Kelebihan dan Kekurangan Mitsubishi Mirage

Kelebihan dan Kekurangan Mitsubishi Mirage

Ulasan Spesifikasi dan Harga Mitsubishi Mirage - Mirage merupakan salah satu hatchback city car fenomenal dari Mitsubishi. Mengapa dikatakan fenomenal? Karena dari dulu, Mitsubishi belum pernah sekalipun memproduksi hatchback city car untuk pasar Indonesia. Melihat bagusnya relasi pasar dalam segmen city car, akhirnya Mitsubishi turut mengenalkan produk andalannya ini pertama kali pada tahun 2013, bersama dengan pengenalan Mitsubishi Outlander Sport yang berada di segmen Crossover.

Mitsubishi Mirage sendiri tidak termasuk ke dalam kelas LCGC, karena komponen lokal untuk perakitan mobil belum mencapai 70% dimana ini merupakan salah satu syarat mutlak yang dibuat pemerintah. Meskipun kubikasi mesinnya yang termasuk kecil, masih berada di ambang batas aturan LCGC lainnya yakni 1.200 cc (1.2 liter). Di pasar lokal, Mirage sendiri melawan para pesaing dari berbagai merk antara lain Toyota Etios Valco, Daihatsu Sirion, Suzuki Splash, KIA Picanto, Honda Brio, serta Nissan March.


Eksterior Mitsubishi Mirage
Di segmennya, Mirage bukanlah city car yang memiliki desain terlalu cantik, tapi terlihat sedikit menarik karena desain bulat di sekujur bodynya yang mungil. Mitsubishi cukup kreatif dalam proses desainnya yang tampil berbeda dari produk andalannya yang lain. Dengan celah grill depan mengecil sedangkan lubang tengah bumper berukuran jumbo. Tak lupa pula, sepasang foglamp dipasangkan guna menembus kabut dan membantu pencahayaan di malam hari. 
Eksterior Depan Mitsubishi Mirage
Eksterior Depan Mitsubishi Mirage
Dilihat dari sisi samping, banyak yang tidak suka dengan modelnya. Lihat saja handle pintu yang diletakkan terlalu rendah dan cukup jauh jaraknya dengan frame jendela. Bagi Anda yang berpostur pendek mungkin hal ini tidaklah menjadi masalah, namun bayangkan jika ada yang berpostur tinggi lebih dari 180cm? Pasti akan sedikit mengalami kesulitan.
Eksterior Samping Mitsubishi Mirage
Eksterior Samping Mitsubishi Mirage
Beralih ke bagian belakang, desainnya terlihat terlalu hambar, minim aksesoris seperti ornamen krom tambahan yang biasanya digunakan di sekitar lis kaca belakang atau dudukan pelat nomor. Membosankan? Iya.
Eksterior Belakang Mitsubishi Mirage
Eksterior Belakang Mitsubishi Mirage
Interior Mitsubishi Mirage
Masuk ke dalam kabin Mirage, kesan yang ditawarkan cukup memukau jika dibandingkan para rivalnya. Dashboard terorganisir baik dengan penggunaan material plastik dan tekstur kasar. Tekstur kasar cukup membantu karena tidak memantulkan bayangan ke kaca depan ketika berada di terik sinar matahari. Desain dashboard dan susunan tombol kontrol juga cukup menarik, jauh dari kata membosankan. Untuk fiturnya sendiri bisa dikatakan lengkap, antara lain audio 2 din, audio kontrol di setir, climate control, dll.
Interior Mitsubishi Mirage
Interior Mitsubishi Mirage
Secara keseluruhan, kabin Mirage terasa luas dibalik dimensinya yang kecil. Ruang kaki, ruang lutut dan ruang kepala bukan menjadi halangan. Letak dashbord yang rendah juga memastikan visibilitas pengemudi tidak terganggu sedikitpun. Namun sayang, ruang siku yang tersedia terbatas karena ruangnya kurang lebar. Hal ini berlaku juga untuk kabin penumpang belakang.

