Kelebihan dan Kekurangan Mitsubishi Lancer DanGan

Kelebihan dan Kekurangan Mitsubishi Lancer DanGan

Ulasan Spesifikasi dan Harga Mitsubishi Lancer DanGan - Jika menengok kembali sejarah yang ada, keluarga Lancer adalah satu-satunya produk Mitsubishi yang paling populer. Sejak kehadirannya pertama kali pada tahun 1973, Lancer telah terjual hingga 8 juta unit lebih di seluruh dunia. Kepopuleran Lancer ini sangat booming berkat kehadiran DanGan di tahun 1988 khususnya di tanah air menggantikan Lancer SL. Dengan mengacu pada segmen sedan kompak, Lancer DanGan (dibaca dan gan) menjadi pesain bagi Honda Grand Civic, Toyota Corolla Twincam, Mazda Trendy, Mercy Boxer dan juga BMW E30.
Sejak pertama kali diedarkan hingga tahun 1993 yang selanjutnya digantikan oleh Lancer CB Series setahun setelahnya, DanGan memiliki tiga trim / varian. Varian pertama  hadir tipe GLX bermesin 1.5 liter karburator, tipe GTi 1.6 liter DOHC dan terakhir tipe GTi 1.8 liter DOHC. Tipe terakhit ini dikenalkan antara 1991/1992 sebagai versi facelift.

Ekterior Mitsubishi Lancer DanGan
Ketika memasuki era pembuka tahun 90-an, semua sedan produk Mitsubishi memiliki ciri khas dengan mengusung fasia depan yang menyerupai hiu. Hal ini terlihat dari lampu depan yang terbagi menjadi dua bagian dalam satu klaster, seperti halnya Mitsubishi Eterna. Pada tipe GLX, bumper depan terlihat lebih kecil jika dibandingkan tipe GTi, karena tipe GTi ini memang ditujukan sebagai sedan berperangai sporty pada waktu itu. 
Bagian depan Mitsubishi Lancer DanGan
Bagian Depan Mitsubishi Lancer DanGan
Pada bagian belakang, DanGan Dilengkapi garnish atau reflektor yang mengelilingi dudukan plat nomor, namun berhubung rentan rusak karena termakan umur, banyak yang mencopotnya. Reflektor ini pun tergolong barang langka, maka jangan heran jika Anda hanya menemui DanGan yang terlihat polos di bagian belakangnya ini.
Bagian Belakang Mitsubishi Lancer DanGan
Bagian Belakang Mitsubishi Lancer DanGan
Tak lupa pula, DanGan pernah mengalami masa facelift dimana perubahan yang terjadi hanya sebatas minor change pada bagian fasia. Dimana awalnya lampu sein berwarna oranye lalu pada tahun 1991 menjadi warna putih.

Interior Mitsubishi Lancer DanGan
Memasuki area kabin, kesan yang ditawarkan memang biasa saja, karena DanGan berada di bawah posisi Eterna di dalam hal penjualannya. Dashboard yang digunakan masih terlihat mengkotak dengan susunan kontrol AC putar model putar dan juga audio tape di bagian tengahnya.
Kabin Interior Mitsubishi Lancer DanGan
Interior Mitsubishi Lancer DanGan
Beberapa fitur interior telah dilengkapi dengan elektrikal seperti power steering, power window, central lock dan juga elektric mirror. Khusus varian GTi, jok yang digunakan sangat sarat dengan kesan sporty khas mobil balap.

Kinerja dan Performa Mesin Mitsubishi Lancer DanGan
Selama masa produksinya, DanGan hadir dengan 3 jenis mesin berkapasitas berbeda. Mulanya, DanGan dikenalkan dengan mesin bensin 1.5 liter karburator (tipe GLX) dan 1.6 liter injeksi (tipe GTi). Ketika facelift tepatnya pada tahun 1991, satu jenis mesin baru turut dikenalkan, berkapasitas 1.8 liter (tipe GTi) untuk menggantikan mesin 1.6 liter di tipe GTi lawas. 

Mesin 1.5 liter karburator memiliki konfigurasi 4 silinder 12 katup SOHC (kode sasis C62). Varian DanGan dengan mesin berkode 4G15 ini lebih dikenal dengan nama DanGan SOHC. Karena varian mesin lainnya yang hinggap di dalam kap mesin tipe GTi telah berubah menjadi DOHC. Tenaga yang dapat dihasilkan oleh mesin ini yaitu sebesar 74 HP pada 5.500 RPM dan torsi 118 Nm pada 3.500 RPM. Berikut contoh foto mesinnya.
Foto Mesin DanGan SOHC
Foto Mesin DanGan SOHC
Selanjutnya terdapat mesin injeksi kode 4G61 berkapasitas 1.6 liter dengan kode sasis C61. Tenaga yang mampu diproduksi oleh mesin ini berada di angka 123 HP pada putaran mesin 6.500 RPM dan torsi 144 Nm pada 4.500 RPM. Tenaga dan torsi ini termasuk badak eranya pada saat itu. Suara yang mesinnya pun memiliki ciri khas karena nyaring seperti dinamo. Sayangnya mesin ini hanya digunakan selama 2 tahun saja sebelum digantikan oleh mesin 1.8 liter.
Foto Mesin DanGan GTi 1.6
Foto Mesin DanGan GTi 1.6
Terdapat varian terakhir dengan mengandalkan kapasitas lebih besar. Yakni 1.8 liter (1.800cc). Menggunakan mesin berkode 4G67 dan kode sasisnya berubah menjadi C68. Tenaganya sangat besar, 134 HP pada 6.500 RPM dan torsi 162 Nm pada 4.500 RPM. Cukup unik, karena di era 90-an, sangat jarang ada mobil sedan Jepang dalam segmen sedan kompak yang mengusung mesin berkapasitas lebih dari 1.600cc. Bahkan banyak pemilik mengaku sangat puas dan mampu menggeber mobil ini hingga kecepatan 220 km/jam di jalan tol dengan kondisi mesin standar. Satu-satunya rival yang pantas disandangkan bagi DanGan GTi hanyalah Corolla Twincam GTi. Namun sayangnya, sang rival hadir dengan jumlah terbatas di Indonesia.
Foto Mesin DanGan GTi 1.8
Foto Mesin DanGan GTi 1.8
Impresi dan Handling Mitsubishi Lancer DanGan
DanGan GTi adalah sedan sporty yang memiki sedikit DNA Rally khas Mitsubishi, dan pastinya telah dilengkapi dengan berbagai kelengkapan yang jarang ditemukan di mobil lain. Kelengkapan utama yang adalah rem cakram di keempat roda untuk menghentikan laju yang dihasilkan oleh tenaga buas dari mesinnya. Kecuali tipe GLX karburator (SOHC) yang masih mengandalkan rem tromol pada bagian belakang.

Untuk suspensinya, semua tipe DanGan menggunakan suspensi yang telah di set ke stiff / agak keras. Dengan begitu, handling yang ditawarkan sangat baik. Melaju dalam kecepatan menengah di tikungan pun bukanlah masalah besar. Syaratnya, semua komponen kaki-kaki harus dalam kondisi sehat untuk menghindari gejala body roll dan oversteer yang dapat menyebabkan sewaktu-waktu mobil keluar jalur.

Dikutip dari salah satu forum roda empat, salah satu anggotanya pernah melakukan tes akselerasi DanGan GTi 1.8 di jalan bebas hambatan. Hasilnya, DanGan standarnya bahkan mampu melampaui akselerasi dari Honda Civic FD dan juga Toyota Altis Gen2. Cukup super!

Spesifikasi Mitsubishi Lancer DanGan
  • Mesin : 1.5 liter karburator 4G15 (GLX 1.5), 1.6 liter injeksi 4G61 (GTi 1.6), 1.8 liter injeksi 4G67 (GTi 1.8).
  • Konfigurasi : 4 silinder 12 katup SOHC (GLX 1.5) ; 4 silinder 16 katup DOHC (GTi 1.6 dan 1.8).
  • Tenaga : 74 HP @5.500 RPM (GLX 1.5) ; 123 HP @6.500 RPM (GTi 1.6) ; 134 HP @6.500 RPM  (GTi 1.8).
  • Torsi : 118 Nm @3.500 RPM (GLX 1.5) ; 144 Nm @4.500 RPM (GTi 1.6) ; 162 Nm @4.500 RPM  (GTi 1.8).
  • Bore x Stroke : 75.5 mm x 82 mm (GLX 1.5) ; 82.3 mm x 75.0 mm (GTi 1.6) ; 81.5 mm x 88.0 mm (GTi 1.8).
  • Rasio kompresi : 9.2:1 (GLX 1.5) ; 9.2:1(GTi 1.6) ; 10.5:1  (GTi 1.8).
  • Konsumsi BBM : 6-8 km/L (dalam kota) ; 9-12 km/L (luar kota). *perkiraan
  • Transmisi : Otomatis 3 Speed (GLX) dan Manual 5 Speed (GLX, GTi)
  • Suspensi : Depan McPherson strut independen, belakang independent dengan per keong. 
  • Rival : Honda Grand Civic, Toyota Corolla Twincam, Mazda Trendy, Mercy Boxer dan juga BMW E30.
  • Tahun penjualan : 1988 - 1992. 

Harga Mitsubishi Lancer DanGan
Di pasar lokal, unit Lancer DanGan dengan kondisi sehat tak pernah tembus lebih dari 40 juta. Bahkan untuk tipe GTi 1.8 liter yang memiliki tenaga terbesar di kelasnya. Untuk tipe lain yang bermesin lebih kecil, biasanya dihargai antara 25 juta hingga 30 jutaan saja.

Kelebihan Mitsubishi Lancer DanGan
  • Performa mesin GTi sangat buas.
  • Handling di atas rata-rata.
  • Ketahanan sparepart sangat tangguh (original Jepang).
  • Sasis dan body sangat kuat.
  • Interiornya lapang dan posisi duduk nyaman.
  • Sudut pandang pengemudi nyaman.
  • Banyaknya varian mesin.

Kekurangan Mitsubishi Lancer DanGan
  • Tenaga kecil (tipe GLX)
  • Jok belakang dan bagasi sempit.
  • Sparepart mahal dan jarang.
  • Perawatan 
  • Konsumsi BBM tergolong boros.
  • Kaki-kaki lumayan ringkih.
  • Harga jual kembali rendah.

Demikian ulasan lengkap mengenai review spesifikasi, harga, serta keunggulan dan kelemahan Mitsubishi Lancer DanGan. Intinya, bagi Anda yang memang sedang mencari mobil murah yang dapat diajak cruising, pastikan memilih tipe 1.8 GTi. Harganya pun tidak terpaut jauh dari varian lain yang bermesin lebih mungil. Baca juga :