Kelebihan Kekurangan Suzuki Karimun Wagon R dan GS

Kelebihan Kekurangan Suzuki Karimun Wagon R dan GS

Ulasan Spesifikasi dan Harga Suzuki Karimun Wagon R - Kiprah Suzuki di segmen City Car terlihat sangat berkembang sejak pertama kali mengenalkan keluarga si mungil melalui Karimun Kotak di tahun 1999. Suzuki Karimun Wagon R sendiri merupakan generasi ketiga guna menggantikan posisi dari Suzuki Karimun Estilo yang telah beredar dari tahun 2007. Sebagai salah satu pemain dalam segmen City Car, Karimun Wagon R masuk ke klasifikasi mobil LCGC karena telah mencukupi segala persyaratan yang ditentukan oleh pemerintah. Beberapa kompetitor yang berada dalam segmen yang sama antara lain Toyota AgyaDaihatsu Ayla, Datsun Go Panca, Honda Brio Satya, KIA Picanto MorningNissan March 1.2, dan juga Mitsubishi Mirage.

Di negeri asalnya, Jepang, Karimun Wagon R diposisikan dalam segmen Kei Car, sedangkan di India masuk ke segmen small and compact hatchback-with tallboy design. Kedua segmen tersebut serupa dengan LCGC (Low Cost Green Car) yang ada di Indonesia, hanya penamaannya saja yang berbeda. Awalnya, mobil ini dikenalkan melalui 4 tipe yakni tipe GA, GL, GX dan Dilago sebagai tipe tertinggi. Tipe lainnya juga tersedia, yaitu Blind Van yang diposisikan sebagai commercial car. Lantas pada tanggal 18 September 2014, Suzuki memperkenalkan tipe terlengkap dan termewah yaitu Karimun Wagon R GS  untuk menggantikan tipe Dilago yang dikenalkan sebelumnya.

Eksterior Suzuki Karimun Wagon R
Pada bagian luarnya, baik Karimun Wagon R dan Wagon R GS mengusung desain body mengkotak dengan bentuk yang tinggi seperti halnya pada Karimun Classic. Dimensi panjang dan tinggi terasa pas untuk sebuah City Car karena memberikan ruang lebih bagi interior sehingga menjadi lebih lapang. Hanya saja mobil ini terlihat kurang lebar dan terasa kurang proporsional. 
Eksterior Depan Suzuki Karimun Wagon R
Eksterior Depan Suzuki Karimun Wagon R
Seperti yang terlihat pada gambar di atas, Karimun Wagon R tipe GA, GL, GX dan Dilago dibekali dengan headlamp halogen berbentuk trapesium berujung runcing. Di bawahnya terdapat sepasang ruang bagi foglamp yang mengapit air intake berukuran jumbo.  Foglamp ini tidak disediakan untuk semua varian, namun dapat dibeli terpisah seharga kurang lebih 1 jutaan / 1 set berikut kabel dan Switch. 

Sedangkan untuk tipe GS memiliki desain depan yang berbeda dengan varian atau tipe lain. Selisih perbedaannya cukup signifikan. Dapat dilihat dari ukuran kap mesin, model grill, bumper, foglamp serta penggunaan headlamp yang sudah didukung oleh proyektor. Terkesan sangat sporty. Lantas desain depannya ini ini tidak dapat diadopsi bagi tipe lain. Kalaupun bisa, pastinya membutuhkan biaya yang sangat besar. Kecuali suatu saat ada yang menjual nose cut Suzuki Stingray (Wagon R GS versi Jepang).
Eksterior Depan Suzuki Karimun Wagon R GS
Eksterior Depan Suzuki Karimun Wagon R GS
Beralih ke bagian belakang, tidak ada perbedaan signifikan antara kedua seri Wagon R dan  Wagon R GS. Keduanya masih belum dibekali dengan wiper dan defogger. Padahal kedua fitur ini memiliki fungsi yang cukup penting terutama ketika musim hujan.
Eksterior Belakang Suzuki Karimun Wagon R dan GS
Eksterior Belakang Suzuki Karimun Wagon R dan GS
Interior Suzuki Karimun Wagon R
Beranjak ke dalam kabin, tidak ada sesuatu yang spesial melainkan ruang kabin yang sangat lega dan lapang. Maklum saja, setiap pemain dalam segmen LCGC memang mendapatkan pemangkasan fitur yang cukup banyak guna menekan harga jual. Namun ini bukanlah masalah berarti bagi Anda yang baru mengenal dunia otomotif. Selain itu, semua tipe Wagon R telah dilengkapi dengan pendingin udara (AC) tidak seperti LCGC lainnya.
Interior Suzuki Karimun Wagon R
Interior Suzuki Karimun Wagon R
Selanjutnya dashboard. Desain dashboard yang diusungnya terkesan cukup elegan dengan minimnya tombol kontrol pada bagian tengah. Cukup simpel dan rapi. Tampilannya semakin elegan berkat penggunaan skema warna yang didominasi warna gelap. Sayangnya, tidak ada perbedaan warna interior di setiap tipe yang diluncurkan. Mulai dari varian rendah hingga varian tertinggi yakni GS, semuanya menggunakan warna gelap ini.

Khusus pada tipe GS, sebuah transmisi baru jenis matic triptonic dikenalkan pada tahun 2014. Nama maticnya ini biasa disingkat dengan AGS (Auto Gear Shift) yang artinya posisi gigi dapat diatur secara manual ataupun otomatis. Matic AGS juga turut dipasangkan pada Wagon R tipe GL. Anehnya, tidak ada tuas posisi ke P (Parking) seperti pada mobil matic lain pada umumnya, sehingga ketika parkir Anda diwajibkan untuk menarik rem tangan. Berikut adalah fotonya.
Tuas Transmisi Suzuki Karimun Wagon R GS AGS
Tuas Transmisi Suzuki Karimun Wagon R GS AGS
Kinerja dan Performa Mesin Suzuki Karimun Wagon R
Di balik bonnetnya, Suzuki Karimun Wagon R dan Wagon R GS mengadopsi mesin injeksi K10B 3 silinder segaris 12 katup yang sebelumnya telah digunakan pada New Karimun Estilo. Ketahanan mesin ini cukup bagus karena tidak menggunakan timing belt yang rentan putus, melainkan menggunakan timing chain. Tenaga yang dapat dihasilkan yaitu sebesar 67 HP pada putaran 6.200 RPM dan torsi puncak 90 Nm pada 3.500 RPM.
Foto Mesin Suzuki Karimun Wagon R dan GS
Foto Mesin Suzuki Karimun Wagon R dan GS
Impresi dan Handling Suzuki Karimun Wagon R
Sensasi utama yang dapat dirasakan ketika duduk di dalam kabin Karimun Wagon R ini adalah jauh lebih baik dari mobil LCGC pada umumnya yang terkesan murah bahkan murahan. Ini dikarenakan finishing interior yang cukup rapi meskipun terdapat kelemahan ketika mobil ini dijalankan. Kelemahan utamanya adalah kualitas peredaman kabin yang cenderung kurang senyap. 

Beralih ke handling. Handlingnya sendiri tergolong cukup baik meskipun mesinnya hanya mengandalkan 3 silinder. Akselerasi puncak dapat diraih dengan mudah karena tapak ban yang kurus. Selain itu, bobotnya yang ringan juga memberikan poin positif dimana mobil dapat bergerak lincah ketika berada dalam kondisi macet khas ibukota besar. 

Spesifikasi Suzuki Karimun Wagon R
  • Mesin : F10D 1.1 liter SOHC ; K10B 1.0 liter DOHC.
  • Konfigurasi : 4 silinder segaris 16 katup (1.1) ; 3 silinder segaris 12 katup (1.0).
  • Tenaga : 63 HP @6.200 RPM (1.1) ; 67 HP @6.200 RPM (1.0).
  • Torsi : 84 Nm @3.500 RPM (1.1) ; 90 Nm @3.500 RPM (1.0).
  • Bore x Stroke : 68.5 mm x 72 mm (1.1) ; 73 mm x 79.5 mm (1.0).
  • Konsumsi BBM : 11-15 km / L (dalam kota), 18 - 22 km / L (luar kota). *perkiraan
  • Transmisi : manual 5 percepatan.
  • Suspensi : Depan McPherson strut, belakang 3 links rigid.
  • Rival : Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Datsun Go Panca, Honda Brio Satya, KIA Picanto Morning, Nissan March 1.2, dan juga Mitsubishi Mirage.
  • Tahun Penjualan: 2007 - 2009 (prefacelift), 2010 - 2013 (facelift).

Harga Suzuki Karimun Wagon R
  • Karimun Wagon R GS AGS Airbag : 132,5 juta.
  • Karimun Wagon R GL AGS Airbag :123,5 juta.
  • Karimun Wagon R BLIND VAN Airbag :115,5 juta.
  • Karimun Wagon R GS Airbag : 124 juta.
  • Karimun Wagon R GL Airbag : 115 juta.
  • Karimun Wagon R GA Airbag : 102,5 juta.
*Harga OTR Jakarta Januari 2016


Kelebihan Suzuki Karimun Wagon R
  • Kabin sangat lapang.
  • Pengaturan kontrol panel.
  • Suara mesin halus.
  • Responsif di putaran bawah.
  • Transmisi dan kopling sangat ringan.
  • Suspensi empuk.
  • Jaringan aftersales terjamin.
  • Finishing interior bagus.
  • Konsumsi BBM cukup irit.

Kekurangan Suzuki Karimun Wagon R
  • Pengaturan AC kurang lengkap jika dibandingkan Karimun Estilo.
  • Body kurang lebar.
  • Bentuk kurang proporsional.
  • Tidak ada opsi posisi gear P (parking) pada varian matic.
  • Tidak ada jam di dashboard.
  • Headrest jok belakang kurang tinggi.
  • Kualitas peredaman kabin buruk.

Demikian ulasan lengkap mengenai review spesifikasi, harga, serta keunggulan dan kelemahan Suzuki Karimun Wagon R dan GS. Kesimpulan akhir, mobil ini cukup value for money jika dibandingkan dengan merk sebelah yang lebih terkenal. Selain harga terjangkau, fitur hiburan dan fitur keselamtan yang dibenamkan di dalamnya pun cukup lengkap. Baca juga :