Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Baleno

Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Baleno

Ulasan Spesifikasi dan Harga Suzuki Baleno - Baleno merupakan sedan andalah Suzuki yang pertama kali diluncurkan secara global pada tahun 1995 sebagai pemain dalam segmen sedan kompak dan dijual setahun setelahnya di Indonesia. Kehadirannya berfungsi mengganti posisi Suzuki Esteem yang telah lama berkiprah di tanah air. Sebagai sedan kompak, pada saat itu Baleno bersaing dengan Toyota Corolla All New dan Honda Ferio.
Suzuki Baleno Modifikasi
Suzuki Baleno Modifikasi
Pada mulanya, Baleno ini menggunakan mesin 1.6 liter. Namun pada tahun 1999, Suzuki mengambil inisiatif untuk melakukan langkah facelift demi menarik konsumen. Facelift ringan meliputi bagian depan dan interior saja, namun perombakan besar-besaran turut dilakukan pada bagian mesin. Mesin yang disungnya turun 100 cc menjadi 1.5 liter dan otomatis menggeser posisinya ke segmen sedan subkompak yang diisi oleh Honda City Type Z, Hyundai Accent, Toyota Soluna dan juga Timor S515 / KIA Sephia. Baleno terus dijual hingga tahun 2001 sebelum penjualannya digantikan oleh Baleno Next-G.

Eksterior Suzuki Baleno
Sebagai sebuah sedan yang mengikuti arus modernitas, terlihat bahwa eksterior Baleno benar-benar meninggalkan kesan jadul pendahulunya. Kesan yang ditawarkan Baleno terkesan rapi dan bersih. Ukurannya pun berubah total menjadi sedikit lebih bongsor. Dalam artian, Baleno mampu menciptakan ruang interior yang lebih efisien bagi penumpang.

Seperti yang telah disebutkan di atas, Baleno memiliki dua fase dalam produksinya, prefacelift dan facelift. Pada varian pertama kali hadir atau prefacelift, dapat dikenali dengan mudah melalui bagian depan. Headlamp kaca yang diusungnya berbentuk kotak dengan grill berbentuk tipis.
Eksterior Suzuki Baleno prefacelift 1997 1998
Eksterior Suzuki Baleno Prefacelift
Beralih ke model facelift, Baleno ini lebih dikenal dengan sebutan Baleno millenium ataupun mata kucing karena lampu depannya yang sudah membulat. Beberapa perubahan yang dilakukan oleh Suzuki meliputi bonnet baru, bumper lebih runcing, grill lebih besar dan headlamp yang menggunakan plastik polycarbonate. Terbukti, dengan adanya peningkatan tampilan ini memberikan Baleno penampilan lebih modern dan khas. Secara keseluruhan, styling yang digunakan masih cenderung cukup konservatif dengan standar mobil baru saat ini.
Eksterior Suzuki Baleno Facelift 1999 2000
Eksterior Suzuki Baleno Facelift
Sedangkan pada bagian belakang tidak ada perubahan dari model prefacelift. Bentuk stoplamp masih berbentuk trapesium ringkas dengan sudut membulat. Di eranya, Baleno terlihat benar-benar berbeda dari para kompetitor. Pasalnya, kompetitor lain cenderung lebih memilih menggunakan desain lampu belakang berbentuk tipis.
Eksterior Suzuki Baleno Belakang
Eksterior Suzuki Baleno Belakang
Interior Suzuki Baleno
Memasuki area kabin, Anda akan disambut oleh desain dashboard elegan dengan susunan tombol kontrol yang cukup rapi. Di tengah dashboard terdapat tombol lampu darurat, kisi-kisi AC, pemutar audio dan juga pengatur AC. Yang paling menarik, Baleno telah dilengkapi dengan heater. Banyak orang menganggap fitur ini mubazir, namun cukup membantu dikala hujan lebat karena kabin dapat dihangatkan dengan menggeser tuas AC ke sebelah kanan. 

Tak hanya dibagian luar, di bagian dalam pun terdapat perbedaan antara versi prefacelift dan facelift. Perbedaannya memang tak terlalu signifikan, dilihat sekilas hanya kisi-kisi AC yang bentuknya berbeda dan juga letak tombol parkir darurat. Selain itu, pada versi prefacelift memiliki desain dashboard lebih condong ke arah driver, dimana hal ini membantu driver meraih tombol dashboard dengan lebih mudah.
Interior Suzuki Baleno prefacelift 1997 1998
Interior Suzuki Baleno prefacelift
Sedangkan versi facelift desain dashboard keseluruhan memang terlihat sama, namun arahnya tidak lagi condong ke arah driver melainkan ke arah tengah. Garis pada kisi-kisi AC berubah menjadi horizontal dengan letak tombol parkir darurat yang dipindahkan ke bagian atas di samping jam digital. 
Interior Suzuki Baleno Facelift 1999 2000
Interior Suzuki Baleno Facelift
Pada bagian panel instrumen, kedua jenis Baleno di atas menggunakan speedometer dan takometer berlatar putih berkesan sporty. Setir / roda kemudi yang diusungnya berupa 4 spoke yang merupakan hasil pinjaman dari Suzuki Escudo sebelum abad 20.

