Kelebihan Kekurangan Mazda 323 Elite dan Trendy

Kelebihan Kekurangan Mazda 323 Elite dan Trendy

Ulasan Spesifikasi dan Harga Mazda 323 Elite & Trendy - Membicarakan perkembangan sedan di Indonesia seakan tak ada habisnya. Indonesia yang terkenal sebagai salah satu negara berkembang memang menjadi pasar empuk bagi berbagai Brand otomotif mengingat penduduknya yang juga sangat padat. Sehingga membuat para pencipta kendaraan berpikir agar bagaimana produknya dapat diterima oleh masyarakat. Begitupun yang dilakukan oleh Mazda di era 80-an dimana sebagian produknya yang berbasis sedan dan hatchback sangat akrab di telinga masyarakat pada waktu itu.

Keluarga Mazda 323 Elite merupakan genre dari sedan kecil dan hatchback kecil yang pertama kali beredar di tanah air pada tahun 1985 sedangkan Trendy hadir di tahun 1988. Keduanya hadir dalam konfigurasi body sedan dan hatchback dengan menggunakan kode body BF. Produksi dari seri ini dihentikan di tahun 1989, dimana kiprah Mazda Elite / Trendy sedan dilanjutkan oleh Mazda Interplay dan Mazda Elite / Trendy hatchback dilanjutkan oleh Mazda Astina. Karena body yang diusungnya berbeda, mobil ini memiliki rivalnya masing-masing. Varian sedan melawan Toyota Corolla GL, Daihatsu Charade Classy, dan Honda Civic Wonder sedangkan varian hatchback menjadi pesaing bagi Toyota Starlet Kotak, Suzuki Forsa, Daihatsu Charade CX/Winner dan Honda Civic Wonder Hatchback.

Pada saat itu, Ford selaku brand raksasa asal Amerika memiliki saham yang besar pada Mazda. Oleh karenanya, Ford juga meracik mobilnya sendiri yang berbasiskan dari keluarga Mazda 323 yang dinamakan Ford Laser. Torehan gelar terbaik yang pernah diraih oleh keluarga Mazda 323 cukup banyak karena fitur dan teknologi yang disematkan bagaikan mendahului jamannya.

Eksterior Mazda 323 Elite dan Trendy
Pada bagian luar, eksterior keduanya terlihat menarik dan mampu bertahan hingga sekarang jika dibandingkan dengan para kompetitor yang kebanyakan modelnya terlihat usang. Meskipun diproduksi dalam periode yang sama, namun eksterior model sedan justru terkesan lebih manis. Pada varian sedan, headlamp yang digunakan terdapat sedikit potongan di samping grill sehingga tidak membentuk persegi panjang. Di bumpernya, terdapat lampu sein tambahan yang diletakkan tepat di bawah lampu utama. 
Eksterior Mazda 323 Elite dan Trendy Sedan
Eksterior Depan Mazda 323 Elite dan Trendy Sedan
Sedangkan tampilan depan untuk varian hatchback terkesan lebih jadul. Tampak dari headlamp berbentuk persegi. Selebihnya, bumper, grill dan model bonnet masih sama dengan varian sedan. Tidak jauh berbeda.
Eksterior Mazda 323 Elite dan Trendy Hatchback
Eksterior Depan Mazda 323 Elite dan Trendy Hatchback
Perbedaan yang paling kentara ada pada eksterior bagian samping. Varian sedan jelas unggul karena adanya bagasi belakang. Potongan bagasi di pilat C dari bagian body pun lebih enak dilihat.
Eksterior Mazda 323 Elite dan Trendy Sedan
Eksterior Samping Mazda 323 Elite dan Trendy Sedan
Untuk yang varian hatchback, jujur saja model sampingnya terasa membosankan. Terlebih lagi pada potongan pilar C yang terlalu landai ke belakang. Meskipun tujuan utamanya agar kapasitas bagasi menjadi lebih besar, namun tetap saja terlihat jelek.
Eksterior Mazda 323 Elite dan Trendy Hatchback
Eksterior Samping Mazda 323 Elite dan Trendy Hatchback
Beralih ke sisi belakang, Mazda 323 Elite / Trendy sedan mengusung stoplamp model persegi. Model prefacelift dan facelift dapat dibedakan disini. Untuk model prefacelift masih mempertahankan lampu sein bewarna orange dan untuk versi facelift mengadopsi mika sein bening. Berlaku juga varian hatchback. Hal yang menarik dari sedan ini adalah hadirnya sebuah wiper yang sudah jelas sangat jarang digunakan pada sedan masa kini.
Eksterior Mazda 323 Elite dan Trendy Sedan
Eksterior Belakang Mazda 323 Elite dan Trendy Sedan
Sedangkan pada varian hatchback, stoplamp yang diusung menggunakan model yang hampir sama seperti lampu utama varian sedan dengan adanya potongan diujung lampu. Sayangnya, kesan yang ditawarkan juga terasa kurang menarik dari versi sedannya.
Eksterior Mazda 323 Elite dan Trendy Hatchback
Eksterior Belakang Mazda 323 Elite dan Trendy Hacthback
Interior Mazda 323 Elite dan Trendy
Masuk ke dalam kabin, pandangan pertama langsung tertuju pada model dashboard. Desainnya memang jadul, namun di jamannya, mobil ini sangatlah mewah. Beberapa tombol kontrol di dashboard tersusun rapi dan mudah dijangkau oleh pengemudi.
Awalnya, Mazda Elite sedan dan HB (hatchback) membawa skema warna coklat tanpa fitur elektrikal seperti power window. Varian prefacelift ini dihentikan di tahun 1987 dan diganti oleh model facelift dengan fitur power window dan power stering serta skema warna berganti menjadi warna gelap. Terakhir, varian baru dikenalkan yaitu tipe Trendy yang dibekali berbagai fitur cangih di jamannya mencakup fitur yang telah disebutkan di atas, ditambah dengan speedometer digital dan electric mirror.
Kinerja dan Performa Mesin Mazda 323 Elite dan Trendy
Terdapat perbedaan disini antara Mazda Elite dan Trendy. Mazda Elite menggendong mesin karburator tipe E3 SOHC 8 katup berkapasitas 1.3 liter (1300cc) bertenaga maksimum hingga 68 HP pada 6.000 RPM dan torsi 96 Nm pada 3.000 RPM. 
Foto Mesin Mazda 323 Elite
Foto Mesin Mazda 323 Elite
Sedangkan Mazda Trendy menggunakan mesin lebih besar yakni mesin tipe E5 dengan kapasitas 1.5 liter (1500cc). Konfigurasinya masih SOHC 8 katup dan sistem pembakarannya juga masih karburator. Tenaga maksimumnya mencapai 83 HP pada 5.500 RPM dan torsi hingga 121 Nm pada 3.500 RPM.
Foto Mesin Mazda 323 Trendy
Foto Mesin Mazda 323 Trendy
Impresi dan Handling Mazda 323 Elite dan Trendy
Sebagai salah satu mobil retro klasik dengan berbagai konfigurasi mesin dan body serta kelengkapan fitur, pastinya mobil ini cukup reliable untuk dijadikan tunggangan sehari-hari. Karena berbagai komponen kecil dapat saling disubstitusi atau kawin silang sehingga memunculkan kesan unik. Kehadiran wadah Mazda Lover di berbagai forum juga memberikan kemudahan bagi setiap pemiliknya, mulai dari ahli mesin hingga orang awam sekalipun. 

