Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Feroza

Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Feroza

Review Daihatsu Feroza - Berbeda dengan rekannya seperti Rocky dan Taft yang menggunakan mesin Diesel, Feroza adalah kandidat lain dari SUV Daihatsu yang bermesin bensin dengan mengusung desain yang sama. Ukurannya lebih kecil dari Honda CRV gen 1 namun memiliki body yang lebar. Diproduksi antara tahun 1984 hingga 2002 dengan penjualan di seluruh pelosok Asia hingga daratan Eropa.

Daihatsu Feroza pertama kali hadir di Indonesia pada tahun 1992 dan dirakit secara lokal bersamaan dengan Taft dan Rocky. Mesin bensin yang diusungnya tergolong underpower dan sangatlah boros. Itulah alasannya mengapa rekor penjualan Feroza masih kalah jauh dengan Rocky dan Taft. Setelah produksinya dihentikan, akhirnya penjualan mobil ini digantikan oleh Daihatsu Taruna.

Eksterior Daihatsu Feroza
Sama seperti saudaranya Taft dan Rocky, eksterior mobil ini berbentuk persegi dan minim adanya lekukan. Meskipun tidak terlihat modern, namun tampang luarnya sangatlah gagah dengan didukung oleh ground clearancenya yang tinggi. Pilar B didesain sedemikian rupa agar dapat berfungsi sebagai bar pelindung rollover. 
Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Feroza
Foto Eksterior Daihatsu Feroza
Interior Daihatsu Feroza
Karena mobil ini awalnya lebih ditujukan sebagai mobil pekerja keras, maka interiornya didesain dengan minim fitur kelistrikan dan terlihat biasa saja. Kelebihannya adalah Anda menjadi aman  ketika melintasi jalan yang berlumpur ataupun jalan yang terkena dampak banjir, sehingga tidak terlalu dipusingkan terhadap gejala trouble seperti yang sering menimpa mobil jaman sekarang. Konfigurasi jok penumpang tergolong bagus dengan menyisakan ruang kaki dan ruang lutut yang lapang.
Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Feroza
Foto Interior Daihatsu Feroza
Performa Mesin Daihatsu Feroza
Anda mungkin mengatakan bahwa mesin karburator dengan meteran HD-C yang berkapasitas 1,6 liter dengan tenaga 94 HP pada 5.700 RPM dan torsi 127 Nm pada 4.800 ini terlihat lemah untuk mengangkat bodynya yang bongsor. Tapi, mesin HD yang sangat digemari kalangan pencinta Daihatsu ini tergolong bagus jika dibandingkan mesin karburator lainnya, karena telah berkonfigurasi 16 katup, bukan lagi 8 katup. Sehingga tenaga dan torsi yang diciptakannya menjadi lebih besar.
Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Feroza
Foto Mesin Daihatsu Feroza
Handling dan Kenyamanan Daihatsu Feroza
Ground clearance yang tinggi merupakan suatu keuntungan bagi sebuah SUV. Berbekal jarak antara bawah chassis dan tanah yang memadai adalah hal wajib bagi Anda yang sering berkunjung ke suatu daerah yang kondisi jalannya berbatu dan banyak lubang. Kehandalan Feroza disini sangatlah bagus, dengan akselerasi yang lebih mumpuni dari Taft dan Rocky membuatnya lebih mudah terlepas ketika kandas ataupun tersangkut di jalanan berlumpur. Sekalipun mengusung wheelbase yang pendek, namun kenyamanannya masih berada dalam ambang toleransi.

Harga Daihatsu dan Biaya Perawatan Feroza Bekas
Anda akan terkejut bahwa Feroza dijual dengan harga sangat terjangkau, dengan berbekal budget 50 - 60 jutaan saja, Anda dapat membawa pulang Feroza tahun tinggi dengan kondisi prima. Sedangkan untuk tahun rendah, dijual di rentang harga 30 - 40 jutaan.

Ada beberapa mitos negatif tentang Daihatsu yang seringkali Kita dengar khususnya untuk biaya perawatannya. Biaya perawatan Feroza tidaklah semahal yang Anda bayangkan, karena beberapa part mesin dapat disubstitusi dengan part dari Toyota yang terkenal murah dan ketersediaannya yang melimpah. Yang paling penting adalah Anda harus teliti untuk bagian bawahnya yang rentan terhadap karat.

Spesifikasi Daihatsu Feroza
  • Mesin : Karburator 1,6 liter HD-C SOHC. 4 silinder segaris 16 katup.
  • Power : 94 HP @5.700 RPM.
  • Torsi: 127 Nm @4.800 RPM.
  • Konsumsi BBM : 5-7km / L (dalam kota), 8-10km / L (dalam kota).
  • Transmisi : manual 5-speed.
  • Suspensi : Depan double wishbone independen, belakang per daun dengan pegas.
  • Rival : Suzuki Jimny dan Suzuki Escudo / Sidekick.
  • Penjualan : 1989-1999.

Kelebihan Daihatsu Feroza
  • Gagah dan macho.
  • Daya jelajah tinggi.
  • Akselerasi pada putaran bawah bagus.
  • Handling pada jalanan berlumpur sangat mumpuni.
  • Bisa berbagi part dengan Toyota.

Kekurangan Daihatsu Feroza
  • Akses belakang sulit.
  • Fitur interior terbatas.
  • Tidak ada fitur keselamatan.
  • Harga jual kembali rendah.

Demikian ulasan lengkap mengenai review spesifikasi serta keunggulan dan kelemahan Daihatsu Feroza. Berbekal ground clearance yang tinggi, SUV yang dapat menjelah berbagai kondisi jalan ini patut Anda miliki bagi yang sering melakukan perjalanan ke pelosok desa. Baca juga :