Kelebihan dan Kekurangan Hyundai Grand Avega

Kelebihan dan Kekurangan Hyundai Grand Avega

Ulasan Spesifikasi dan Harga Hyundai Grand Avega - Grand Avega merupakan salah satu hatchback hasil dari pengembangan keluarga Accent di Indonesia. Perkembangannya cukup unik karena awal kehadiran gen keluarga Accent masuk dalam segmen sedan kompak, lalu beralih menjadi sedan liftback pada pendahulu Grand Avega ini tepatnya pada versi Hyundai Avega. Lantas Hyundai mengubah desain terakhir dari keluarga teranyar Accent ini sehingga didapatkan sebuah hatchback berukuran sedang yang menjadi rival bagi Honda Jazz GE8, Toyota Yaris, Ford Fiesta, Mazda2, Nissan Livina dan juga KIA Rio.

Hyundai Grand Avega pertama kali dikenalkan pada tahun 2011 silam guna mengisi kekosongan dalam segmen hatchback di Indonesia. Dikutip dari Wikipedia dan beberapa sumber lainnya, Grand Avega adalah generasi ke-4 dari keluarga Accent, sedangkan Verna sebagai generasi kedua. Ketiadaan generasi ke-3 Accent di Indonesia lantas menimbulkan loncatan satu generasi. Itulah mengapa Grand Avega sama sekali tidak mirip dengan Avega Liftback sebelumnya. Karena Avega Liftback sendiri bisa dikatakan versi liftback dari sedan Hyundai Verna Facelift. Sehingga beberapa part luar dapat saling disubstitusikan. 

Mengedepankan desain baru yang menganut fluidic sculpture, mesin baru, fitur baru dan beberapa teknologi canggih lainnya, Grand Avega diharapkan mampu bersaing dengan para kompetitor khususnya bagi Brand yang berasal dari Jepang. Grand Avega terus dijual hingga dengan mendapati beberapa facelift ringan. Hingga sekarang, belum ada bocoran mengenai calon suksesor bagi mobil ini, kemungkinan besar akan dikenalkan pada pertengahan 2017 ataupun awal 2018 nanti.

Eksterior Hyundai Grand Avega
Dilihat dari sisi luarnya, Grand Avega benar-benar memiliki tampilan aerodinamis, keren dan stylish sehingga mampu menarik perhatian berbagai kalangan pecinta hatchback di Indonesia. Tampilan beraura sporty pada Grand Avega ini dikarenakan penggunaan fluidic sculpture body language khas Hyundai yang telah diterapkan pada beberapa produknya seperti Sonata, Tucson dan Elantra terbaru. 

Pada bagian depan, tampilannya benar-benar sporty, terlihat dari penggunaan headlamp dan foglamp yang sama-sama memiliki desain meruncing ke belakang. Sebuah logo H miring diletakkan ditengah grill berkelir krom. Di bawahnya, terdapat ruang asupan udara berukuran sedang guna melancarkan sirkulasi pendinginan ke dapur pacu.
Eksterior Hyundai Grand Avega
Eksterior Depan Hyundai Grand Avega
Untuk bagian sampingnya, Grand Avega memiliki garis siluet yang cukup mencolok karena terlihat jelas akan perpaduan antara desain elegan dan modern. Maksudnya berbeda dengan hatchback kebanyakan yang hanya mengusung nuansa modernitas saja. Kesan elegan dari mobil ini dapat terlihat dari garis potongan pintu dan atap yang cenderung landai ke arah belakangnya.
Eksterior Hyundai Grand Avega
Eksterior Samping Hyundai Grand Avega
Beralih ke bagian buntut, disini cukup kontroversial. Beberapa orang mengatakan desainnya cantik, namun di lain pihak termasuk penulis, kurang setuju karena desain stoplamp yang terkesan aneh. Terlebih ukuran kaca belakangnya yang terlalu tipis sehingga visibilitas pengemudi ke arah belakang menjadi sedikit terhalang. 
Eksterior Hyundai Grand Avega
Eksterior Belakang Hyundai Grand Avega
Interior Hyundai Grand Avega
Masuk ke dalam ruang kabin, Anda akan disambut oleh nuansa mewah yang sangat jauh dari kata murahan. Hyundai seakan tidak ingin produknya dikatakan produk murahan, sehingga kualitas pembuatan benar-benar dijaga baik. Berbagai susunan komponen interior sarat akan nuansa sporty, mulai dari jok dan dashboard dengan susunan tombol yang tertata rapi dan mudah di jangkau.
Interior Hyundai Grand Avega
Interior Hyundai Grand Avega
Tepat pada bagian pengemudi, pertama kali yang terlihat adalah bentuk setir modern dengan perlengkapan Audio Steering Control.Fitur ini cukup berguna karena memudahkan pengemudi mengontrol audio ketika sedang menyetir tanpa mengganggu konsentrasi terhadap jalan. Untuk pengaturan spion otomatis, tombolnya diletakkan di trim sebelah kanan tepatnya berdekatan dengan tombol power window.

