Spesifikasi dan Harga All New KIA Carens

Spesifikasi dan Harga All New KIA Carens

Ulasan Spesifikasi dan Harga All New KIA Carens - Segman MPV 7 kursi merupakan salah satu segmen yang paling banyak dipadati berbagai produsen mobil yang ada di Indonesia. Persaingannya begitu ketat khususnya ketika Toyota Avanza Gen1 dan Toyota Innova Gen1 mendarat di Indonesia. Sejarah mencatat, KIA Carens telah hadir di Indonesia sejak tahun 2000 melalui KIA Carens I yang selanjutnya digantikan oleh KIA Carens II pada tahun 2004. Peredaran kedua Carens ini sangatlah minim di Indonesia sehingga penjualannya dihentikan pada tahun 2008. Sejak saat itu, KIA seakan vakum memproduksi MPV. 

Setelah puasa selama 5 tahun serta melihat kekosongan pasar yang kebanyakan hanya diisi oleh pemain dari Jepang, akhirnya KIA sebagai produsen mobil dari Korea kembali merapatkan langkah tepatnya pada tahun 2013 dengan mendatangkan All New Carens ke Indonesia. Kehadiran Carens teranyar ini di Indonesia bisa dikatakan sebagai langkah untuk menggantikan dua jenis MPV KIA sebelumnya yaitu Sedona dan Carens. Produksi KIA Sedona sendiri telah lama dihentikan semenjak tahun 2004. Sedangkan di negara lain masih diproduksi. Sebagai MPV bersasis monokok kelas menengah, mobil ini sangat cocok disandingkan dengan Proton Exora dan Nissan Grand Livina.

Eksterior All New KIA Carens
Seperti yang telah disebutkan di atas, KIA Carens terbaru ini memiliki dua peran, yaitu sebagai penerus Carens sebelumnya dan juga Sedona yang berukuran lebih besar. All New Carens menjembatani kesenjangan ukuran antara kedua mobil di atas dengan sangat baik. Ini dapat terlihat dari dimensi yang dibawanya yang telah membengkak dari pendahulunya.
Eksterior KIA All New Carens
Eksterior All New KIA Carens
Dilihat dari depan, eksterior All New Carens terlihat sangat manis dan sarat dengan aura modern. Kesan ini tepancar dari Tiger nose grille yang merupakan identitas terbaru KIA. Meskipun berasal dari Korea, namun desain body yang dibawanya tampak elegan karena sangat lekat dengan image Eropa. Lampu depan Carens terbaru ini telah dilengkapi dengan HID projection headlamp serta ketinggian lampu dapat diatur melalui dalam kabin. Selain itu, sepasang cornering lamp juga turut hadir, fungsinya adalah untuk menerangi sisi kiri dan kanan mobil ketika berbelok. Desain apik dengan berbagai fitur penting ini juga ditunjang dari bagian belakang yang sporty dengan desain stoplamp yang hampir menyerupai SUV dari brand tetangganya, Hyundai Tucson. 

Secara keseluruhan, MPV 7-seater dari Korea ini cukup nyaman digunakan untuk keluarga besar berkat pintu tengah yang panjang seperti Suzuki Ertiga. Keluar masuk ke baris ketiga pun dapat dilakukan dengan mudah meskipun pintu tengah ini bukan model geser. 

