Kelebihan dan Kekurangan Chevrolet Cruze

Kelebihan dan Kekurangan Chevrolet Cruze

Ulasan Spesifikasi dan Harga Chevrolet Cruze - Perkembangan dunia otomotif yang digeluti oleh Chevrolet yang merupakan Brand Amerika di bawah nama General Motor memang tidak terlalu mulus di Indonesia. Tercatat, sangat sedikit Brand Amerika yang masih berkembang di negeri ini, malah salah satu raksasanya yaitu Ford telah angkat kaki dari tanah air karena keterpurukannya di dalam hal penjualan. Namun di bawah tekanan dan gempuran dari berbagai Brand Jepang dan Eropa, Chevrolet masih terus bertahan hingga sekarang melalui tiga produknya, antara lain Chevrolet Trax, Chevrolet Captiva dan juga Chevrolet Orlando

Lalu mengapa nama Chevrolet Cruze tidak masuk dalam kategori di atas? Alasannya adalah, produksi sedan kompak ini telah dihentikan di Amerika pada tahun 2011 karena isu pasokan komponen suspensi yang terbatas dan sangat disayangkan hingga sekarang tidak dilanjutkan. Pastinya hal ini juga berimbas bagi penjualannya di Indonesia karena hanya sempat beredar selama 2 tahun saja. Namun bukanlah masalah bagi Anda yang hanya akan membeli mobil ini dalam kondisi bekas, karena unit yang beredar khususnya di kota besar bisa dibilang cukup banyak.

Chevrolet Cruze pertama diperkenalkan di Indonesia pada maret 2010. Cruze sendiri merupakan produk global yang penjualan di negeri asalnya termasuk dalam kategori best seller dan mampu mencetakkan rekor sebanyak 75.000 unit sejak diluncurkan di tahun 2008, 17 ribu diantaranya laku hanya di Cina. Inilah alasan yang membuat GMI (General Motor Indonesia) ikut memboyong mobil ini ke pasar lokal. Di Indonesia, Cruze menjadi kompetitor bagi Honda Civic FD, Toyota Altis Gen2, Mitsubishi Lancer EX, Subaru Impreza, serta Hyundai Elantra.

Eksterior Chevrolet Cruze
Pada bagian luarnya, tampilan Chevrolet Cruze sangatlah menawan karena desainnya sendiri tergolong premium dan mirip sedan bergenre sport. Desain khasnya ada pada tutup mesin dengan gaya dual sport dengan grill depan yang berpisah antara palang sewarna bodi dan logo Chevrolet yang berada tepat di bagian tengah. Model headlamp seperti juga turut digunakan pada Chevrolet Spark Transformer. Selain itu, Cruze memiliki headlamp dengan desain meruncing ke arah fender. 
 Eksterior Chevrolet Cruze
 Eksterior Depan Chevrolet Cruze
Sedangkan untuk sisi samping, Chevrolet mengadopsi lengkungan roda dengan diameter besar yang dipasangkan dengan velg alloy 16 inci dengan balutan ban ukuran 205/60 R16. Dengan begitu, tampilannya kian memancarkan aura sporty dan kokoh.

Beralih ke bagian belakang, sedan kompak berdimensi bongsor ini mengadopsi model stoplamp kombinasi yang menyatu dengan bagasi. Desain ini terkesan cukup mirip dengan Honda Civic FD . Sangking miripnya, banyak yang mengira mobil ini adalah hasil facelift dari Honda. Untuk mengisi kekosongan di atas dudukan plat nomor, dipasangkan sebuah garnish berkelir krom dan mempertegas aura mewahnya.
 Eksterior Chevrolet Cruze
Eksterior Belakang Chevrolet Cruze
Interior Chevrolet Cruze
Beranjak ke dalam kabin, aura mewah Chevy Cruze kembali terlihat berkat kombinasi two tone yang melapisi dashboard dan trim pintu. Sedangkan untuk setirnya menggunakan model 3 spoke beraksen silver dan logo emas chevrolet di tengah. Setir ini terasa nyaman digenggam karena dibalut kulit. Untuk bagian panel cluster, Chevy Cruze mengguanakan model 3 lingkaran lengkap dengan kelir krom disekelilingnya. Ketika dinyalakan, semua panel akan memancarkan sinar berwarna biru yang enak dipandang dan terlihat sporty. Tak lupa pula, panel cluster meter pengemudi dibuat dengan model tiga lingkaran dilengkapi aksen krom. Sistem pencahayaan cluster meter berwarna biru diadopsi dari Chevrolet Camaro yang menjadi tunggangan si tokoh utama dalam film Transformers makin menambah kesan sporty.
Interior Chevrolet Cruze Indonesia
Interior Chevrolet Cruze
Untuk dashboardnya sendiri, memiliki desain yang cukup atraktif dan sedap dipandang mata. Disini terdapat berbagai fitur menarik dengan posisi yang mudah dijangkau oleh pengemudi. Antara lain Audio mumpuni dengan dukungan konektivitas Bluetooth plus CD Changer, AC yang sudah climate control, tombol pengatur Audio, dsb. Fitur lain yang menjadi unggulan bagi Chevy Cruze adalah traction control, cruise control, dan air quality system (AQS) yang berguna menjaga udara dalam kabin agar tetap sehat.

Kinerja dan Performa Mesin Chevrolet Cruze
Pada bagian dapur pacu, Chevrolet mempercayakan sebuah mesin ECOTEC (Emission Optimization Control Technology) yang diklaim hemat bahan bakar, berkapasitas 1.8 liter 4 silinder 16 katup DOHC dengan mengasopsi teknologi DCVCP (Double Continously Variable Cam Phaser) dan VIS (Variable Intake System). Mesin yang dicangkokkan dengan transmisi manual 5 percepatan dan triptonic 6 percepatan ini mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 139 HP pada putaran 6.200 RPM dan torsi puncak 176 Nm di 3.800 RPM. Akselerasi yang ditawarkan oleh sedan berpenggerak roda depan ini juga terkesan cukup halus dan responsif dari putaran bawah hingga putaran atas.
Foto Mesin Chevrolet Cruze Indonesia
Foto Mesin Chevrolet Cruze
Impresi dan Handling Chevrolet Cruze
Berbicara mengenai impresi, Cruze menawarkan berbagai fitur yang lebih dominan ketimbang para kompetitor yang harganya lebih mahal dan pastinya memberikan rasa percaya diri lebih bagi semua pemiliknya. Terlebih lagi karena unitnya yang terbatas, seakan-akan mobil ini adalah unit limited edition. Dibalik itu semua, terdapat hal yang lebih menarik pada mobil ini. Untuk unit matic, telah disematkan teknologi triptonic yang memudahkan pengemudi mengatur posisi transmisi dengan cara memainkan tuas (+/-). Walaupun belum menggunakan pedal shift, tapi bukanlah masalah bagi Anda yang suka cruising di jalan tol.

Selanjutnya handling. Handling Chevy Cruze yang direview ini cukup gemilang di kelasnya. Bantingan suspensi McPherson + Euro tuning style di depan dan compond crank di bagian belakang memberikan handling yang cukup mumpuni. Bahkan ketika menikung pada kecepatan tinggi, suspensi ini masih mampu menawarkan stabilitas yang tinggi. Semakin menarik lagi karena Cruze juga dilengkapi oleh traction control dan electronic stability program (ESP). 

Spesifikasi Chevrolet Cruze
  • Mesin : ECOTEC 1.8 liter, 4 silinder segaris 16 katup DCVCP DOHC.
  • Tenaga :  139 HP @6.200 RPM.
  • Torsi : 176 Nm @3.800 RPM. 
  • Konsumsi BBM : 8-11 km / L (dalam kota), 12 - 15 km / L (luar kota).
  • Transmisi : manual 5 percepatan dan matic triptonic 6 percepatan.
  • Suspensi : Depan MacPherson strut + stabilizer, belakang 5-link rigid axle. 
  • Rival : Honda Civic FD, Toyota Altis Gen2, Mitsubishi Lancer EX, Subaru Impreza, dan Hyundai Elantra.
  • Tahun Penjualan : 2010 - 2011.

Harga Bekas Chevrolet Cruze
  • Tahun 2010 : 120 juta - 135 juta.
  • Tahun 2011 : 140 juta - 170 juta.

Kelebihan Chevrolet Cruze
  • Tampilan mewah.
  • Fitur kabin sangat lengkap.
  • Sistem audio mumpuni.
  • Kabin lega.
  • Bagasi luas.
  • Fitur keselamatan lengkap.
  • Akselerasi cukup bagus.
  • Sangat stabil hingga kecepatan tinggi.

Kekurangan Chevrolet Cruze
  • Sparepart minim.
  • Biaya perawatan lebih mahal dari kompetitor.
  • Layanan aftersales masih kurang.
  • Minim dukungan part aftermarket.
  • Unit terbatas (kurang laku).
  • Harga jual kembali terjun bebas.

Demikian ulasan lengkap mengenai review spesifikasi, harga, serta keunggulan dan kelemahan Chevrolet Cruze. Intinya, mobil yang hanya dijual selama 2 tahun ini masih cukup layak untuk dibeli. Harga unit bekasnya yang terjangkau, model mewah, fitur premium hingga fitur keselamatan terlengkap di kelasnya adalah alasan mengapa Cruze layak untuk dipinang. Baca juga :