Spesifikasi dan Harga Suzuki Grand Vitara 2016 Terbaru

Spesifikasi dan Harga Suzuki Grand Vitara 2016 Terbaru

Ulasan Spesifikasi dan Harga Suzuki All New Grand Vitara 2016 Terbaru - Suzuki merupakan salah satu produsen mobil yang dikenal sebagai spesialis mobil kecil seperti Suzuki Swift dan Suzuki Karimun. Namun ia juga memiliki reputasi yang sangat baik dalam kancah dunia offroad. Sejak kehadiran mobil Jimny, nama Suzuki kian bersinar di Indonesia sehingga Suzuki kembali menelurkan beberapa produk SUV nya seperti Vitara dan Escudo. Kedua mobil tersebut menggunakan basis yang sama di era 90-an, barulah di era 2000-an, Suzuki tak lagi mengadopsi satu basis, melainkan memproduksinya masing-masing secara terpisah.
Suzuki All New Grand Vitara Indonesia
Suzuki All New Grand Vitara
Suzuki Vitara sendiri terkenal sebagai SUV tangguh, setelah lama produksinya diberhentikan, Suzuki memboyong kembali Grand Vitara di tahun 2006 untuk mengisi kekosongan dalam segmen SUV guna menggantikan penjualan Suzuki Escudo injeksi 1.6 dan 2.0. Hingga pertengahan tahun 2016, Suzuki hanya melakukan minor facelift beberapa kali bagi Grand Vitara Lawas termasuk menyediakan mesin baru berkapasitas 2.4 liter. Di beberapa negara seperti Australia dan Singapura, Suzuki telah memperkenalkan flagship Vitara terbaru dengan perubahan signifikan di seluruh sektor. Grand Vitara terbaru dicanangkan masuk ke Indonesia pada kuartal III 2016 ataupun permulaan tahun 2017 dan menjadi pesaing bagi Mitsubishi Outlander Sport, Toyota Rush, Honda HRV, Hyundai Creta, Kia Sportage, Mazda CX-3, serta Nissan Juke.

Eksterior Suzuki All New Vitara 2016
Dilihat dari luar, eksterior Vitara terbaru ini benar-benar terlihat modern dan mengesankan. Seakan memecah keheningan di segmennya yang hanya diisi oleh rival yang masih mengandalkan produk lama. Desainnya sendiri bisa dibilang trendy, dengan meninggalkan sedikit jejak pendahulunya yang terkenal sporty. Dengan ornamen gelap di sekeliling posisi plat nomor dan garis fendernya yang menegaskan kesan SUV tangguh. Kombinasi warna body pun cukup apik, dimana disediakan warna kontras mulai pilar A hingga atap yang berakhir di pilar D.
Eksterior Suzuki All New Grand Vitara Indonesia
Eksterior Depan Suzuki All New Grand Vitara
Beralih ke bagian belakang, terlihat jelas perbedaan Vitara terbaru ini dengan pendahulunya. Posisi ban serep tidak lagi digantung di pintu belakang, melainkan dipindah ke bawah. Perubahan ini tentunya memberikan nilai positif, karena mobil dengan posisi ban serep digantung di pintu belakang maka lama kelamaan pintu akan rusak. Meskipun kesan macho yang menjadi ciri khas keluarga Vitara kini telah hilang.
Eksterior Belakang Suzuki All New Grand Vitara Indonesia
Eksterior Belakang Suzuki All New Grand Vitara
Visual di bagian luarnya yang cukup menarik menutupi fakta mengejutkan tentang Vitara terbaru ini lebih kecil dari pendahulunya, tepatnya 32 cm lebih pendek. Tidak mengherankan bagi Anda yang teliti langsung akan membuat keputusan bahwa ukurannya hampir menyerupai CrossOver Suzuki SX4.
Eksterior Samping Suzuki All New Grand Vitara Indonesia
Eksterior Samping Suzuki All New Grand Vitara
Interior Suzuki All New Grand Vitara 2016
Memasuki ruang kabin Grand Vitara terbaru, Anda disuguhi oleh material plastik yang terkesan murah dimana-mana. Namun sisi baiknya, beberapa sentuhan masih memiliki kualitas yang baik. Terlihat dari sambungan antar dashboard tanpa ada cacat. Di dalam kabin penumpang depan terdapat banyak tempat penyimpanan, antara lain kantong di pintu, cupholders berukuran jumbo, phoneholder, glovebox yang layak dan tempat pemegang kacamata. Sayangnya, konsol tengah dibiarkan begitu saja tanpa adanya tutup. 

Untuk menambah kesan presitis, Vitara terbaru ini turut dibekali dengan beberapa fitur canggih yang memudahkan pengemudi dalam hal berkendara. Antara lain tombol start/stop, keyless entry, paddle shifter di bawah roda kemudi, wiper otomatis dan lampu LED untuk interior. Tak lupa pula, fitur yang sangat penting dalam offroad yaitu differential lock dan hill descent control.
Interior Suzuki All New Grand Vitara Indonesia
Interior Suzuki All New Grand Vitara
Di bagian belakang, ruang lutut, ruang kaki dan ruang kepala terasa sangat menyiksa penumpang. Maklum saja, perubahan dimensi yang semakin kompak mau tidak mau membuat kenyamanan penumpang belakang menjadi terkorbankan. Ditambah lagi tidak adanya cupholders belakang dan juga lubang ventilasi udara. Untuk bagasinya sendiri dapat dibuat menjadi lebih luas, caranya yaitu dengan melipat kursi belakang dengan perbandingan 60:40.
Bagasi Suzuki All New Grand Vitara Indonesia
Bagasi Suzuki All New Grand Vitara
Kinerja dan Performa Mesin Suzuki All New Grand Vitara 2016
Disinilah bagian yang paling menarik untuk diulas. Mengapa? Karena Grand Vitara terbaru yang akan masuk ke Indonesia sangat berkemungkinan besar untuk menggunakan mesin berkapasitas 1.6 liter (1.600cc). Bisa jadi ini adalah salah satu solusi dari Suzuki untuk mengejar efisiensi dalam hal konsumsi bahan bakar. Tidak seperti pendahulunya yang bermesin 2.0 liter (2.000cc) dan versi facelift 2.4 liter (2.400cc). 
Foto Mesin Suzuki All New Grand Vitara Indonesia
Foto Mesin Suzuki All New Grand Vitara
Hingga artikel ini diturunkan, belum diketahui jenis mesin dengan kode apa yang akan digunakan. Apakah sama dengan mesin Suzuki SX4? Dikutip dari salah satu sumber di Singapura, tenaga yang dapat dihasilkan oleh mesin bensin berkubikasi mungil dan irit bahan bakar ini berkisar di angka 120 HP pada putaran mesin 6.000 RPM bersamaan dengan torsi sebesar 156 Nm pada putaran 4.400 RPM. Mesin ini dikawinkan dengan transmisi manual 5 percepatan atau transmisi otomatis 6 percepatan yang dapat diatur menggunakan pedal shift di lingkar kemudi.

Impresi dan Handling Suzuki All New Grand Vitara 2016
Seperti yang disebutkan di atas, Suzuki All New Vitara memiliki segenap fitur canggih seperti yang banyak digunakan pada mobil mewah. Pastinya akan menguatkan kesan prestis bagi siapa saja yang menggunakannya. Sama halnya dengan model terdahulu, Vitara memang ditujukan bagi keluarga aktif yang menyukai agenda dan kegiatan outdoor. Seperti touring ataupun sekedar melancong ke luar kota. Namun harap diingat, Vitara ini hanya nyaman diisi oleh 4 penumpang saja, mengingat kabinnya yang sempit.

Selanjutnya handling. Vitara generasi terbaru memiliki penanganan yang cukup baik dengan feedback akurat. Ketika menikung dengan kecepatan menengah, bodyroll mampu dikoreksi dengan baik berkat penggunaan suspensi MacPerson Strut di bagian depan dan torsion beam di bagian belakang. Apalagi yang versi AWDnya, sangat mulus melahap berbagai tikungan. Sayangnya, untuk versi Indonesia kemungkinan hanya akan hadir dengan sistem penggerak roda depan saja.

Spesifikasi Suzuki All New Grand Vitara 2016
  • Mesin : 1.6 liter (1.600cc) 4 silinder segaris 16 katup.
  • Tenaga : 120 HP @6.000 RPM.
  • Torsi : 156 Nm @4.400 RPM.
  • Konsumsi BBM : 13-15 km/L (dalam kota), 17-20 km/L (luar kota). *perkiraan
  • Transmisi :  manual 5 percepatan dan otomatis 6 percepatan.
  • Suspensi : depan Macperson strut, belakang Torsion beam.
  • Rival : Mitsubishi Outlander Sport, Toyota Rush, Honda HRV, Hyundai Creta, Kia Sportage, Mazda CX-3, serta Nissan Juke.
  • Tahun penjualan : diperkirakan kuartal III 2016.

Harga Suzuki All New Grand Vitara 2016
Suzuki All New Vitara yang akan masuk ke pasar lokal diprediksi dijual dengan harga berkisar antara 430 jutaan. Namun karena unitnya belum hadir secara resmi plus belum dipampang di website Suzuki, harga ini belum dapat dijadikan sebagai acuan.


Kelebihan Suzuki All New Grand Vitara 2016
  • Tampilan memukau.
  • Sangat modern.
  • Fitur melimpah.
  • Harga masuk akal.
  • Bagasi luas.
  • Handling presisi.
  • Suara ban bising dan masuk ke kabin.

Kekurangan Suzuki All New Vitara 2016
  • Tenaga relatif kecil.
  • Interior terkesan murahan.
  • Kabin belakang sempit.
  • Dimensi terlalu mungil.

Demikian ulasan lengkap mengenai review spesifikasi, harga, serta keunggulan dan kelemahan Suzuki Grand Vitara 2016 Terbaru. Dengan ukurannya yang mungil dan dibekali fitur mumpuni, bisa dikatakan mobil ini adalah salah satu alternatif yang cukup bijak bagi pecinta hatchback yang memiliki duit lebih dan ingin beralih ke segmen mini SUV. Baca juga :