Secara keseluruhan, interior Hyundai Grand Avega memiliki ruang yang cukup lapang dengan ketersediaan legroom yang juga luas hingga ke row belakang. Hal ini tentunya sangat membantu ketika bepergian jauh karena penumpang dapat memposisikan kaki dengan leluasa dan menghingari pegal-pegal. Satu hal yang cukup disayangkan, kapasitas bagasi mobil ini benar-benar sempit. Disini kejelian Anda sangat dituntut dalam penempatan barang agar seluruh barang bawaan dapat terangkut.

Kinerja dan Performa Mesin Hyundai Grand Avega
Pada bagian dapur pacunya, Grand Avega disediakan dengan mesin Gamma berkode G4FA injeksi 4 silinder segaris 16 katup DOHC berkapasitas 1.4 liter. Tidak lagi mempertahankan mesin 1.5 liter G4EK yang telah terbukti cukup tangguh di kelasnya karena sudah teruji pada unit armada Taksi sejak kehadiran Hyundai Verna. Mesin baru ini mampu menyemburkan tenaga maksimum hingga 108 HP pada momen puntir 6.300 RPM dan torsi puncak 136 Nm pada putaran 5.000 RPM. Di dalam segmen hatchback, mesin Grand Avega tergolong kecil dibandingkan rivalnya yang mengusung mesin 1.5 liter hingga 1.6 liter. Sejak dikeluarkan dari dealer, Hyundai mewajibkan owner Grand Avega agar menggunakan bahan bakar pertamax guna menghindari gejala knocking / ngelitik / ndut-ndutan.
Foto Mesin Hyundai Grand Avega
Foto Mesin Hyundai Grand Avega
Impresi dan Handling Hyundai Grand Avega
Hyundai Grand Avega dibekali oleh berbagai komponen baru yang jelas sangat berbeda dengan para pendahulunya. Namun beberapa sifat yang dibawanya hampir sama yaitu kendala mesin terasa kurang responsif pada putaran bawah sehingga akselerasinya kedodoran. Satu hal yang paling berkesan adalah ketika memasuki putaran menengah hingga putaran atas, tenaga yang dihasilkan seakan tidak ada habisnya. Satu hal yang cukup disayangkan pada versi terbaru dari keluarga Hyundai Accent ini. Walaupun masih mengadopsi suspensi independent di seluruh roda khas pendahulunya, tetapi gejala limbung cukup terasa ketika menyentuh angka kecepatan 100 km/jam. Hal ini mungkin dikarenakan ground clearance Grand Avega cukup tinggi.

Spesifikasi Hyundai Grand Avega
  • Mesin : Gamma G4FA 1.4 liter, 4 silinder segaris 16 katup DOHC.
  • Tenaga : 108 HP @6.300 RPM.
  • Torsi : 136 Nm @5.000 RPM.
  • Bore x stroke : 77 mm x 74,9 mm.
  • Rasio kompresi : 10.5:1.
  • Konsumsi BBM : 10-13 km/L (dalam kota), 14-17 km/L (luar kota). *perkiraan
  • Transmisi : Manual 6 percepatan dan matic triptonic 4 percepatan (shiftronic).
  • Suspensi : Depan MacPherson strut with spring coil, belakang Semi Independent Coupled Torsion Beam Axle.
  • Rival : Honda Jazz, Toyota Yaris, Mazda 2, KIA Rio
  • Tahun penjualan : 2011 - sekarang.

Harga Hyundai Grand Avega
  • Grand Avega Tahun 2011 : 150 juta.
  • Grand Avega Tahun 2012 : 158 juta.
  • Grand Avega Tahun 2013 : 165 juta.
  • Grand Avega Tahun 2014 : 173 juta.
  • Grand Avega Tahun 2015 : 190 juta.
  • Grand Avega Tahun 2015 : 205 juta.

Kelebihan Hyundai Grand Avega
  • Desain elegan
  • Kabin lapang.
  • Legroom lega.
  • Adanya fitur eco drive.
  • Dilengkapi audio steering control
  • Konsumsi BBM irit.

Kekurangan Hyundai Grand Avega
  • Image mobil Korea masih kalah dengan brand Jepang.
  • Butuh BBM beroktan tinggi, minimal pertamax.
  • Spion belum retractable / lipat otomatis.
  • Minus indikator temperatur luar.
  • Peredaman kabin perlu peningkatan.
  • Jaringan aftersales masih minim.
  • Harga jual kembali jatuh.

Demikian ulasan lengkap mengenai review spesifikasi, harga, serta keunggulan dan kelemahan Hyundai Grand Avega. Harga murah, fitur lengkap dan desain aerodinamis adalah sederet point yang patut dipertimbangkan untuk memilih Grand Avega. Baca juga :