Kelebihan dan Kekurangan All New Nissan X-Trail

Kelebihan dan Kekurangan All New Nissan X-Trail

Ulasan dan Harga All Nissan New X-Trail - Nissan X-trail merupakan salah satu SUV tangguh dan sporty andalan Nissan yang telah berkiprah sejak tahun 2002 melalui produk perdananya, Nissan X-Trail T30 dan dilanjutkan oleh Nissan X-Trail T31 di tahun 2008. Hingga generasi kedua yang telah diedarkan, rekor penjualan yang dicatatkan cukup tinggi. Melihat bagusnya peluang di segmen SUV, lantas Nissan kembali menelurkan produk teranyarnya dengan desain serba baru, mulai dari eksterior, interior, mesin serta fitur unggulan di tahun 2015, dengan nama Nissan All New X-Trail. Kode sasis yang digunakan adalah T32 dan menandakannya sebagai generasi ketiga dari seluruh keluarga X-Trail yang telah dijual di seluruh dunia.

Sebagai salah satu kandidat SUV kelas menengah, pastinya All New Nissan X-Trail telah dibekali oleh berbagai segudang fitur yang membuatnya kian menarik dan memiliki ciri khas tersendiri jika dibandingkan para kompetitor. Terlebih, All New Nissan X-Trail dikenalkan dengan dua tipe mesin, masing-masing berkapasitas 2.0 liter dan 2.5 liter yang lebih bertenaga. Di pasar lokal, ia menjadi pesaing bagi Honda CR-V, Toyota Fortuner dan juga Mitsubishi Pajero Sport.

Eksterior All New Nissan X-Trail
Dilihat dari luar, ketangguhan Nissan X-Trail dapat terlihat dengan jelas dari dimensinya yang panjang dan ground clearance tinggi. Desain eksteriornya sendiri serba baru, sama sekali tidak ada jejak dari kedua pendahulunya yang terkesan boxy. Disini, All New Nissan X-Trail mengandalkan desain dengan banyak lekukan di sekitar body, membuatnya terlihat lebih maskulin dan aerodinamis.

Pada bagian depan, seluruh tipe Nissan mengusung headlamp projektor yang dikelilingi lampu DRL. Lampu DRL berfungsi sebagai penerangan di siang hari yang dapat terlihat dari jarak yang sangat jauh sekalipun. Headlamp tipe ini biasanya digunakan hanya pada tipe tertinggi dari berbagai kompetitor. Namun tidak bagi Nissan X-Trail, dimana hal ini menjadi nilai tambah tersendiri yang membuatnya memiliki ciri khas.
Eksterior Depan All New Nissan X-trail
Eksterior Depan All New Nissan X-trail
Beralih ke bagian belakang, rearlamp/stoplamp desainnya melebar ke samping dan terlihat sangat gagah. Ketika malam hari, sinar yang yang mampu dihasilkan tergolong cukup terang dan mudah terlihat. Bukanlah masalah bagi pengemudi lain yang berjalan di belakang X-Trail terbaru ini.
Eksterior Belakang All New Nissan X-trail
Eksterior Belakang All New Nissan X-trail
Tak lupa pula, semua varian X-Trail terbaru menggunakan velg sporty berukuran 18 inci. Dengan ukurannya yang besar pastinya memberikan kinerja optimal di berbagai kondisi jalan, mulai dari tanjakan, turunan, jalan aspal mulus hingga permukaan jalan yang kurang rata.

All New Nissan X-Trail juga telah mengadopsi fitur Hands Free (Touchless) yang cukup canggih di pintu belakangnya. Dapat dibuka dengan menekan tombol di dashboard atapun dengan cara menyentuh sebuah sensor di pintu bagasi.

Interior All New Nissan X-Trail
Tak hanya tangguh dan sporty di bagian luarnya, Nissan X-Trail terbaru ini juga sangat sarat akan nuansa kemewahan. Khususnya ketika memasuki area kabin. Ruang kabin sangat luas dan mampu memanjakan seluruh penumpang yang berada di dalamnya. Kualitas material yang digunakan juga cukup bagus, jauh dari kesan murahan.
Nissan X-trail Mobil SUV Tangguh dan Sporty Terbaik
Interior All New Nissan X-trail
Baris pertama dapat dimajukan atau dimundurkan untuk memaksimalkan ruang kaki penumpang. Sama halnya dengan jok row pertama, jok row kedua juga dapat diatur sesuai keinginan, serta dapat dilipat dengan rasio 60:40 guna memperbesar kapasitas barang bawaan ketika kursi row ketiga juga ikut dilipat rata.

Selanjutnya adalah bagian yang terpenting, yaitu dashboard. Desain dashboard yang diusungnya benar-benar menarik, dengan lekukan halus dan skema dua warna. Di bagian atas, terdapat kisi-kisi AC berukuran lebar yang mampu memaksimalkan pendinginan ke seluruh area kabin. Sedikit di bawahnya terlihat sebuah audio double din plus LCD layar sentuh dengan tombol pengatur audio di sisi kiri dan kanannya. Di bagian paling bawah, berjejeran rapi berbagai tombol pengatur sistem pendinginan yang cukup lengkap.
Dashboard All New Nissan X-trail
Dashboard All New Nissan X-trail
Terakhir, disinilah letak poin paling menarik dari All New Nissan X-Trail ini. Dimana LCD touchscreen telah dilengkapi dengan fitur Around View Monitor. Fitur ini berfungsi untuk memonitori lingkungan sekitar mobil dengan 360° secara realtime dari keempat sudut mobil yang dibekali empat kamera. Tampilannya disajikan dalam bentuk split screen close-up di bagian monitor. Sangat berguna ketika mobil akan diparkirkan di lokasi sempit. Sebagai bocoran, fitur mewah ini hanya hadir di salah satu varian sedan termahal asal Eropa yang harganya bahkan tembus hingga milyaran rupiah.
Nissan X-trail Mobil SUV Tangguh dan Sporty Terbaik
Around View Monitor All New Nissan X-Trail
Kinerja dan Performa Mesin All New Nissan X-Trail
Seperti yang telah disebutkan di atas, X-Trail yang menggunakan kode sasis T32 ini dibekali dengan dua jenis mesin. Mesin pertama berkapasitas 2.0 liter dengan kode MR20DD, 4 silinder segaris 16 katup DOHC dengan teknologi Dual CVTCS (Continuous Variable Valve Timing Control System). Tenaga maksimal yang mampu diproduksi yaitu 142 HP pada putaran mesin 6.000 RPM dan torsi 200 Nm pada 4.400 RPM.
Foto Mesin All New Nissan X-Trail 2.0 Liter
Foto Mesin All New Nissan X-Trail 2.0 Liter
Selanjutnya terdapat mesin berkapasitas lebih besar dan lebih tangguh, yakni 2.5 liter dengan kode QR25DE, bertenaga maksimum 169 HP pada putaran 6.000 RPM dan torsi 233 Nm pada 4.000 RPM. Tenaga dari kedua jenis mesin disalurkan ke sistem penggerak roda depan.
Foto Mesin All New Nissan X-Trail 2.5 Liter
Foto Mesin All New Nissan X-Trail 2.5 Liter
Mesin 2.0 liter dikawinkan dengan transmisi manual 6 percepatan dan matic XTRONIC CVT (Continously Variable Transmission) yang minim getaran, lebih halus dan mampu meminimalisir penggunaan bahan bakar. Transimisi ini juga dapat dikendalikan secara manual melalui tuas transmisi. Sedangkan mesin 2.5 liter hanya hadir dengan transmisi matic XTRONIC CVT saja, sama halnya dengan transmisi matic di varian mesin 2.0 liter.

Spesifikasi All New Nissan X-Trail
  • Mesin: 1,998cc MR20DD dan QR25DE 2,488cc.
  • Konfigurasi : sama-sama 4 silinder segaris 16 katup DOHC Dual CVTCS.
  • Tenaga : 142 HP @ 6.000 RPM (2,0) ; 169 HP @ 6.000 RPM (2,5).
  • Torsi: 200 Nm @ 4.400 RPM (2,0) ; 233 Nm @ 4.000 RPM (2,5).
  • Bore x Stroke : 84mm x 90,1mm (2.0) ; 89mm x 100mm (2,5).
  • Transmisi : Manual 6 percepatan (2.0) ; matic XTRONIC CVT dengan mode manual (2.0 dan 2.5).
  • Sistem penggerak : sama-sama berpenggerak roda depan.
  • Kompetitor : Honda CR-VToyota Fortuner dan juga Mitsubishi Pajero Sport.
  • Tahun produksi : 2015 - sekarang.

Harga Nissan All New Nissan X-Trail
Berikut adalah daftar harga On The Road Jakarta :
  • X-Trail 2.0 manual : Rp. 390.900.000.
  • X-Trail 2.0 XTRONIC CVT : Rp. 419.100.000.
  • X-Trail 2.5 XTRONIC CVT : Rp. 450.400.000.

Kelebihan All New Nissan X-Trail
  • Desain futuristik.
  • Banyak fitur premium.
  • Material dashboard cukup berkualitas.
  • Ground clearance tinggi.
  • Transmisi halus.

Kekurangan All New Nissan X-Trail
  • Tidak ada opsi sistem penggerak 4x4.
  • Baris ketiga sangat sempit.
  • Perawatan mahal.
  • Jaringan aftersales masih minim.

Demikian ulasan lengkap mengenai review spesifikasi, harga, serta keunggulan dan kelemahan All New Nissan X-Trail T32. Bagi Anda yang memiliki jiwa petualang, X-Trail terbaru ini adalah pilihan yang tepat. Mengingat harganya yang cukup terjangkau dibandingkan para kompetitor plus dibekali oleh segudang fitur premium. Baca juga :