Kelebihan dan Kekurangan Toyota Soluna

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Soluna

Ulasan Spesifikasi dan Harga Toyota Soluna - Soluna adalah sadan subkompak yang diproduksi oleh Toyota Motor Thailand dari Tahun 1994 hingga 2002. Namun masuk ke Indonesia pertama kali pada tahun 1997, dijual di bawah posisi Toyota Corolla All New. Kehadiran Soluna di tanah air cukup dinantikan, karena harga jualnya yang murah dan terbukti mampu bersaing dengan Hyundai Accent, Kia Sephia / Timor S515 ataupun Honda City EXi. Selanjutnya, Toyota melakukan langkah facelift terhadap Soluna guna menghadang Suzuki Baleno Facelift sebagai pemain baru dalam segmen ini dan juga Honda City Type-Z yang merupakan hasil facelift dari Honda City EXi. Kedua mobil tersebut adalah pemegang posisi terbaik dalam segmen sedan subkompak. Penjualan Soluna dihentikan pada tahun 2002 dan dilanjutkan oleh Toyota Vios dua tahun kemudian.
Toyota Soluna Modifikasi
Harga jual Soluna yang rendah menjadikan sedan mungil ini sebagai salah satu kandidat pilihan dari berbagai layanan jasa armada taksi yang ada di ibukota. Ketangguhan terbukti hingga sekarang dan dinilai sangat bagus, namun berimbas pada harga jual kembali yang rendah. Telah menjadi rahasia umum bahwa tipikal orang Indonesia acap kali menilai buruk suatu mobil jika telah digunakan sebagai armada taksi ataupun mobil dinas para pejabat daerah.

Eksterior Toyota Soluna
Menggunakan basis yang telah direkayasa ulang dari Toyota Tercel generasi ke-5 membuat eksterior Soluna hampir menyerupai asalnya sebagai sedan murah di daratan Eropa. Hanya saja Soluna didesain agar sesuai dengan karakter yang penduduk Asia khususnya negara ASEAN. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Soluna terdapat dua versi, prefacelift dan facelift.

Bagian fasia Soluna versi awal (prefacelift) dapat ditandai dengan mudah pada penggunaan headlamp kaca buram dengan lampu sein berwarna oranye. Grill standar dicat serupa sebagaimana warna body keseluruhan. 
Eksterior Toyota Soluna 1997 1998 1999
Eksterior Toyota Soluna Prefacelift
Sedangkan pada versi facelift, perubahan yang dilakukan sangat minim. Peningkatan yang dilakukan hanya sebatas pada penggunaan lampu kristal bening dan grill chrome. Bahkan pada versi ini juga belum dilengkapi dengan foglamp yang berfungsi sebagai penembus kabut ketika cuaca tidak bersahabat.
Eksterior Toyota Soluna 2000 2001 2002
Eksterior Toyota Soluna Facelift
Beralih ke bagian belakang juga terdapat perbedaan antara Soluna facelift dan prefacelift. Versi facelift mengusung stoplamp plastik buram berbentuk trapesium, bersamaan dengan lampu rem, lampu sein dan lampu mundur dalam satu frame. Posisi logo / emblem Toyota berada di tengah bagasi.
Eksterior Toyota Soluna 1997 1998 1999
Eksterior Belakang Toyota Soluna Prefacelift
Sama halnya dengan bagian depan, pada bagian belakang Soluna facelift juga telah mendapatkan lampu kristal. Bedanya dengan varian awal, posisi lampu mundur telah dipindahkan ke area tutup bagasi. Imbasnya, lubang kunci bagasi juga ikut bergeser sedikit ke arah kiri. Tak hanya disitu, logo Toyota kini berada di bagian tengah tepat di atas bagasi.
Eksterior Toyota Soluna 2000 2001 2002
Eksterior Belakang Toyota Soluna Facelift
Interior Toyota Soluna
Ketika memasuki kabin, jangan kaget jika Anda hanya disuguhkan oleh interior yang tampak sangat murahan. Dan ya, bagian ini sangat berpengaruh terhadap nilai jual Soluna sehingga dapat diedarkan dengan harga murah. Bahkan pada varian teringgi yakni GLi, fitur yang diunggulkan hanya berupa AC, tape, remote alarm, electric mirror, takometer, dan juga power window plus central lock. Terdapat varian lain, XLi yang lebih standar. Tanpa dibekali fitur penting di atas kecuali AC dan tape.

