Kelebihan Kekurangan Toyota Harrier 240G/300G Gen2

Kelebihan Kekurangan Toyota Harrier 240G/300G Gen2

Ulasan Spesifikasi dan Harga Toyota Harrier 2.4/3.0 - Toyota Harrier 240G dan 300G merupakan SUV premium gen-2 dari keluarga Harrier. Mobil ini pertama kali masuk ke Indonesia melalui importir umum pada tahun 2003 untuk menggantikan posisi pendahulunya yang kurang populer. Penjualnya dilangsungkan hingga tahun 2009 dan memiliki reputasi cukup baik di pasaran. Jika kebanyakan SUV Jepang belum mampu mengalahkan SUV Eropa. Namun tidak dengan mobil ini. Rebadge dari Lexus RX-Series ini terbukti mampu menggebrak segmen SUV premium terlebih karena harganya yang terjangkau tanpa mengurangi kualitas.

Di pasar lokal, mobil ini dikenalkan dengan dua pilihan mesin 2.4L dan 3.0L serta pesaing berat bagi Nissan X-Trail gen2Honda CR-V, Mazda CX-7 / CX9, Kia Sorento, Chevrolet Captiva, dan Hyundai Tucson. Jika dilihat dari segi harga, mobil ini memang mahal untuk pesaing di atas. Bisa dikatakan, pada segmennya Toyota Harrier diletakkan di atas antara kualitas SUV premium Jepang dan SUV premium dari daratan Eropa.

Eksterior Toyota Harrier Gen2
Sebagai SUV mewah, pastinya mobil ini memiliki tampilan yang sangat cantik disertai adanya sensasi elegan yang mampu menjadikan berkharisma tinggi. Ukurannya cukup bongsor dari kompetitor sekelas. Namun sayang, headlamp yang diusungnya tergolong kecil dan tidak sinkron dengan dimensinya yang bongsor dan tinggi. Pada bagian belakang, desainnya cukup cantik karena benar-benar berbeda dengan bagian depan. Selain desain depan yang kurang proporsional, mobil ini hanya ditunjang oleh velg dan ban berukuran kecil.
Eksterior Toyota Harrier Gen2 XU30
Eksterior Toyota Harrier Gen2
Interior Toyota Harrier Gen2
Selain di sisi luar, kemewahan juga turut hadir di dalam ruang kabin. Interiornya menggunakan kulit yang berkualitas di atas rata-rata dengan beberapa sentuhan wood panel yang memancarkan kesan elegan. Bentuk dashboard cukup ciamik dengan posisi tombol pada konsol panel yang rapi. Maklum saja, semua sensasi mewah ini harus ditebus dengan harga lebih tinggi dari kompetitor Jepang lainnya. Tak lupa pula, Harrier dilengkapi sunroof depan dan moonroof tengah yang menambah kesan mewah begitu kental.
Interior Toyota Harrier Gen2 XU30
Interior Toyota Harrier Gen2
Performa Mesin Toyota Harrier Gen2
Seperti yang telah disebutkan di atas, Harrier yang berbedar di Indonesia dikenalkan dengan dua jenis mesin berkapasitas berbeda. Mesin pertama berkapasitas 2.4 liter (2AZ-FE) 4 silinder segaris 16 katup, bertenaga 162 HP pada putaran 5.600 RPM bersama torsi 221 Nm pada 4.000 RPM. 
Foto Mesin Toyota Harrier Gen2 2.4 Liter
Foto Mesin Toyota Harrier Gen2 2.4 Liter
Sedangkan bagi Anda yang menganggap mesin di atas underpower dapat memilih mesin berkapasitas 3.0 liter V6 24 katup (1MZ-FE). Tenaganya tercatat sebesar 220 HP pada 5.600 RPM dan torsi 304 Nm pada 4.000 RPM. Sebagai tambahan, kedua jenis mesin ini juga digunakan sama persis pada Toyota Alphard dan Toyota Camry sehingga suku cadang dapat saling disubstitusi.
Foto Mesin Toyota Harrier Gen2 3.0 Liter
Foto Mesin Toyota Harrier Gen2 3.0 Liter
Impresi dan Handling Toyota Harrier Gen2
Selain kesan kemewahan yang sangat tinggi, Harrier juga mampu menawarkan sensasi nyaman di dalam kabin. Terbukti, posisi duduk cukup enak bagi pengemudi berpostur tinggi ataupun pendek karena jok dapat diatur 8 arah dengan mudah secara elektrik. Kenyamanan ini ditambah lagi oleh posisi setir yang dapat maju, mundur, naik dan turun secara elektrik. Posisi setir ini akan otomatis tersimpan. Dengan begitu, ketika selanjutnya mobil digunakan, posisi setir ini akan menyesuaikan posisi terakhir setelah Anda menggunakannya. 

Bagi penumpang, kenyamanan juga dapat dirasakan dengan maksimal. Karakter suspensi yang diusungnya memang tergolong keras. Namun ketika mobil diisi penuh, karakternya menjadi lembut karena telah menopang bobot penghuni kabin plus bobot keseluruhannya yang memang berat. Sedangkan masalah handling, handlingnya tidak terlalu bagus. Umpan balik dari setir kurang baik plus bobotnya yang berat menjadikannya kurang lincah ketika bermanuver.

Spesifikasi Toyota Harrier Gen2
  • Mesin : 2AZ-FE 2.4 liter dan 1MZ-FE 3.0 liter.
  • Tenaga : 162 HP @5.600 RPM (2.4) ; 220 HP @5.600 RPM (3.0).
  • Torsi : 221 Nm @4.000 RPM (2.4) ; 304 Nm @4.000 RPM (3.0).
  • Konsumsi BBM : 6-8 km/L (dalam kota) ; 9-12 (luar kota). *estimasi
  • Transmisi : matic triptonic 4 percepatan.
  • Suspensi : Depan double wishbone belakang quad link.
  • Tahun Produksi : 2003 - 2009. Unit 2010 adalah sisa penjualan dari Jepang.
  • Rival : Honda CR-V, Mazda CX-7, Kia Sorento, Chevrolet Captiva, Hyundai Tucson dan Nissan X-Trail.

Harga Toyota Harrier Gen2
Harga bekas terendah untuk kedua tipe mesin dimulai dari 180 jutaan untuk tahun rendah. Selanjutnya meningkat 15-20 juta per tingkat tahunnya. Untuk harga termahal dipasaran adalah sekitar 380 - 400 jutaan.

Kelebihan Toyota Harrier Gen2
  • Sangat nyaman.
  • Kualitas interior luar biasa.
  • Legroom luas.
  • Fitur penunjang sangat lengkap.
  • Model tahan lama.
  • Posisi pengemudi dapat diatur sesuai keinginan.
  • Stabil.
  • Suku cadang dapat saling substitusi.

Kekurangan Toyota Harrier Gen2
  • Performa mesin 2.4 liter lemah.
  • Kurang bagus dalam hal manuver.
  • Ukuran bagasi sempit.
  • Desain depan kurang proporsional.
  • Velg dan ban kecil.
  • Biaya perawatan lumayan tinggi.

Demikian ulasan lengkap mengenai review spesifikasi, harga serta keunggulan dan kelemahan Toyota Harrier Gen2. Hal yang paling memikat dari Harrier ini adalah kualitasnya yang sangat bagus dan ditunjang oleh berbagai fitur keamanan dan aspek kenyamanan yang cukup lengkap. Bahkan kenyamanannya mampu mengalahkan Harrier gen3 yang notabene sebagai penerusnya. Semoga membantu. Baca juga: