Kelebihan dan Kekurangan Sedan Timor / KIA Sephia

Kelebihan dan Kekurangan Sedan Timor / KIA Sephia

Ulasan Spesifikasi dan Harga Timor / Kia Sephia - Sedan Timor yang memiliki kepanjangan Teknologi Industri Mobil Rakyat merupakan salah satu sedan subkompak yang sangat populer di pasar lokal ketika memasuki paruh 90-an. Awalnya, Timor adalah nama yang diusung oleh PT. Timor Putera Nasional (TPN) di bawah nama Tommy Soeharto ketika melakukan impor dari Korea secara CBU (Completely Built Unit) tanpa menggunakan nama KIA Sephia. Kehadirannya yang digadang-gadang sebagai mobil nasional pada saat itu banyak diapresiasi berkat harga yang ditawarkan sangat miring. Harga murah ini dikarenakan Timor terbebas dari regulasi pajak barang mewah, selain bea masuk . Beberapa rival / kompetitornya dalam sedan subkompak antara lain Hyundai Accent, Honda City EXi, dan juga Toyota Soluna.

Selama masa produksi, terdapat 3 pilihan mesin dengan teknologi berbeda, SOHC karburator, SOHC injeksi dan DOHC injeksi. Namun ketika akan memasuki masa facelift, produksi sedan Timor tidak lagi dilakukan karena terhalang oleh krisis moneter yang memaksa kebijakan impor harus ditutup. Lantas, KIA menghadirkan penggantinya yaitu KIA Sephia dengan beberapa perbedaan di sisi eksterior, fitur interior dan juga mesin. Ketika Sephia hadir, kompetitor lainnya telah mengeluarkan produk baru dan diantaranya adalah Honda City Type-Z dan juga Suzuki Baleno Facelift yang tadinya berada di segmen sedan kompak namun kali ini posisi marketnya telah turun satu tingkat. 

Eksterior Sedan Timor / KIA Sephia
Sebagai hasil branding dari KIA, pastinya eksterior dari Timor baik itu SOHC dan DOHC persis tampak serupa dengan Sephia meskipun terdapat perbedaan dari beberapa titik. Perbedaan antara Timor SOHC, Timor DOHC dan KIA Sephia pada bagian depan terlihat dari headlamp yang digunakan. Dimana lampu depan Timor terlihat tipis.
Eksterior Depan Sedan Timor SOHC
Eksterior Depan Timor SOHC
Sedangkan lampu depan KIA Sephia tampak sedikit lebih tebal. Oleh karena itu banyak pemilik yang baru menggunakan Timor seringkali salah kaprah karena menganggap dapat memasang lampu depan KIA Sephia di Timor. Perbedaan lainnya di bagian depan terletak dari logo yang berbeda.
Eksterior Depan KIA Sephia
Eksterior Depan KIA Sephia
Beralih ke bagian belakang, perbedaan lampu belakang antara Timor SOHC,Timor DOHC dan KIA Sephia dapat terlihat disini. Pada Timor SOHC, terlihat dari adanya garnish atau reflektor yang menyambung dari stoplamp kiri hingga ke kanan seperti Great Corolla.
Eksterior Belakang Timor SOHC
Eksterior Belakang Timor SOHC
Sedangkan lampu belakang / stoplamp Timor DOHC dan KIA Sephia terlihat sama. Dimana reflektor yang ada di bagasi telah terpotong, tidak lagi memanjang seperti pada Timor SOHC. Perbedaan keduanya hanya ada pada emblem tambahan bertuliskan Sephia pada produk KIA.
Eksterior Belakang Timor DOHC
Eksterior Belakang KIA Sephia
Interior Sedan Timor / KIA Sephia
Beranjak ke dalam kabin. Anda dapat merasakan kesan interior yang dibawanya kurang berkualitas. Karena berbeda dengan sedan lain pada umumnya, Timor dan KIA Sephia menggunakan material dashboard berupa plastik yang gampang melengkung jika terlalu sering terkena sinar matahari langsung. Dengan begitu, beberapa sambungan pada dashboard tidak lagi melekat secara sempurna dan terlihat kurang rapi. Untuk menyiasati hal ini, banyak pemilik sedan Timor yang memodifikasi lapisan dashboard dengan memasangi kulit jok sehingga terlihat lebih mewah.
Interior Sedan Timor / KIA Sephia
Interior Sedan Timor / KIA Sephia
Untuk fitur yang dibawanya, baik sedan Timor ataupun KIA Sephia telah dilengkapi dengan fitur penting seperti lampu baca, Air Conditioner (AC), AM/FM Stereo, Power Steering, Central lock, Power Windows, Electric Mirror dan juga Tilt Steering yang berfungsi untuk mengatur ketinggian setir sesuai tinggi pengemudi. Kecuali pada Timor SOHC yang banyak digunakan sebagai armada taksi dimana hanya mengandalkan AC dan AM/FM Stereo saja guna memangkas harga jual. Kalaupun tipe SOHC dilengkapi dengan fitur elektrikal seperti DOHC, itu adalah hasil modifikasi dari pemilik sebelumnya.