Pada bagian interior, perbedaan antara versi prefacelift dan facelift hanya terlihat pada model roda kemudi / setir. Versi prefacelift menggunakan setir 2-spoke menyerupai Kijang Kapsul tahun awal.
Interior Toyota Soluna 1997 1998 1999
Interior Toyota Soluna Prefacelift
Sedangkan versi facelift telah menggunakan setir 3-spoke mirip Toyota Great Corolla SE sehingga terlihat lebih proporsional. Selebihnya, fitur dan desain dashboard masih sama dengan versi prefacelift.
Interior Toyota Soluna 2000 2001 2002
Interior Toyota Soluna Facelift
Kinerja dan Performa Mesin Toyota Soluna
Sebagai pemain dalam sedan segmen subkompak yang terkenal murah. Pastinya mesin yang dibawanya memiliki spesifikasi lebih rendah dari sedan kompak. Di kalangan sedan Toyota di Indonesia era 90-an, kebanyakan mengusung mesin seri 4A-FE dengan kapasitas 1.600cc, mulai dari Corolla Twincam SE Limited, Great Corolla, Corolla All New dan juga Corona Absolute 1.6. Namun bedanya, Soluna menggendong mesin 5A-FE injeksi yang berkapasitas lebih kecil, tepatnya 1.500cc / 1.5 liter. Tenaga yang mampu diproduksi sekitar 93 HP pada 5.600 RPM dan torsi 124 Nm pada 4.800 RPM yang disalurkan ke roda depan.
Foto Mesin Toyota Soluna
Foto Mesin Toyota Soluna
Karakter body berbobot ringan Soluna lantas mengingatkan kita akan sosok hatchback Toyota yang begitu fenomenal pada tahun 90-an, yaitu Starlet. Dengan kata lain, Soluna ini adalah Starlet versi sedan. Hanya saja penggunaan mesin yang berbeda, dimana Soluna mengusung mesin 1.5 liter injeksi di bawah kap mesinnya sedangkan Toyota Starlet menggunakan mesin berkapasitas lebih kecil, yakni 1.3 liter.

Impresi dan Handling Toyota Soluna
Seperti yang disebutkan di atas, Soluna memiliki bobot yang ringan dan mampu melakukan sprint dari kondisi diam dengan sangat baik. Bahkan hampir menyamai keluarga Corolla yang mesinnya sedikit lebih besar. Ini dikarenakan bobot Corolla lebih berat. Selain itu, dimensi kompak Soluna memberikan keuntungan ketika mencari lokasi parkir.

Selanjutnya suspensi. Suspensi Soluna tergolong cukup empuk. Namun ketika mobil diisi penuh, suspensi ini mudah gesrot. Karena saking empuknya, Soluna mudah limbung pada kecepatan tinggi. Ketika akan berbelok di tikungan tajam pun Anda harus berhati-hati, bobot ringan plus suspesni empuknya ini bisa saja menyebabkan gejala oversteer.

Spesifikasi Toyota Soluna
  • Mesin : 1.5 liter 5A-FE 4 silinder segaris 16 katup DOHC.
  • Tenaga : 93 HP @5.600 RPM.
  • Torsi : 124 Nm @4.800 RPM.
  • Bore x stroke : 78,7 mm x 77 mm.
  • Rasio kompresi : 9.5:1.
  • Konsumsi BBM : 10-13 km/L (dalam kota) dan 15-18 km/L (luar kota) *perkiraan
  • Transmisi : Manual 5-speed dan matic 4-speed (tipe GLi), tipe XLi hanya manual. 
  • Suspensi : Depan McPherson strut independen, belakang independent dengan per keong.
  • Rival : Hyundai Accent, Kia Sephia / Timor S515 Honda City EXi (prefacelift) ; Suzuki Baleno 1.5 dan Honda City Type-Z.
  • Tahun penjualan : 1997 - 1999 (prefacelift) 2000 - 2002 (facelift).

Harga Toyota Soluna
Imagenya yang sangat lekat dengan Taksi mau tak mau membuat harga Soluna di pasar lokal menjadi sangat murah, tercatat ada beberapa orang yang menjual mulai dari angka 35 juta hingga tertiggi 60 juta. Cukup terjangkau untuk sebuah sedan mungil dan irit.

Kelebihan Toyota Soluna
  • Sangat irit.
  • Akselerasi bagus, karena body ringan.
  • Suspensi empuk.
  • Sparepart murah.
  • Perawatan mudah.
  • Mesin bandel dan tangguh.

Kekurangan Toyota Soluna
  • Image taksi.
  • Kaki-kaki ringkih.
  • Harga jual kembali.
  • Body terlalu enteng.
  • Kurang stabil pada kecepatan tinggi dan mudah limbung.
  • Kualitas bahan di bawah standar.
  • Ruang fender terlalu sempit.
  • Rem kurang pakem.

Demikian ulasan lengkap mengenai review spesifikasi, harga, serta keunggulan dan kelemahan Toyota Soluna. Intinya, Soluna adalah sedan murah yang sangat irit. Image taksi yang melekat padanya membuktikan bahwa mobil ini memiliki ketangguhan yang luar biasa. Baca juga :