Kelebihan dan Kekurangan Chevrolet Orlando

Kelebihan dan Kekurangan Chevrolet Orlando

Ulasan Spesifikasi dan Harga Chevrolet Orlando -  Berbicara mengenai MPV, semua penduduk Indonesia langsung mengingat akan sosok Brand Toyota. Ya, Toyota sangatlah akrab dengan konsumen lokal melalui peluncuran produknya yang berbasiskan MPV, bahkan laku hingga jutaan unit. Pertama kali dicetak oleh Toyota Kijang Grand Extra, dilanjutkan oleh Toyota Kijang Kapsul lalu diharumkan lagi oleh Toyota Avanza sepuluh tahun kemudian. Melirik trend konsumen akan permintaan mobil MPV yang semakin meningkat, lantas di respon oleh PT. General Motors Indonesia dengan meluncurkan Chevrolet Orlando.

Chevrolet Orlando pertama kali dikenalkan kepada publik Indonesia melalui pergelaran IIMS pada tahun 2011 guna mengganti posisi dari Chevrolet Zafira. Dengan mengusung desain yang berbeda dengan MPV lain pada umumnya serta banyaknya fitur yang dihadirkan, diharapkan Orlando mampu bersaing dengan penguasa dalam segmen mobil keluarga kelas menengah seperti Toyota All New Innova, KIA All New Carens, dan penantang baru yakni Honda BRV.

Eksterior Chevrolet Orlando
Seperti MPV lain pada umumnya yang berpenggerak roda depan, Orlando mengusung body berdimensi lebar dengan ground clearance rendah sehingga memberikan kesan bahwa mobil ini adalah kendaraan yang dinamis. Keunikan Orlando terlihat dari design language yang dibawanya merupakan perpanduan antara Crossover dan MPV. Didukung dari bonnet depan berukuran super lebar dengan grill dua bagian berdimensi besar khas Amerika dengan lambang Chevrolet di tengahnya. Besarnya grill memberikan keuntungan tersendiri karena asupan udara yang masuk ke bagian dapur pacu menjadi lebih banyak sehingga proses pendinginan mesin akan lebih maksimal.
Eksterior Chevrolet Orlando
Eksterior Depan Chevrolet Orlando
Dilihat dari sisi samping, lagi-lagi kesan dari sebuah Crossover sangat terasa. Terlihat dari garis body dan kaca yang meninggi ke belakang. Hanya saja dimensi tingginya sedikit dipangkas guna menegaskan sebuah desain MPV. Satu set velg ring 17 dipasangkan sehingga tampak lebih premium dan berbeda dengan para kompetitor yang kebanyakan hanya mengandalkan velg ukuran maksimum 15 inci.
Eksterior Chevrolet Orlando
Eksterior Samping Chevrolet Orlando
Beralih ke bagian belakang. Kesan premium tampak terlihat dari desain mengkotak yang diusungnya. Namun jauh dari kata kaku karena berbagai fitur penunjang disisipkan dengan cukup rapi. Sepasang stoplamp memenuhi ruang samping yang mengapit posisi dudukan plat nopol. Sedikit ke bawahnya terdapat sepasang reflektor guna memantulkan cahaya ketika terkena sinar dari kendaraan lain. Keunikan lain yang ada disini adalah lampu mundur tunggal berukuran besar yang terletak di tengah bumper belakang. Tak lupa pula, defogger dan wiper kaca hadir sebagai standar pada semua varian.
Eksterior Chevrolet Orlando
Eksterior Belakang Chevrolet Orlando
Interior Chevrolet Orlando
Memasuki sektor kabin, kesan yang ditawarkan memang tidak terlalu "wah" karena pada bagian dashboard masih menggunakan material plastik biasa. Bahkan tidak jauh berbeda dengan Chevrolet Spin yang berada di segmen low MPV. Hanya saja beberapa kelengkapan fitur premium menjadi daya tarik penjualan Orlando. Fitur-fitur tersebut antara lain adanya ruang penyimpanan tersembunyi di bawah panel tombol head unit audio, built-in slot USB yang dapat mengisi daya ponsel atau iPod, adanya cup holder di setiap baris kursi, lampu baca pada bagian atas serta blue ambience lighting pada head unit.
Interior Chevrolet Orlando
Interior Chevrolet Orlando
Mengingat bahwa Orlando menggunakan basis dari sedan Chevrolet Cruze, jumlah ruang yang ditawarkan memang patut dipuji. Kecuali bagi kursi baris ketiga yang alangkah baiknya hanya digunakan untuk anak-anak atau remaja yang beranjak dewasa. Kursi baris kedua dan ketiga menganut theatre style dimana posisi kursi lebih tinggi agar jarak pandang penumpang menjadi lebih nyaman tanpa mengorbankan ruang di atas kepala. Tak lupa pula, mekanisme pelipatan kursi menjadi fitur favorit karena dapat dioperasikan dengan mudah melalui one-touch folding mechanisms. Berlaku untuk baris kedua dan baris ketiga.

