Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Neo Baleno

Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Neo Baleno

Ulasan Spesifikasi dan Harga Suzuki Neo Baleno - Sejak kemunculan Baleno dengan bodi bongsornya pertama kali pada tahun 1996, image Suzuki semakin meningkat di kalangan pecinta sedan Jepang. Menyasar kalangan menengah ke bawah, terbukti Suzuki mampu merepotkan berbagai sedan pabrikan Jepang lainnya saat itu yang diisi oleh Honda City Exi dan Toyota Soluna. Namun cerita ini berubah drastis ketika Suzuki mengganti Baleno dengan kehadiran Baleno Next-G yang berbagi basis dengan Suzuki Aerio

Rekor catatan penjualan Next-G benar-benar diluar prediksi Suzuki, hal ini dikarenakan masyarakat lokal kurang suka melihat desainnya yang jelek. Body terlalu bongsor, tinggi dan memiliki bagasi, sungguh tidak mirip sebuah sedan. Selanjutnya, Suzuki mengenalkan Neo Baleno yang berbagi platform dengan Suzuki SX-4 untuk mengganti posisi Baleno Next-G. Lagi-lagi, desain yang dibawa hampir sama dengan pendahulunya, terlalu bongsor dan tinggi. Kurang proporsional untuk sebuah sedan. Namun kabar baiknya, Suzuki telah mengubah penerus Neo Baleno dengan desain yang cukup modern, mewah dan proporsional, yaitu Suzuki Ciaz. Di pasar lokal, Neo Baleno sendiri menjadi rival bagi Honda City VTEC / iDSi dan Toyota Vios Gen2

Eksterior Suzuki Neo Baleno
Pada bagian eksterior, Neo Baleno tercatat memiliki body yang paling bongsor di kelasnya. Desain yang diusung benar-benar persis dengan Suzuki SX-4. Bahkan, Anda akan susah membedakan antara keduanya jika hanya melihat dari depan. Kecuali langsung melihat dari setiap sisi ataupun ke belakang. Karena pada bagian depan, Neo Baleno mengusung ciri khas dari SX-4, mulai dari desain lampu, bentuk bonnet dan juga lengkungan pilar A atau kaca depan. Yang membedakan antara keduanya hanya kehadiran bagasi dan menyebabkan dimensi Neo Baleno menjadi lebih panjang sekitar 350 mm dari SX4. Dampaknya, perubahan lain terdapat pada bagian atas karena garis atap bagian belakang Neo Baleno menjadi lebih landai.
Eksterior Suzuki Neo Baleno
Eksterior Suzuki Neo Baleno
Sebagai pemain dalam segmen sedan entry-level, Neo Baleno terlihat cukup menarik meskipun sedikit terkesan kurang proporsional. Bisa dikatakan, ini adalah satu-satunya sedan yang membawa desain sebuah crossover, meskipun tidak setinggi SX4. Dengan begitu, pastinya Neo Baleno mampu melahap berbagai kondisi jalan dengan kemampuan lebih baik dari sedan lainnya.

Interior Suzuki Neo Baleno
Ukuran yang bongsor otomatis memberikan dampak positif ke dalam ruang kabin. Kabin menjadi luas, menyisakan ruang lutut dan ruang kepala yang sangat layak bagi penumpang dewasa. Nuansa kabinnya terasa sporty namun elega, dimana desain dashboard memiliki lekukan yang tegas dan modern layaknya SUV. Fitur-fitur bawaan yang ada pada dashboard tergolong standar namun baiknya terdapat tombol pengatur audio pada setir.
Interior Suzuki Neo Baleno
Interior Suzuki Neo Baleno
Tak lupa juga, untuk memanjakan penumpang belakang Suzuki turut menyisipkan sebuah handrest yang dapat dilipat di tengah kursi penumpang belakang. Namun sayangnya, handrest ini tidak dilengkapi cupholder sehingga penumpang akan kerepotan ketika untuk menaruh botol minuman.

Kinerja dan Performa Mesin Suzuki Neo Baleno
Soal performa mesin, setiap produk Suzuki sangat terkenal akan akselerasinya yang boyo pada putaran bawah. Namun tidak dengan sedan ini, karena ia mengusung mesin yang cukup bertenaga yakni mesin M15A berkapasitas 1.5 liter dengan tenaga maksimum 110 HP pada 6.000 RPM dan torsi 143 Nm pada 4.000 RPM. Respon mesin cukup terasa pada putaran bawah. Dengan begitu, Neo Baleno cukup nyaman digunakan untuk stop and go di dalam kota ataupun menyalip kendaraan di depan tanpa kerepotan.
Foto Mesin Suzuki Neo Baleno
Foto Mesin Suzuki Neo Baleno
Akselerasi Neo Baleno terkenal cukup responsif sekaligus ekonomis. Pasalnya, dalam hal pengelolaan bahan bakar telah menganut sistem Multi Point Injection (MPI) serta Variable Valve Timing (VVT) dan juga Drive By Wire yang berfungsi mengontrol daya tenaga mesin secara elektronis tanpa kabel gas. Selanjutnya, tenaga disalurkan ke roda depan secara sempurna.

Impresi dan Handling Suzuki Neo Baleno
Sama halnya dengan SX4, Neo Baleno memiliki ciri khas handling yang hampir serupa namun lebih baik. Dikarenakan ground clearance mobil lebih pendek dan otomatis suspensinya memiliki kinerja yang lebih baik dalam hal kenyamanan. 

Selain itu, sebuah poin plus yang dimiliki mobil ini adalah dengungan mesinnya yang tidak terasa ke dalam kabin, karena Neo Baleno telah menggunakan teknologi baru yang dinamakan Vibration and Noise Reduction Measure. Teknologi peredaman ini dibenamkan pada seluruh body mobil dengan menggunakan bahan yang sangat kedap suara sehingga tingkat kebisingan dari luar tidak masuk ke ruang kabin penumpang.

Pada segi keamanan, Neo Baleno telah mengaplikasikan dual-SRS Airbags, ABS + EBD yang disertai rem cakram di keempat roda. Tak lupa pula, sistem Keyless entry with immobilizer turut hadir. Fitur keyless entry ini memungkinkan Anda membuka pintu tanpa memasukkan kunci terlebih dahulu ke lubang kunci pintu. Sedangkan immobilizer berfungsi sebagai keamanan tambahan, dimana mobil tak bisa dihidupkan jika kunci tidak berada dalam kabin.

Spesifikasi Suzuki Neo Baleno
  • Mesin : 1.5 liter M15A 4 silinder segaris 16 katup DOHC MPFI VVT.
  • Tenaga : 110 HP @6.000 RPM.
  • Torsi  : 143Nm @4.000 RPM.
  • Bore x Stroke : 78 mm x 78 mm.
  • Rasio kompresi : 9.5:1.
  • Konsumsi BBM : 9-11 km/L (dalam kota), 13-15 km/ L (luar kota)
  • Transmisi : 5-speed manual, 4-speed otomatis.
  • Suspensi : Depan McPherson strut independen, belakang torsion beam.
  • Rival : Honda City, Hyundai Accent dan Toyota Vios Gen2.
  • Tahun penjualan : 2007- pertengahan 2012.

Harga Suzuki Neo Baleno
Seperti yang telah dijelaskan di atas, Neo Baleno telah mengadopsi fitur keamanan dan kenyamanan yang tergolong lengkap. Bagi Anda yang minat memboyongnya ke bagasi, cukup menyiapkan budget sebesar 100 jutaan saja, karena di pasar mobil bekas, Neo Baleno harganya cukup terjangkau, harga terendah 85 juta hingga tertinggi 100 juta. Cukup murah bukan?

Kelebihan Suzuki Neo Baleno
  • Tenaga responsif.
  • Torsi besar.
  • Suspensi nyaman.
  • Fitur keselamatan lengkap.
  • Sangat kedap dari suara bising dari luar.
  • Suku cadang sama dengan SX4.

Kekurangan Suzuki Neo Baleno
  • Minim fitur hiburan.
  • Model bukan selera bagi masyarakat Indonesia.
  • Handling kurang lincah.
  • Harga jual kembali rendah.

Demikian ulasan lengkap mengenai review spesifikasi, harga serta keunggulan dan kelemahan Suzuki Neo Baleno. Dengan harga yang cukup terjangkau plus seabrek fitur keselamatan dan kenyamanan, sedan bongsor ini adalah salah satu sedan murah yang cukup baik digunakan bagi Anda yang sering bepergian keluar kota bersama keluarga. Baca juga :