Kelebihan dan Kekurangan Toyota Cressida / Mark II

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Cressida / Mark II

Ulasan Spesifikasi dan Harga Toyota Cressida / Mark II - Melonjaknya harga Toyota Crown yang sangat mengejutkan pada tahun 1984 di Indonesia membuat PT. Toyota Astra Motor mengambil sikap untuk tidak mengedarkan Crown ke pasar lokal. Sebagai gantinya, Toyota menghadirkan Toyota Cressida pada segmen sedan mewah. Toyota Cressida sendiri merupakan big sedan yang diposisikan antara Toyota Crown dan Toyota Corona.
Eksterior Toyota Cressida Modifikasi
Eksterior Toyota Cressida Modifikasi
Toyota Cressida memiliki dimensi yang lebih kecil dari Crown. Meskipun begitu, fitur-fitur yang ditawarkan tetap mewah dan tidak mengalami pemangkasan dari Crown. Mesin yang dibawanya juga sama berupa mesin bensin 2.0 liter injeksi 6 silinder. Bisa dikatakan, Cressida menjadi pioneer bagi pabrikan mewah dari Eropa seperti BMW dan Mercedes-Benz untuk menghadirkan teknologi injeksi bagi sedan bongsor bermesin 2.000cc. Cressida dipasarkan hingga tahun 1989 dan menjadi rival bagi BMW E28, Mercy Boxer W124, Nissan Cedric dan Volvo 850.

Eksterior Toyota Cressida / Mark II
Meskipun posisinya satu tingkat dibawah Crown, lantas tidak menyurutkan inovasi Toyota untuk mengembangkan Cressida agar tampak mewah. Kemewahan khas sedan 80-an terlihat dari ukuran body bongsor dengan desain yang tampak cantik hingga sekarang. Profil depan mengusung headlamp persegi panjang tipis yang dipotong oleh grill chrome. Sepasang lampu sein tambahan turut dipasang pada bumper bagian bawah.
Eksterior Toyota Cressida Modifikasi
Eksterior Toyota Cressida Tampak Depan
Sedangkan pada bagian belakang, stoplamp yang digunakan hampir menyerupai Crown dengan sedikit perbedaan pada ujung lampu. Selebihnya sama, hanya saja ukuran bumper terlihat lebih tipis.
Eksterior Toyota Cressida Modifikasi
Eksterior Toyota Cressida Tampak Belakang
Interior Toyota Cressida / Mark II
Beranjak ke dalam kabin, suasana klasik mampu diciptakan berkat skema warna dashboard berupa coklat gelap. Kesan klasik semakin bertambah karena jok dibalut beludru merah. Pada saat terkena sinar matahari atau lampu di malam, beludru ini akan memantulkan sinar melalui bulu halusnya. Dapat dilihat pada foto berikut.
Interior Toyota Cressida Restorasi
Interior Toyota Cressida
Untuk fitur di dalam kabin, Cressida telah menggunakan beberapa fitur elektrikal yang tergolong sangat maju di eranya. Contohnya power steering, electrik mirror, dan AC digital. Contoh lain adalah panel instrumen di depan pengemudi. Full digital (1987 - 1989), mulai dari display bahan bakar, speedometer hingga takometer. Sayangnya, karena umur Cressida yang telah uzur, banyak orang yang telah mengganti panel ini dengan model jarum biasa seperti pada Cressida tahun rendah, karena perbaikannya cukup rumit dan mahal. Beberapa part interior lainnya yang sulit ditemukan adalah IC power window, tombol-tombol dashboard dan trim pintu.
Speedometer Digital Toyota Cressida
Speedometer Digital Toyota Cressida
Kinerja dan Performa Mesin Toyota Cressida / Mark II
Berbeda dengan Crown Robot (S130) yang menggunakan mesin 1G-FE, dalam hal ini Cressida mendapatkan pasokan tenaga dari mesin 1G-E (tanpa imbuhan kode F) yang juga masih berkonfigurasi 6 silinder. Perbedaannya terdapat pada jumlah katup dan jumlah camshaft, dimana jantung Cressida masih mengandalkan SOHC, sedangkan Crown S130 sudah DOHC. Untuk Cressida / Mark II ini masih sebatas 12 katup dalam artian 2 katup di setiap silinder dan Crown lebih maju karena jumlah katupnya mencapai 24 katup. Tenaga maksimal yang mampu dihasilkan oleh mesin 1G-E ini mencapai 97 HP pada putaran mesin 4.800 RPM dan torsi puncak 162 Nm pada 4.000 RPM. Meskipun karakter mesin berbeda dengan Crown, namun beberapa part dapat saling disubstitusi karena adanya persamaan pada bagian blok mesin.
Foto Mesin Toyota Cressida
Foto Mesin Toyota Cressida
Impresi dan Handling Toyota Cressida / Mark II
Dimensi dan bobot yang dipangkas dari Crown menjadikan nilai tambah tersendiri bagi Cressida. Apalagi karakter mesinnya yang lebih buas. Sehingga Cressida dengan sedikit modifikasi dapat melakukan drift layaknya professional. Sedikit berbicara mengenai drift, Cressida adalah kandidat lain dari Toyota Corolla DX KE70 yang sering dipergunakan drifter Indonesia. Alasannya yaitu selain harga mobil yang murah, beberapa part baik itu mesin dan juga eksterior lebih mudah ditemukan jika dibandingkan sedan merk lain seperti Nissan Cefiro.