Kinerja dan Performa Mesin Sedan Timor / KIA Sephia
Seperti yang telah disebutkan di atas, terdapat 3 pilihan mesin yang disediakan pada Timor ini. Mesin DOHC injeksi murni berasal dari KIA Sephia yang dijual di beberapa negara dengan nama KIA Mentor. Sedangkan mesin SOHC merupakan pesanan khusus dari Tommy kepada KIA Motor yang berada di Korea Selatan. Uniknya, ketiga mesin berasal dari Mazda, karena pada saat itu Mazda dan KIA sedang giat-giatnya melakukan kerjasama dalam perihal pengembangan komponen mobil.

Timor S515 yang dikenal dengan sebutan Timor SOHC mengusung mesin karburator dengan kode B5 berkapasitas 1.500cc (1.5 liter) 4 silinder 8 katup. Tenaga yang dihasilkan berada di bilangan 80 HP pada putaran mesin 5.500 RPM dengan torsi sebesar 120 Nm pada 2.500 RPM. Cukup kecil jika dibandingkan sedan subkompak lainnya pada saat itu yang telah banyak menembus angka 90 HP lebih.
Foto Mesin Sedan Timor SOHC
Foto Mesin Sedan Timor SOHC
Untuk menutupi kelemahan dari mesin SOHC, akhirnya Timor diperkenalkan dengan mengusung mesin baru, yakni DOHC dengan sistem asupan bahan bakar injeksi, kapasitas yang ditawarkan tidak berubah. Mesin yang diusung oleh Timor 515i ini memiliki spesifikasi yang sama dengan KIA Sephia. Kode mesin B5-DE, 4 silinder 16 katup. Tenaga yang dihasilkan beranjak drastis menjadi 108 HP pada 5.500 RPM dan torsi 145 Nm 4.400 RPM.
Foto Mesin Sedan Timor DOHC
Foto Mesin Sedan Timor DOHC
Impresi dan Handling Sedan Timor / KIA Sephia
Pada dasarnya, Timor adalah sedan yang memiliki pengendalian yang cukup baik di eranya. Ditunjang oleh pandangan pengemudi ke depan yang tak terhalang dashboard dan juga pemindahan transmisi yang begitu mudah karena pedal koplingnya yang lembut. Sehingga kenyamanan pengemudi bukanlah menjadi masalah.

Namun jika diklasifikasi lagi dari segi kelincahan, jelas Timor SOHC tertinggal jauh di belakang. Akselerasi dari 0-100 km/jam membutuhkan waktu lebih lama dari Timor DOHC ataupun KIA Sephia karena spesifikasi mesinnya yang rendah. Akan tetapi, mesin karburator mudah dalam hal perawatan karena banyak bengkel paham dengan mekanisme mesin ini. Sebagaimana yang telah diketahui, semua mesin injeksi menggunakan ECU sehingga membutuhkan alat khusus untuk menangani jika suatu saat mesin ini mengalami gangguan (engine failure).

Spesifikasi Sedan Timor / KIA Sephia
  • Mesin : 1.5 liter karburator B5 (SOHC) dan 1.5 liter B5-DE injeksi (DOHC). 
  • Konfigurasi : 4 silinder segaris 8 katup (SOHC) ; 4 silinder segaris 16 katup (DOHC). 
  • Tenaga : 80 HP @5.500 RPM (SOHC) ; 108 HP @5.500 RPM (DOHC). 
  • Torsi : 120 Nm @2.500 RPM (SOHC) ; 145 Nm @4.400 RPM (DOHC). 
  • Rasio kompresi : 9.4:1 (SOHC) ; 9.2:1 (DOHC). 
  • Konsumsi BBM : 9-11 km/L (dalam kota) dan 13-15 km/L (luar kota) *perkiraan 
  • Transmisi : Manual 5-speed. 
  • Suspensi : Depan McPherson strut independen, belakang independent dengan per keong. 
  • Rival : Hyundai Accent, Honda City Exi, Suzuki Baleno 1.5 dan Toyota Soluna. 
  • Tahun penjualan : 1996 - 2001. 

Harga Sedan Timor / KIA Sephia
Jika diurutkan harga dari rendah ke tinggi, maka Timor ex-taksi menempati urutan harga yang paling terjangkau, sekitar 20 jutaan. Selanjutnya Timor SOHC, antara 25 juta - 30 juta. Di atasnya terdapat Timor DOHC dan KIA Sephia, harga yang ditawarkan mulai dari 35 juta - 45 juta tergantung kondisi dan perawatan pemilik sebelumnya. 

Kelebihan Sedan Timor / KIA Sephia
  • Harga terjangkau.
  • Mesin bandel.
  • Sparepart melimpah dan murah.
  • Perawatan mudah.
  • Torsi badak.
  • Lumayan nyaman.
  • Bagasi luas untuk segmen sekelasnya.

Kekurangan Sedan Timor / KIA Sephia
  • Tenaga masih kalah dari kompetitor.
  • Gampang overhead.
  • Peredaman kurang bagus.
  • Material dashboard kurang berkualitas.
  • Plat body terlalu tipis dan mudah penyok.
  • Karet pelipit kaca pintu mudah copot.
  • Suspensi terlalu lembut.

Demikian ulasan lengkap mengenai sedan review spesifikasi, harga serta keunggulan dan kelemahan Timor SOHC, Timor DOHC ataupun KIA Sephia. Mungkin Anda bingung ingin memilih tipe SOHC ataupun DOHC. Untuk itu Topgir lebih menyarankan tipe DOHC karena harga jualnya lebih bertahan dan fitur interior yang dibawanya lebih lengkap. Baca juga :