Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Luxio

Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Luxio

Ulasan Spesifikasi dan Harga Daihatsu Luxio - Siapa yang tak kenal Daihatsu. Brand yang berasal dari Jepang ini merupakan salah satu Brand yang sangat kental dengan mobil niaga melalui produknya, Daihatsu Hijet yang telah dijual sejak puluhan tahun silam. Dengan mengandalkan pengalaman yang ada, Daihatsu perlahan-lahan menjadi Brand favorit di Indonesia hingga sekarang. Terlebih ketika dilakukan peluncuran Daihatsu Grand Max yang hadir melalui dua tipe, MPV dan pickup.

Sepak terjang Grand Max bisa dikatakan mulus, berbekal keinginan konsumen, akhirnya Daihatsu mengembangkan mobil ini menjadi lebih nyaman dan lebih mewah sehingga lahirlah Daihatsu Luxio. Luxio pertama kali hadir di pasar lokal pada Februari 2009. Fitur yang dihadirkan juga cukup lengkap karena memang lebih ditujukan bagi kendaraan personal, bukan untuk kendaraan niaga. Beberapa tipe yang dikenalkan antara lain tipe X, M dan D. Sejak kemunculannya, Luxio menjadi rival bagi Suzuki APV Arena dan Nissan Evalia yang sama-sama mengusung bodi bongsor.

Memasuki usia penjualan 5 tahun tanpa update apapun. Akhirya Daihatsu mengenalkan Luxio facelift di tahun 2014 silam. Varian yang awalnya dikenalkan melalui tipe-tipe yang disebutkan di atas lalu diganti oleh dua tipe saja, yakni tipe D dan X. Untuk lebih lengkapnya akan dijelaskan di bawah.

Eksterior Daihatsu Luxio
Dengan mengusung tema van, Luxio yang berdimensi 4.215 x 1.710 x 1.915 mm ini terlihat bongsor, tak ubahnya seperti Grand Max. Tampilan luarnya sendiri terlihat elegan dan mewah. Di bagian depannya terdapat sepasang headllamp multireflektor, grill 3 baris yang lebar serta ruang asupan udara yang terlihat seperti wajah tersenyum. Foglamp juga turut disediakan sebagai penerobos kabut di malam hari ataupun ketika hujan. Namun untuk tipe terendah, foglamp masih absen, sebagai gantinya, slot diisi oleh plastik bundar.
Eksterior Daihatsu Luxio Prefacelift
Eksterior Depan Daihatsu Luxio Prefacelift
Pada versi facelift, bagian fascia Luxio tampil lebih menawan. Dimana peningkatan yang dilakukan meliputi grill berkelir krom yang terlihat lebih mewah dengan posisi logo Daihatsu berada pada grill paling atas. Bumper juga turut direvisi total, dimana lubang udara kini berbentuk seperti wajah yang sedang cemberut.
Eksterior Daihatsu Luxio Facelift
Eksterior Depan Daihatsu Luxio Facelift
Pada bagian sisi kiri dan kanan, Dihatsu Luxio tampak menarik dengan lining berupa Body Moulding dan Rail Cover dibaluri aksen krom. Keunggulan Luxio tampak disini karena telah mengusung pintu geser yang memudahkan akses penumpang keluar masuk.
Eksterior Daihatsu Luxio Prefacelift
Eksterior Samping Daihatsu Luxio Prefacelift
Sedangkan pada bagian sisi Luxio facelift, perbedaan yang ada tidaklah terlalu banyak. Update yang dilakukan terlihat pada side moulding yang lebih modern, spion berkelir krom, handle pintu sewarna dengan bodi serta model velg yang awalnya cabang 12 menjadi cabang 10.
Eksterior Daihatsu Luxio Facelift
Eksterior Samping Daihatsu Luxio Facelift
Pada sisi belakang, Luxio terlihat mengkotak dengan sudut membulat. Kesan elagan kembali terasa berkat model bumper yang bagian bawahnya sedikit mencuat keluar. Untuk reflektor atau pemantul cahaya, posisinya berada pada sudut atas bumper.
Eksterior Daihatsu Luxio Prefacelift
Eksterior Belakang Daihatsu Luxio Prefacelift
Sedangkan untuk buritan belakang Luxio facelift, terdapat sedikit perubahan. Pintu belakang kini terkesan lebih gemuk berkat adanya back door garnish dan spoiler. Perbedaan selanjutnya ada di stoplamp, dimana warna yang diusungnya sedikit lebih pudar dibandingkan model awal. Perbedaan lainnya ada pada reflektor yang dimensi dan posisinya berubah.
Eksterior Daihatsu Luxio Facelift
Eksterior Belakang Daihatsu Luxio Facelift
Interior Daihatsu Luxio
Dengan mengusung body bongsor pastinya memberikan keuntungan tersendiri bagi area kabin. Luas kabin cukup luas tak ubahnya seperti Grand Max. Hanya saja untuk Luxio, diberikan beberapa fitur tambahan guna menambah kenyamanan bagi penumpang. Untuk bagian dashboard, finishingnya terlihat cukup rapi, bahkan Topgir berani menyimpulkan finishingnya lebih rapi dan lebih mewah dari Daihatsu Xenia. Gap dari beberapa sambungan panel tidak terlihat. Poin plus disini adalah adanya ornamen wood panel plastik di sekeliling panel dashboard. Tak lupa pula, part dari Xenia juga turut digunakan, adalah setir 4 spoke.
Interior Daihatsu Luxio Prefacelift
Interior Daihatsu Luxio Prefacelift
Pada Luxio facelift, pembenahan area kabin tercatat cukup banyak, antara lain kursi lebih lebar dan busa lebih tebal. Material pelapis jok mendapatkan motif baru dengan skema warna hitam. Model setir dirubah total menjadi 3 spoke yang merupakan part pinjaman dari Daihatsu New Xenia. Fitur hiburan juga turut ditingkatkan, dimana audionya sudah double DIN plus layar LCD sehingga mampu memutar berbagai format musik dan juga mudah dikendalikan. Tak hanya itu, AC Double Blower kini menjadi kelengkapan standar bagi seluruh varian Luxio facelift. Peningkatan lainnya terdapat pada kursi row kedua yang dilengkapi dengan  arm rest plus one touch tumble. Fitur ini memungkinkan pengguna melipat jok row kedua bagian kiri dengan sekali tarik sehingga akses keluar masuk menjadi lebih mudah dan menyenangkan.
Interior Daihatsu Luxio Facelift
Interior Daihatsu Luxio Facelift
Kinerja dan Performa Mesin Daihatsu Luxio
Dibalik kursi duduk row depan, terbenam sebuah mesin 3SZ-VE DOHC VVT-i 1.5 liter yang merupakan hasil kolaborasi dengan Toyota dan juga digunakan pada Toyota Rush atau Daihatsu Terios. Mesin 4 silinder segaris 14 katup berteknologi Electronic Fuel Injection (EFI) ini mampu menciptakan tenaga hingga 95 HP pada 6.000 RPM dan torsi 134 Nm pada 4.400 RPM. Tenaga ini cenderung lebih kecil 19 HP dari Terios dan disalurkan ke roda penggerak belakang dengan bantuan transmisi manual 5 percepatan atau matic 4 percepatan. Sedangkan untuk besaran angka torsinya masih tetap dipertahankan.
Foto Mesin Daihatsu Luxio
Foto Mesin Daihatsu Luxio
Impresi dan Handling Daihatsu Luxio
Di kelasnya sebagai van sekaligus MPV berdaya angkut banyak yang minim kompetitor, Luxio memiliki bantingan yang tergolong lembut berkat penggunaan suspensi MacPerson Strut  + stabilizer di bagian kaki-kaki depan dan supensi 5-link rigid axle yang dibantu oleh per keong di bagian belakang. Meskipun suspensinya lembut, namun mobil ini juga mampu mengangkut barang bawaan yang banyak tanpa takut kandas. Struktur body monokok dipercaya mampu memberikan struktur kekuatan body yang maksimal. Meskipun begitu, daya handling bukanlah kekuatan bagi Luxio karena penanganannya terasa hambar dan limbung ketika memasuki kecepatan menengah. Sehingga menciptakan perbedaan signifikan dengan MPV monokok lainnya. Maklum saja, Luxio merupakan versi nyaman dari Gran Max dan masih lekat dengan mobil perniagaan. Tercatat perbedaan Luxio dengan Gran Max hanya ada pada struktur kaki-kaki, kosmetik serta fitur yang ada pada kabin saja. Selainnya kurang lebih sama.