Namun dengan pemangkasan dimensi dan bobot daru Crown tak serta merta hanya meninggalkan nilai positif bagi Cressida. Bobotnya yang sedikit lebih ringan otomatis menjadikan bantingan suspensi sangat terasa ketika melewati gundukan tanah ataupun permukaan jalan yang kurang rata. 

Spesifikasi Toyota Cressida / Mark II
  • Mesin : 1G-E 2.0 liter injeksi, 6 silinder segaris 12 katup SOHC.
  • Tenaga : 97 HP @4.800 RPM.
  • Torsi : 162 Nm @4.000 RPM.
  • Bore x Stroke : 75.0 × 75.0 mm
  • Rasio kompresi : 9.2:1
  • Konsumsi BBM : 6-7 km/L (dalam kota), 8-11 km/L (luar kota). *perkiraan
  • Transmisi : manual 5 percepatan dan matic 4 percepatan.
  • Suspensi : Depan independent double wishbone, belakang independent dengan per keong.
  • Rival : BMW E28, Mercedes Benz W124, Nissan Cedric, Volvo 850
  • Produksi : 1984 - 1999.

Harga Toyota Cressida / Mark II
Hal yang paling menarik dari Cressida adalah harga. Dengan budget sebesar 15 juta saja, Anda dapat memboyongnya ke garasi rumah. Pastikan memilih Cressida yang kondisinya mendekati sempurna. Harganya memang bisa saja mencapai 40 jutaan, namun biaya perawatan akan lebih irit jika dibandingkan unit murah tanpa perawatan dari pemilik sebelumnya.

Kelebihan Toyota Cressida / Mark II
  • Mewah dan sangat klasik.
  • Akselerasi bagus.
  • Tenaga mesin mumpuni dan bandel.
  • Kabin luas dan nyaman.
  • Kualitas bagus.
  • Banyak fitur canggih untuk seukuran sedan 80-an.
  • Part mesin dapat disubstitusi dengan 1G-FE milik Crown 2.0.

Kekurangan Toyota Cressida / Mark II
  • Mobil tua, banyak keropos.
  • Slow moving part mulai langka.
  • Sulit menemukan unit dalam kondisi sempurna.
  • Peredaran minim.
  • Perawatan lumayan mahal.

Demikian ulasan lengkap mengenai review spesifikasi, harga, serta keunggulan dan kelemahan Toyota Cressida / Mark II. Bagi Anda pecinta mobil klasik ataupun ingin upgrade dari mobil klasik lainnya, Cressida adalah pilihan tepat. Selain harganya yang cukup terjangkau, image prestis dan mewah juga mampu dipancarkan secara maksimal, tak kalah dari Crown. Baca juga :

2 komentar

Dhani Dezig delete May 26, 2016 at 5:05 PM

Untuk mesinnya ada salah info..
Crown S130 di Indonesia mendapatkan mesin 1G-FE, DOHC 24-valve, inline 6-cyl
sedangkan Cressida X70 mendapatkan mesin 1G-E, SOHC 12-valve, inline 6-cyl.

Blok mesin sama, 1G, tapi headnya saja yang berbeda.
di luaran banyak X70 yang mendapatkan mesin crown juga seperti 5M-E, 5M-GE

Rijal Hidayat delete May 26, 2016 at 9:36 PM

Terima kasih banyak infonya mas, Penulis akan meralat secepatnya :)