Kelebihan Kekurangan Nissan March 1.2 dan 1.5

Kelebihan Kekurangan Nissan March 1.2 dan 1.5

Ulasan Spesifikasi dan Harga Nissan March 1.2 dan 1.5- Nissan March merupakan city car berdimensi mungil yang pertama kali hadir di Indonesia sejak 3 Desember 2010 silam. Mobil dengan model hatchback 5 kursi ini sendiri sangat penting bagi Nissan, dimana menjadi kandidat guna melawan arus penjualan city car yang sangat padat karena banyaknya kompetitor. Dilihat dari sisi penjualannya, ia diposisikan di bawah Nissan Livina X-Gear. Sedangkan kompetitornya antara lain Mitsubishi Mirage, Toyota Etios Valco, Daihatsu Sirion, Honda Brio CBU, Suzuki Splash, Daihatsu Sirion dan juga KIA Picanto.

Ketika pertama kali diedarkan, Nissan March hanya hadir melalui varian bermesin 1.2 liter (1.200cc). Selanjutnya mobil ini mengalami facelift pertama di tahun 2014. Satu varian baru turut dikenalkan dengan mesin baru, berkapasitas 1.5 liter (1.500cc). Beberapa fitur tambahan dibenamkan di beberapa sektor untuk menarik perhatian konsumen.

Eksterior Nissan March 1.2 dan 1.5
Dilihat sekilas, tampilan luarnya mengingatkan kita pada hatchback andalan rivalnya yang juga berasal dari Jepang, yaitu Toyota Yaris Lawas. Terutama di bagian pilar C dan desain bodynya yang membulat. Hanya saja, March ini terkesan lebih feminim. Di bagian depan, lampu depan hampir menyerupai KIA Picanto Cosmo dengan grill berukuran lebar dengan sebuah garis yang diberi aksen krom. Lubang bumper depan berukuran besar dan dikelilingi aksen krom, terlihat elegan. Tak lupa pula, sepasang foglamp turut disediakan, kecuali untuk tipe terendah.
Eksterior Depan Nissan March Prefacelift
Eksterior Depan Nissan March Prefacelift
Untuk versi facelift, perbedaan di bagian depannya lumayan banyak. Dimensi grill kini berubah menjadi lebih besar, dengan sebuah lis krom berbentuk V di bagan tengahnya. Beberapa perubahan lain meliputi desain lampu depan dengan sudut lebih runcing, bumper lebih aerodinamis serta adanya aksen krom disekeliling foglamp.
Eksterior Depan Nissan March Facelift
Eksterior Depan Nissan March Facelift
Beralih ke bagian belakang, desainnya masih membulat. Sangat proporsional dalam mendukung desain secara keseluruhan yang juga membulat. Setiap varian  telah dilengkapi dengan sebuah rear wiper dan fitur penting di kaca belakang, yakni defogger.
Eksterior Belakang Nissan March Prefacelift
Eksterior Belakang Nissan March Prefacelift
Sedangkan untuk versi facelift, terdapat polesan ringan yang terlihat kasat mata di bagian belakangnya. Perubahan ada pada desain lampu belakang lebih sporty dan desain bumper aerodinamis seperti halnya bumper depan. Selebihnya masih sama dengan model sebelumnya.
Eksterior Belakang Nissan March Facelift
Eksterior Belakang Nissan March Facelift
Interior Nissan March 1.2 dan 1.5
Memasuki area kabin, desain bulat masih terlihat dari bentuk dashboard yang diusungnya. Desain ini juga diikuti oleh saudara 1 platformnya, Nissan Juke. Kesan yang mampu ditunjukkan adalah kata feminim. Jujur saja, model seperti ini bukanlah selera semua orang khususnya untuk lelaki yang berjiwa sporty. 