Spesifikasi Daihatsu Luxio
  • Mesin : 3SZ-VE DOHC 1.5 liter, 4 silinder segaris 16 katup VVTi.
  • Tenaga : 95 HP @6.000 RPM.
  • Torsi : 134 Nm @4.000 RPM. 
  • Bore x Stroke : 72 mm x 91.8 mm.
  • Rasio kompresi : 10:1.
  • Konsumsi BBM : 9-11 km / L (dalam kota), 11 - 14 km / L (luar kota).
  • Transmisi : manual 5 percepatan dan matic 4 percepatan (tipe X).
  • Suspensi : Depan MacPherson strut + stabilizer, belakang 5-link rigid axle. 
  • Rival : Suzuki APV Arena dan Nissan Evalia
  • Tahun Penjualan: 2009 - 2013 (prefacelift) ; 2014 - sekarang (facelift).

Harga Bekas Daihatsu Luxio
  • Tahun 2009 : 90 Juta.
  • Tahun 2010 : 97 Juta.
  • Tahun 2011 : 105 Juta.
  • Tahun 2012 : 115 Juta.
  • Tahun 2013 : 122 Juta.
  • Tahun 2014 : 133 Juta.
  • Tahun 2015 : 145 Juta.
  • Tahun 2016 : 160 Juta.

Kelebihan Daihatsu Luxio
  • Pintu geser.
  • Kabin luas.
  • Relatif nyaman untuk penggunaan dalam kota.
  • Akomodasi cukup bagus.
  • Harga terjangkau.
  • Biaya perawatan murah.
  • Sparepart mudah didapatkan.
  • Area servis luas.

Kekurangan Daihatsu Luxio
  • Mesin kolong (di bawah kursi baris depan).
  • Fitur kalah banyak dari para pesaing.
  • Lemah di tanjakan.
  • Limbung.
  • Handling buruk.

Demikian ulasan lengkap mengenai review spesifikasi, harga, serta keunggulan dan kelemahan Daihatsu Luxio. Intinya, Anda ingin MPV yang tangguh, nyaman, bisa muat banyak dan berfitur lengkap dalam paket harga terjangkau? Mobil ini adalah pilihannya. Baca juga :