin, dimana tipe GL bermesin 2A dan tipe SE bermesin 2E. Pada saat itu, Corolla 5th gen ini menjadi pesaing bagi Honda Civic Wonder dan Mitsubishi Lancer Fiore.

Eksterior Toyota Corolla GL dan SE Saloon
Pada bagian eksterior, seluruh varian Corolla gen5 membawa desain mengkotak di setiap bagian. Di bagian depan, ia dibekali dengan fascia yang juga mengkotak, terutama di headlamp, grill hingga bumper. Berikut adalah contoh dari eksterior Corolla GL dengan ciri khasnya yaitu grill horizontal berwarna hitam yang disisipkan sebuah logo Toyota jadul di bagian tengah.
 Eksterior Toyota Corolla GL
 Eksterior Depan Toyota Corolla GL
Terdapat perbedaan eksterior antara Corolla GL dan SE Saloon. Berikut adalah contoh foto eksterior Corolla SE Saloon. Dilihat sekilas memang hampir sama, bedanya ada pada desain grill berbentuk sarang tawon yang dilapisi krom sehingga tampak lebih mewah. Untuk logo masih sama seperti tipe GL. Selanjutnya, lampu sudut kepunyaan tipe SE Saloon terlihat lebih panjang dibandingkan tipe GL.
Eksterior Toyota Corolla SE Saloon
Eksterior Depan Toyota Corolla SE Saloon
Sedangkan pada sisi kiri dan kanan, tidak ada perbedaan kasat mata. Garis silhouttenya masih tetap mengkotak yang menandakan ciri khas mobil angkatan 80-an.
Eksterior Toyota Corolla GL dan SE
Eksterior Samping Toyota Corolla GL dan SE
Beralih ke bagian belakang, keduanya menggunakan stoplamp berbentuk trapesium dengan ukuran jumbo yang sangat mirip dengan sport car Toyota MR2 Mk1. Disini juga terdapat perbedaan antara Corolla GL dan SE Saloon yang tidak terlalu jauh berbeda. Buntut Corolla GL disematkan sepasang lampu nomor berukuran kecil sehingga terlihat ruang kosong antara bagasi dan lampu belakang.
Eksterior Toyota Corolla GL
Eksterior Belakang Toyota Corolla GL
Sedangkan Corolla SE Saloon telah dibekali oleh garnish penutup bagasi berwarna hitam yang menyatu dengan lampu plat nomor dan nyambung ke arah stoplamp. Sehingga ruang kosong seperti di atas tidak lagi terlihat bahkan terkesan lebih manis. Untuk bumper bentuknya juga sama persis dengan tipe GL. Berikut adalah contoh fotonya.
Eksterior Toyota Corolla SE Saloon
Eksterior Belakang Toyota Corolla SE Saloon
Interior Toyota Corolla GL dan SE Saloon
Ketika memasuki area kabin dari Corolla 5th gen, lupakan akan semua teknologi canggih yang telah hinggap di mobil sedan Eropa sejak era 80-an. Karena kabinnya terkesan biasa saja dan sama sekali tidak ada teknologi kelistrikan pembantu seperti electric mirror ataupun power window, ia hanya membawa fitur AC saja. Namun dibalik semua itu, berbekal desain dashboard mengkotak dan komponen pendukung lainnya yang jadul menjadikan tampilan interior keduanya terlihat klasik.
Interior Toyota Corolla GL & SE Saloon
Interior Toyota Corolla GL & SE Saloon
Kinerja dan Performa Mesin Toyota Corolla GL dan SE Saloon
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, generasi ke-5 dari Corolla ini hadir melalui dua tipe mesin dengan konfigurasi yang berbeda. Mesin yang dicangkokkan di Corolla GL berupa mesin 2A bertenaga maksimum 65 HP pada 6.000 RPM dan torsi 98 Nm pada 3.800 RPM. Mesin ini masih mengandalkan 8 katup. Selanjutnya, mesin yang hampir mirip dengan Corolla DX ini dipensiunkan sejak kehadiran Corolla SE Saloon. 
Foto Mesin Toyota Corolla GL
Foto Mesin Toyota Corolla GL
Sedangkan untuk Corolla GL mengadopsi mesin 2E yang juga berkapasitas sama namun telah menerapkan jumlah katup 16 klep. Tenaga maksimum yang mampu dihasilkan berupa 72 HP pada 6.200 RPM dan torsi puncak 103 Nm pada 4.200 RPM. Mesin ini juga turut digunakan pada Toyota Starlet Kotak 1.3 sehingga sparepart dapat saling disubstitusi antara satu sama lain. Kedua jenis mesin di atas yang dipergunakan keduanya masih menerapkan sistem karburator yang terkenal sangat murah dalam hal perawatan.
Foto Mesin Toyota Corolla SE Saloon
Foto Mesin Toyota Corolla SE Saloon
Impresi dan Handling Toyota Corolla GL SE Saloon
Berada di balik kemudi Corolla GL ataupun SE memang tidaklah terlalu istimewa mengingat keduanya belum dibekali oleh salah satu fitur terpenting yaitu power steering. Namun mobil ini cukup dikendalikan berkat setirnya yang enteng. Dikarenakan bobot mobil ini cukup ringan, hanya 850 kg saja. Artinya, bobotnya hampir sama dengan Starlet Kotak yang notabene lebih ringan karena tidak ada ruang bagasi layaknya sebuah sedan di area belakang. 