Kinerja dan Performa Mesin Mitsubishi Mirage
Dibalik kap mesin, tertanam sebuah mesin injeksi 3 silinder segaris 12 katup dengan kode 3A92, berkapasitas 1.200cc (1.2 liter). Noken as telah mengadopsi sistem DOHC. Tenaga maksimum yang mampu dihasilkan yakni sebesar 77 HP pada putaran 6.000 RPM dan torsi puncak 100 Nm pada 4.000 RPM. Tenaga ini disalurkan ke sistem penggerak roda depan dan dibantu oleh transmisi manual 5 percepatan atau matic 4 percepatan.
Foto Mesin Mitsubishi Mirage
Foto Mesin Mitsubishi Mirage
Tapi itu tidak seburuk kedengarannya. Mobil ini agak ringan, beratnya di 850 kg saja. Untuk batas tertentu, mesin 3 silinder Mirage mampu bekerja maksimal. Ada cukup daya untuk akselerasi awal hingga menengah. Meraih kecepatan tinggi juga relatif mudah, meskipun kabin sedikit berisik memasuki kecepatan di atas 80 km/jam.

Impresi dan Handling Mitsubishi Mirage
Sebagai sebuah city car dengan harga mahal, Mirage cukup nyaman digunakan karena dibekali berbagai fitur premium di dalam kabinnya. Fitur-fitur ini cukup jarang ditemukan di city car lainnya apalagi mobil LCGC di bawah harga 150 Jutaan. Terdapat dua jenis transmisi, manual dan matic CVT. Kinerja dari matic CVT memang halus lebih halus dari varian manual karena minim hentakan. Namun kurang akurat dalam memindahkan posisi gigi. Ketika akan menyalip, Anda membutuhkan kick down mendalam agar posisi gigi turun.

Handlingnya sendiri masih berada dalam batas wajar. Satu hal yang paling menarik adalah sistem kemudinya ringan. Cukup nyaman digunakan dalam kondisi stop and go dan menyalip di kemacetan. Tapi harap berhati-hati ketika akan menyalip pada kecepatan tinggi karena setirnya terlalu sensitif terhadap pergerakan tangan pengemudi.

Spesifikasi Mitsubishi Mirage
  • Mesin : 3A92 DOHC 1.2 liter, 3 silinder segaris 12 katup MIVEC.
  • Tenaga : 77 HP @6.000 RPM.
  • Torsi : 100 Nm @4.000 RPM. 
  • Bore x Stroke : 75 mm x 90 mm.
  • Rasio kompresi : 10.5:1.
  • Konsumsi BBM : 14-16 km / L (dalam kota), 18 - 23 km / L (luar kota).
  • Transmisi : manual 5 percepatan dan matic 4 percepatan.
  • Suspensi : Depan McPherson strut, Belakang semi independent torsion axle beam.
  • Rival : Toyota Etios Valco, Daihatsu SirionSuzuki Splash, KIA Picanto, Honda Brio, dan Nissan March.
  • Tahun Penjualan: 2013 - sekarang.

Harga Mitsubishi Mirage
Berikut adalah list harga Mitsubishi Mirage untuk kawasan Jabodetabek. Transmisi manual hanya tersedia di varian terendah, yakni GLX, sedangkan ketiga varian lainnya mengandalkan matic CVT.

  • Mirage GLX : Rp 162.000.000 
  • Mirage GLS : Rp 173.000.000
  • Mirage Sport : Rp 179.000.000
  • Mirage Exceed : Rp. 184.000.000

Sedangkan untuk banderol bekasnya cukup bervariasi, mulai dari termurah sekitar 120 jutaan hingga termahal 160 jutaan, tergantung tipe, kondisi mobil dan tahun produksi.

Kelebihan Mitsubishi Mirage
  • Dimensi mungil.
  • Kualitas material interior relatif bagus.
  • Adanya climate control.
  • Kinerja rem mumpuni.
  • Sangat irit BBM.
  • Suspensi empuk.
  • Setir ringan.

Kekurangan Mitsubishi Mirage
  • Ketinggian seat belt tidak bisa diatur.
  • Sudut headrest terlalu tajam dan tidak bisa disetel.
  • Jok mudah kotor.
  • Gearbox matic berisik dan kurang akurat.
  • Suara mesin kasar dan terlalu getar.
  • Peredaman kabin buruk.
  • Membutuhkan bahan bakar beroktan tinggi, guna menghindari knocking.

Demikian ulasan lengkap mengenai review spesifikasi, harga, serta keunggulan dan kelemahan Mitsubishi Mirage. Intinya, Mirage adalah mobil yang jauh lebih nyaman digunakan di sekitar kota daripada perjalanan yang melibatkan bukit, turunan dan lembah. Memang bisa digunakan ke luar kota, namun jangan terlalu berharap dari apa yang ditawarkan. Mesin kecil, berisik dan body ringan bukanlah pilihan terbaik. Baca juga :