Kinerja dan Performa Mesin Chevrolet Orlando
Sama halnya dengan Chevy Cruze, Orlando masih mengandalkan mesin ECOTEC berbahan bakar bensin dengan kapasitas 1.8 liter, 4 silinder segaris 16 katup berteknologi D-CVCP (Double Continuous Variable Cam Phasing). Tenaga yang mampu dimuntahkan dari dapur pacunya adalah sebesar 141 HP pada putaran 6.200 RPM dengan torsi puncak 176 Nm pada 3.800 RPM. Tenaganya disalurkan ke sistem penggerak roda depan dengan bantuan transmisi triptonic 6 percepatan.
Foto Mesin Chevrolet Orlando
Foto Mesin Chevrolet Orlando
Impresi dan Handling Chevrolet Orlando
Kenyamanan yang ditawarkan oleh Chevrolet Orlando memang sangat patut diacungi jempol. Salah satunya dalam kualitas berkendara serta handling yang jauh di atas rata-rata. Kestabilan mobil pada kecepatan tinggi tercatat sangat baik jika dibandingkan dengan Innova, karena jarak antara permukaan aspal dan komponen bawah mobil yang rendah. Kemampuannya dalam melahap permukaan jalan jelek juga cukup bagus, berkat kinerja maksimal dari suspensi MacPerson Strut di bagian depan dan Torsion Beam di roda belakang. Namun soal tenaga, mobil ini terbiang lemah, hanya saja tertutupi oleh akselerasi cepat pada putaran bawah.

Pada sisi keselamatan, Orlando telah dianugerahi oleh fitur terkini seperti Airbag, ABS dan juga EBD. Sistem penggereman sudah menganut rem cakram di seluruh roda. Dalam hal keamanan, Orlando juga menggunakan rangka baja berkekuatan tinggi yang kokoh dan tahan banting.

Spesifikasi Chevrolet Orlando
  • Mesin : ECOTEC bensin 1.8 liter, 4 silinder segaris 16 katup DOHC D-CVCP.
  • Tenaga : 141 HP @6.200 RPM.
  • Torsi : 176 Nm @3.800 RPM.
  • Konsumsi BBM : 10-12 km / L (dalam kota), 14-16 km / L (luar kota). *perkiraan
  • Tranmisi : Triptonic 6 percepatan.
  • Suspensi : Depan MacPerson Strut, belakang Torsion Beam.
  • Rival : Toyota Innova, Honda BR-V, dan KIA Carens.
  • Tahun penjualan : 2011 - sekarang.

Harga Chevrolet Orlando
Harga yang ditawarkan untuk unit baru Chevy Orlando di website resmi adalah 306,1 juta. Sedangkan untuk unit bekasnya sangat bervariatif, mulai dari 200 jutaan hingga 280 jutaan tergantung tahun produksi dan kondisi mobil.

Kelebihan Chevrolet Orlando
  • Eksterior tampak premium dan mewah.
  • Fitur kabin dan fitur keselamatan cukup lengkap.
  • Ruang kabin luas dan lapang.
  • Konfigurasi kursi sangat menarik.
  • Banyak tempat penyimpanan.
  • Akselerasi mumpuni.

Kekurangan Chevrolet Orlando
  • Varian mesin diesel tidak masuk ke Indonesia.
  • Tidak ada pilihan transmisi manual.
  • Tenaga kecil dibandingkan kompetitor.
  • Interior plastik.
  • Biaya perawatan relatif tinggi.
  • Sparepart mahal dan terbatas.
  • Jaringan aftersales kurang luas.
  • Unit yang beredar sedikit.

Demikian ulasan lengkap mengenai review spesifikasi, harga, serta keunggulan dan kelemahan Chevrolet Orlando. Jika menilik dari harga yang ditawarkan, Orlando memang tergolong mahal,. Namun dengan berbagai kelengkapan fitur dan kelebihan yang ada di dalamnya, mobil ini sangatlah cocok dijadikan pilihan utama. Terlebih lagi bagi Anda yang sering ke luar kota dan ingin tampil beda. Baca juga :