Salah satu yang patut diketahui oleh Anda yang membaca artikel ini adalah Corolla GL atau SE sedan Toyota pertama yang menggunakan sistem penggerak roda depan. Banyak pengguna sebelumnya yang mengeluh karena komponen kaki-kaki mobil ini sangatlah lemah. Kemungkinan besar adalah desain di bagian kaki-kaki ini belum maksimal karena Toyota pada saat itu belum berpengalaman dalam membuat sedan berpenggerak roda depan. Sehingga mobil ini seringkali di cap sebagai mobil produksi gagal. Kabar baiknya, semua part yang terkenal lemah dan rentan rusak itu dijual dengan harga yang sangat terjangkau bagi kalangan pencinta mobil tua.

Spesifikasi Toyota Corolla GL & SE Saloon
  • Mesin : 2A karburator 1.3 liter (GL) ; 2E karburator 1.3 liter (SE).
  • Konfigurasi : 4 silinder segaris 8 katup SOHC (GL) ; 4 silinder segaris 12 katup SOHC (SE).
  • Tenaga : 65 HP @6.000 RPM (GL) ; 72 HP @6.200 RPM.
  • Torsi : 98 Nm @3.800 RPM (GL) ; 103 Nm @4.200 RPM (SE).
  • Bore x stroke : 76 x 71.4 mm (GL) ; 73 x 77.4 mm (SE).
  • Rasio kompresi : 9.3:1 (GL) ; 9.5:1 (SE).
  • Konsumsi BBM : 10-12 km/L (dalam kota) ; 13-17 km/L (luar kota).
  • Transmisi : Manual 5 percepatan 
  • Suspensi : 
  • Rival : Honda Civic Wonder dan Mitsubishi Lancer Fiore.
  • Tahun Penjualan : 1983-1985 (GL) : 1986-1987 (SE).

Harga Toyota Corolla GL & SE Saloon
  • GL Tahun 1983 : 12 juta.
  • GL Tahun 1984 : 14 juta.
  • GL Tahun 1985 : 16 juta.
  • SE Tahun 1986 : 20 juta.
  • SE Tahun 1987 : 23 juta.

Kelebihan Toyota Corolla GL & SE Saloon
  • Konsumsi BBM irit.
  • Sparepart mudah, murah dan tersebar..
  • Akselerasi cukup baik untuk seukuran mobil tua.
  • Bobot bodi ringan.
  • Cukup tahan terhadap karat jika dibandingkan dengan rivalnya.
  • Setir enteng walau tanpa power steering.

Kekurangan Toyota Corolla GL & SE Saloon
  • Desain eksterior cenderung jelek.
  • AC kurang dingin
  • Kaki-kaki ringkih dan lemah.
  • Pompa bensin sering macet.
  • Tidak ada power steering.
  • Harga jual kembali lebih rendah dari Corolla DX.
  • Beberapa part body sudah mulai langka.
  • Tidak ada sejarah membanggakan di ajang motorsport jaman dulu.

Demikian ulasan lengkap mengenai review spesifikasi, harga, serta keunggulan dan kelemahan Toyota Corolla GL & SE Saloon. Sebenarnya, sedan yang pernah menyandang gelar sebagai produk gagal ini cukup layak untuk dipinang jika Anda mendapatkan unit yang bagus. Jika tidak, kami lebih menyarankan memilih Corolla DX, selain banyak peminatnya, DX juga cukup tenar di dunia modifikasi retro hingga dunia balap. Baca juga :