Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Xenia Gen1

Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Xenia Gen1

Ulasan Spesifikasi dan Harga Daihatsu Xenia Gen1 - Daihatsu Xenia merupakan MPV murah yang dikenalkan oleh Daihatsu pada tahun 11 Desember 2003 bersamaan dengan Toyota Avanza. Kedua mobil diproduksi sebagai hasil kerjasama dari kedua produsen demi meraih pangsa pasar dalam segmen mobil keluarga kelas bawah. Terbukti, dengan adanya kerjasama ini, kedua produsen mendapatkan keuntungan yang begitu besar. Semenjak dikenalkan, baik Xenia ataupun Avanza pernah mencatatkan rekor sebagai MPV best seller pada masanya dan dilanjutkan oleh masing-masing penerusnya, Daihatsu Xenia Gen2 dan Toyota Avanza Gen2
Daihatsu Xenia Modifikasi
Daihatsu Xenia Modifikasi
Dalam hal pemasaran, Daihatsu Xenia memiliki spesifikasi yang lebih rendah dari Toyota Avanza. Sama halnya dengan Daihatsu Terios dan Toyota Rush, serta Daihatsu Ayla dan Toyota Agya. Perbedaan terbesar terletak pada aksesoris eksterior, interior, dan fitur. Perbedaan kecil hanya meliputi bagian mesin saja. Beberapa tipe yang dikenalkan antara lain Li, Mi dan Xi. Di segmennya, Xenia menjadi rival bagi saudaranya sendiri, Toyota Avanza, serta Mitsubishi Kuda, Nissan Grand Livina, Suzuki APV, Suzuki Ertiga, dan Chevrolet Spin.

Eksterior Daihatsu Xenia Gen1
Pada postingan ini, Topgir tidak menjelaskan panjang lebar mengenai eksteriornya karena Anda sudah cukup akrab dengan mobil ini. Hanya saja banyak orang yang tidak bisa membedakan masing-masing tahun keluaran karena perbedaannya hanya sebatas minor facelift. Facelift dilakukan pada tahun 2007 meliputi update tampilan pada bumper depan belakang dan stoplamp. Untuk itu, berikut kami jabarkan perbedaannya.

Pada foto di bawah merupakan contoh untuk Xenia 2004, 2005 dan 2006 (prefacelift). Dapat dikenali dengan mudah dari model grill horizontal sebanyak tiga baris dan bumper depan yang terlihat sangat polos dan minim lekukan. Sedangkan pada bagian belakang, stoplamp yang diusung masih berupa model kristal bergaris buram. Letak lampu sein dan lampu mundur berada dalam satu bingkai di atas dan untuk lampu rem terpisah pada bagian bawah.
Daihatsu Xenia Gen1 Lawas Tampak Depan
Daihatsu Xenia Lawas Tampak Depan
Daihatsu Xenia Gen1 Lawas Tampak Belakang
Daihatsu Xenia Lawas Tampak Belakang


Beralih ke model berikutnya yang merupakan Xenia seri facelift tahun keluaran 2007, 2008, 2009 dan 2010. Grill depan berubah menjadi sedikit lebih melengkung ke bawah dan bumper depan memiliki lubang asupan udara lebih besar dari model sebelumnya. Pada bagian belakang, stoplamp yang diusung telah diganti dengan model kristal bersih. Posisi antara lampu sein dan lampu mundur telah dipisah dalam frame berbentuk bulat dengan lampu rem terpisah di bawahnya.
Daihatsu Xenia Gen1 Facelift Tampak Depan
Daihatsu Xenia Lawas Facelift Tampak Depan
Daihatsu Xenia Gen1 Facelift Tampak Belakang
Daihatsu Xenia Lawas Facelift Tampak Belakang
Interior Daihatsu Xenia Gen1
Beranjak ke dalam ruang kabin, Anda hanya disuguhi oleh kualitas interior murah dimana-mana. Bahan yang digunakan berupa plastik keras. Pemangkasan fitur yang dilakukan juga cukup banyak khususnya trim bawah dan menengah. Maklum saja, semua hal ini bertujuan untuk memangkas biaya produksi sebesar-besarnya demi mengejar harga agar dapat bersaing di pasaran. Posisi setir belum adjustable, mau tak mau Anda akan merasa mengemudikan sebuah angkot berlabel MPV. Kabar baiknya, ergonomi kabin tergolong bagus karena kursi baris ketiga dapat dilipat ke depan. Dengan begitu, Anda dapat membawa banyak barang bawaan ketika kursi ketiga tidak digunakan.
Interior Daihatsu Xenia Gen1 Lawas
Interior Daihatsu Xenia Lawas
Kinerja dan Performa Mesin Daihatsu Xenia Gen1
Sama halnya dengan Avanza, Xenia lawas hadir dengan dua pilihan mesin berbahan bakar bensin. Mesin pertama berkapasitas 1.0 liter / 1.000 cc dengan konfigurasi 3 silinder 12 katup DOHC. Artinya, setiap silinder memiliki 4 katup untuk proses pembakaran. Tenaga yang dihasilkan dari mesin EJ-DE ini sangat kecil, tepatnya sebesar 56 HP pada 5.200 RPM dengan torsi sebesar 90 Nm pada 3.600 RPM. Untuk menutupi kekurangan ini, Daihatsu menambah teknologi VVT-i pada versi facelift dan kode mesin berubah menjadi EJ-VE. Tenaga meningkat hingga 62 HP pada 5.600. Sedangkan torsi tetap sama.
Foto Mesin Daihatsu Xenia Gen1 1000 cc
Foto Mesin Daihatsu Xenia Lawas 1.000 cc
Selanjutnya terdapat mesin 1.3 liter /1.300 cc K3-DE dengan konfigurasi 4 silinder 16 katup DOHC. Tenaga yang dihasilkan berupa 85 HP pada 6.000 dan torsi sebesar 116 pada 3.200 RPM. Pada versi facelift, Daihatsu juga turut membenamkan teknologi VVT-i untuk mesin 1.3 liternya ini. Kode berubah menjadi K3-VE. Alhasil, tenaga meningkat hingga 92 HP pada 6.000 RPM dan torsi 120 Nm pada 4.400 RPM.
Foto Mesin Daihatsu Xenia Gen1 1300 cc
Foto Mesin Daihatsu Xenia Lawas 1.300 cc
Impresi dan Handling Daihatsu Xenia Gen1
Ini merupakan titik lemah terbesar yang ada pada Daihatsu Xenia. Mobil ini terkenal sangat limbung dan sangat tidak nyaman. Selain Avanza, Xenia juga mencatatkan rekor sebagai MPV yang paling sering mengalami kecelakaan. Artinya, Anda harus menerima fakta bahwa Xenia sama sekali tidak cocok dikemudikan pada kecepatan tinggi, apalagi ketika mobil dalam keadaan kosong. 

Spesifikasi Daihatsu Xenia Gen1
  • Mesin : EJ-VE 1.0 liter dan K3-VE 1.3 liter.
  • Tenaga :  62 HP @5.600 RPM(1.0) ; 92 HP @6.000 RPM (1,3).
  • Torsi :  90 Nm @3.600 RPM (1.0) ; 120 Nm @4.400 RPM (1,3).
  • Konsumsi BBM : 8-10km / L (dalam kota), 10-13km / L (luar kota).
  • Transmisi : manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan (1.3 only).
  • Suspensi : Depan McPherson strut dengan coil spring, belakang 4-link dengan coil spring.
  • Rival : Toyota Avanza, Mitsubishi Kuda, Nissan Grand Livina, Suzuki APV, Suzuki Ertiga, dan Chevrolet Spin.
  • Penjualan: 2004 - 2010.

Harga Daihatsu Xenia Gen1
Harga yang ditawarkan untuk Daihatsu Xenia Gen1 bekas dari 2004 hingga 2011 sangatlah beragam. Untuk tahun 2004, mobil ini ada yang dijual dengan harga 60 jutaan. Sedangkan untuk tahun-tahun berikutnya baik itu tipe Li, Xi atau Mi ditawarkan dengan harga 70 jutaan dan termahal di kisaran 100 jutaan.

Kelebihan Daihatsu Xenia Gen1
  • Murah.
  • Irit.
  • Sparepart banyak.
  • Pajak murah.

Kekurangan Daihatsu Xenia Gen1
  • Sama sekali tidak nyaman dan tidak aman.
  • Image Daihatsu belum setenar Toyota.
  • Double Blower hanya ada pada varian atas.
  • Plat body terlalu tipis.
  • Harga jual kembali rendah.
  • Terlihat murahan.
  • Banyak fitur yang dipangkas dari Avanza.

Demikian ulasan lengkap mengenai review spesifikasi serta keunggulan dan kelemahan Daihatsu Xenia Gen1. Dengan segenap kelebihan dan kekurangan yang telah disebutkan di atas, tentunya pilihan ada di tangan Anda. Pada bagian spesifikasi di atas, kami sengaja tidak mengisi spek Xenia prefacelift karena kurang bagus untuk dijadikan pilihan. Sebagai saran, pilihlah Xenia varian teratas keluaran 2010 karena selain fiturnya lebih lengkap, harga yang ditawarkan pun tidak terpaut jauh dari tahun yang lebih tua. Baca juga pilihan MPV murah lainnya :