Ketika mobil dinyalakan, sekilas Anda akan merasa aneh karena dengungan mesin cukup kasar. Hal ini dikarenakan keluarga Elite dan Trendy mengadopsi timing chain atau biasa dikenal dengan sebutan rantai keteng dan perputarannya memang lebih kasar dari timing belt. Pastinya, daya tahan dari rantai keteng lebih baik dari timing belt yang dapat putus sewaktu-waktu. Dikutp dari CarFolio, untuk segi kenyamanan mobil ini, keduanya menggunakan suspensi independent di semua titik suspensi yang mampu memberikan bantingan lembut serta kestabilan yang luar biasa bagi sebuah motuba.

Spesifikasi Mazda 323 Elite dan Trendy
  • Mesin : E3 1.3 liter dan E5 1.5 liter.
  • Konfigurasi : 8 katup SOHC dengan sistem pembakaran karburator.
  • Tenaga : 68 HP @6.000 RPM (1.3) ; 83 HP @5.500 RPM (1.5).
  • Torsi :  96 Nm @3.000 RPM (1.3) ; 121 Nm @3.500 RPM (1.5).
  • Bore x stroke : 77 mm x 69.6 mm (1.3) ; 77 mm x 80 mm (1.5).
  • Rasio kompresi : sama-sama 9:1.
  • Konsumsi BBM : 9-11 km / L (dalam kota), 12 - 14 km / L (luar kota).
  • Transmisi : manual 5 percepatan dan matic 3 percepatan (langka).
  • Suspensi : Depan belakang Independent MacPherson Strut.
  • Rival : Toyota Corolla GL, Daihatsu Charade sedan, dan Honda Civic Wonder (Sedan) ; Toyota Starlet Kotak, Suzuki Forsa, Daihatsu Charade hatchback dan Honda Civic Wonder Hatchback (Hatchback).
  • Tahun Penjualan : 1985 - 1989 (Elite) 1988 - 1989 (Trendy)

Harga Mazda 323 Elite dan Trendy
  • Tahun 1985 : 18 juta.
  • Tahun 1986 : 24 juta.
  • Tahun 1987 : 27 juta.
  • Tahun 1988 : 30 juta
  • Tahun 1989 : 33 juta.

Kelebihan Mazda 323 Elite dan Trendy
  • Mesin bandel.
  • Harga murah dan bertahan.
  • Sparepart murah, dapat disubstitusi dengan Ford Laser.
  • Menggunakan timing chain, anti putus.
  • Mengandalkan igniter, bukan cdi atau platina.
  • Perawatan mesin karburator sangat mudah.
  • Fitur berlimpah.

Kekurangan Mazda 323 Elite dan Trendy
  • Suara mesin kasar, karena menggunakan timing chain.
  • Kaki-kaki depan lemah.
  • Susah mencari unit dalam kondisi sempurna.
  • Gampang overheat.
  • Tidak ada varian injeksi.

Demikian ulasan lengkap mengenai review spesifikasi, harga, serta keunggulan dan kelemahan Mazda 323 Elite dan Trendy. Bagi Anda yang pemula dalam urusan perawatan, mungkin mobil inilah pilihan yang paling tepat. Mengingat harga sparepartnya yang cukup murah dan peredarannya pun bisa dikatakan cukup berlimpah. Baca juga :