Kinerja dan Performa Mesin Suzuki Baleno
Pada permulaan artikel, Topgir menyebutkan bahwa Baleno menggunakan mesin berbeda pada setiap versinya. Versi prefacelift menggunakan mesin injeksi G16B berkapasitas 1.6 liter yang dapat memproduksi tenaga hingga 99 HP pada putaran mesin 6.000 RPM dengan torsi 127 Nm pada putaran rendah, yakni 3.200 RPM.
Foto Mesin Suzuki Baleno prefacelift 1997 1998
Foto Mesin Suzuki Baleno prefacelift
Selanjutnya, versi facelift menggunakan mesin yang berkapasitas 100 cc lebih kecil, yaitu mesin injeksi 1.5 liter G15B. Meskipun kapasitasnya lebih kecil, namun tenaga yang mampu diciptakan justru lebih besar. 103 HP pada putaran 6.000 RPM dan torsi puncak 128 Nm pada 4.500 RPM. Dalam hal konsumsi BBM, mesin ini tergolong lebih irit dibandingkan mesin 1.6 liter di atas. 
Foto Mesin Suzuki Baleno facelift 1999 2000
Foto Mesin Suzuki Baleno Facelift
Impresi dan Handling Suzuki Baleno
Dibalik ukurannya yang bongsor, Baleno memiliki mesin yang cukup responsif pada putaran bawah karena mengandalkan sistem SOHC sehingga torsi puncak dapat diraih pada putaran bawah. Dengan begitu, Anda akan merasa biasa saja ketika terjebak macet dalam kondisi trafik stop and go. Sedikit saja menginjak pedal gas, mobil langsung bergerak. Disinilah mengapa Baleno mampu mengelola bahan bakar dengan sangat irit dikarenakan mesin bekerja maksimal pada putaran bawah.

Dibalik kelebihan di atas, pastinya Baleno juga memiliki titik lemah, dimana mobil seperti kehabisan nafas pada kecepatan tinggi. Terlebih suspensinya yang terlalu lembut sehingga gejala limbung seringkali terasa. Tak hanya disitu, bunyi bising dari luar juga terdengar hingga ke dalam kabin dan berimbas pada terganggunya konsentrasi pengemudi.

Spesifikasi Suzuki Baleno
  • Mesin : 1.6 liter G16B dan 1.5 liter G15B.
  • Konfigurasi : 4 silinder segaris 16 katup SOHC.
  • Tenaga : 99 HP @.6000 RPM (1.6) ; 103 HP @6.000 RPM (1.5)
  • Torsi : 127 Nm @3.200 RPM (1.6) ; 128 Nm @4.500 RPM (1.5).
  • Bore x stroke : 75 mm x 90 mm (1.6) ;
  • Rasio kompresi : sama-sama  9.5:1.
  • Konsumsi BBM : 10-12 km/L (dalam kota) dan 14-17 km/L (luar kota) *perkiraan
  • Transmisi : Manual 5-speed dan matic 4-speed. 
  • Suspensi : Depan McPherson strut independen, belakang independent dengan per keong.
  • Rival : Honda Ferio dan Corolla AE111 (mesin 1.6) ; Honda City Type-Z, Toyota Soluna, Hyundai Accent, dan  Timor S515 (mesin 1.5)
  • Tahun penjualan : 1996- 1998 (1.6) 1999-2001 (1.5).

Harga Suzuki Baleno
Di pasar lokal, Baleno memiliki nilai jual yang cukup terjangkau. Untuk versi prefacelift, harga yang ditawarkan berkisar antara 40 juta hingga 52 juta sedangkan versi facelift rentang harganya antara 55 juta hingga 65 juta.

Kelebihan Suzuki Baleno
  • Sangat irit.
  • Desain dashboard cukup elegan.
  • Dilengkapi heater (pemanas kabin ketika hujan deras)
  • Model tahan lama.
  • Perawatan sangat mudah
  • Mesin bandel.
  • Torsi puncak dapat diraih dengan mudah pada putaran bawah.
  • Kinerja sistem penggereman sangat pakem.

Kekurangan Suzuki Baleno
  • Sistem peredaman kabin kurang bagus.
  • Harga jual kembali rendah.
  • Sandaran jok belakang terlalu tegak.
  • Limbung jika tidak dihuni penumpang belakang.
  • Suspensi terlalu empuk.

Demikian ulasan lengkap mengenai review spesifikasi, harga serta keunggulan dan kelemahan Suzuki Baleno. Jika dilihat dari segi konsumsi BBM, Baleno memang sangat layak dipertimbangkan mengingat harga dan perawatannya pun lebih murah dibandingkan para kompetitor. Baca juga :

2 komentar

Rahmat Hadi Perdana K delete July 31, 2016 at 3:02 AM

Sangat membantu infonya, thanks

Rijal Hidayat delete July 31, 2016 at 9:11 PM

Sip. Sama-sama om.