Interior All New KIA Carens
Ketika beranjak ke dalam kabin, suasana nyaman dan mewah disajikan secara sempurna. Kursi baris pertama memiliki posisi duduk yang pas, karena bentuknya yang mengikuti lekuk tubuh. Bagi Anda yang berpostur pendek pun dapat menjangkau roda kemudi dengan begitu mudahnya berkat tilt and telescopic steering yang dapat diatur secara elektris. Tak lupa pula, seatbelt dengan height adjuster telah disematkan pada kedua kursi baris pertama. 
Interior Kia Carens Indonesia
Interior Kia Carens
KIA Carens memiliki dashboard berdesain modern yang menggunakan material plastik lembut di bagian atas dan dilapisi kulit sintetis pada bagian tengahnya. Meskipun beberapa bagian door trim terlihat kurang berkualitas namun hal ini tertutupi oleh sentuhan mewah yang tampak seperti mobil mewah. Sayangnya, pada bagian setir cukup banyak fitur yang dipangkas jika dibandingkan dengan versi Eropa. Maklum saja, hal ini bertujuan untuk mempertahankan harga agar dapat bersaing dengan kompetitor di segmennya sebagai MPV premium yang juga diisi oleh Toyota Innova 2016.
Interior Kia Carens Indonesia
Interior Kia Carens
Berbicara masalah fitur, beberapa fitur andalannya antara lain tombol Active Eco dan pengatur ketinggian lampu di bagian pengemudi, lalu tombol pengatur tenaga power steering dan pengatur MID di bagian setir. Untuk headunit yang dibawanya menggunakan produk aftermarket dengan dukungan koneksi bluetooth, voice recognition, USB serta AUX yang memiliki kualitas di atas rata-rata.
Interior Dashboard Kia Carens Indonesia
Dashboard Kia Carens
Semua varian Carens datang dengan tujuh kursi, baris pertama dan baris penumpang kedua cukup nyaman diduduki orang dewasa berpostur besar. Namun hal ini tidak berlaku pada baris penumpang ketiga yang cocoknya diisi oleh anak-anak. 
Kursi Belakang Kia Carens Indonesia
Kursi Belakang Kia Carens
Kursi bagian paling belakang ini dapat dilipat rata dengan lantai. Begitu pula dengan kursi baris kedua. Sehingga kapasitas tempat penyimpanan barang bawaan bertambah hingga beberapa kali lipat.
Kursi Belakang Kia Carens Indonesia
Kursi Belakang Kia Carens ketika dilipat
Performa dan Kinerja Mesin
KIA membekali Carens dengan pilihan mesin tunggal berkapasitas 2.0 liter. Mesin bensin dengan displacement 2000cc mampu mencatatkan tenaga hingga 150 HP pada putaran mesin 6.500 RPM bersama torsi 194 Nm pada putaran 4.800 RPM. Di pasar lokal, Carens adalah satu-satunya MPV kelas menengah selain Innova yang mengandalkan mesin 2.000cc sedangkan para kompetitor hanya sebatas 1.800 cc saja. Akselerasinya cukup pas untuk mengangkut bobotnya yang tergolong cukup berat. 
Foto Mesin Kia Carens Indonesia
Foto Mesin Kia Carens
Impresi dan Handling All New KIA Carens
Carens adalah mobil yang sangat mudah dikendarai. Posisi tempat duduk yang nyaman dan dapat diatur dengan berbagai konfigurasi. Selain itu, setirnya juga dapat diatur sesuai selera pengemudi dengan penanganan yang akurat. Setir dapat bekerja dengan baik hingga kecepatan tinggi dengan feedback yang bagus. 

KIA Carens memiliki karakter yang cukup nyaman dan lembut. Gundukan jalan kurang rata pun dapat dilalui karena bantingannya yang manusiawi. Bobot body yang berat cukup membantu disini untuk mengurangi bantingan. Hanya saja, gejala bodyroll sedikit terasa ketika mobil berakselerasi di sudut tikungan dengan kecepatan menengah. Terakhir dan perlu dicatat, KIA Carens yang masuk ke Indonesia tidak dilengkapi ABS. Pun begitu, kinerja penggereman cukup mumpuni berkat tersedianya rem cakram di setiap roda. 

Spesifikasi All New KIA Carens
  • Mesin : NU 2.0 liter 4 silinder segaris 16 katup.
  • Tenaga : 150 HP @6.500 RPM (2.4).
  • Torsi : 194 Nm @4.800 RPM.
  • Konsumsi BBM : 8-11 km/L (dalam kota) ; 13-16 km/L (luar kota). *estimasi
  • Transmisi : otomatis 6 percepatan.
  • Suspensi : Depan double wishbone ; belakang Coupled torsion beam axle.
  • Rival : Proton Exora, Nissan Grand Livina, Toyota Kijang Innova, dan Honda Freed.
  • Tahun Produksi : 2013 - sekarang.

Harga All New KIA Carens
  • Kia Carens M/T 20 LX: Rp. 249,5 juta.
  • Kia Carens A/T 20 LX : Rp. 262,5 juta.

Kelebihan All New KIA Carens
  • Performa mumpuni.
  • Desain eksterior atraktif.
  • Desain kabin yang mewah.
  • Mudah dikemudikan berkat pengaturan power steering.
  • Kabin praktis dan luas kabin.
  • Kualitas bahan sangat mengesankan.
  • Dianugrahi bintang 5 oleh Euro NCAP.

Kekurangan All New KIA Carens
  • Akomodasi kabin khususnya bagian belakang.
  • Adanya pemangkasan fitur.
  • Tidak ada ABS dan cruise control.
  • Tampilan head unit yang tampak kurang berkualitas.

Demikian ulasan mengenai review spesifikasi, harga serta keunggulan dan kelemahan All New KIA Carens. Intinya, KIA Carens hampir menyerupai Honda Stream yang memiliki performa sedan dalam sebuah MPV. Kenyamanan yang ditawarkan pun cukup layak dipertimbangkan untuk meminang mobil ini. Terlebih lagi harganya yang sepadan dengan kualitas yang dibawanya. Baca juga: