Kelebihan dan Kekurangan Hyundai Sonata YF

Kelebihan dan Kekurangan Hyundai Sonata YF

Ulasan Spesifikasi dan Harga Hyundai Sonata - Beberapa tahun terakhir, perkembangan brand otomotif asal Korea tercatat meningkat drastis. Hal ini terlihat dari rekor atau catatan penjualan dari masing-masing brand tiap bulannya. Hyundai misalnya. Brand yang tergolong baru ini mampu meraih kesuksesan gemilang melalui produknya yang menyasar segala segmen. Namun kelihatannya, segmen sedan sangat susah ditembus oleh Hyundai, entah apa alasannya dan yang pasti, segmen ini masih dikuasai mutlak oleh beberapa brand Jepang dan sebagian lain brand dari Jerman.

Sonata merupakan sedan ukuran menengah andalan Hyundai yang pertama kali dikenalkan kepada publik ketika acara pergelaran otomotif Los Angeles Auto Show pada tahun 2009. Setahun berselang, Sonata dijual secara global termasuk Indonesia tepatnya pada tahun 2010. Sonata yang hadir di Indonesia berupa keturunan / gen ke-6 dari seluruh gen Sonata yang pernah dijual Hyundai. Sedangkan pendahulunya hanya hadir secara CBU melalui importir umum ataupun keadaan bekas di pelabuhan bebas Batam dan Sabang. Seperti yang telah disebutkan pada paragraf pertama, Sonata masuk ke segmen mid-size dan menjadi rival bagi Toyota Camry, Honda Accord, Kia Optima, Mazda 6, Mercedes E-Class dan juga BMW 5-series F10.

Eksterior Hyundai Sonata
Sebagai pemain dalam segmen mid-size sedan, pastinya Sonata mendapatkan embel-embel luxury guna melawan para kompetitor. Hal ini terlihat dari desain yang diusungnya memang terlihat modern. Gaya eksterior ini merupakan bahasa desain yang disebut Hyundai sebagai "Fluidic Sculpture" dimana desain ini pertama kali digunakan pada Hyundai Tucson gen2. Dengan begitu, desain antara sedan dan SUV Hyundai ini terkesan sangat mirip.
Eksterior Hyundai Sonata YF
Eksterior Hyundai Sonata YF
Pada bagian depan, Sonata telah menggunakan headlamp proyektor yang telah disematkan DRL. Grill chrome menggunakan desain 4 baris dengan logo H miring berada di bagian tengah grill untuk memancarkan ciri khasnya sebagai mobil Korea. 
Eksterior Hyundai Sonata YF
Eksterior Hyundai Sonata YF
Pada profil samping, spion bawaan telah dilengkapi oleh turning lamp yang berguna sebagai lampu sein tambahan. Tak lupa pula, di bagian atas atap turut disematkan sebuah panorama moonroof yang menambah kesan mewah karena atap dapat dibuka tutup secara elektris.

Berlanjut ke bagian belakang, disinilah yang paling menarik. Karena stoplamp bawaannya di desain dengan kombinasi warna yang sangat padu. Cahaya yang dihasilkan pun cukup terang bahkan pada siang hari. Secara keseluruhan, desain samping dan belakang Sonata cukup menarik. Berbeda dengan fasia depan yang cenderung aneh dan jelek. 

Interior Hyundai Sonata
Beranjak ke dalam kabin, aura mewah mampu dipancarkan oleh interior Sonata yang serba plastik. Penggunaan warna interior cerah sangat tepat sehingga kesan murahan sama sekali tidak tampak. Sepintas melihat bentuk dashboard, lagi-lagi akan mengingatkan kita akan Hyundai Tucson karena bentuk dashboard dan tata letak tombol kontrol hampir serupa. Dashboard turut membawa gaya fluid dinamics dimana cekungan menuju kaca depan, memberikan nuansa sejuk untuk pengemudi dan penumpang depan.
Interior Hyundai Sonata YF
Interior Hyundai Sonata YF
Beberapa fitur interior yang dibawa Sonata antara lain adanya AC climate control, tombol cruise control dan audio pada setir, serta audio system dengan mini MID di tengah dashboard. Uniknya, tombol AC dapat dipahami dengan mudah karena bentuknya yang menggambarkan orang duduk. Dengan begitu, aliran udara pendingin dapat Anda arahkan sesuka hati. Tidak seperti sedan lain yang pengaturannya harus dikuasai terlebih dahulu. Sedangkan untuk audio system /  head unit, telah terintergrasi berbagai fasilitas modern seperti konektivitas USB, kemampuan MP3 dan port tambahan untuk perangkat audio.

Kinerja dan Performa Mesin Hyundai Sonata
Hyundai Sonata dibekali mesin bensin dengan sistem pembakaran Multi Point Injection (MPI) Theta II berkapasitas 2.4 liter DOHC. Tenaga yang dihasilkan oleh mesin ini tercatat sebesar 176 HP pada putaran 6.000 RPM bersama torsi 233 Nm pada putaran 4.000 RPM. Kinerja yang cukup potensial untuk sprint hingga 100 km/jam kurang dari 15 detik. Power yang disalurkan ke roda belakang dibantu oleh transmisi otomatis enam kecepatan yang halus dan efisien sehingga goncangan mesin tidak terasa setiap shift transmisi.
Foto Mesin Hyundai Sonata YF
Foto Mesin Hyundai Sonata YF
Impresi dan Handling Hyundai Sonata
Seperti halnya Toyota Camry dan sedang eksekutif lainnya, Hyundai Sonata memiliki sistem kemudi ringan dan mudah dikontrol hanya dengan ujung jari. Kebanyakan orang mungkin menyukai hal ini, namun tidak bagi mereka yang berjiwa sporty karena akan merasa kehilangan grip pada kecepatan tinggi. Bantingan suspensinya yang lumayan keras cukup membantu ketika mobil melewati berbagai tikungan, meskipun sedikit mengorbankan kenyamanan penumpang.

Secara keseluruhan, mekanisme mengemudi dari Hyundai Sonata tampak dirancang untuk sebuah sedan fun to drive, dan itu adalah pilihan yang baik Anda yang suka mengemudikan mobil tanpa bantuan supir. Untuk menghentikan laju kendaraan, Sonata telah dilengkapi dengan rem cakram depan berventilasi ABS dan belakang cakram solid yang juga sudah ABS. ABS sendiri berguna untuk menghindari penguncian rem ketika mobil diberhentikan secara mendadak.

Spesifikasi Hyundai Sonata 
  • Mesin : Theta II 2.4 liter DOHC.
  • Tenaga : 176 HP @6.000 RPM.
  • Torsi : 233 Nm @4.000 RPM.
  • Bore x Stroke : 88 mm x 97 mm.
  • Konsumsi BBM : 7-10 km/L (dalam kota), 11-14 km/L (luar kota).
  • Suspensi : Depan MacPerson Strut, belakang multilink.
  • Transmisi : matic triptonic 6 percepatan dengan pedal shift.
  • Rival : Toyota Camry, Honda Accord, Kia Optima, Mazda 6, Mercedes E-Class dan juga BMW 5-series F10
  • Tahun produksi : 2010 - 2015.

Harga Hyundai Sonata
Di pasar mobil bekas, harga Sonata terbilang cukup terjangkau jika dibandingkan mobil sekelasnya. Harganya setara dengan Honda Civic FD namun kenyamanannya hampir serupa dengan Accord. Tepatnya harga yang ditawarkan berada di rentang 170 juta hingga 350 jutaan tergantung tahun.

Kelebihan Hyundai Sonata
  • Desain modern dan dinamis.
  • Tenaga besar.
  • Akselerasi cukup bagus.
  • Konsumsi BBM terbilang irit di kelasnya.
  • Fitur banyak.

Kekurangan Hyundai Sonata
  • Tidak ada transmisi manual.
  • Gadget elektrik sering mengalami gangguan.
  • Beberapa sentuhan interior terlihat murahan.
  • Bantingan suspensi lumayan keras.

Demikian ulasan lengkap mengenai review spesifikasi, harga serta keunggulan dan kelemahan Hyundai Sonata. Sudah semestinya, Kita tidak lagi brand minded terhadap mobil Jepang karena beberapa fitur yang dibawa Sonata bisa dikatakan cukup untuk menghadang laju penjualan sedan mewah dari produsen lain. Meskipun acap kali image Hyundai terkesan buruk di Indonesia karena belum terlalu populer. Baca juga :