Kelebihan dan Kekurangan Honda Freed

Kelebihan dan Kekurangan Honda Freed

Ulasan Spesifikasi dan Harga Honda Freed - Pertumbuhan ekonomi yang terus meningkat memberikan dampak segar dalam dunia otomotif. Khususnya bagi salah satu Brand Jepang, Honda. Memasuki era 2010-an, bisa dikatakan adalah era baru dalam hal selera masyarakat yang memiliki mindset yang lebih luas, dimana telah menyukai desain mobil yang berbeda dengan era sebelumnya. Ini terlihat dari banyaknya produsen mobil yang memasukkan jenis mobil bergaya JDM di pasar lokal. Salah satunya dilakukan oleh Honda melalui MPV andalannya, Honda Freed.

Honda Freed sendiri merupakan mobil baru karena sama sekali tidak memiliki jejak produksi sebelumnya. Pertama kali dikenalkan di Jepang pada tahun 2008 dan masuk ke Indonesia setahun setelahnya di bawah naungan PT. Honda Prospect Motors (HPM). Namun sayang, peredarannya terlihat kurang mencuat jika dibandingkan dengan produk Honda Lainnya, sebut saja Honda Jazz GE8 dan Honda Civic FD. Di segmennya sebagai Low MPV, Honda Freed menjadi pesaing bagi Nissan Grand Livina, Proton Exora, Chevrolet Spin, Suzuki Ertiga, Toyota Avanza Gen2, dan juga Daihatsu Xenia. Kabar baik muncul di tahun 2016, dimana Toyota memperkenalkan rival yang lebih spesifik dan lebih cocok disandingkan dengan Freed melalui MPV terbaru, Toyota Sienta.

Selama peredarannya, Honda Freed telah mengalami masa facelift ringan /minor facelift beberapa kali. Pada awal beredar, hadir dengan dua tipe, tipe PSD dan tipe SD. Sedangkan pada versi facelift, hadir dengan tipe, yakni tipe A, tipe E dan tipe S.

Eksterior Honda Freed
Mengusung eksterior yang sangat berbeda dengan para pesaingnya, pastinya memberikan dampak positif karena Honda Freed memiliki ciri khas dan terlihat cukup unik. Desain ini cenderung digunakan pada mobil-mobil JDM yang beredar di Jepang ataupun MPV mewah yang hadir secara CBU di Indonesia. Dilihat dari bagian depan, desainnya bisa dikatakan cukup mempesona dan elegan, dengan hadirnya grill tiga baris yang dibalur oleh lapisan chrome.
Eksterior Depan Honda Freed
Eksterior Depan Honda Freed 
Namun beda halnya dengan bagian belakang. Desainnya bukanlah selera semua orang, karena terlihat terlalu polos dan kosong di bagian tengah pintu belakang. Sama sekali tidak ada asesoris tambahan melainkan sepotong lapisan chrome yang terletak di atas dudukan plat nomor. Terlebih lagi ukuran stoplamp yang terlalu kecil.
Eksterior Belakang Honda Freed
Eksterior Belakang Honda Freed 
Interior Honda Freed
Boleh saja menilai buruk tampang luarnya, tetapi tidak dengan interiornya. Desain dashboard terlihat cukup impresif, dimana terlihat diusung dengan tiga tingkatan. Di tingkat pertama terdapat susunan tombol pengatur pendinginan kabin, di tingkat kedua terdapat head unit dan kisi-kisi AC dan tingkatan terakhit terdapat speedometer. Semua panel mengarah ke atas, sedikit menyulitkan dioperasikan bagi Anda yang berpostur pendek. Namun hal ini terbayarkan oleh ruang kabin yang sangat lapang dan luas karena dukungan dimensi luarnya yang juga tinggi. Tak lupa pula, penumpang dapat masuk dengan leluasa tanpa terhambat berkat adanya pintu geser yang dapat dibuka tutup secara elektrik di baris kedua.
Interior Honda Freed
Interior Honda Freed 
Kinerja dan Performa Mesin Honda Freed
Di bawah bonnet, Honda Freed dibekali dengan mesin L15A berkapasitas 1.5 liter yang juga dipasang di Honda Jazz GE8 dan Honda City GM2. Hanya saja mesin ini telah di tuning ulang agar sesuai dengan karakteristiknya sebagai dapur pacu sebuah minivan. Tenaga yang mampu dihasilkan berupa 116 HP pada putaran 6.600 RPM dan torsi puncak sebesar 146 Nm pada putaran 4.800 RPM. Tenaga disalurkan ke roda depan dengan bantuan transmisi manual 5 percepatan atau matic 5 percepatan. 
Foto Mesin Honda Freed
Foto Mesin Honda Freed 
Impresi dan Handling Honda Freed
Pada dasarnya, Honda Freed menggunakan basis sama dengan Honda Jazz yang terkenal lincah dan memiliki handling luar biasa. Tapi hal ini tidak berlaku pada Honda Freed karena wheelbasenya lebih panjang. Otomatis proses transfer beban tidak sebaik Jazz, apalagi karena ukuran mesinnya yang terlalu kecil dan mengakibatkan tarikan lemot di putaran bawah.

Spesifikasi Honda Freed
  • Mesin : L15A i-VTEC SOHC 1.5 liter, 4 silinder segaris 16 katup.
  • Tenaga : 116 HP @6.600 RPM.
  • Torsi : 146 Nm @4.800 RPM. 
  • Rasio kompresi : 10.4:1.
  • Konsumsi BBM : 8-12 km / L (dalam kota), 13 - 17 km / L (luar kota).
  • Transmisi : manual 5 percepatan dan matic 5 percepatan.
  • Suspensi : Depan McPherson strut, belakang per daun dengan pegas rigid axle.
  • Rival : Nissan Grand Livina, Proton Exora, Suzuki Ertiga, Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, dan Toyota Sienta.
  • Tahun Penjualan: 2009 - sekarang.

Harga Honda Freed Bekas
Di segmennya, Honda Freed bekas terbilang cukup murah, yaitu sekitar 120 jutaan untuk tipe SD tahun 2009. Sedangkan tipe PSD biasanya lebih mahal 20 Jutaan. Khusus untuk tipe A, E dan S masih berada di rentang harga 160 jutaan hingga 200 jutaan tergantung tahun keluara.

Kelebihan Honda Freed
  • Mesin dan transmisi halus.
  • Adanya power sliding door.
  • Fitur keselamatan lengkap.
  • Interior luas dan nyaman.
  • AC sudah digital untuk keluaran 2010 keatas.
  • Headroom lapang.

Kekurangan Honda Freed
  • Model unik tapi bukan selera semua orang.
  • Bagasi sempit.
  • Kualitas material interior terlihat murahan.
  • Kualitas audio biasa saja.
  • Lemot di putaran bawah.
  • Relatif boros.

Demikian ulasan lengkap mengenai review spesifikasi, harga, serta keunggulan dan kelemahan Honda Freed. Secara keseluruhan, Honda Freed adalah kandidat terbaik untuk kebutuhan perjalanan keluar kota bersama keluarga karena kenyamanannya yang patut diacungi jempol. Baca juga :