Hadirnya fitur MID (Multi-Information Display) di dalam kabin cukup berguna. Fungsi utama untuk memberikan layanan informasi tentang kondisi mobil secara keseluruhan. Mulai dari penggunaan BBM, tripmeter, hingga kondisi mesin. Fitur unggulan lainnya antara lain smartkey immobilizer, tombol Start/Stop mesin dan juga Vehicle Dynamic Control (VDC).
Interior Nissan March Prefacelift
Interior Nissan March Prefacelift
Kabar baiknya, Nissan turut melakukan perubahan di bagian dalam kabin ketika varian facelift dikenalkan. Nuansa elegan dan sporty lebih terasa. Hal ini berkat perubahan kisi-kisi AC yang kini memiliki bentuk persegi, bukan lagi bulat. Ditambah lagi dengan penggunaan warna hitam solid. Perubahan lainnya adalah adanya fitur baru, yaitu AC climate control pada semua varian Nissan March.
Interior Nissan March Facelift
Interior Nissan March Facelift
Kinerja dan Performa Mesin Nissan March 1.2 dan 1.5
Seperti yang telah disebutkan di atas, awalnya Nissan March hanya hadir dengan mesin HR12DE berkapasitas 1.2 liter. Mesin ini mengandalkan 3 silinder 12 katup dan mampu memproduksi daya maksimum hingga 79 HP pada putaran 6.000 RPM dan torsi puncak sebesar 102 Nm pada 4.000 RPM. 
Foto Mesin Nissan March 1.2
Foto Mesin Nissan March 1.2
Selanjutnya terdapat jenis mesin baru yang dikenalkan di saat masa facelift. Mesin injeksi HR15DE, 4 silinder 16 katup ini merupakan hasil adopsi dari Grand Livina lawas. Tenaga maksimum yang mampu diproduksi mencapai 109 HP pada putaran 6.000 RPM dan torsi 148 Nm pada 4.400 RPM.
Foto Mesin Nissan March 1.5
Foto Mesin Nissan March 1.5
Tenaga dari kedua mesin di atas disalurkan ke penggerak roda depan dan dibantu oleh transmisi manual 5 percepatan atau matic 4 percepatan. Pada varian matic bermesin 1.2 liter, akselerasinya kurang responsif dan menuntut pengemudi menginjak gas agak dalam. Sehingga penggunaan bahan bakarnya sedikit lebih boros dari transmisi manual. 

Impresi dan Handling Nissan March 1.2 dan 1.5
Berbicara mengenai impresi, disinilah letak kelemahan Nissan March. Meskipun kabinnya terbilang lapang, mulai dari legroom hingga headroom. Namun sedikit menyulitkan pengemudi pria karena letak tuas transmisi yang lebih rendah dari posisi setir. Namun hal ini tertutupi oleh visibilitas yang luas, tidak seperti Nissan X-Trail yang terhalang dengan bonnet.

Selanjutnya handling. Nissan March dibekali dengan suspensi yang berkarakter soft. Bantingan terasa cukup lembut dan memberi kenyamanan maksimal bagi setiap penumpang ketika melewati permukaan jalan yang kurang rata. Penggunaan suspensi ini berimbas bagi handling yang limbung ketika diajak bermanuver meskipun sedikit tertutupi berkat bobot bodinya yang berat. 

Spesifikasi Nissan March 1.2 dan 1.5
  • Mesin : HR12DE 1.2 liter ; HR15DE 1.5 liter.
  • Konfigurasi : 3 silinder segaris 12 katup DOHC (1.2) ; 4 silinder segaris 16 katup DOHC (1.5).
  • Tenaga : 79 HP @6.000 RPM (1.2) ; 109 HP @6.000 RPM (1.5).
  • Torsi : 102 Nm @4.000 RPM (1.2) ; 148 Nm @4.400 RPM (1.5).
  • Bore x Stroke : 78 mm x 83.6 mm (1.2) ; 78 mm x 78.4 mm (1.5).
  • Konsumsi BBM : 12-16 km / L (dalam kota), 18 - 25 km / L (luar kota). *perkiraan
  • Transmisi : manual 5 percepatan dan matic 4 percepatan.
  • Suspensi : Depan McPherson strut, belakang semi independent torsion axle beam.
  • Rival : Mitsubishi Mirage, Toyota Etios Valco, Daihatsu Sirion, Honda Brio CBU, Suzuki Splash, dan juga KIA Picanto.
  • Tahun Penjualan: 2010 - sekarang.

Harga Nissan March 1.2 dan 1.5
  • March Mid MT 1.2 Rp 170.500.000,-
  • March Mid AT 1.2 Rp 180.800.000,-
  • March XS AT 1.2 Rp 189.900.000,-
  • March MT 1.5 Rp 197.900.000,-
  • March AT 1.5 Rp 207.900.000,-

Kelebihan Nissan March 1.2 dan 1.5
  • Kabin lega dan nyaman.
  • AC sudah climate control.
  • Suspensi empuk.
  • Peredaman kabin cukup baik
  • Relatif irit, baik untuk dalkot maupun lukot
  • Kemudi ringan.
  • Fitur standar cukup lengkap.
  • Radius putar kecil.
  • Hadir dengan varian yang cukup banyak.

Kekurangan Nissan March 1.2 dan 1.5
  • Interior masih plastik.
  • Posisi mengemudi kurang nyaman.
  • Laci penyimpanan kurang banyak.
  • Performa putaran atas agak boyo.
  • Handling kurang mumpuni.
  • Fitur safety kurang lengkap.

Demikian ulasan lengkap mengenai review spesifikasi, harga, serta keunggulan dan kelemahan Nissan March 1.2 dan 1.5. Kehadirannya di segmen city car cukup diapresiasi oleh masyarakat luas. Buktinya, mobil ini mampu menjadi tonggak penjualan bagi Nissan untuk harga di bawah 200 Jutaan. Baca juga : 

2 komentar

Muhammad Fikhrul Hanif delete April 9, 2016 at 2:41 PM

Mantap

Yayan Abdhi delete November 10, 2016 at 1:57 PM
Komentar anda telah dihapus!